3 Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat SEO Secara Lokal
Blog Tips Keren 3 Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat SEO Secara Lokal

3 Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat SEO Secara Lokal

Picture Source : Google
Picture Source : Google

Kita biasanya tidak pernah atau belum mengetahui hal spesifik mengenai sinyal apa saja yang masuk ke algoritma peringkat hasil pencarian pada Google. Namun, kita bisa mengetahui apa saja yang bisa membantu sebuah website menjadi semakin sering muncul untuk hasil pencarian yang bersifat lebih lokal. Berikut adalah gambaran singkat mengenai tiga faktor yang mempengaruhi peringkat SEO secara lokal, serta bagaimana Anda dapat membuat sebagian besar dari mereka meningkatkan kinerja pencarian organik pada website Anda.

  1. Content dan metadata

Suatu konten di situs Anda adalah faktor peringkat teratas dalam pencarian organik. Sebuah konten di situs besar biasanya akan memasukkan keyword secara alami di dalamnya. Hal ini juga dioptimalkan untuk halaman judul dan description seperti contohnya metadata, serta konten gambar yang search-friendly. Google baru-baru ini pun juga menegaskan bahwa link dan RankBrain adalah dua sinyal yang menduduki peringkat teratas untuk SEO.

  1. User experience

Apa yang dapat dilakukan oleh sebuah user experience untuk peringkat SEO sebuah situs? Jawabannya adalah banyak. Sebagai contoh, sebuah situs yang mobile-friendly akan dapat mempermudah pengguna untuk menavigasi dan menemukan informasi. Google pernah menyatakan bahwa mereka ingin memberikan hasil yang paling berguna untuk para pencari, tidak peduli bagaimana cara pencarian yang mereka gunakan.

  1. NAP dan konsistensi dengan offsite citations

Salah satu faktor terbesar yang dipertimbangkan oleh Google untuk sebuah pencarian lokal adalah apakah nama, alamat, dan informasi telepon atau biasa disebut NAP (singkatan dari Name, Address and Phone) dari website Anda selalu konsisten dengan sitasi lokal (seperti dengan Google Maps, Yelp atau Citysearch). Hal ini dikarenakan ketika semua informasi tersebut cocok, Google akan menyadari bahwa informasi tersebut dapat dipercaya dan kemudian akan memberikan situs Anda sebuah peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian lokal.

Demikian tiga tips singkat yang telah kami tulis. Semoga Anda dapat mengaplikasikannya dengan baik dan meningkatkan peringkat SEO. Anda pun dapat memperoleh manfaatnya untuk mengembangkan website. Selamat mencoba!