TikTok Shop Comeback: Siap Gandeng UMKM Indonesia?

13 Des 2023
TikTok Shop Comeback: Siap Gandeng UMKM Indonesia? campaign-unlimited

Sejak bulan Oktober 2023 silam, banyak berita hoax yang mengabarkan kembalinya platform social commerce, TikTok Shop. Rupanya, seiring berjalannya waktu berita ini tidak lagi menjadi isapan jempol belaka. TikTok Shop comeback, siap kembali beroperasi di Indonesia.

Walaupun sempat menuai polemik pro dan kontra, TikTok Shop adalah salah satu platform belanja yang cukup populer dan banyak dinantikan oleh masyarakat. Menjawab rasa penasaranmu terkait berita tersebut, mari ikuti penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Awal Mula TikTok Shop di Indonesia

Topik tentang TikTok Shop comeback menjadi perbincangan yang hangat karena sejak awal kehadirannya, platform ini telah mengundang banyak perhatian masyarakat. TikTok Shop adalah bagian dari aplikasi short-form video: TikTok.

Platform belanja ini secara resmi dirilis pada 17 April 2021. TikTok Shop dirancang sebagai layanan inovatif yang mempertemukan pembeli, pedagang, dan kreator untuk menyediakan pengalaman belanja yang baru dan menyenangkan.

Di awal kehadirannya di Indonesia, TikTok Shop menggandeng artis Nagita Slavina dengan mengadakan program live shopping “Toko Mama Gigi”. Toko ini menawarkan berbagai produk, mulai dari peralatan elektronik hingga produk kecantikan dengan promo yang menarik.

Program live shopping ini berhasil menjangkau hingga 1,4 juta audiens. Tidak lama setelah itu, popularitas TikTok Shop semakin meroket. TikTok Shop memungkinkan produsen, penjual, hingga content creator untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan konten video pendek dan live shopping.

Namun, dalam perjalanannya, per 4 Oktober 2023 pukul 17:00 WIB TikTok Shop memilih untuk menutup layanannya. Hal ini berkaitan dengan revisi Permendag Nomor 31 Tahun 2023, yang mengatur pemisahan platform social commerce dan social media.

Menurut peraturan ini, platform social commerce dilarang untuk menyediakan transaksi di sistem elekroniknya. Hal ini dikhawatirkan dapat menyalahgunakan data-data pribadi pengguna untuk kepentingan bisnis.

Kapan TikTok Shop Dibuka Kembali di 2023?

TikTok Shop comeback merupakan berita segar bagi penjual lokal, pemilik toko online, dan kreator affiliate. Secara resmi TikTok Shop kembali beroperasi di Indonesia mulai dari 12 Desember 2023. Tidak sendirian, platform belanja ini kembali sebagai bagian dari PT Tokopedia.

TikTok menginvestasikan dana sekitar Rp 23,27 triliun untuk mewujudkan kemitraan strategis dengan PT Gojek-Tokopedia. Sebagai imbalannya, GOTO juga akan mendapatkan keuntungan dari eskalasi dan pertumbuhan bisnis Tokopedia yang dikombinasikan dengan TikTok Shop kedepannya.

Meskipun begitu, investasi ini disebut tidak lantas membuat Tokopedia menghentikan dukungannya terhadap UMKM. Kerjasama antara kedua perusahaan ini juga melibatkan komitmen tidak adanya dilusi saham GOTO dalam Tokopedia.

Artinya, investasi modal yang diberikan oleh TikTok tidak akan mengurangi persentase kepemilikan saham GOTO di anak perusahaannya: Tokopedia. Komitmen ini tentunya membawa optimisme bagi pelaku UMKM Indonesia.

Kedepannya, kombinasi TikTok Shop dengan Tokopedia akan menciptakan layanan belanja dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Ini telah diwujudkan dengan salah satu program kampanyenya: #BeliLokal. Program ini mengajak pengguna untuk berinteraksi dan berbelanja produk lokal.

Tidak sampai di situ saja, TikTok Shop comeback juga diikuti dengan berita akan dibuatnya peluncuran e-wallet TikTok Pay. Hal ini diketahui dari kabar yang menyebutkan bahwa TikTok akan mengambil lisensi pembayaran di Indonesia. Menurut kabar tersebut, TikTok masih dalam proses diskusi mendalam dengan Bank Indonesia.

