Inilah Pengertian Lengkap dan Macam Tipe Web Hosting

12 Mar 2022
Inilah Pengertian Lengkap dan Macam Tipe Web Hosting

Adalah hal yang wajar apabila orang yang tidak berkecimpung di dunia online atau dunia komputer, tidak tahu menahu mengenai tipe web hosting. Untuk itu, sebelum seseorang tersebut masuk ke dunia online, alangkah baiknya mempelajari terlebih dahulu apa yang dibutuhkan supaya saat benar-benar memutuskan untuk terjun, tidak salah langkah.

Jika diharuskan menjawab secara simpel, maka hosting adalah sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan file di sebuah tempat di internet. File yang disimpan tersebut nantinya bisa diakses dengan menggunakan koneksi internet kapanpun dan dimanapun. Data yang disimpan dalam sebuah hosting dapat berupa video, dokumen, audio, dan juga foto.

Tipe Web Hosting yang Harus Anda Tahu

Usai mengetahui pengertian hosting, maka saatnya kita membahas mengenai macam-macam jenis layanan webhosting, seperti di bawah ini:

Tipe Web Hosting
Mana jenis hosting yang paling baik?

Web Hosting Gratis atau Free Hosting

Tipe web hosting yang pertama adalah Free Hosting. Anda dapat dengan mudah mencari layanan web hosting dan domain gratis ini di internet. Anda tinggal mencarinya di Google atau mesin pencari lainnya.

Biasanya penyedia web hosting gratis ini diberikan untuk sebuah promosi dari layanan yang disediakan oleh mereka. Apabila Anda ingin menggunakan ataupun berpindah fasilitas yang disediakan penuh, maka harus membayar biaya tambahan dengan mengupgradenya.

Shared Hosting

Tipe web hosting yang kedua adalah shared hosting. Jenis hosting satu ini merupakan adalah yang paling populer. Karena itu, tak heran shared hosting merupakan yang paling banyak digunakan di dunia.

Baca Juga: Panduan Dasar Shared Hosting Untuk Pemula 

Kenapa? Sebab shared hosting terbilang murah, dan juga punya layanan yang dapat mencukupi segala kebutuhan pelanggan. Pelanggannya sendiri  mulai dari bisnis kecil hingga bisnis menengah.

Hal ini juga tergantung dengan jenis website. Untuk mendapatkan layanan web hosting yang satu ini Anda hanya mengeluarkan biaya yang cukup terjangkau. Kapasitas penyimpanan yang didapatkan pengguna berkisar  2GB-7,5GB dengan bandwith yang unlimited. Hal ini tentu sangat menguntungkan pengguna yang memiliki anggaran terbatas.

VPS Hosting

Tipe web hosting yang ketiga adalah VPS Hosting. Layanan yang satu ini sangat sesuai, utamanya untuk Anda yang punya situs atau website dengan traffic tinggi. VPS Hosting adalah jalan terbaik apabila shared hosting sudah tidak lagi bisa menghandle apabila dedicated server terlalu mahal untuk kantong Anda.

Baca Juga: Perbedaan Managed vs Unmaganed VPS

VPS sendiri merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Dengan kata lain, Anda seperti memiliki server sendiri untuk situs Anda. Keuntungannya, Anda punya kontrol yang lebih dalam seperti Dedicated Server.

Dedicated Server

Dedicated Web Hosting (Dedicated Server) merupakan sebuah layanan yang paling diinginkan oleh para webmaster. Sebab, tipe web hosting yang satu ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melakukan handle atas traffic yang sangat banyak.

Tak hanya itu, fiturnya pun sangat baik dan bersifat premium. Di sini Anda akan merasa istimewa karena dapat mengontrol penuh atas server ini meski hanya menyewanya saja.

 

Tipe Web Hosting
Tipe Web Hosting

Managed Web Hosting

Managed Hosting (Web Hosting Terkelola) merupakan web hosting yang dikhususkan untuk situs dengan platform yang sama. Contohnya seperti WordPress Hosting, maka web hosting tersebut hanya dikhususkan bagi situs-situs yang dibuat dengan WordPress saja.

