Tips dan Ide Bisnis UKM Paling Menguntungkan 2022

18 Apr 2022
Tips dan Ide Bisnis UKM Paling Menguntungkan 2022

Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua orang di Indonesia bermimpi menjalankan bisnis mereka sendiri. Alhasil, di Indonesia kini memiliki banyak sekali UKM. Bahkan, UKM menjadi salah satu penggerak ekonomi di Indonesia, lho. Nah, jika Anda juga ingin memulai bisnis UKM, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan ide bisnis UKM.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali ide bisnis yang cocok untuk usaha UKM. Mulai dari bisnis kuliner sampai bisnis jasa dapat Anda lakukan di Indonesia. Selain itu, banyak juga ide bisnis UKM yang dapat Anda lakukan dari rumah dengan modal yang kecil. Jika Anda tertarik untuk memiliki bisnis UKM sendiri, simak hingga tuntas penjelasan di bawah ini, ya!

Apa Saja Ide Bisnis UKM yang Bisa Anda Lakukan

Apa Itu UKM?

Saat Anda mendengar istilah UKM, pasti sebagian besar dari Anda mengira bahwa UKM adalah UMKM. Sebetulnya, anggapan mengenai UKM adalah UMKM tidak sepenuhnya salah. Hal ini karena UKM dapat dikatakan masuk ke dalam UMKM. Akan tetapi, perbedaan keduanya terletak cakupannya.

UKM atau Usaha Kecil dan Menengah adalah jenis usaha yang memiliki skala kecil dan menengah. Sedangkan, UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah adalah jenis usaha yang memiliki skala mulai dari mikro, kecil, hingga menengah. Jadi, dapat dilihat bahwa keduanya sedikit berbeda dari cakupannya.

Nah, usaha yang termasuk dalam UKM sendiri adalah usaha yang memiliki omzet lebih dari Rp 300 juta hingga Rp 50 miliar per tahun. Selain itu, usaha yang termasuk ke dalam UKM ini merupakan usaha yang memiliki pekerja 6 – 99 pekerja. Jadi, usaha Anda dapat dikatakan sebagai UKM jika memenuhi dua syarat tersebut.

Bisnis ukm Fashion

Ide Bisnis UKM Paling Menguntungkan

Nah, seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa Indonesia memiliki banyak sekali UKM di berbagai bidang. Bahkan, di tahun 2021 tercatat jumlah UKM yang aktif di Indonesia sudah menembus angka 60 juta, lho. Nah, apa saja ide bisnis UKM yang dapat Anda jalankan di Indonesia?

  1. Ide Bisnis UKM Makanan

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia sebagai makhluk hidup. Jadi, sudah pasti makanan adalah ide bisnis UKM terbaik yang menguntungkan. Hal ini karena manusia tetap akan membutuhkan makanan sampai kapan pun. Nah, untuk memulai bisnis UKM makanan, Anda dapat memilih jenis makanan yang akan Anda jual.

Ada banyak sekali jenis makanan yang dapat Anda jadikan usaha. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat dapat menjadi ide bisnis UKM. Anda dapat menjual frozen food, membuka catering rumahan, kue kering, cake ulang tahun atau pernikahan, roti, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga dapat menjual makanan tradisional dari daerah Anda atau daerah lain.

Kuliner

  1. Ide Bisnis UKM Fashion

Sama halnya seperti makanan, bisnis fashion juga merupakan salah satu ide bisnis yang sangat menguntungkan. Hal ini karena fashion bukanlah jenis bisnis yang akan mati ataupun bersifat musiman. Setiap orang pasti membutuhkan fashion, mulai dari baju, celana, sepatu, hingga aksesoris pendukung.

Nah, Anda dapat memulai bisnis UKM dengan salah satu dari fashion tersebut. Ada banyak sekali contoh produk yang dapat Anda pilih seperti pakaian pria, pakaian anak, membuka jasa jahit, bisnis sepatu sport, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga dapat memulai bisnis UKM dengan menggunakan ide aksesoris wanita atau pria yang juga banyak dibutuhkan.

  1. Skin Care

Meskipun bukan kebutuhan primer, akan tetapi keberadaan skin care ini sudah sama pentingnya seperti makanan dan juga pakaian. Skin care sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Apalagi dengan kondisi cuaca di Indonesia yang terus berubah membuat mereka yang memiliki kulit sensitif harus rutin menjaga kesehatan kulit wajahnya.

Nah, selain skin care, Anda juga dapat memulai bisnis body care. Sama halnya dengan kesehatan kulit wajah, kesehatan dari kulit tubuh pun juga harus dijaga. Di Indonesia sendiri saat ini sangat booming yang namanya skin care atau body care yang memiliki kandungan untuk whitening. Nah, Anda dapat memilih salah satu dari ide bisnis UKM tersebut maupun keduanya.

Skin Care dan Kosmetik

  1. Bisnis UKM Bengkel Motor dan Mobil

Seperti yang kita semua ketahui, jalanan di Indonesia setiap harinya selalu dipenuhi dengan kendaraan bermotor. Artinya, hampir seluruh masyarakat Indonesia sendiri memiliki motor dan mobil. Nah, hal ini dapat Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis dengan membuka bengkel motor dan mobil.

