Tips Facebook Marketing Untuk UMKM

22 Des 2020
Tips Facebook Marketing Untuk UMKM campaign-unlimited

Mungkin sebagian Anda adalah pemilik dari sebuah bisnis atau usaha kecil (UMKM). Sudah pasti Anda akan melakukan pemasaran produk yang Anda tawarkan agar bisa dilihat kemudian dibeli oleh konsumen Anda. Pemasaran saat ini juga merambah ke dunia digital. Salah satunya adalah dengan menggunakan platform facebook. Facebook bisa menjadi platform online terpopuler yang ada di dunia saat ini. Dengan jumlah pengguna aktif yang menjadi 2.38 miliar pada tahun 2019. Untuk Indonesia sendiri pengguna facebook sudah mencapai 120 juta pengguna. Tentunya ini bisa dimanfaatkan oleh pemilik usaha untuk memanfaatkan facebook marketing untuk UMKM.

Tips Facebook Marketing untuk Pegiat UMKM

Tips Facebook Marketing Melakukan Posting dengan Niat dan Tujuan yang Jelas

Ketika Anda nantinya menjadikan facebook untuk platform dalam melakukan kegiatan pemasaran, Anda harus mempunyai tujuan dan niat yang jelas tentang apa yang nantinya akan Anda posting di Facebook. Tujuan Anda memposting di facebook adalah untuk membantu konsumen Anda dalam melihat produk dan membelinya. Sehingga, Anda juga harus memposting sesutau dengan niat dan juga effort yang penuh. Inilah yang mendorong jika melakukan kegiatan pemasaran di facebook tidak bisa asal-asalan karena nantinya akan mempunyai value yang tinggi. Bandingkan jika Anda memposting dengan tidak ada niat atau asal-asalan maka konsumen Anda tidak akan tertarik pada apa yang Anda post.

facebook marketing

Menjadwalkan Postingan Menggunakan Content Calender

Content calendar ini sangat penting untuk membantu kelancaran Anda dalam melakukan Facebook Marketing. Alasan penting karena content calendar akan membantu Anda dalam mengatur jadwal posting semua kegiatan pemasaran beserta promosi yang Anda lakukan. Anda bisa menjadwalkan semua postingan dari yang paling urgent sampai yang sifatnya tidak urgent. Nantinya jadwal postingan Anda akan tertata rapid an bisa dijadikan sebagai reminder untuk postingan berikutnya. Perlu Anda tahu, content calendar juga tidak digunakan untuk memposting produk saja, tetapi Anda dapat memasukan tanggal ataupun hari besar pada calendar Anda sebagai salah satu konten.

Tips Facebook Marketing Mengoptimasi Halaman Profil

Pada halaman profil bisnis di facebook Anda, aka nada banyak bagian yang bisa Anda lengkapi sehingga akan menunjang kegiatan pemasaran untuk berjalan dengan lancar. Ketika nantinya halaman bisnis Anda sudah lengkap, maka akan terlihat meyakinkan jika dilihat oleh calon pelanggan. Anda juga bisa menambahkan beberapa informasi singkat mengenai bisnis dan produk yang Anda tawarkan. Dan bisa dijelaskan pula mengenai impact yang nantinya Anda berikan kepada masyarakat pada umumnya. Tidak hanya itu, Anda juga harus memasukan beberapa informasi yang berkaitan dengan review yang diberikan oleh pelanggan terhadap produk yang Anda jual. Sehingga, pengunjung profil Facebook Anda akan mengetahui tentang review produk dan bisa mempertimbangkannya.

facebook marketing

Tips Facebook Marketing Buat Konten Secara Menarik

Ini juga merupakan salah satu hal penting yang harus Anda terapkan dalam melakukan pemasaran di facebook. Anda harus membuat sesuatu yang berbeda sehingga akan memunculkan sebuah keunikan. Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah promosi dengan menggunakan ide yang out of the box. Contohnya adalah dengan membuat video promosi secara tersirat sehingga tujuan dari video yang Anda buat harus ditelaah oleh calon pelanggan Anda. Tentu hal tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri agar usaha Anda membuat konsumen penasaran dan mencari lebih dalam mengenai apa bisnis Anda, produk dan juga bagaimana tentang kegiatan pemasaran yang Anda lakukan sehingga tidak membosankan.