Ini merupakan langkah yang sangat mungkin dilakukan oleh TikTok, mengingat skala ekosistem dan riwayat volume transaksinya yang besar. Jika terealisasikan maka TikTok dapat menciptakan layanan dompet digital yang bisa menjadi saingan e-wallet populer, seperti ShopeePay, DANA, dan GOPAY.

Bagaimana UMKM Harus Menyikapi Kembalinya TikTok Shop?

Lalu, bagaimana cara menyikapi TikTok Shop comeback? Fenomena kembalinya TikTok merupakan sebuah tantangan, baik bagi pelaku UMKM maupun baru. Untuk memanfaatkannya sebagai peluang bisnis, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Bersikap Kritis dan Selalu Update Berita Terkini

Tips pertama adalah bersikap kritis dan up to date. Ikuti kabar terbaru dari berbagai media agar kamu lebih mudah beradaptasi dengan perubahan yang akan terjadi. Dalam konteks kembalinya TikTok Shop ini, ikuti perkembangannya dan pahami secara mendalam dampak yang akan didapatkan oleh pelaku UMKM.

Kombinasi antara TikTok Shop dan Tokopedia tentu dapat membawa dampak positif, berupa jangkauan yang lebih besar. Ini mungkin saja bisa menjadi sebuah awal yang baik bagi pertumbuhan bisnis di sektor UMKM.

2. Pelajari Algoritma TikTok Shop X Tokopedia

Setiap platform umumnya memiliki algoritma yang berbeda-beda. E-commerce biasanya memiliki algoritma yang mengatur visibilitas produk menurut nama, lokasi, kategori, hingga ketersediaan barang. Untuk mengoptimalkan penjualan di platform commerce, kamu tentu perlu mengenalinya dengan baik.

3. Adopsi dan Adaptasi Strategi Pemasaran Mainstream

Di awal kemunculannya, TikTok Shop memanfaatkan strategi pemasaran dengan konten video pendek dan live streaming. Namun, apakah video marketing masih akan tetap relevan di versi TikTok Shop saat ini? Atau ada strategi marketing baru yang akan menggantikannya?

Saat TikTok Shop masih tergabung dengan aplikasi TikTok, penjual perlu memasarkan produk dengan cara pemasaran mainstream pada saat itu. Begitu pula untuk menghadapi TikTok Shop comeback saat ini. Lakukan adopsi dan adaptasi strategi pemasaran utama untuk menarik pembeli ke lapak tokomu.

4. Kenali Keunikan dan Keunggulan Produk

Banyak pendatang baru UMKM yang dihantui rasa ragu saat akan memulai bisnis. Hal ini disebabkan oleh eksistensinya yang masih belum diketahui banyak orang dan jumlah kompetitor yang menjamur. Pada dasarnya, ini bukanlah suatu penghalang yang berarti jika penjual mengenali keunikan dan keunggulan produknya.

Meskipun menjual produk yang sama dengan 100 toko lainnya, penjual tetap dapat terlihat berbeda dengan memberikan nilai tambah yang berbeda. Misalnya dengan menyediakan variasi produk yang lebih beragam, memberikan dukungan pasca pembelian, atau memberikan garansi keaslian produk.

5. Lakukan Optimasi Konten

Terakhir, lakukan optimasi konten. Di sini konten yang dimaksud tidak hanya terbatas pada konten pemasaran, namun termasuk dengan konten deskripsi produk. Pastikan untuk memberikan nama dan deskripsi produk yang jelas, lengkap, namun tetap mudah dipahami.

Tidak lupa, lakukan optimasi gambar produk juga. Gunakan format, resolusi, dan aspek rasio yang sesuai. Pastikan gambar yang digunakan dapat mendeskripsikan produk dengan baik, sehingga calon pembeli dapat terbantu dan terdorong untuk melakukan pembelian.

Demikian pembahasan singkat terkait TikTok Shop comeback di Indonesia. Sebagai pelaku usaha, pastikan untuk selalu melihat sisi peluang dari setiap hal baru. Dengan kehadiran TikTok Shop yang kini bermitra dengan Tokopedia, kamu dapat turut bersinergi untuk menyukseskan pertumbuhan UMKM di Indonesia.

UMKM bisa punya website yang murah, cepat, dan canggih! Buat website jualanmu dan optimalkan dengan Hosting Unlimited IDwebhost, mulai dari Rp 14 ribuan saja. Ayo Tingkatkan Penjualan bersama Hosting Cepat IDwebhost!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022