Tentunya keberadaan bengkel ini sangat penting bagi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk merawat kesehatan kendaraannya. Nah, Anda dapat membuka bengkel kecil di rumah ataupun menerima jasa panggilan montir ke rumah pelanggan.

  1. Digital Marketing Agency

Saat ini, hampir semua perusahaan sudah mengalihkan cara pemasaran mereka menjadi digital marketing. Hal ini karena Indonesia sendiri telah memasuki era digital dimana hampir semua aktivitas dan kebutuhan memanfaatkan teknologi digital. Bahkan, saat ini banyak orang lebih memilih membeli atau memesan produk secara online.

Nah, agar bisnis berjalan lancar tentu saja dibutuhkan pengetahuan yang baik dalam hal digital marketing. Akan tetapi, tidak semua pengusaha memiliki pengetahuan akan hal itu. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan membuka digital marketing agency yang menawarkan berbagai jasa pemasaran digital mulai dari iklan digital, SEO, dan lain-lain.

Baca Juga: Apa itu UKM? Pengertian, Contoh, dan Tips Mengembangkannya

Tips-tips untuk Memulai Bisnis UKM

Tips dan Strategi Bisnis UKM

Dalam menjalankan bisnis, baik UKM, UMKM, atau bisnis besar sekalipun harus memiliki strategi yang matang. Tanpa strategi bisnis yang matang, mau sebagus apapun ide bisnis UKM yang Anda pilih, bisnis akan berjalan dengan sulit. Nah, untuk itu berikut ini tips dan strategi agar ide bisnis UKM Anda sukses.

  1. Lakukan Riset Pasar

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menyusun strategi bisnis yang baik adalah melakukan riset pasar. Jangan memulai bisnis begitu saja tanpa Anda mengetahui kondisi pasar saat ini dan siapa target pasar Anda. Melakukan riset pasar sangat penting untuk dilakukan agar Anda mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pasar.

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui tantangan apa yang Anda hadapi dari pasar dengan produk yang akan Anda jual. Nah, semua ini nantinya dapat Anda analisis menggunakan analisis SWOT dengan melakukan analisis juga terhadap bisnis Anda sendiri. Dari situlah Anda dapat menyusun strategi yang tepat agar ide bisnis UKM Anda berjalan sukses.

  1. Pilihlah Ide Bisnis UKM yang Dibutuhkan

Saat akan memulai bisnis UKM, pilihlah ide bisnis yang memang dibutuhkan oleh pasar. Memilih produk yang tidak terlalu dibutuhkan oleh pasar membuat bisnis Anda akan susah laku. Nah, memilih ide ini dapat Anda mulai dengan mencari apa yang menjadi kebutuhan Anda dan banyak orang tetapi belum ada di pasar.

Atau Anda juga dapat memulai dengan mencari tahu apa yang Anda sukai dan banyak orang juga sukai. Nah, setelah menemukan apa yang menjadi kebutuhan atau yang Anda sukai selanjutnya buatlah inovasi. Mulai dari inovasi produk, layanan, dan lain-lain.

Perlengkapan Bayi

  1. Kelola Keuangan Bisnis dengan Baik

Tips ketiga agar bisnis UKM Anda berjalan sukses adalah mengelola keuangan bisnis dengan baik. Saat menjalankan bisnis, tentu saja cara mengelola keuangannya berbeda. Tanpa pengelolaan keuangan bisnis yang baik, keuntungan dari bisnis Anda tidak akan terlihat. Malah mungkin Anda mengalami kerugian terus menerus.

Ada banyak metode pengelolaan keuangan bisnis yang tepat. Tetapi, setiap bisnis tentu memiliki metodenya masing-masing sesuai dengan keadaan bisnis tersebut. Nah, metode ini sendiri dapat Anda temukan sendiri ataupun dengan mempelajarinya dari berbagai literatur bisnis yang ada.

  1. Melakukan Promosi

Jika Anda ingin melakukan bisnis, maka Anda harus sering melakukan promosi. Mengapa harus melakukan promosi? Saat Anda membuka bisnis, pelanggan tidak akan datang begitu saja. Anda harus memberi tahu para pelanggan tentang bisnis Anda. Mulai dari brand Anda, produk, layanan, dan lain-lain.

Anda dapat melakukan promosi konvensional maupun digital marketing melalui media sosial, iklan berbayar, dan lain-lain. Jangan takut juga untuk memberikan promo seperti diskon, produk gratis, ataupun harga spesial. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Cara Promosi Produk di Bulan Puasa

Kesimpulan

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali bisnis UKM di berbagai bidang. Hal ini tentunya membuka kesempatan bagi Anda yang juga ingin berbisnis dengan berbagai ide bisnis UKM yang menjanjikan. Nah, agar ide bisnis UKM Anda berjalan sukses, Anda dapat mengikuti beberapa tips di atas dan menyusun strategi yang baik.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga dapat membuka website bisnis atau toko online agar pemasaran produk Anda bisa semakin luas. Untuk itu, IDwebhost dapat membantu Anda dengan berbagai layanan web hosting termasuk membuat website bisnis. Nah, agar situs Anda berjalan dengan lancar, gunakan juga layanan hosting murah dari IDwebhost!

Biar makin murah, jangan lewatkan berbagai promo menarik dari IDwebhost dengan klik disini!

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022