Broken Link: Penjelasan Lengkap dan Rekomendasi Broken Link Checker

13 Apr 2022
Broken Link: Penjelasan Lengkap dan Rekomendasi Broken Link Checker campaign-unlimited

Apakah Anda pernah, saat akan mengunjungi sebuah website, yang keluar malah halaman error 404? Nah, hal ini dapat disebabkan oleh terjadinya broken link pada blog tersebut. Broken link adalah keadaan dimana berhentinya loading atau pengarahan ke suatu tautan akibat link yang rusak. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan link pada suatu halaman.

Yang harus Anda perhatikan adalah efek dari terjadinya broken link terhadap salah satu postingan atau halaman pada situs Anda. Bisa-bisa peringkat website Anda di SERP atau hasil pencarian jadi menurun. Oleh karena itu, Anda harus memahami betul mengenai broken link serta cara untuk mengecek dan memperbaiki broken link tersebut.

Apa itu Broken Link

Apa itu Broken Link dan Penyebabnya?

Untuk menghindari terjadinya broken link, sudah pasti Anda harus memahami dulu apa itu broken link. Singkatnya, broken link adalah sebuah tautan atau link URL yang rusak atau mati. Kerusakan link ini mengakibatkan tidak dapat diaksesnya halaman tersebut oleh pengguna internet, sehingga muncul pesan halaman error 404.

Sebetulnya, broken link bukan hanya akibat kesalahan dari pemilik website saja. Terkadang, tautan yang rusak ini juga dapat terjadi pada link eksternal yang Anda cantumkan dalam setiap konten. Sehingga, hal ini juga dapat mempengaruhi peringkat situs Anda dalam hasil pencarian.

Umumnya, penyebab broken link adalah karena pemilik website salah dalam mengetikkan nama domain. Penyebab lain dari terjadinya broken link adalah karena website yang sudah berganti nama domain. Nah, kedua hal ini akan membuat para pengguna internet tidak dapat mengakses halaman yang dituju. Lalu, apa saja penyebab sebuah link rusak?

  • Kesalahan dalam mengetik alamat URL.
  • Berubahnya alamat atau nama domain website.
  • Direktori web yang berubah.
  • Cache halaman error 404 belum terhapus.
  • Pengaturan DNS (Domain Name Server) yang belum selesai.

Terjadinya kerusakan tersebut membuat link tidak dapat diakses, dapat berakibat buruk bagi website Anda. Apa saja dampak buruk itu? Berikut ini adalah dampak buruk yang diakibatkan oleh broken link.

  • Hilang dari radar Google, broken link akan terdeteksi oleh Google sebagai link yang sudah mati dan tidak berfungsi lagi. Sehingga, Google akan menghilangkannya dari hasil pencarian.
  • Menurunnya peringkat di SERP, apabila dalam suatu konten terdapat banyak sekali tautan yang rusak atau mati, maka Google akan menilai situs tersebut tidak berkualitas. Alhasil, peringkat dari situs Anda akan menurun dalam hasil pencarian.
  • Mengganggu pengguna, akibat terakhir dari broken link adalah mengganggu para pengguna. Ketika pengguna mencari informasi dan mendapatkan situs Anda sebagai sumber tetapi tidak dapat diakses, tentu saja hal ini akan membuat pengguna tidak nyaman.

Apa Yang Menyebabkan Link Rusak

Cara Cek dan Memperbaiki Broken Link

Broken link adalah salah satu masalah dalam website yang dapat berdampak buruk terhadap peringkat hasil pencarian. Akan tetapi, bagaimana cara untuk mengetahui keberadaan broken link dalam setiap konten situs Anda? Tentu saja Anda tidak perlu melakukan pengecekan link rusak dalam setiap konten satu per satu.

Ada cara cek broken link yang mudah dan dapat mengetahui secara sekaligus yaitu dengan cara menggunakan broken link checker. Nah, Anda dapat menggunakan plugin broken link checker jika situs Anda menggunakan WordPress. Tetapi, ada juga broken link checker online yang dapat Anda temukan dengan mudah di internet.

Dengan menggunakan plugin atau broken link checker online, Anda dapat mengecek dan memperbaiki kerusakan dalam link tersebut dengan menghapus atau memperbarui URL. Sehingga, nantinya halaman tersebut dapat diakses kembali oleh para pengguna.

Cara Cek Broken Link dan Cara Mengatasi Broken Link

Rekomendasi Broken Link Checker

Di WordPress dan internet sendiri, Anda dapat menemukan banyak sekali alat atau tool untuk mengecek link yang rusak. Agar Anda lebih mudah untuk memilih dan melakukan pengecekan link yang rusak, berikut ini adalah rekomendasi broken link checker online dan di WordPress.