Buat Grup Facebook

Grup facebook juga tidak hanya membahas mengenai promosi produk atau menawarkan produk secara langsung. Karena bisa juga digunakan agar bisa mengumpulkan pihak yang nantinya bisa saling membantu satu dengan lainnya. Sehingga ketika suatu saat terjadi sebuah interaksi akan menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan. Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah grup facebook dengan orang yang bisa jadi membutuhkan produk Anda. Pada sebuah grup tersebut, Anda hanya perlu melakukan sharing session mengenai informasi dan pengalaman yang nantinya bertujuan memberikan informasi mengenai produk Anda. Oleh karena itu, audience yang ada dalam grup tersebut akan menjadi aware terhadap produk Anda.

facebook marketing

Menentukan Nama Grup dengan Baik

Ketika akhirnya Anda memutuskan untuk membuat sebuah grup di Facebook, harus memperhatikan nama grup yang akan Anda gunakan. Nama grup bisa Anda sesuaikan dengan forum yang akan dibuat dan sebisa mungkin harus bisa membantu meningkatkan awareness audience mengenai brand yang sedang Anda promosikan melalui facebook. Perlu diketahui jika nama grup adalah hal yang pertama kali dilihat. Sehingga jika Anda membuat nama grup yang bagus dan bisa mengundang semua audience, maka mereka akan senang karena bisa mendapatkan undangan secara pribadi agar bisa masuk ke dalam sebuah grup yang berkualitas.

Membangun Sebuah Komunitas di Facebook

Utamanya sebagai pelaku bisnis atau UMKM, Anda hanya perlu membangun sebuah hubungan baik dengan partner ataupun pelanggan Anda. Sehingga, Anda juga harus aktif di komunitas facebook agar bisa mempunyai hubungan yang baik yang nantinya bisa berpotensi untuk melaksanakan sebuah hubungan kerjasama yang menguntungkan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa bertemu dengan orang-orang baru yang mempunyai pengalaman yang sama atau lebih.

Mulai Aktif di Story Facebook

Ternyata aktif di story facebook juga merupakan hal yang sangat penting. Audience dan calon pelanggan Anda akan bisa mengetahui kegiatan apa saja yang Anda lakukan untuk memajukan usaha atau bisnis yang Anda jalankan. Dari story facebook juga nantinya mereka akan mengetahui jika bisnis Anda benar-benar bagus dan terus berjalan. Untuk itu, Anda sangat perlu untuk memposting banyak hal tentang bisnis Anda di stiry facebook. Beberapa kegiatan yang bisa Anda bagikan tentunya tentang sneak peak produk yang nantinya akan di launching, review konsumen yang sudah membeli produk Anda dan juga tutorial yang biasanya Anda lakukan mengenai produk Anda. Dengan memberikan sebuah informasi yang bermanfaat, pelanggan juga akan lebih aware dan respect terhadap produk Anda.

facebook marketing

Menggunakan Facebook sebagai Customer Service

Tidak hanya bisa dilakukan untuk melancarkan kegiatan pemasaran dan promosi saja, facebook juga bisa Anda maksimalkan untuk menjadi sebuah saran customer service melalui facebook. Anda bisa melakukan pengaturan chat untuk customer service agar bisa memudahkan pelanggan Anda yang ingin bertanya dan juga melakukan complain. Tidak hanya itu, customer service yang ada di facebook juga bisa memudahkan Anda dalam menjangkau konsumen yang mempunyai masalah. Sehingga hubungan baik antara Anda dengan konsumen juga bisa terjalin dengan baik dalam waktu yang lama. Ini juga bisa membantu Anda dalam mengedepankan kepuasan konsumen dan mulai mempedulikan hubungan baik dengan pelanggan Anda.

Selain beberapa tips diatas, Anda juga bisa memanfaatkan iklan berbayar yang disediakan oleh facebook. Dengan menggunakan iklan, audience yang bisa Anda capai menjad lebih banyak dan sangat bisa disesuaikan dengan kriteria audience yang ingin Anda dapatkan. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDwebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013