Tips Aman Memilih SSL Terbaik dan Murah

5 Apr 2022
Tips Aman Memilih SSL Terbaik dan Murah campaign-unlimited

Memiliki website yang aman adalah suatu keharusan. Terlebih lagi jika Anda memiliki website toko online, maka keamanan menjadi prioritas utama. Maka dari itu, Anda harus tahu tips memilih SSL terbaik.

Karena akan ada banyak transaksi yang dilakukan, maka keamanan website sangat diperhatikan oleh pemiliknya. Untuk itu penting untuk menggunakan SSL certificate supaya koneksi antara user dengan server tidak ada yang terganggu dari faktor eksternal dan berjalan optimal.

Jika Anda menginginkan website yang aman maka perlu untuk memilih SSL terbaik untuk website Anda. Untuk bisa memiliki SSL sebenarnya tidak mahal, mengingat manfaat dan kegunaanya yang besar untuk website Anda.

Saat ini, hampir semua website telah menggunakan SSL. Bukan tanpa alasan karena SSL memang memiliki banyak manfaat. Seperti peringkat SEO, keamanan, kepercayaan dari pengunjung dan lain sebagainya.

Nah pada artikel ini kami akan membahas seputar SSL ini dari pengertian, cara kerja, manfaat dan tips memilih SSL terbaik, murah, aman dan berkualitas untuk mengoptimalkan website Anda.

Apa itu Sertifikat SSL?

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer yang berfungsi sebagai enkripsi data pengguna. Sehingga data akan sulit untuk dibobol, dimanipulasi dan disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan adanya SSL, maka semua transaksi pembayaran maupun jual beli dari website akan lebih aman. Baik itu perusahaan besar maupun usaha UMKM yang memiliki website toko online.

ssl-green-secure-lock

Ketika SSL telah ditambahkan ke website Anda, maka status alamat domain dari HTTP menjadi HTTPS. HTTPS ini nantinya akan mengamankan data yang terenkripsi pada jaringan internet.

Jika Anda perhatikan di browser saat mengakses alamat website atau domain, di sebelah kiri ada ikon gembok yang menandakan website tersebut aman. Nah dari sinilah orang akan lebih yakin situs yang diakses tersebut aman dan terpercaya.

Tips Memilih SSL Terbaik

Jenis-Jenis Sertifikat SSL

Ada berbagai tipe SSL yang perlu Anda ketahui. Setiap SSL ini memiliki tingkatannya atau level masing-masing, Lantas apa saja jenis SSL untuk website? Berikut jenis-jenis SSL untuk website:

  • Extended Validation Certificates (EV SSL)
  • Organization Validated Certificates (OV SSL)
  • Domain Validated Certificates (DV SSL)
  • Wildcard SSL Certificate
  • Multi-Domain SSL Certificate (MDC)
  • Unified Communications Certificate (UCC)

Dari poin-poin diatas Anda bisa mengetahui lebih jauh dari jenis SSL tersebut pada artikel berikut: Penjelasan Macam-Macam Jenis SSL Yang Wajib Diketahui

Manfaat Sertifikat SSL

Manfaat Penting dari Sertifikat SSL Murah

Berikut ini adalah manfaat dari SSL yang bisa Anda dapatkan:

1. Meningkatkan Reputasi Website Pada Mesin Pencari

Setelah memasang SSL, maka reputasi website Anda akan dianggap sebagai website yang terpercaya oleh pengunjung. Sehingga orang akan percaya dengan website Anda karena dinilai aman, dibandingkan website lain yang belum memiliki sertifikat ini.

Selain di mata pengunjung sebagai website yang aman maka begitu juga di mata mesin pencari Google akan menilai website Anda layak untuk di akses.

2. Meningkatkan Peringkat Website pada Mesin pencari

Sudah bukan rahasia kalau setiap website berlomba untuk berada di halaman pertama hasil pencarian. Dengan memasang SSL di website, maka Google akan memberikan nilai baik pada website Anda.

Karena sejak 2004 Google lebih memprioritaskan website yang telah menggunakan sertifikat SSL ini untuk ditampilkan pada peringkat atas pencarian.

