Pembahasan Lengkap Tentang Whois Domain
Blog Tips Keren

Pembahasan Lengkap Tentang Whois Domain

Pemahaman Lengkap Tentang Whois Domain. Pemahaman tentang whois domain tampaknya akan menjadi perbincangan hangat bagi anda yang sedang berkecimpung dalam dunia IT, khususnya bagi anda yang memang sampai saat ini memanfaatkan berbagai layanan web hosting indonesia. Mengacu pada makna bahasa dari whois itu  sendiri berkaitan erat dengan bahasa inggris yang dikenal dengan frase who is yang artinya siapakah dia.

Terlepas dari itu semua, whois domain tersebut sangat berkaitan erat dengan yang namanya sebuah fasilitas untuk mengetahui data dari sebuah domain tertentu seperti halnya dengan nama pemilik IP address, domain dan juga servernya. Hal seperti ini tentunya sangatlah berguna bagi anda yang memanfaatkan layanan web hosting indonesia untuk kemudian mengetahui apakah domain yang akan anda buat sudah dipakai oleh orang lain atau belum.

Definisi Whois Domain & Informasi Didalamnya

 

definisi whois domain dan informasi didalamnya
IDwebhost

 

Bagi anda yang menggunakan jasa layanan web hosting indonesia, penting untuk mengetahui apakah domain yang akan anda pakai sudah teregistrasi oleh orang lain atau belum, dan untuk dapat
mengetahuinya maka digunakanlah whois ini. Melalui layanan whois inilah, anda akan bisa mendapatkan beberapa informasi seperti halnya berikut ini :

1. Contact Administrative

Ketika anda telah mendapatkan contact administravive, anda yang mendapatkan layanan dari web hosting indonesia tersebut akan memperoleh berbagai informasi terkait dengan kapan domain tersebut tiba masa expired-nya. Selain itu, anda akan mengetahui apakah pemiliknya akan memperpanjang masa
berlaku dari domain tersebut.

2. Billing Contact

Untuk Feature satu ini, anda akan mendapatkan informasi tentang pembayaran yang sempat dilakukan oleh pemilik domain dan juga penerimaan tagihan atas domain yang bersangkutan.

3. Server Name

Berbeda dengan Contact Administrative, di server name para user/pengguna layanan web hosting indonesia akan mendapatk4an informasi terkait dengan status dari domain yang dipakai. Selain itu, anda juga akan mengetahui apakah domain tersebut dalam status pending-restore, hold maupun register lock.

4. Technical Contact

Jika anda membutuhkan berbagai data teknis seperti email yang nantinya dipakai hingga informasi detail lainnya, anda bisa memakai fitur technical contact.

Manfaat Dari Whois Domain

Bagi anda yang sampai saat ini menggunakan web hosting indonesia, perlu untuk diketahui bahwa fasilitas whois domain yang teryata bisa diakses oleh semua orang ini terdiri dari berbagai jenis. Berikut ini tiga manfaat dari whois domain sendiri yang perlu untuk anda ketahui :

  • Keberadaan whois akan membantu anda dalam memberikan beragam informasi berkaitan dengan ISP, jaringan serta pemilik domain yang berkaitan. Melalui whois  itulah, anda akan bisa mendapatkan informasi detail atas keberadaan domain tersebut. Jikalau suatu nama domain belum dipakai oleh orang lain, anda bisa memakainya untuk kebutuhan anda pribadi.
  • Whois juga berfungsi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait dengan sumber pencari data untuk hak cipta dan merk dagang. Berbagai informasi tentang technical contact, server billing serta servenya akan tersedia dengan lengkap.
  • Membangun kepercayaan pengunjung serta membantu dalam meningkatkan jumlah traffic dari web yang dikelola oleh anda yang menggunakan web hosting indonesia. Dengan adanya whois ini, maka pengunjung akan mengetahui informasi terkait dengan kepemilikan situs e-commerce, perusahaan, lembaga, dan lainnya.

