Tips Jitu untuk Membeli Domain Terpercaya
Blog Tips Keren Tips Jitu untuk Membeli Domain Terpercaya

Tips Jitu untuk Membeli Domain Terpercaya

 

Ketika Anda ingin membuat website, ada dua hal yang sangat penting  Anda perhatikan. Yaitu hosting dan domain. Keduanya tidak bisa dikesampingkan begitu saja, jika Anda ingin memiliki website yang sukses. Namun yang harus Anda ingat, membeli domain bukanlah pekerjaan yang mudah. Mengapa demikian?

Karena Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal yang terdapat pada domain yang dipilih sebelum akhirnya digunakan untuk website Anda yang profesional.

Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan memilih domain untuk website. Memilih domain yang tepat dan terpercaya adalah kunci sukses untuk sebuah website. Sahabat, pada artikel ini, IDwebhost akan memberikan beberapa tips jitu untuk membeli domain terpercaya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Tips Jitu Untuk Membeli Domain Terpercaya

Ketika akan membeli domain, setidaknya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Mulai dari pemilihan nama, jenis domain, hingga memilih registrar domain yang telah mendapatkan akreditasi dari ICANN. Berikut ini adalah tips membeli domain yang harus Anda, Sahabat IDwebhost ketahui. Supaya tidak salah pilih domain yang buruk.

1. Memilih Domain yang Unik

domain terpercaya

Tips pertama ketika akan membeli domain adalah, memilih nama domain yang unik. Kenapa harus unik? Karena, hal ini bertujuan agar memudahkan pengunjung untuk mengingat nama website Anda. Dengan begitu, maka ketika pengunjung ingin mengunjungi website Anda di kemudian hari, maka pengunjung tidak akan lagi kesulitan mengetikan nama domain Anda di browser maupun mencarinya di bilah pencarian search engine. Penyebabnya apalagi kalau bukankarena sudah familiar.

Selain itu, hal lain yang harus dihindari juga adalah pemilihan nama domain yang sulit diucapkan. Nama domain yang sulit diucapkan atau dilafalkan akan membuat calon pengunjung tidak memasukkan website Anda dalam prioritas website yang harus mereka kunjungi. Sangat menakutkan, bukan, karena nama domain yang sulit dilafalkan, website Anda harus kelihangan pengunjung?

2. Pastikan Mendapat Domain Kontrol

Mendapatkan domain kontrol merupakan hal yang cukup penting. Jadi, yang harus dipastikan apabila membeli sebuah domain, nantinya Anda akan mendapat akses penuh ke panel kontrol domain. Memiliki akses ke domain kontrol, Anda bisa melakukan banyak hal.

Beberapa hal yang paling penting, yang bisa Anda lakukan dengan domain kontrol antara lain: Anda dapat dengan mudah untuk mengubah Name Server (ns) domain. Karena dari perubahan name server nantinya Anda dapat menentukan, akan menggunakan hosting dari mana saja.

Sebagai langkah untuk memastikan bahwa nantinya akan mendapatkan kontrol domain, Anda dapat membaca keterangan atau term of services yang biasanya tertera di dalam website registrar domain. Atau, Anda juga bisa menanyakan langsung melalui live support, yahoo messenger, form kontak atau melalui email. Registrar domain yang baik tentu saja akan membalas permintaan Anda dengan lebih cepat.

3. Hindari Domain yang Sudah Memiliki Merek Dagang

domain terpercaya

Bagi sebagian orang atau bisnis, nama domain lebih dari sekadar nama. Pada era digital pada saat ini, nama domain tak ubahnya seperti merek dagang. Maka, ketika sedang memilih nama domain, yang harus Anda hindari adalah menggunakan nama domain yang sudah memiliki merek dagang. Mengapa?

Hal ini sangat berbahaya untuk Anda karena beberapa sebab. Pertama, domain Anda akan kesulitan bersaing dengan website yang sudah memiliki merek dagang, atau yang dikenal dengan sebutan trade mark. Mengguakan nama domain yang bersinggungan dengan merek dagang orang lain juga membauat Anda berisiko menghadapi masalah hukum.

Yang paling buruk tentu saja Anda bisa menghadapi tuntutan membayar biaya materiil dan immateriil senilai ratusan juta oleh perusahaan pemilik trademark. Atau yang paling ringan, Anda harus merubah nama domain Anda agar tidak ada kaitannya dengan jenama pemilik trade mark tersebut.

Jadi sebelum memilih domain sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dulu. Jangan sampai nama domain Anda memiliki kesamaan atau kemiripan dengan merek dagang orang lain. Lalu jika website Anda merupakan website yang besar, maka sebaiknya juga  mendaftarkan merek dagangnya. Ini penting dilakukan agar orang lain tidak bisa memakai merek dagang Anda, di kemudian hari.

Baca Juga : Cara Custom Domain di Tumblr, Sangat Mudah

4. Jangan Hanya Tergiur Harga Murah

Membeli domain dengan harga murah tentu menjadi dambaan setiap pembeli. Namun kehati-hatian sangat diperlukan dalam hal ini. Jika Anda mendapati harga yang sekiranya sangat tidak masuk akal, sudah seharusnya dijadikan sebuah tanda tanya besar.

Misalkan harga dipasaran sebuah domain adalah berkisar antara Rp 95.000 sampai Rp 115.000. Jika Anda menemukan website atau pihak yang dapat menjual dengan harga katakanlah Rp 10.000 atau Rp 20.000 maka hal itu wajib untuk dicurigai. Kita harus sadar bahwa penipu tidak hanya berkeliaran di dunia nyata. Di dunia maya sekalipun banyak berkeliaran penipu-penipu bahkan juga tak kalah mengerikan dengan penipu di dunia nyata. Maka berhati-hatilah. Baca dengan seksama keterangan dan aturan yang mereka berikan saat Anda mau membeli domain. Jika perlu, tanyakan terlebih dahulu, misalnya, berapa harga perpanjangan untuk tahun berikutnya.

5. Terakreditasi Oleh ICANN

domain terpercaya

Akreditasi oleh ICANN merupakan salah satu hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli domain. ICANN merupakan singkatan dari Internet Corporation For Assigned Names And Numbers. Untuk Anda yang belum tahu, secara sederhana ICANN bisa dipahami sebagai organisasi yang mengatur dan mengawasi penamaan nama domain yang dipakai oleh pengguna di seluruh dunia. Lalu apakah untuk mendaftar domain harus ke lembaga tersebut? Tidak, Anda tidak perlu membeli domain via ICANN.

Dan ICANN tidak menerima layanan seperti itu, melainkan melalui registrar yang sudah terakreditasi oleh ICANN. Maka dari itu, temukan domain yang benar-benar sudah terakreditasi oleh ICANN dan bersifat legal untuk Anda gunakan. Jika Anda nekat membeli domain yang tidak teregisrasi di ICANN, akan ada risiko besar yang bisa saja Anda terima.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips jitu dalam membeli domain terpercaya yang bisa Anda pelajari. Salah satu penyedia domain terpercaya di Indonesia adalah Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting dan domain yang berkualitas. Mereka menyediakan fitur yang terbaik seperti domain yang murah namun tidak murahan, memiliki pelayanan cepat tanggap, mudah dalam mengaksesnya, dan proses pembayaran yang mudah dilakukan. Segera lakukan pembelian domain di Idwebhost dan temukan paket menarik lainnya.