10 Web Generator Untuk Para Blogger
Blog Tips Keren

10 Web Generator Untuk Para Blogger

web statis

Website statis kini telah mengambil alih website dinamis sebagai platform yang disukai untuk mengirimkan konten di Internet. Blogger dan pemilik konten website bisa lebih fokus pada pengembangan website yang menjanjikan minimalisasi biaya dan peningkatan kecepatan, keamanan, dan kinerja.

Web statis generator bekerja dengan mengubah web secara sederhana, teks biasa menjadi website statis atau blog. Tidak ada database yang menyebabkan down, lebih mudah untuk dikelola, peningkatan opsi keamanan, dan biaya infrastruktur yang lebih rendah.

Jika Anda tertarik untuk membuat website statis berikut adalah 10 web statis generator yang bisa dicoba.

1. Jekyll

Jekyll adalah salah satu web statis generator paling populer dibelakang halaman GitHub. Jekyll cukup populer karena mudah digunakan dan hanya memerlukan pengetahuan dasar pengembangan web. Berkat beberapa fiturnya seperti template, layout, dan konfigurasi, Anda bisa dengan mudah mengubah teks menjadi posting blog yang disesuaikan.

Hal ini juga memungkinkan Anda untuk import konten dari platform blog lain, dan Anda juga bisa membuat plugin sendiri, tag, dan converter untuk beberapa mark-up language. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan hosting berbayar untuk blog Jekyll atau menggunakan GitHub secara gratis.

2. Octopress

Octopress pada dasarnya adalah sebuah framework untuk Jekyll untuk membuat hal-hal sederhana bagi blogger Jekyll atau content writer. Keuntungan utama dari Octopress adalah kompatibel dengan sejumlah besar plugin, official plugins untuk Jekyll dan Octopress, dan plugins dari pihak ketiga.

Selain itu Octopress juga mendukung pembuatan dan publishing blog untuk GitHub atau Rsync dengan cara yang cepat dan mudah. Framework ini dilengkapi dengan built-in yang mendukung Twitter, Google Plus, Disqus comments, Pinboard, dan Google Analytics.

3. Hexo

Hexo adalah framework blog sederhana tapi powerful yang didukung oleh Node.js. Web statis generator ini super cepat dan hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk membangun website yang lengkap. Hexo mendukung semua fitur GitHub-flavored Markdown dan sebagian besar plugin Octopress. Salah satu keuntungan utama dari Hexo adalah memungkinkan Anda untuk mentransfer blog atau situs ke web host dengan satu perintah.

4. Hugo

Hugo adalah web statis generator yang fleksibel, cepat, dan mudah digunakan. Hugo sangat ideal untuk membuat blog, dokumen, dan portofolio. Aplikasi ini tidak bergantung pada hak akses administratif, database, interpreter, atau library eksternal, dan bekerja dengan baik. Website atau blog yang dibangun dengan Hugo bisa menggunakan web host apapun termasuk GitHun pages, S3, dan Dropbox.

Hugo dibangun untuk memberikan kinerja dan kecepatan yang optimal seperti Hexo, dan sebagai hasilnya, itu memudahkan Anda membuat situs secara instan.

5. Pelican

Pelican adalah web statis generator yang dikembangkan menggunakan Python. Software ini mendukung format reStructuredText, Markdown, dan AsciiDoc untuk menulis konten. Blog dan situs yang dibangun dengan Pelican bisa menggunakan web host apapun seperti Hugo. Generator ini memungkinkan untuk membuat blog dalam beberapa bahasa dan juga menghasilkan RSS dan Atom feeds.

6. Middleman

Middleman adalah web statis generator yang memanfaatkan semua shortcut dan tools yang tersedia untuk pengembangan web modern. Software ini dibangun menggunakan Ruby, menyediakan dokumentasi yang ekstensif pada penggunaan kustomisasi, dan memungkinkan Anda menyesuaikan website dengan mudah. Sama seperti Hexo, Anda bisa dengan mudah membuat dan deploy blog atau situs untuk semua web host dengan satu perintah.

7. Metalsmith

Metalsmith adalah web statis generator yang sederhana, efisien, dan pluggable. Apa yang membuat Metalsmith terpisah adalah bahwa setiap tugas ditangani oleh plugin dan semua plugin bisa digunakan kembali. Tentukan situs yang Anda inginkan, identifikasi plugin yang relevan, dan merangkai mereka bersama-sama, dan website Anda siap untuk di deploy.

File dapat ditulis dan dimanipulasi dengan mudah dengan masing-masing plugin. Metalsmith juga dapat menghasilkan PDF, e-books, dokumen, dan banyak lagi.

8. DocPad

Dilengkapi dengan pre-built website skeletons, DocPad memungkinkan Anda membuat website yang berfungsi penuh dalam hitungan detik. Tool ini mendukung CoffeeScript, Ruby, PHP, Stylus, dan masih banyak lagi. Dengan DocPad, blogs atau situs dapat ditransfer ke semua web host dengan mudah. DocPad juga mendukung berbagai plugin yang membuat kustomisasi menjadi sangat mudah.

9. Wintersmith

Wintersmith adalah web statis generator yang fleksibel dan minimalis yang didukung oleh Node.js. Dengan Wintersmith Anda bisa menyesuaikan situs menggunakan plugin sederhana. Proyek Wintersmith hanyalah struktur direktori, yang berarti Anda bisa mengambil konten dari situs statis lama Anda, atau dari generator lainnya menggunakan tool ini.

10. Cactus

Cactus adalah web statis generator yang dibangun menggunakan Python dan Django template system. Cactus memungkinkan Anda mengembangkan situs lokal dan host dengan mudah di Amazon S3, dll.

Cactus menawarkan Django templates pemula seperti portofolio, blogs, dan halaman tunggal, serta template untuk kegunaan lebih kompleks. Cactus sangat ideal untuk membuat situs perusahaan, portofolio, website dukungan, dan blogs.