Tiktok ADS: Panduan Lengkap Beriklan di Tiktok
Blog Tutorial Tiktok ADS: Panduan Lengkap Beriklan di Tiktok

Tiktok ADS: Panduan Lengkap Beriklan di Tiktok

Apakah Anda pengguna tiktok? Anda memiliki produk dan ingin menjadikan tiktok sebagai saluran dan media promosi produk Anda?  Jika demikian, Anda sudah tepat, karena saat ini tiktok menjadi salah satu tempat beriklan yang sangat menarik untuk Anda lakukan. Mari kita pelajari lebih dalam apa itu tiktok ADS dalam panduan lengkap cara beriklan di tiktok.

Mengapa penting memikirkan strategi iklan di aplikasi tiktok? Tentu kita perlu melihat secara detail bagaimana perkembangan aplikasi asal China ini. Aplikasi yang kini telah menjangkau pengguna di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri aplikasi tiktok sudah lama digunakan,  namun baru ramai dan viral sejak dua tahun terakhir. Pengguna tiktok di Indonesia pun terus tumbuh, dan kini tiktok sudah banyak digunakan sebagai media pemasaran bagi pelaku usaha online.

Perkembangan tiktok yang luar biasa ini juga telah menarik minat banyak influencer dari aplikasi lain seperti Instagram dan Youtube. Banyak konten kreator, influerncer, bahkan artis yang kini menggunakan tiktok. Tentu bukan tanpa alasan mereka mulai beralih menggunakan tiktok.

Salah satu alasan mendasar mengapa banyak pengguna media sosial lain juga memulai karier sebagai pembuat konten di tiktok adalah ramainya pengguna aplikasi ini. Angka pengguna yang terus tumbuh, akan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Tidak heran jika saat ini di tiktok sudah banyak muncul influencer, yang kemudian menjadi ‘agen’ pemasaran produk dengan model endorsment seperti halnya di aplikasi lain.

Endorsment mungkin menjadi salah satu pilihan kita dalam beriklan untuk melakukan strategi promosi produk.  Namun ternyata endorsemet tidak sedikit biaya yang diperlukan. Sehingga bagi Anda pelaku bisnis, ketika akan menjadikan tiktok sebagai media bisnis Anda, perlu Anda untuk mempertimbangkan anggaran Anda untuk beriklan di tiktok melalui tiktok ADS.

Mengapa Beriklan Dengan Tiktok ADS?

Mengapa beriklan pada aplikasi tiktok

Jika sebelumnya di aplikasi tiktok cara melakukan iklan adalah dengan memanfaatkan para konten kreator atau influencer yang sudah memiliki follower banyak. Saat ini Anda tidak perlu lagi harus membayar biaya endorsment, karena tiktok sudah memiliki tiktok ADS, sebuah layanan yang sangat mendukung bagi pelaku bisnis seperti Anda.

Pada dasarnya tiktok ADS  memberikan layanan kemudahan dalam melakukan iklan dalam sebuah platform media sosial. Namun tiktok menawarkan salah satu fitur andalan yaitu fitur penargetan yang canggih dan unik bagi pembuatan iklan.

Platform Iklan TikTok mengklaim bahwa mereka tidak seperti banyak pendahulunya dalam menawarkan kemudahan dan kemutakhiran beriklan. Banyak pengguna tiktok ADS yang sudah membuktikan perbedaan mendasar perihal target audiens atau pasar yang ada di tiktok, dan bagaimana fitur penargetan tiktok bekerja lebih baik.

Pada dasarnya, tiktok ADS ketika digunakan secara efektif, akan membantu Anda memasuki salah satu kelompok pengguna yang paling menguntungkan. Pengguna yang tertarget sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. Sehingga Anda tidak perlu meraba-raba lagi siapa calon pembeli Anda di platform tiktok ini.

Ketika Anda akan melakukan iklan di tiktok, terdapat beberapa opsi pilihan iklan yang bisa Anda pilih. Berikut adalah beberapa opsi pemasangan iklan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda:

Tiktok Pre-roll ads: Iklan Tiktok dalam bentuk Video yang dimulai setelah pengguna membuka aplikasi tiktok.
Promoted hashtag challenges: Video yang mendorong para pengguna menggunakan tagar atau hastag khusus  yang merupakan bagian dari produk Anda. Ini lebih seperti challenges bagi pengguna tiktok.
Tiktok In-feed ads: Iklan Tiktok Video yang muncul saat pengguna scroll feed dalam aplikasi tiktok.
Branded effects:  Iklan berupa Filter efek khusus untuk digunakan oleh pembuat konten di video – mirip dengan yang ada di Snapchat dan Instagram tetapi menampilkan informasi khusus brand bisnis Anda.

Panduan Lengkap Cara Beriklan di TikTok

1. Buat Akun Tiktok ADS

Halaman pendaftaran Tiktok ADS

Pertama-tama Anda perlu membuat akun Tiktok ADS  atau Akun Iklan Tiktok. Silakan untuk mendatar melalui: Tiktok.com/business/id

Akun tiktok ADS ini yang nanti akan Anda gunakan dalam mengelola, mengatur, dan membuat iklan di aplikasi tiktok. Silakan untuk mendaftar dan mengikuti panduan pendaftaran  yang ada.

Dalam proses pendaftaran akun tiktok ADS, Anda perlu memberikan keterangan sesuai kondisi asli Anda. Hal ini agar iklan yang akan ditawarkan kepada Anda nanti sesuai dengan produk atau pasar yang ingin Anda target.

Bagi Anda sudah mendaftar, silakan untuk lanjut mengikuti panduan cara beriklan di tiktok selanjutnya.

2. Membuat Tiktok AD Campaign

membuat tiktok ads campain

Lihat pada bagian dashboar Iklan Tiktok Anda,  silakan klik tab atau menu kampanye pada bagian atas halaman. Setelah itu silakan untuk klik tombol buat.

Nah pada bagian  tab buat ini silakan untuk mengisi pertanyaan atau kolom isian yang ada. Salah satunya adalah memilih tujuan kampanye atau beriklan Anda.

Dalam pilihan beriklan di tiktok ini terdapat tiga opsi yang bisa Anda pilih yaitu; Lalu Lintas, Konversi dan Pemasangan Aplikasi. Nah, mana target yang Anda inginkan dalam beriklan di tiktok?

Apakah Anda ingin membuat tarik atau lalu  lintas menuju situs  website toko online Anda? Atau bagi Anda yang sudah memiliki aplikasi, iklan dengan tujuan agar orang menginstal  atau menuju laman unduh aplikasi Anda. Semua sesuai dengan kebutuhan beriklan di tiktok yang Anda rencanakan.

Selanjutnya silakan untuk menentukan besaran anggaran beriklan di tiktok sesuai dengan anggaran iklan Anda. Silakan Anda pilih opsi Anggaran Harian atau Total Anggaran di bawah Pengaturan. Penting untuk Anda perhatikan bahwa untuk beriklan di tiktok Anda harus menyiapkan anggaran harian dengan total anggaran minimal harus $ 500.

 

3. Untuk Beriklan di TikTok Lakukan Setting Placement, Detail, dan Target

pengaturan beriklan di tiktok

Fitur ini menjadi kelebihan beriklan di TikTok Ads, karena Anda bisa menjalankan iklan bukan hanya di satu platform, namun juga untuk berbagai platform lain yang bermitra dengan TikTok.

Mungkin sebagian dari Anda baru mengetahu jika tiktok memiliki banyak platform mitra yang bekerja sama dengan mereka. Platform mitra seperti; Vigo Video yang hanya, Buzz Video, News Republic, dan beberapa platform lainnya. Namun mungkin platform yang ada belum seramai tiktok di Indonesia.

Kemudahan dalam beriklan di tiktok ads dengan Anda bisa membuat iklan tiktok otomatis, yang mana secara otomatis TikTok akan mengarahkan ke mana sebaiknya iklan Anda dimunculkan. Sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan target dan waktu yang tepat.

Sehingga dalam langkah ini penting bagi Anda, untuk memasukkan semua detail mengenai iklan produk Anda. Pastikan Anda memasukkan kata kunci yang sesuai dengan target dan paling relevan agar TikTok dapat membantu Anda dalam menemukan audiens atau target pasar yang paling tepat untuk jenis iklan yang Anda buat.

4. Melakukan Kontrol Pengeluaran Iklan Tiktok Anda

Memang biaya iklan di tiktok cukup mahal, setidaknya Anda perlu memiliki anggaran $ 500 / hari. Karenanya, anggaran tersebut harus maksimal, yaitu dengan Anda membagi dalam berbagai grup iklan yang tepat.

Misalnya dari $500 Anda membuat setiap bagian dari kampain atau iklan tiktok Anda adalah $50 untuk anggaran harian. Anda bisa melihat anggaran ini pada menu budget & sechedule.

kontrol biaya beriklan tiktok ads

Menjadi penting untuk Anda melakukan pengaturan yang paling seusai berapa lama waktu iklan Anda. Apakah harian atau mingguan untuk setiap iklan yang Anda buat. Ini berkaitan dengan biaya yang akan Anda keluarkan.

Manfaatkan fitur Smart Optimation untuk memaksimalkan iklan Anda di tiktok. Tentu dengan melihat tujuan Anda melakukan iklan, misalnya untuk menarik orang mengunjungi toko online Anda. Maka Anda bisa memantau berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda melalui iklan tiktok Anda.

Bagaimana sangat mudah bukan cara beriklan di tiktok ads? Menjadi catatan penting bagi pelaku usaha seperti Anda ketika akan melakukan iklan di media sosial untuk menarik pengunjung ke website Anda adalah performa website Anda itu sendiri. Karena akan ada trafik yang membeludak, jangan sampai website Anda  lemot atau bahkan down dan tidak bisa diakses.

Maka penting untuk menggunakan jasa layanan hosting murah terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dari bisnis Anda. Demikian pembahasan kali ini mengenai Tiktok ADS: Panduan Lengkap Beriklan di Tiktok. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan Anda beriklan di tiktok. Terima kasih. Salam.