7 Alasan Menggunakan Komputasi Awan Untuk Bisnis Anda
Blog Tips Keren

7 Alasan Menggunakan Komputasi Awan Untuk Bisnis Anda

16270_540

Komputasi awan adalah terobosan teknologi dan istilah pemasaran internet, dimana orang dapat menggunakan software kelas atas yang diinginkan tanpa memerlukan hardware khusus untuk menjalankannya. Komputasi awan sering dipasarkan sebagai layanan untuk bisnis online dan offline, maupun untuk penggunaan pribadi. Jika Anda memiliki akun Gmail, maka secara tidak langsung Anda juga menggunakan komputasi awan.

Inti dari komputasi awan adalah pengguna akhir diizinkan untuk menggunakan teknologi yang dikembangkan secara khusus, penyimpanan besar, dan software lainnya tanpa harus mengetahui bagaimana sistem bekerja dan dimana servernya berada. Pengguna akhir tidak perlu menginstal software atau hardware untuk mendapatkan akses ke layanan komputasi awan. Komputasi awan adalah alat potensial untuk bisnis karena dapat menjalin interaksi antara bisnis dan konsumen dengan mudah. Karena mayoritas pasar sedang online, komputasi awan adalah teknologi praktis yang dapat membawa bisnis Anda lebih dekat ke pelanggan. Berikut adalah beberapa alasan untuk mempertimbangkan komputasi awan dalam bisnis Anda.

  1. Ketersediaan Yang Tinggi

Bisnis yang ingin menyesuaikan teknologi ini diizinkan untuk menanyakan dan membeli dari Cloud Platform Providers. Dengan penyedia titan online seperti Windows Azure dan Google Marketplace, sign up untuk layanan ini dapat dilakukan kapan saja, dimana saja dan pada perangkat yang memiliki koneksi internet.

  1. Keamanan Jaringan

Komputasi awan terdiri dari beberapa lapis server untuk memastikan bahwa akan selalu ada server yang tersedia dan berjalan untuk memproses serta menyimpan data. Dengan jaringan server, data dan informasi ini disimpan dan dicadangkan di berbagai sumber, membuat jaringan ini lebih andal dan aman dalam hal menyimpan data tanpa merusaknya jika terjadi kegagalan server. Dalam dedicated server, informasi dan data disimpan secara eksklusif pada satu mesin. Jika terjadi kerusakan server, ada resiko kehilangan data yang lebih tinggi daripada menggunakan komputasi awan.

  1. Data Yang Dapat Diakses

Penyimpanan dan akses data dapat dilakukan dengan mudah karena komputasi awan memiliki server mereka sendiri. Dengan munculnya smartphone dan tablet, komputasi awan telah menempatkan mobilisasi data pada tingkat kenyamanan yang baru. Selama Anda memiliki perangkat siap internet, Anda dapat mengakses dan menyalin file dari server komputasi awan.

  1. Biaya Efektif

Sebagian besar bisnis sudah menyesuaikan diri dengan program komputasi awan karena praktis dan tidak mahal untuk diterapkan ke sistem bisnis. Anda hanya membayar untuk apa yang Anda dapatkan, tidak ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Karena tidak memerlukan software dan hardware untuk menjalankan program ini, maka Anda bisa menghemat biaya untuk software perusahaan.

  1. Klien Di Seluruh Dunia

Komputasi awan adalah layanan yang seragam di seluruh dunia, tersedia untuk setiap bagian dunia yang memiliki koneksi internet. Ini membuat jaringan pengguna yang terintegrasi di seluruh dunia dimana tren ekonomi dan informasi dapat diraih dan dikomunikasikan dengan kenyamanan. Hal ini membuat komunikasi dan transaksi bisnis lebih seragam dan mudah digunakan dimanapun Anda berada.

  1. Peningkatan Produktivitas

Melalui layanan komputasi awan, penyimpanan data akan otomatis dan telah diatur. Dengan komputasi awan, Anda mendapatkan kinerja yang lebih cepat dan penyimpanan data yang lebih besar, sehingga meningkatkan produktivitas dan akomodasi traffic karena setiap faktor di server virtual bekerja pada titik optimal dibandingkan dengan hosting tradisional.

  1. Akses Multi-Pengguna

Dengan layanan komputasi awan, maka karyawan, pengusaha, klien, dan konsumen yang berwenang diizinkan untuk mendapatkan akses ke data dan program khusus. Komputasi awan memanfaatkan sinkronitas untuk membuat teknologinya lebih mudah diakses dan cukup sederhana.