Rekomendasi Broken Link Checker

 

brokenlinkcheck

1. Brokenlinkcheck – Broken Link Checker

Rekomendasi pertama broken link checker online adalah Brokenlinkcheck. Anda tidak perlu melakukan instalasi untuk tool yang satu ini karena dapat diakses secara online.

Cukup kunjungi Brokenlinkcheck dan masukkan link URL dari situs Anda. Maka, tool ini akan melakukan pengecekan secara otomatis dan gratis. Nah, ada berbagai fitur yang dapat Anda gunakan dari tool yang satu ini yaitu seperti pengecekan dead link, scanning tanpa batas jumlah, dan lain-lain.

Sitechecker

2. Broken Link Checker

Nah, bagi para pengguna CMS WordPress, Anda dapat menggunakan plugin yang satu ini. Plugin WordPress tersebut adalah Broken Link Checker dengan lebih dari 700.000 diinstal.

Hal menarik dari plugin yang satu ini adalah Anda dapat mengecek broken link menggunakan plugin ini dalam waktu tertentu. Nah, waktu ini dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Selain itu, Anda juga dapat melakukan perbaikan terhadap link yang rusak tersebut dengan fitur-fitur yang tersedia.

SEMrush

3. Sitechecker

Selain Brokenlinkcheck, Anda juga dapat menggunakan Sitechecker sebagai broken link checker online. Sitechecker adalah tool untuk mengecek keberadaan broken link dalam situs Anda.

Dapat dikatakan, tool yang satu ini merupakan salah satu tool SEO yang memberikan berbagai fitur lengkap. Seperti on-page SEO checker, SEO blog, traffic checker, dan lain-lain. Sitechecker juga dapat membantu Anda untuk meninjau berbagai link rusak, baik internal maupun eksternal. Menariknya lagi, Anda dapat melakukan scanning sampai dengan 100 halaman website secara gratis.

Dead Link Checker

4. Tool Dead Link Checker

Broken link checker online selanjutnya adalah Tool Dead Link Checker. Tool yang satu ini dapat membantu Anda untuk melakukan scanning link rusak secara menyeluruh terhadap website Anda. Menariknya, tool yang satu ini dapat melakukan scanning terhadap beberapa situs sekaligus.

Nah, selain multi check, Anda juga dapat melakukan pengecekan terhadap link yang rusak dalam situs Anda secara berkala. Nantinya, semua hasil dari scanning dan pemeriksaan tersebut akan dikirim melalui email Anda.

Baca juga: Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Website

Ahrefs

5. SEMrush

Seperti yang kita semua ketahui, SEMrush adalah salah satu tool SEO yang sangat direkomendasikan. Nah, salah satu fitur yang SEMrush tawarkan adalah pemeriksaan masalah dalam website Anda secara berkala.

Dengan fitur ini, nantinya Anda akan mendapatkan laporan secara berkala melalui email. Laporan tersebut berisi berbagai masalah serta kesalahan yang terjadi dalam website Anda. Nah, dari laporan inilah Anda dapat memperbaiki berbagai kesalahan tersebut termasuk broken link.

Google Search Console

6. Google Search Console

Google Search Console adalah salah satu tool untuk website yang sering digunakan oleh para pemilik website. Biasanya, Google Search Console digunakan sebagai salah satu tool dalam digital marketing. Tetapi, ternyata fungsi lain dari Google Search Console adalah untuk melakukan pengecekan broken link dalam website.

Nah, Anda bisa menggunakan fitur coverage. Ini adalah fitur untuk melakukan scanning broken link secara real time. Nantinya, semua hasil scanning tersebut akan ditampilkan dalam laporan Google Search Console.

Broken link adalah salah satu penyebab terjadinya penurunan peringkat dan performa website di dalam SERP Google dan mesin pencari lainnya. Nah, salah satu penyebab terjadinya broken link adalah karena kesalahan penulisan link oleh pemilik situs atau akibat adanya perubahan nama domain.

Agar situs Anda terhindar dari dampak buruk yang ditimbulkan oleh link yang rusak, Anda dapat menggunakan berbagai broken link checker secara berkala. Broken link checker ini adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk mengecek dan juga memperbaiki berbagai link rusak yang ada di situs Anda.

Selain mengatasi link yang rusak, Anda juga harus meningkatkan performa situs Anda dengan menggunakan hosting yang berkualitas. Untuk itu, gunakan layanan web hosting terbaik dari IDwebhost. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena Anda bisa mendapatkan layanan hosting murah yang pastinya terjangkau!

Supaya makin murah, jangan lewatkan juga berbagai promo menarik dari IDwebhost dengan klik disini!

Penulis
Member since 2 Jul 2013