Tingkatkan Seo Website Dengan Broken Link Checker
Blog SEO Tingkatkan Seo Website Dengan Broken Link Checker

Tingkatkan Seo Website Dengan Broken Link Checker

Memiliki website yang profesional dengan reputasi yang baik di mata pengunjung maupun mesin pencari adalah keinginan bagi para webmaster. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam mengelola website seperti optimasi SEO, keamanan, kecepatan, dan salah satunya adalah kesehatan website itu sendiri. Bagi pemula mungkin masalah kesehatan website dianggap tidak terlalu penting, padahal ini juga bisa mempertaruhkan reputasi dari website tersebut. Namun bagi para webmaster yang telah terjun lama di bidang website tentu akan selalu memperhatikan kesehatan website tersebut. Salah satunya yaitu dengan selalu mengecek broken link pada website yang dimilikinya.

Walaupun terlihat sepele dan kebanyakan orang menganggap sepele broken link ini, jika dibiarkan dampaknya adalah menurunkan ranking pada website di mesin pencari. Nah sebelum kita membahas secara lengkap terkait broken link ini ada baiknya terlebih dahulu untuk mengetahui pengertian broken link sebagai berikut.

Apa itu Broken Link

Apa itu Broken Link?

Broken link adalah suatu tautan, URL, atau link yang telah rusak, tidak aktif, atau bisa disebut mati. Biasanya jenis tautan yang rusak ini jika diakses tautan yang menuju halaman tersebut tidak ada. Jika tautan yang telah rusak ini ketika diakses pada dasarnya akan memberikan informasi error 404 not found pada browser. Nah jika dibiarkan terlalu lama dengan jumlah link rusak banyak maka website Anda akan dinilai jelek reputasinya.

Apa Yang Menyebabkan Link Rusak

Apa Yang Menyebabkan Link Rusak?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan adanya broken link ini, baik dengan sengaja atau tidak sengaja pasti kebanyakan pemilik website pernah memberikan tautan atau URL pada websitenya. Misalnya saja Anda menyisipkan link referensi kepada pembaca website Anda kemudian ternyata link tersebut sudah tidak aktif lagi, sehingga tidak bisa diakses di kemudian hari. Nah ini lah yang bisa menyebabkan adanya banyak tautan yang tidak aktif atau rusak pada website Anda. Link tersebut yang telah Anda siapkan pada konten website Anda menjadi dead link dikarenakan mungkin domain sudah tidak aktif lagi atau sudah berganti dengan URL yang lain dan lain sebagainya.

Broken link sendiri adalah tautan yang tidak bisa diakses oleh mesin pencari maupun pengunjung. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab adanya tautan yang rusak pada website sebagai berikut:

  • Kesalahan dalam pengetikan tautan.
  • Adanya perubahan domain.
  • Telah terjadi perubahan direktori web.
  • Penyimpanan halaman 404 oleh cache.
  • Adanya pengaturan Domain Name Server (DNS).

Apa Saja Dampak Broken Link Untuk Website?

Dengan adanya banyak tautan yang rusak yang ada pada website Anda maka mesin pencari akan mengindikasi bahwa website tersebut terdapat elemen yang rusak, hal ini akan mengakibatkan dampak negatif pada website tersebut. Berikut beberapa dampak negatif dengan adanya adanya broken link yang banyak:

  • Memberikan Pengalaman Yang Buruk Pada Pengunjung

Saat pengunjung mengklik suatu tautan yang terdapat pada konten website anda dan ternyata tautan tersebut mengarah pada halaman kosong atau error, pastinya pengunjung akan tidak nyaman atau bahkan kesal juga. Pengunjung sudah berharap untuk mendapatkan informasi lebih lanjut ternyata yang didapatkan link error 404 saat tengah berselancar pastinya kesal.

  • Performa Website di SERP Buruk

Dead Link ini bisa mempengaruhi kualitas SEO website anda pada mesin pencar. Hal ini akan merugikan website yang juga akan berpengaruh negatif pada peringkat SERP. Karena tautan yang berkualitas adalah salah satu faktor untuk menentukan reputasi website Anda pada mesin pencari.

Cara Cek Broken Link dan Cara Mengatasi Broken Link

Cara Cek Broken Link dan Cara Mengatasi Broken Link

Meski bisa menjadi masalah besar broken link ini bukan tidak bisa diatasi, namun ada banyak cara untuk mengatasi masalah tersebut. Karena ada banyak konten yang ada pada website Anda tidaklah mungkin untuk mengecek satu persatu dari konten yang Anda miliki. Pastinya akan banyak memakan waktu lama dan merepotkan untuk menemukan tautan yang telah rusak satu saja.