Cara Menggunakan Whois Domain

 

whois net untuk website
IDwebhost

 

Untuk anda yang ingin memakai layanan web hosting indonesia dan ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan whois tersebut, maka anda bisa mengunjungi ke laman whois.net. Lalu, anda akan diminta untuk memasukkan website yang nantinya akan anda lacak domainnya. Hasilnya pun cepat, anda akan mendapatkan berbagai macam informasi yang anda butuhkan. Melalui whois domain, anda bisa melacak berbagai jenis ekstensi seperti .id, .blogspot, .net, .org, .info, dan lainnya.

Baca Juga : Kebijakan Pergantian Data Pada Whois

Kaitannya Whois Domain dengan Whois Privacy

Jika memang sebuah data sebuah situs/website bisa ditampilkan dengan jelas, tidak jarang hal ini akan memicu munculnya suatu permasalahan baru yang lebih rumit seperti halnya dengan munculnya hacker atau spammer yang bekerja dengan cara memanfaatkan IP Address dan email dari pemilik domain tersebut. Oleh sebab itulah, untuk anda para user web hosting indonesia harus selalu merahasiakan data
tersebut dengan cara salah satunya yaitu memanfaatkan fitur whois privacy.

Keberadaan whois privacy akan sangat bermanfaat bagi pemilik domain yang telah mendaftarkan diri pada web hosting indonesia. Dengan adanya hal inilah, anda tidak perlu lagi merasa khawatir atas resiko IP Address anda dapat dilacak oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

 

whois privacy
IDwebhost

 

Terkait hal diatas, berikut beberapa manfaat yang perlu anda ketahui mengenai manfaat whois privacy yang sesungguhnya :

1. Memberikan Perlindungan Pada Identitas Pribadi

Dengan memanfaatkan whois privacy, anda bisa melindungi identitas anda sendiri sehingga situs yang perannya sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan ataupun organisasi anda akan tetap terlindungi dari berbagai ancaman. Pastinya anda tidak ingin minus, bukan, jika data situs anda yang notabene telah mempunyai traffic tinggi kemudian dibajak oleh orang lain.

2. Memblokir Spam

Manfaat selanjutnya dari keberadaan whois privacy bagi anda yang memakai layanan web hosting indonesia ini yaitu adanya kemampuan untuk memblokir spam seperti email dalam jumlah banyak sehingga membanjiri pemilik domain tersebut. Sering kali spam dalam bentuk iklan atau promosi sehingga hal semacam ini sangat menggangu pemilik situs. Melalui whois privacy, semua akan terjamin dan anda tidak akan mengalami hal tersebut.

3. Membantu Dalam Mengamankan Data

Secara umum, whois akan memberikan beragam informasi dengan data pemilik domain dan juga nomor telepon. Jika data pribadi anda dengan mudah ditemukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, maka sangat memungkinkan bahwa anda nantinya akan mendapatkan serangan email seperti spam. Bahkan, sangat memungkinkan anda akan dihubungi oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Namun Perlu anda ketahui bahwa tidak semua domain dapat menggunakan Whois Privacy, seperti domain dengan extension .ID (.ID, .CO, .SCH.ID, .AC.ID, dll) tidak dapat menggunakan whois privacy. Sedangkan domain seperti .TLD (.COM, .NET, .ORG, dll) dapat menggunakan whois privacy. Ingat jangan sampai whois domain anda disalahgunakan oleh orang lain.

Baca Juga : Perubahan Tampilan Pada Whois

Akhiran

Itulah beberapa hal terkait whois privacy dan whois domain yang sudah seharusnya diketahui oleh anda khususnya yang memakai layanan web hosting indonesia. Untuk anda yang ingin mendapatkan layanan keamanan situs supaya lebih terjamin, anda bisa memanfaatkan layanan tersebut dengan menghubungi laman IDwebhost.com. Dengan demikian situs anda akan tetap terjamin keamanannya dan bisa anda kelola dengan baik.

IDwebhost akan selalu membagikan berbagai tips, trik, dan tutorial mengenai bisnis terkini supaya bisa membantu mengembangkan bisnis anda. Selain itu, kami juga menyediakan jasa hosting dan domain berkualitas, jasa pembuatan website, Toko Online dan berbagai layanan seperti WordPress Hosting, SSL, Dedicated Server, dan lainnya.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.