5+ Tips Sukses Bisnis Kuliner di Masa Pandemi

5+ Tips Sukses Bisnis Kuliner di Masa Pandemi

Bisnis kuliner adalah bidang bisnis yang keberadaannya selalu dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia. Sayangnya, di masa pandemi ini tidak sedikit yang harus berhenti akibat berkurangnya pembeli di tengah banyaknya pesaing. Hal ini bisa saja terjadi kepada bisnis Anda jika tidak menerapkan tips bisnis kuliner agar tetap sukses meski di masa pandemi.

Membuat makanan yang enak saja tidak cukup untuk membuat bisnis kuliner Anda laris manis. Apalagi di tengah kondisi dunia yang dalam masa pandemi ini. Mau seenak apapun makanan Anda, tetap akan merugi jika tidak memutar strategi. Nah, apa saja tips bisnis kuliner agar usaha Anda tetap bertahan dan sukses meski di masa pandemi?

Tips Sukses Bisnis Kuliner

Di masa pandemi ini, Anda tidak bisa memprediksi segala sesuatu. Bahkan, yang tadinya sudah bebas untuk beraktivitas, tiba-tiba kembali dibatasi oleh pemerintah akibat naiknya kasus pandemi. Bisnis kuliner adalah salah satu yang terdampak dari regulasi ini. Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam bisnis kuliner Anda di masa pandemi.

Kualitas Makanan yang Dijual

1. Buatlah Inovasi Baru

Dalam setiap bisnis, di bidang apapun itu, hal paling penting agar bisnis dapat berjalan dengan baik adalah dengan membuat inovasi baru. Tips bisnis kuliner pertama  adalah membuat inovasi baru. Ketika Anda menjadi sama dengan bisnis kuliner lainnya, maka bisnis Anda mungkin akan menjadi pilihan kesekian bagi para pelanggan.

Tetapi, jika Anda menjadi berbeda diantara bisnis kuliner lainnya, maka Anda akan menjadi pilihan pertama. Nah, inovasi baru ini bukan hanya dari resep makanan saja, tetapi juga konsep bisnis kuliner Anda. Misalnya, Anda mengusung paket makanan sehat tanpa MSG khusus para penderita Covid-19 atau para penderita penyakit lainnya.

Tips sukses Bisnis Kuliner

2. Perhatikan Kualitas

Tips bisnis kuliner selanjutnya adalah untuk memperhatikan kualitas produk kuliner Anda. Apakah Anda pernah mencoba makanan atau minuman yang harganya sedikit mahal dengan konsep berbeda tetapi kualitas atau rasa produk biasa saja? Jika Anda pernah, pasti Anda tidak terlalu ingin untuk mencobanya lagi karena tidak ada yang begitu berbeda, bukan?

Nah, itulah yang akan terjadi juga pada bisnis kuliner Anda bila Anda menerapkan hal yang sama. Berinovasi itu sesuatu yang harus, baik dari segi konsep maupun makanan. Tetapi, Anda juga harus memastikan bahwa kualitas makanan Anda bagus dan enak. Buatlah agar pembeli kemudian menjadi pelanggan tetap karena ketagihan dengan produk kuliner Anda.

Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

3. Berikan Pengalaman Baik pada Pelanggan

Salah satu hal yang membuat pelanggan ingin selalu kembali membeli makanan atau minuman Anda adalah karena pengalaman baik yang mereka rasakan. Banyak sekali restoran atau kafe yang viral karena mereka memberikan pengalaman menarik bagi pelanggan. Lalu, bagaimana caranya untuk memberikan pengalaman menarik ini?

Nah, tips untuk memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan bisnis kuliner Anda adalah dengan mengetahui apa kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Misalnya, Anda dapat membuat layanan gratis pengantaran untuk pasien Covid-19, memberikan pelayanan customer service yang baik, mengatur restoran agar tetap taat prosedur kesehatan, dan lain-lain.

Membidik Target Pasar yang Tepat

4. Mengubah Strategi Bisnis Kuliner

Tips bisnis kuliner di masa pandemi selanjutnya adalah dengan mengubah strategi bisnis Anda. Di masa pandemi ini, strategi bisnis kuliner yang paling memungkinkan adalah dengan beralih ke online. Bagaimana caranya? Nah, Anda bisa beralih secara penuh ke online atau menambahkan pelayanan online.

Misalnya, Anda dapat mendaftarkan restoran Anda ke aplikasi pemesan makanan seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. Dengan mendaftarkan restoran Anda ke aplikasi pemesan makanan, pelanggan dapat dengan mudah memesan makanan atau minuman dari bisnis kuliner Anda. Bahkan, pelanggan dapat dengan mudah melakukan pembayaran dengan banyak pilihan metode.

Tips sukses Bisnis Kuliner

5. Lakukan Strategi Pemasaran

Tips lainnya agar bisnis kuliner Anda tetap bertahan dan sukses di masa pandemi adalah melakukan strategi pemasaran. Apa saja strategi pemasaran itu? Sebetulnya, ada banyak sekali strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk bisnis Anda. Mulai dari memberikan diskon, membuat paket menu, paket bundling, hingga paket hampers bisa Anda lakukan.