Namun tenang jangan khawatir saat ini sudah ada banyak tool yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk mengetahui atau mencari broken link yang ada pada website Anda. Jika Ana menggunakan platform CMS WordPress bisa menggunakan plugin yang tersedia disana. Selain itu bisa juga melalui situs penyedia layanan untuk mengecek broken link secara online.

Rekomendasi Broken Link Checker

Rekomendasi Broken Link Checker

Nah untuk membantu mempermudah untuk mengatasi dan juga mengidentifikasi broken link yang terdapat pada website Anda, maka IDwebhost telah merangkum tool gratis untuk menemukan tautan rusak pada website Anda sebagai berikut:

brokenlinkcheck

1. Brokenlinkcheck Online

Brokenlinkcheck adalah tool yang digunakan untuk memindai atau membantu menemukan broken link secara otomatis yang terdapat pada struktur website. Alat ini kami rekomendasikan yang pertama karena tidak perlu instalasi dan langsung bisa digunakan dengan memasukkan URL website Anda.

Fitur utama Brokenlinkcheck

  • Memeriksa dead links pada website.
  • Dapat scan web-pages dengan jumlah tanpa batas.
  • Memvalidasi URL internal dan eksternal / outbound URL.
  • Menampilkan hasil dead links pada HTML Anda.
  • Reports HTTP error codes (404) dan lain sebagainya.

Sitechecker

2. Sitechecker

Sitechecker merupakan salah satu tool untuk membantu mencari broken link atau tautan rusak yang terdapat pada website. Tool ini akan otomatis meninjau dead link yang terdapat pada website baik itu dari link internal maupun eksternal.

Fitur utama Sitechecker

  • Memungkinkan untuk memindai 100 halaman website gratis.
  • Menampilkan dan memberikan laporan performa situs web Anda seperti : broken links, redirect chains,
  • orphan links, indexation errors.
  • Menampilkan informasi jika terdapat content errors: meta tags dan lain sebagainya.
  • Tersedia layanan backlink tracker

SEMrush

3. SEMrush

Untuk bisa menganalisis dan memahami situs web Anda maka tool dari SEMrush adalah tool yang bisa melakukannya. Selain bisa digunakan untuk mendapatkan informasi broken link SEMrush juga dilengkapi dengan fitur optimasi SEO, iklan, content marketing, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan tool Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan laporan audit secara lengkap mencakup daftar masalah dan kesalahan yang terdapat pada website Anda

Dead Link Checker

4. Dead Link Checker

Dead Link Checker adalah salah satu tool broken link checker yang dapat merayapi situs web Anda secara sistematis juga memindai tautan rusak pada website Anda. Dengan menggunakan tool ini maka Anda akan mendapatkan informasi dari tautan rusak seperti Page not found, Timeout, Server error, 404 dan lain sebagainya yang memang terdapat halaman website yang tidak bisa ditampilkan.

Baca juga: Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Website

Ahrefs

5. Ahrefs

Banyak para digital marketing yang menggunakan Ahrefs untuk membantu memantau pesaing. Selain itu Ahrefs ini bisa juga digunakan untuk memindai atau mengidentifikasi broken link yang terdapat pada website Anda. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan site audit di Ahrefs selanjutnya Anda akan mendapatkan laporan terkait tautan rusak ini.

Karena memiliki fitur SEO dan digital marketing juga kegunaan yang banyak maka jangan heran jika Ahrefs memasang harga premium yang dimulai dari US$99 per bulan.

Google Search Console

6. Google Search Console

Sebagai pemilik website tentunya tidak asing lagi dengan Google Search Console karena dengan menggunakan tool ini website akan lebih cepat terindex oleh Google. Nah tool ini bisa digunakan secara gratis untuk mendapatkan broken link pada website Anda. Dengan adanya Fitur Coverage yang ada di Google Search Console yang akan memindai secara real time dan menampilkan laporan jika terdapat tautan yang bermasalah pada website Anda.

Untuk mendapatkan performa website yang baik maka pengecekan jenis tautan ini tidak boleh dilewatkan. Selain berpengaruh pada optimasi SEO broken link ini akan berpengaruh pada reputasi dan juga kesehatan website Anda.