Web hosting jenis ini terbilang lebih aman dan tentu memiliki kinerja yang lebih optimal. Kebanyakan penyedianya merupakan orang-orang yang benar-benar paham akan platform yang digunakan.

Untuk itu masalah yang dialami di kemudian hari, bisa mendapatkan support dari penyedia hosting. Tak hanya itu, pengguna juga akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan beragam pengaturan. Mulai dari installasi WordPress itu sendiri, hingga setting yang lainnya.

Baca Juga: WordPress Hosting Super Cepat IDwebhost

Dengan menggunakan web hosting terbaik merupakan salah satu bekal paling penting dalam mengembangkan sebuah situs web. Baik itu personal website, website bisnis, blog dan lainnya.

Tidak dapat dipungkiri jika hosting memiliki peran yang penting dalam menentukan masa depan sebuah website dengan konten yang beragam. Tak hanya berkaitan dengan kecepatan akses, kualitas hosting pun akan berdampak pada impelementasi SEO dan juga kepuasan para pengguna website Anda.

Dimana Tempat yang Tepat Untuk Menyewa Hosting?

Di Indonesia sendiri sudah banyak penyedia hosting yang bermunculan. Namun ingat, tidak semua penyedia hosting tersebut memiliki kredibilitas yang baik untuk membantu Anda mengembangkan website kedepannya.

Untuk itu, sebelum Anda memutuskan membeli hosting di sebuah penyedia layanan, akan lebih baik melakukan cek dan ricek terlebih dahulu. Jangan sampai salah dalam memilih penyedia hosting terbaik.

Tidak hanya soal kualitas penyedia hosting, Anda pun harus memperhatikan harga yang dipatok oleh penyedia hosting tersebut. Biasanya harga yang dipatok tidak terlalu jauh, hanya saja fasilitas yang diberikan biasanya berbeda di tiap penyedia hosting.

Nah, fasilitas inilah yang harus Anda perhatikan. Pastikan fasilitas dan pelayanan yang Anda dapatkan sesuai dengan harga yang akan Anda bayarkan.

 

Tipe Web Hosting
Tipe Web Hosting

Selain itu, Anda juga jangan mudah tergiur dengan harga hosting yang terbilang murah. Sebab, harga murah tersebut belum tentu bisa menjamin kelangsungan website Anda di masa depan.

Terlebih jika website tersebut akan dijadikan sebuah website bisnis yang tentunya memerlukan branding yang kuat agar rasa kepercayaan tertanam dibenak pengunjung pada website Anda. Tidak ada salahnya untuk merogoh kocek lebih dalam demi masa depan website yang lebih baik.

Apabila Anda belum menemukan tempat yang tepat untuk menyewa hosting, maka kami merekomendasikan Anda untuk menyewanya di IDwebhost. Sebuah penyedia hosting populer asal Yogyakarta.

Tidak hanya itu, harga yang dipatok juga cukup bersaing dengan penyedia hosting yang lainnya. Anda tidak perlu khawatir soal masa depan website Anda berlangganan hosting di IDwebhost.

Tentukan Nama Domain yang Tepat

Jika hosting sudah didapat, jangan lupa untuk menentukan nama domain. Menentukan nama domain tidak semudah yang dikira. Sebab, nama domain nantinya akan menjadi identitas kita di dunia online.

Banyak yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan nama domain. Salah satu yang harus diperhatikan adalah nama domain tersebut harus sesuai dengan isi website yang akan Anda buat. Nama domain pun harus unik supaya pengunjung tidak kesulitan saat mengingat nama website, atau situs Anda.

Kesimpulan

Itulah tadi tips web hosting yang harus Anda tahu ketika ingin mencari penyedia hosting yang tepat. Dengan hosting yang tepat, website Anda dapat berkembang lebih besar lagi di masa depan.

IDwebhost punya beragam paket hosting yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan website Anda. Jangan sampai ketinggalan juga berbagai promo menarik IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost

Web hosting, ya IDwebhost!

IDwebhost
Member since 18 Jun 2007