Blog Tips Keren 10 hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mendaftarkan Domain

10 hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mendaftarkan Domain

Tahun 2014 belum punya blog dengan nama domain sendiri? Mungkin pertanyaan itu sudah sering muncul di telinga beberapa diantara kita. Punya blog dengan nama domain sendiri emang keren. Tapi, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan membeli domain yaitu 10 trik yang sering dilakukan oleh penyedia jasa domain:

Trik praktek umum

1. Biaya Transfer
Di dalam sebuah registrars, terdapat persyaratan biaya tersembunyi yang akan mengotorisasi mereka untuk menagih biaya kepada Anda jika Anda memindahkan domain ke registrar lain. Kerap kali, biaya transfer ini 2 atau 3 kali lebih besar dari biaya registrasi awal.  Praktik tersebut jelas melanggar kebijakan transfer domain ICANN
2. Kontrak Menyesatkan
Kebanyakan orang tidak membaca panjang, persyaratan untuk apapun yang mereka beli secara online. Beberapa registrar menyimpan rapat-rapat hal-hal yang benar-benar mengerikan dalam istilah-istilah transfer yang membingungkan.
3. Pay-as-you-go
Anda dapat menggunakan alat whois gratis seperti EasyWhois untuk memverifikasi tanggal kadaluarsa nyata untuk domain Anda. Harus sesuai dengan jumlah tahun Anda membayarkan ke registrar.

 

Penipuan Database Whois

4. Mengedit Biaya Whois
Setiap kali Anda mendaftar nama domain, rincian pendaftaran domain harus diterbitkan dalam database yang dapat diakses publik yang disebut Whois .Salah satu fungsi registrar seharusnya memberikan kepada Anda kemampuan untuk mengubah catatan-catatan whois. Beberapa registrar mendaftarkan domain Anda untuk harga kotor murah dan kemudian mengenakan “biaya administrasi” bila Anda ingin mengedit Whois record Anda.

5. Layanan Premium Privasi Whois
Beberapa registrar berpura-pura memberikan kepada Anda “layanan privasi” atau “pendaftaran pribadi”, di mana mereka sebenarnya menempatkan info tentang mereka sendiri dalam catatan whois milik Anda.
Perlu diingat bahwa, jika Anda menggunakan layanan seperti ini, mereka memiliki domain, bukan Anda.

6. Pertambangan Whois
Beberapa registrar menambang database whois untuk informasi pemilik domain, dan kemudian mengirimkan surat yang terlihat seperti faktur perpanjangan baik untuk nama-nama domain.
Penerima tidak curiga berpikir bahwa mereka telah menerima faktur pembaruan di domain mereka dan kemudian mengirim pembayaran, memulai transfer domain tanpa menyadarinya.

 

Domain lock-in

7. Registrar Lock
Registrar lock diciptakan untuk melindungi domain anda.  Jika kunci registrar diatur, tidak ada yang dapat mentransfer domain Anda menjauh dari Anda. Ini sebenarnya adalah hal yang baik untuk domain anda.Sayangnya, kunci ini bisa menjadi masalah bagi Anda jika diaktifkan dan registrar tidak mematikannya.

8. Domain AuthCode
Beberapa Top-Level Domains-(TLDs) berjalan pada protokol yang disebut “EPP” dan untuk lebih menjaga terhadap transfer tidak sah, domain harus memiliki karakter 8-auth-kode yang disediakan sebelum akan mentransfer. Contoh saat ini adalah BIZ, INFO dan ORG. Registrar memegang kode ini. Anda memerlukannya jika Anda ingin memindahkan kepemilikan domain Anda. Mudah-mudahan mereka akan memberikannya kepada Anda.

9. Parkir Domain
Anda mungkin tidak mengetahui hal ini, tapi parkir domain adalah bisnis besar.  Anda tahu, ketika Anda mengklik pada link di suatu tempat atau membuat kesalahan ketik memasukkan alamat web seringkali menjumpai jutaan iklan pop-up? Itu adalah domain terparkir dan registrar besar bisa parkir ribuan domain dan membuat jutaan dolar melalui domain parking. Ini mungkin tidak mengganggu Anda, tetapi beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka membayar untuk sesuatu kepada registrar

10. GRATIS URL Forwarding
Registrar menawarkan gratis URL forwarding untuk domain Anda, dan kemudian menjual pop-up atau pop-under iklan pada domain Anda

 

Kesimpulan:
Ada banyak misteri dalam pendaftaran nama domain. Yang jelas anda seharusnya mendapatkan apa yang anda bayar.
Jadi jika Anda ingin mendaftarkan domain Anda dengan registrar yang tidak memainkan permainan ini, pilih registrar domain yang:
1. Tidak pernah menyembunyikan biaya apapun
2. membayar registri untuk jumlah yang sama tahun Anda memesan, di depan
3. memberi Anda langsung, dibukanya akses ke catatan whois Anda, kunci registrar Anda, kode auth Anda dan bahkan total kontrol atas pengaturan DNS domain Anda seperti catatan hostname, mail exchanger dan nameserver
4. menawarkan layanan privasi email gratis whois dan tidak akan pernah menjual data Anda kepada pihak ketiga
5. registrar domain yang menjawab telepon dan pada dasarnya tidak mencoba untuk Upsell Anda atau menjual sekelompok layanan yang Anda tidak perlu atau inginkan, yang sopan, profesional dan memiliki lebih dari 12 tahun pengalaman menyediakan jasa DNS