Blog Tips Keren

3 Tanda Bahwa Anda Perlu Mengganti Web Hosting

Web hosting yang Anda pilih untuk digunakan dapat memberi dampak langsung pada kualitas layanan yang diterima pengguna situs web baik positif maupun negatif. Selanjutnya, hal itu bisa mengubah kemudahan bagi Anda untuk mengelola situs web. Jika layanan yang Anda alami kurang ideal, kemungkinan hal itu juga terjadi bagi pengguna situs web Anda. Hal ini dapat memiliki dampak negatif pada peringkat situs Anda di mesin pencari. Dalam kasus ini, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mempertimbangkan apakah hosting tersebut sudah tepat atau perlu diganti. Terkadang Anda mungkin perlu mengupgrade paket hosting, namun terkadang Anda mungkin juga perlu mengganti hosting sekaligus. Salah satu cara berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda saatnya untuk melakukan upgrade.

Situs Anda Terus Turun

Ini mungkin tanda peringatan paling keras dari semuanya. Downtime bisa sangat membuat frustasi bagi pengguna dan mungkin mereka tidak akan pernah kembali. Jika Anda baru saja merilis sebuah kampanye iklan dan ternyata situs Anda terus-menerus mengalami downtime, maka hal ini sama saja dengan membuat kebangkrutan bagi situs Anda. Pengguna WordPress dapat terus melacak uptime dan downtime situs web mereka secara mudah dengan memasang plugin seperti Sitestillup yang akan memberi fakta saat pengguna belum mendapatkan akses ke situs web. Hanya karena situs Anda berjalan dengan lancar saat mengunjungi situs sendiri, bukan berarti itu tidak mengalami downtime pada waktu yang lain. Hal ini dapat berarti kehilangan bisnis yang besar. Sebaiknya selalu pantau status uptime dan downtime situs sehingga Anda bisa mengendalikan situs dengan baik menggunakan plugin yang banyak tersedia.

Situs Anda Berjalan Lambat

Kecepatan situs dapat berdampak besar terhadap pengalaman pengguna dan dianggap sebagai faktor peringkat oleh mesin telusur seperti Google. Penting untuk menentukan mengapa situs web Anda lambat agar Anda bisa menanganinya dengan baik. Kumpulkan data sebanyak yang Anda bisa saat ini, cari tahu berapa jumlah pengunjung Anda dan apakah penyedia hosting mengizinkan domain tak terbatas per paket. Situs web Anda mungkin berhasil dan mengalami lebih banyak traffic, maka ini berarti saatnya untuk melihat peningkatan paket Anda. Peningkatan traffic akan menyebabkan permintaan yang banyak ke server host dan menggunakan semua sumber daya. Untuk itu, meningkatkan paket Anda akan berarti meningkatkan sumber daya dengan melihat bagaimana situs berkembang sehingga Anda dapat mempersiapkan untuk lonjakan pengunjung.

Terkadang situs WordPress lambat dalam menangani masalah kecepatan karena di hosting di shared hosting yang tidak membatasi jumlah situs web yang bisa disimpan. Masing-masing situs ini kemudian akan memperebutkan sumber daya yang ada. Opsi bersama ini (shared hosting) adalah pilihan hosting murah yang populer dan merupakan pendekatan umum untuk manajer situs web pemula. Sayangnya, jika hal tersebut mulai menimbulkan masalah bagi situs Anda, maka akan menjadi pengalaman buruk bagi pengguna. Pastikan Anda meminimalkan file Javascript dan CSS serta install plugin WordPress W3 Total Cache untuk menyimpan dan mengurangi waktu buka halaman. Coba juga untuk memasang plugin browser seperti YSlow. YSlow adalah proyek open source yang dapat menentukan penyebab dan menilai situs Anda pada beberapa faktor.

Layanan Pelanggan Yang Buruk

Layanan pelanggan yang buruk adalah indikator paling jelas untuk segera pergi. Hosting yang menghargai Anda sebagai pelanggan akan menciba menyelesaikan masalah apapun yang disorot dan melakukan semua yang mereka bisa untuk mempertahankan Anda sebagai pelanggannya. Jika Anda mulai mengalami banyak kendala dalam layanan pelanggan yang diberikan, maka pertimbangkan untuk berpindah.