3. Mengamankan Transaksi atau Transfer Data di Website

Banyak pemilik website yang telah menggunakan SSL pada websitenya karena menginginkan keaamanan lebih. Bahkan seorang blogger pemula pun banyak yang telah menggunakannya karena memang mereka sadar pentingnya SSL pada blog. Kemudian dengan harga SSL yang murah, sehingga para blogger pun bisa untuk membelinya.

4. Meningkatkan Kualitas SEO website

Pada poin kedua tadi telah disebutkan bahwa Google akan memprioritaskan website yang telah menggunakan SSL. Dari sisi SEO ini menjadi sebuah keharusan. Tentu saja mengaktifkan SSL ini menjadi pilihan terbaik mengingat dari harga SSL yang tergolong murah saat ini. Bahkan seorang blogger pemula pun bisa menggunakanya.

Tips Memilih SSL Terbaik
Tips Memilih SSL Terbaik

Tips Memilih SSL Terbaik

Dari penjelasan diatas, tentunya Anda sudah tahu pentingnya menggunakan SSL ini. Mulai dari pengertian, jenis, dan manfaatnya. Nah selanjutnya pasti Anda juga akan menggunakannya kan?

Untuk itu Anda harus menentukan kebutuhan jenis SSL seperti apa yang Anda butuhkan. Sesuai dengan kebutuhan dengan website Anda, tentu saja. Jika website Anda adalah untuk bisnis, perusahaan, atau organisasi maka jenis Organization Validated SSL (OV SSL) menjadi pilihan yang tepat untuk website Anda.

Dengan menggunakan perangkat pengamanan jenis OV SSL, nantinya Anda harus memasukkan beberapa data. Antara lain seperti nama kepemilikan domain, nama perusahaan atau organisasi dan informasi yang dibutuhkan lainnya.

Jika website Anda jenisnya ecommerce atau, bisnis online maka menggunakan jenis Extended Validated SSL (EV SSL) adalah pilihan yang tepat. Karena memang SSL jenis ini yang paling tinggi dari segi keamanannya. Mengingat website toko online akan melayani berbagai macam transaksi yang masuk.

Tips Memilih SSL Terbaik

Mengapa Memilih Membeli SSL Murah di IDwebhost?

Sangat penting untuk mengamankan website Anda. Terlebih jika website Anda akan menangani transaksi yang besar seperti jual beli atau juga website perusahaan yang memang keamanan data adalah sangat penting.

Website yang sukses akan memastikan keamanan, kenyamanan, kepercayaan pada pengunjung website tersebut sehingga pengunjung tidak was-was untuk bertransaksi dengan Anda.

IDwebhost sendiri adalah penyedia layanan web hosting yang berpengalaman sejak tahun 2004.  Sudah ada 100 ribu orang yang puas dengan layanan terbaik IDwebhost.

Selain menawarkan domain dan hosting murah terbaik, IDwebhost juga memiliki layanan SSL murah Indonesia yang akan meningkatkan keamanan website Anda.  Kepercayaan pada bisnis Anda juga akan meningkat pesat. Selain itu ada banyak pilihan jenis SSL murah yang bisa Anda pilih. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  • Paling Murah Se-Indonesia
  • Paket Lengkap
  • Pilihan Paket Paling Lengkap
  • Garansi 30 Hari Uang Kembali
  • Paling Cepat Aktif
  • Support 24 Jam Sampai Beres

Nah untuk mendapatkan berbagai fitur unggulan dari SSL murah dari IDwebhost yang sesuai dengan kebutuhan website Anda, silakan cek di sini.

Dapatkan penawaran menarik harga termurah mulai dengan Rp119.900,- untuk memberikan keamanan, kepercayaan untuk bisnis dan pelanggan Anda.

Kesimpulan

Itulah tadi tips memilih SSL terbaik. Jangan lupa untuk menambahkan fitur ini di website Anda. IDwebhost juga punya berbagai promo menarik IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini ya!

Promo IDwebhost

Web hosting, ya IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013