Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial
Blog Tips Keren Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Bagi brand, engagement atau interaksi di media sosial adalah hal yang sangat penting. Banyak juga brand yang sangat mengerti betapa pentingnya peran media sosial sebagai cara untuk tetap terhubung dengan audiens. 

Hanya saja, masih sangat banyak yang meremehkan nilai yang dimiliki oleh engagement. Jika kamu jarang meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan pengikutmu, bisa saja kamu akan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan engagement media sosialmu. 

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan engagement di media sosial? Pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu, Sahabat IDwebhost tentang cara meningkatkan engagement di media sosial. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa yang Dimaksud Dengan Engagement di Media Sosial? 

Sebelum membahas tipe konten apa saja yang dapat meningkatkan engagement di media sosial, apakah yang kamu ketahui tentang engagement media sosial? 

Setiap hari, terutama di era media sosial, kata-kata engagement rate, viral, interaksi, komen, like dan beragam istilah yang ada dengan mudah ditangkap telinga. Kemudian direkam di kepala, dan secara tak sadar, kita akan mudah mengingatnya. Tapi ternyata masih banyak yang belum memahami apa itu engagement di media sosial. 

Engagement atau keterlibatan di media sosial adalah parameter yang diukur menggunakan komentar, like, dan share. 

Baca Juga: Memahami Growth Hacking Strategy Untuk Pengembangan Bisnis

Tentu saja kita ingin memiliki jumlah pengikut yang banyak. Hanya saja, kadang jumlah pengikut yang besar tak menjamin angka engagement juga sama besarnya. Dalam bisnis, bukan hanya kuantitas yang harus dikejar, namun juga kualitas. Itulah yang harus kamu perjuangkan sebagai pemilik bisnis. 

Misalnya begini. Bayangkan kamu mengundang semua teman untuk datang ke rumahmu, namun mereka semua hanya duduk diam sambil bermain ponsel masing-masing. Tak ada percakapan, nihil saling lempar candaan. Rasanya sangat hambar. Bisa jadi, teman-temanmu tidak tahu hal asyik apa yang bisa dilakukan di rumahmu. 

Aktivitas dan engagement di media sosial sangat penting di setiap platform sosial media. Ya, karena membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah hal yang tidak mudah. Juga, selain merawat pelanggan yang sudah ada, penting pula memikirkan cara bagaimana mendapatkan pelanggan yang baru. 

Engagement di media sosial sendiri dapat diukur berdasarkan parameter: 

  • Share atau retweet
  • Komentar
  • Like
  • Pertumbuhan pengikut dan audiens
  • Jumlah klik-tayang
  • Mention (Baik yang diberi tagar ataupun tidak)
  • Menggunakan hashtag bermerk

Pada dasarnya, engagement di media sosial akan bertumbuh setiap kali ada yang berinteraksi dengan akunmu dan dapat dihitung dengan berbagai cara. 

Tipe Konten Untuk Meningkatkan Engagement di Media Sosial

Untuk bisa meningkatkan engagement di media sosial,tiada lain untuk membuat konten yang tepat. Tepat di sini, artinya adalah yang sesuai dengan target audiensmu. 

1. Konten Dengan Tema Inspiratif

Ketika membuat konten, perhatikan juga sisi emosional dari audiens. Ini penting untuk mengoptimalkan jangkauan sebuah konten. Manusia menyukai hal-hal yang dianggap dapat mewakili perasaan mereka. Salah satunya adalah konten yang inspiratif. 

Konten inspiratif mampu menjadi pemantik yang sangat efektif untuk mendorong seseorang untuk bangkit dari perasaan terpuruk. Dan ya, sampai sekarang, konten inspiratif masih menjadi yang paling dicari. 

2. Konten yang Menghibur

Sehar-hari, aktivitas yang berulang seringkali terasa sangat menjemukan. Jenuh. Rasa jenuh tentu saja butuh penyegar. Dan konten dengan tipe menghibur seperti ini juga akhirnya dicari banyak orang. Dengan kemajuan teknologi, orang-orang biasanya menggunakan media sosial untuk menghilangkan rasa bosan yang ada. Nah, kamu bisa mengambil celah ini, misalnya dengan membuat konten hiburan yang lucu dan ringan. 

3. Konten Informatif. 

Apa yang dimaksud dengan konten informatif? Konten informatif adalah konten yang memiliki karakter berupa ulasan tentang fakta terkini, sampai dengan infografis. Konten dengan tipe seperti ini juga memiliki angka engagement yang tinggi, karena biasanya dicari banyak orang yang penasaran dengan suatu tema. 

Akurasi data sangat penting ketika membuat konten jenis ini. Pasti kamu tak mau disebut menyebar hoax karena datamu tidak akurat, bukan? 

4. Konten Edukatif

Walaupun banyak di-underestimate, konten bertema edukatif tapi nyatanya konten jenis ini masih cukup banyak dicari. Apalagi kini kita ketahui bersama bahwa internet layaknya “sekolah”. Karena banyak hal ada dan dapat dipelajari di internet. Banyak kanal YouTube ataupun situs website yang menawarkan konten edukatif, sehingga masyarakat umum bisa ikut belajar. 

Tips Menaikkan Engagement di Media Sosial

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan engagement di media sosial: 

Mengadakan Giveaway 

Mengadakan giveaway menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan audiens dengan akun media sosialmu. Giveaway yang biasanya banyak dipilih untuk meningkatkan engagement, seperti giveaway barang, voucher, atau bahkan uang tunai. 

Baca Juga: Biar Makin Jago, Memahami Technical SEO Untuk Pemula

Pernahkah kamu mendapatkan tag dari teman di media sosial yang berisi ajakan untuk mengikuti giveaway? Ya, kontes seperti ini adalah cara yang cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness berkat interaksi dua arah, yang akan membuat audiens merasa lebih dihargai. 

Untuk kamu yang sedang merintis brand, cobalah untuk sesekali mengadakan giveaway kecil-kecilan kepada pengikutmu. 

Optimalkan Media Visual

Survei membuktikan, bahwa engagement pada konten berbasis visual lebih tinggi daripada pada konten yang menggunakan tulisan. Jadi, memprioritaskan konten visual, seperti gambar dan video singkat bisa menjadi pilihan kalau kamu ingin mendapatkan lebih banyak like, share, dan komentar. 

Penggunaan konten visual juga dipercaya bisa membantu menjangkau lebih banyak audiens, dibandingkan dengan konten yang hanya berupa teks tanpa gambar. 

Namun, terlepas dari itu, kamu juga harus memastikan bahwa media visual yang digunakan cocok dan relevan dengan tema postingan. 

Menampilkan Konten Pelanggan

Menampilkan konten dari pelanggan bisa menjadi cara untuk meningkatkan engagement. Ada beberapa konten pelanggan yang bisa ditampilkan. Seperti testimonial, ulasan, atau kritik dan saran. Tak hanya meningkatkan engagement, konten dari pelanggan bisa membantu menambah kepercayaan serta loyalitas konsumen. 

Bagikan berbagai kesan positif yang selama ini telah didapatkan brandmu, Selain itu, jangan lupa untuk melibatkan komunitas atau pengunggah konten dengan cara merepost dan berterima kasih ketika ada sebuah postingan yang berkaitan denganmu. 

Penutup 

Untuk meningkatkan engagement di media sosial memang tidak mudah. Butuh usaha yang tidak ringan untuk meningkatkan keterlibatan antara brand dan audiens. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting ya IDwebhost.

 

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis