Cara Mengatasi Email IPhone Error The Smtp Server is Not Responding
Blog Tutorial Cara Mengatasi Email IPhone Error The Smtp Server is Not Responding

Cara Mengatasi Email IPhone Error The Smtp Server is Not Responding

Bagi Anda pengguna IPhone, mungkin Anda pernah atau sedang mengalami salah satu error yang sering terjadi pada email IPhone yaitu tidak dapat mengakses karena tidak ada respon dari server yang Anda gunakan. Pesan yang muncul bisanya berupa kalimat “The Smtp server is not responding” Jika Anda mengalami hal ini, mari kita cari tahu apa akar penyebabnya.

Error yang terjadi pada email IPhone berupa pesan “The Smtp server is not responding” bisa terjadi pada siapa saja, dan sering kali tidak tepat waktu. Terlebih bagi Anda yang menggunakan email untuk kebutuhan bisnis, tentu hal ini akan mengganggu komunikasi Anda. Maka perlu untuk segera Anda atasi agar tidak berlarut-larut dan menyebabkan kerugian.

Penyebab Error Not Responding pada Email IPhone dengan pesan The Smtp server is not responding sebenarnya disebabkan oleh kesalahan Port yang digunakan untuk login. Perubahan atau kesalahan penggunaan port ini sering kali tidak kita sadari, tiba-tiba terjadi perubahan pada port.  Namun bisa saja, error ini disebabkan oleh kendala server yang Anda gunakan, utamanya jika Anda menggunakan email bisnis.

Email IPhone Error The Smtp server is not responding ini terjadi ketika Anda mencoba untuk login namun port yang Anda gunakan adalah port 25, yang mana port 25 ini akan digunakan oleh SMTP untuk mendapatkan koneksi atau terkoneksi dengan server. Namun ternyata port 25 diblok oleh provider internet yang kita gunakan.

Cara Mengatasi Email IPhone Error The Smtp Server Is Not Responding

Cara Mengatasi Email IPhone Error The Smtp Server IS Not Responding

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi email iPhone ini, yaitu dengan melakukan pengecekan pada jaringan internet yang Anda gunakan, kemudian melakukan perubahan pada port untuk login, dan terakhir Anda bisa menghubungi atau melakukan pengecekan pada layanan email Anda.

1. Beralih Menggunakan Saluran Internet Lain

Karena Anda sudah mengetahui penyebab error email IPhone Anda salah satunya karena telah terjadi penolakan dari provider internet yang Anda gunakan. Maka langkah yang bisa Anda lakukan paling mudah adalah dengan mencoba menggunakan saluran internet lain.

Ini biasanya terjadi dengan ciri-ciri jika sebelumnya email Anda berjalan normal dan bisa login, namun tiba-tiba eror muncul. Bisa jadi karena adanya peralihan provider atau koneksi internet yang Anda gunakan. Misalnya peralihan koneksi wifi yang Anda dapatkan di tempat umum atau tempat kerja.

Langsung saja ganti koneksi internet Anda, dan coba kembali login ke email iPhone Anda. Jika semua menjadi normal, tidak ada kendala. Berarti masalah selesai, Anda tidak perlu melakukan perubahan pada langkah ke dua. Namun jika ternyata masih muncul pesan eror. Maka ikuti langkah ke dua yaitu pergantian port yang digunakan.

2. Mengubah Port Yang Digunakan Untuk Bisa Conet Ke Server

Penyebab terjadinya Email IPhone Error The Smtp server is not responding karena adanya pemblokiran dari provider. Ini karena telah adanya perubahan pada  port yang Anda gunakan. Maka, kita perlu untuk mengubah port dari 25 ke port yang baru, dan eror mengaktifkan menu Use SSL. Berikut caranya:

Mengganti Ke Port 587

Pertama, silakan Anda mengganti port yang akan Anda gunakan untuk login email Anda, agar tidak lagi terjadi error.  Seperti pada gambar silakan untuk Anda menggunakan port 587 dan mengaktifkan menu Use SSL. Setelah Anda ganti, coba untuk login ke email Anda, jika ternyata masih muncul error dengan pesan yang sama, maka ganti dengan port selanjutnya.

Mengganti Ke Port 465

Anda telah mengganti dari port 25 ke port 587, namun ketika Anda mencoba untuk login menggunakan port 587 masih mengalami kendala yang sama. Maka,  Anda dapat kembali mengganti port dengan menggunakan port 465.

3. Menghubungi Penyedia Layanan Email Atau Administrator Server Anda

Bantuan Server Email Untuk bisnis

Jika Anda telah melakukan langkah-langkah di atas, namun ternyata pesan error masih muncul, maka sebaiknya Anda untuk menghubungi penyedia layanan email Anda.  Atau, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan pada halaman web mereka, untuk mengetahui apakah terdapat gangguan layanan pada server mereka.

Bagi Anda pengguna email bisnis, sangat disarankan untuk segera menghubungi penyedia email atau administrator sistem. Apa lagi jika Anda menyalakan fitur atau batasan keamanan, misalnya verifikasi dua langkah, untuk akun email Anda. Karena bisa jadi mungkin Anda memerlukan kata sandi khusus atau perlu meminta otorisasi dari penyedia email untuk mengirim dan menerima email di perangkat.

Coba untuk melakukan pemeriksaan pengaturan akun email Anda dengan penyedia email atau administrator sistem untuk memastikan pengaturan sudah benar. Jika Anda pengguna email dari layanan IDwebhost, Anda bisa segera menghubungi tim IDwebhost untuk segera mendapatkan bantuan penyelesaian kendala yang Anda hadapi.

Pentingnya Kualitas Server Email Untuk Kebutuhan Bisnis

Pentingnya Kualitas Server Email Untuk Kebutuhan Bisnis Agar Tidak Error The Smtp Server IS Not Responding

Bagi pelaku bisnis seperti Anda, tentu kebutuhan akan email bisnis adalah wajib hukumnya. Berbagai kemudahan akan Anda dapatkan ketika Anda menggunakan email bisnis. Terlebih dalam era digital seperti saat ini, email bisnis juga membawa peran sebagai media promosi dari produk atau jasa perusahaan Anda.

Contoh nyata peran email bisnis dalam bidang promosi perusahaan adalah, penggunaan nama domain perusahaan dalam email Anda. Jika sebelumnya Anda menggunakan layanan email dari domain umum seperti Gmail, atau Yahoo Mail, maka dengan Anda memiliki domain server sendiri, email Anda tidak lagi email pada umumnya, namun email dengan @ berupa nama domain Anda.

Nah, jika Anda menjalankan bisnis, maka tanpa Anda sadari penggunaan nama domain bisnis untuk email Anda ini adalah cara Anda melakukan pengenalan perusahaan Anda kepada calon mitra Anda. Oleh sebab itu, email bisnis harus Anda rawat dengan baik, Anda perlu memperhatikan kualitas server email bisnis yang Anda gunakan. Jangan sampai email-email Anda dengan klien terganggu karena kualitas server yang tidak memadai untuk bisnis Anda.

Bagi Anda pelaku bisnis tentu sudah tidak asing dengan layanan hosting murah mampu memberikan pelayanan prima untuk kebutuhan server email bisnis Anda.  Layanan yang telah menjadi rujukan dan digunakan oleh ratusan ribu pelaku bisnis di Indonesia. Apa lagi kalau bukan IDwebhost, selain memberikan layanan hosting, juga memberikan layanan domain murah dengan diskon setiap harinya.

Nah, untuk Anda yang membutuhkan layanan prima, hosting terbaik saatnya Anda Go-Digital bersama IDwebhost. Dengan perusahaan Anda berada di internet, menjalankan strategi pemasaran digital, maka akan lebih banyak lagi peluang pasar yang mampu Anda garap. Tunggu apa lagi, manfaatkan diskon yang ada sekarang di IDwebhost.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Cara Mengatasi Email IPhone Error The Smtp server is not responding semoga pembahasan ini bermanfaat dan memberi solusi dari kendala yang Anda alami. Terima kasih telah membaca. Salam. Ari IDwebhost.