Akan tetapi, semua hal tersebut dapat berjalan sukses bila Anda mempromosikannya. Bagaimana cara untuk mempromosikannya? Nah, Anda dapat menggunakan yang paling murah yaitu media sosial seperti Whatsapp, Facebook, dan Instagram untuk memasang iklan atau pengumuman. Dengan promosi, para pelanggan akan tahu mengenai promo yang sedang berlangsung.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Online Sukses Saat Pandemi Omset Puluhan Juta

6. Mengatur Bahan Baku dan Keuangan

Tips bisnis kuliner yang penting lainnya adalah mengatur bahan baku dan keuangan bisnis Anda. Saat pandemi, tentu saja jumlah makanan dan minuman yang terjual akan menurun karena jumlah pembeli yang berkurang. Alhasil, keuangan dari bisnis kuliner Anda pun lama-lama juga akan menurun.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengatur persediaan bahan baku agar sesuai dengan jumlah pembelian. Hal ini untuk mencegah kerugian bahan baku yang busuk akibat tidak terjual. Dengan begitu, Anda dapat mengatur kembali keuangan Anda agar tidak mengalami kerugian terus menerus.

Baca juga: 12 Tips Sukses Jualan Online Mudah Menguntungkan Terbaru

 

Tips sukses Bisnis Kuliner

Tips dan Ide Bisnis Kuliner Menjanjikan Bagi Pemula

Nah, setelah mengetahui tips agar bisnis kuliner tetap bertahan dan sukses di masa pandemi, selanjutnya adalah tips dan ide bagi Anda yang masih pemula dalam bisnis kuliner. Saat memulai bisnis kuliner, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui ide bisnis apa yang akan dibuat.

Ada banyak sekali ide yang dapat Anda pilih untuk bisnis kuliner Anda. Mulai dari makanan dan minuman kekinian seperti cheese tea, bubble tea, teh buah, dan lain-lain. Hingga makanan dan minuman khas dari daerah masing-masing. Nah, berikut ini beberapa ide bisnis kuliner yang dapat Anda gunakan.

  • Makanan dan minuman kekinian yang sedang viral (cheese tea, bubble tea, teh buah, ayam bumbu pedas korea, dan lain-lain).
  • Katering makanan dan minuman sehat.
  • Makanan dan minuman khas daerah, baik rasa asli maupun yang sudah disesuaikan dengan lidah masyrakat setempat.
  • Frozen food.
  • Camilan khas Indonesia seperti cimol, cireng, seblak, baso aci, siomay, dan lain-lain.
  • Dessert atau cake tart

Setelah menemukan ide apa yang akan digunakan, tips selanjutnya adalah harus membuat perencanaan untuk bisnis kuliner Anda. Bagaimana perencanaan bisnis itu? Anda dapat melakukannya dengan analisis SWOT. Dari analisis tersebut, Anda dapat mengetahui apa keunggulan dari ide Anda dibanding dengan kompetitor.

Tips lainnya untuk bisnis kuliner Anda adalah lakukan juga perencanaan keuangan yang matang seperti biaya produksi, keuntungan, harga produk, biaya pemasaran, biaya operasional (peralatan, administrasi, karyawan). 

Tanpa perencanaan yang matang, akan sulit mempertahankan bisnis kuliner Anda. Yang ada, bisnis Anda hanya akan mengalami kerugian.

Gabungkan juga tips ini dengan beberapa tips untuk mempertahankan bisnis kuliner Anda agar sukses meski di masa pandemi. Dengan begitu, bisnis kuliner Anda akan tetap bertahan dan semakin sukses. Asalkan Anda juga menjalankannya dengan konsisten.

Kesimpulan

Sebagai pemilik bisnis kuliner, baik pemula dan profesional, Anda harus dapat memutar otak agar bisnis tetap berjalan meski dilanda masalah seperti pandemi. Tips yang sudah dijelaskan di atas dapat menjadi salah satu panduan dalam menjalankan bisnis kuliner. Bukan hanya itu, bagi Anda para pemula juga dapat menggunakan beberapa tips dan ide di atas untuk memulai bisnis kuliner.

Sebetulnya, ada satu tips lagi yang dapat Anda terapkan dalam bisnis kuliner Anda. Tips terakhir untuk bisnis kuliner Anda adalah dengan membuat website bisnis kuliner menggunakan layanan dari IDwebhost. Para pelanggan dapat dengan mudah melihat menu, harga, promosi, bahkan melakukan reservasi melalui website bisnis kuliner Anda.

Jangan khawatir dengan harga yang mahal! Bahkan, Anda dapat membeli produk domain murah dan hosting murah di IDwebhost. Banyak juga promo menarik yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan bisnis kuliner Anda. Tingkatkan bisnis kuliner Anda bersama IDwebhost dengan klik disini!

Jagoan Web hosting Indonesia, ya IDwebhost!

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022