Inilah 30 Template Blogger Responsive dan Gratis 2020

Inilah 30 Template Blogger Responsive dan Gratis 2020 campaign-unlimited

Mencari template blogger yang responsive bisa dibilang merupakan pencarian yang tak akan pernah berakhir. Ya, bagaimana tidak, diluar sana bertebaran ratusan bahkan ribuan template blogger yang bisa kamu pilih. Dan terkait dengan pemilihan template ini tentu sangat bergantung pada preferensi masing-masing blogger itu sendiri.

Katakanlah kamu adalah seorang food blogger. Tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan temanmu yang bekerja sebagai tech blogger. Atau jika kamu ingin membuat blog dengan niche berita, tentu yang kamu inginkan akan berbeda dengan orang yang membutuhkan template blogger untuk memajang portofolionya.

Sahabat IDwebhost, berikut kami sajikan template blogger responsive dan gratis, hanya untukmu.

Template Blogger Responsive dan Gratis

1. Jevelin

Template blogger responsive dan gratis

Template blogger responsive yang pertama adalah Jevelin. Template ini  punya beragam fitur dan fungsi yang luar biasa. Sangat cocok sebagai template untuk berbagai macam niche blog. Misalnya kamu ingin membuat blog fashion atau majalah online, semua bisa dilakukan dengan Jevelin. Template ini dilengkapi dengan panel editor yang memberikan pengalaman baru untuk penggunanya saat mengembangkan sebuah website. Javelin memiliki enam layout berbeda, dengan beberapa widget dan menu social sharing. Sangat lengkap.

2. Typography

Jika kamu ingin memiliki blog dengan font yang enak dibaca, Typhography adalah jawabannya. Template blogger responsive ini mempunyai tampilan minimalis. Sangat cocok bagi bagi kamu, misalnya seorang penulis yang ingin membagikan karyanya. Soal performa, jangan khawatir. Typograhpy merupakan template blogger yang SEO friendly. Loading time-nya pun sangat cepat, dengan fiturnya yang kaya. Ada professional admin layout, custom error 404 page, newsletter subscription, dan lain sebagainya.

3. Neo Mag

Template blogger selanjutnya yang cocok bagi para penulis adalah Neo Mag. Neo Mag sangat cocok bagi kamu yang ingin membuat majalah online, blog pribadi, dan website portofolio. Template satu ini memiliki navigasi yang mudah sehingga memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa. Sangat responsif dan kompatibel pada berbagai perangkat, baik desktop, tablet, dan smartphone. Fitur unggulannya antara lain G0ogle Testing Validator, custom 404 page, social sharing, dan lain sebagainya.

4. Button

Bukan, ini bukan Jenson Button pebalap Formula One asal Inggris yang pernah jadi juara dunia di tahun 2009. Button adalah template blogger minimalis dengan 2 kolom. Tampilannya yang sederhana bisa menjadi pilihan untukmu yang ingin membuat blog pribadi. Di bagian atas terdapat ikon media social, yang bisa kamu manfaatkan untuk membagikan setiap postingan ke pembaca. Juga memiliki fitur drop down menu. Hanya saja untuk yang versi gratisnya masih belum mendukung SEO friendly.

5. Pilvia

Pilvia adalah template blogger yang dibangun menggunakan framework bootstrap. Desainnya sederhana dengan pilihan warna-warna yang cerah. Template ini juga memiliki modul khusus yang memberi pengalaman membuat konten menjadi lebih mudah. Sangat cocok untuk website portofolio maupun halaman bisnis. Fiturnya sangat beragam. Antara lain layout yang responsive, custom widget, ramah SEO, dan kompatibel dengan pengguna mobile. Template serbaguna ini cocok bagi kamu yang menseriusi Google Adsense, karena sudah teroptimasi Google Adsense.

6. StudioPress

Bila kamu adalah orang yang bergerak di dunia kreatif, Studio Press adalah template yang tepat untuk digunakan. Tampilannya yang dinamis dan responsive sangat cocok bila kamu adalah fotografer, desainer, ataupun pekerja bidang kreatif lainnya. Selain responsif, Studio Press juga mudah dikustomisasi. Fitur yang dimiliki antara lain widget, laxy scrolling, dan multiple templates.

7. Ratio

Selanjutnya adalah Ratio. Sebuah template blogger responsive dan minimalis ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memberikan tampilan visual memukau untuk pengunjung. Ini semua berkat aksen berwarna merah yang elegan dan font yang enak dibaca. Selain menarik secara visual, Ratio juga punya fitur yang selalu dicari blogger. Ya, template satu ini sudah SEO Friendly. Fitur ini tentu sangat berguna agar blogmu semakin mudah ditemukan di internet.

8. Honey

Jika kamu adalah blogger dengan niche lifestyle atau travel, oney bisa menjadi pilihan. Template ini memiliki widget social yang akan membantumu membangun konektivitas dengan pembaca. Fitur yang dimiliki Honey antara lain menu drop-down, header, footer, widget subscribtion, dan masih banyak lagi. Dengan template ini, pengunjung akan merasakan template yang sangat responsive dan cepat.

9. Timeline

Kalau kamu mencari template blogger responsive untuk berbagi foto pribadi dan artikel harian, Timeline adalah jawabannya. Timeline memiliki layout yang sangat responsif yang bisa bekerja dengan baik pada semua jenis perangkat. Seperti desktop maupun perangkat mobile. Menariknya lagi, Timeline sudah dioptimasi, sehingga kamu bisa menambahkan iklan di blog sejak memulainya. Bagi publisher Google Adsense ini sangat bagus tentunya.

10. Lex

Satu lagi template blogger dengan tampilan yang modern dan bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Lex, template ini sangat cocok bagi kamu dengan niche fashion blogger, food reviewer, dan lain sebagainya. Kelebihan yang dimiliki Lex adalah layoutnya yang modern dan minimalis. Fiturnya pun beragam. Yang paling menarik tentu saja adanya widget untuk Instagram sehingga bisa menghubungkan galeri instagram kamu ke blog. Dan juga terdapat widget untuk berlangganan email.

11. Klarity

Klarity adalah template blog pribadi yang mempunyai layout yang responsive. Sisi menarik dari template ini adalah pilihan warnanya yang unik, dan tentunya responsive. Hal ini akan menjadikan website kamu terlihat bagus tampil di bentuk layar apapun. Salah satu fitur Klarity yang paling menonjol adalah kehadiran widget Google Adsense, yang akan membantu kamu memonetisasi blog.

12. Addiction

Addiction adalah salah satu template blogger yang memiliki desain layout yang minimalis. Hanya dengan satu kolom, dengan kombinasi 12 warnanya yang menakjubkan. Dan sama seperti Klarity diatas, Addiction juga dilengkapi widget Google Adsense. Tentu ini adalah kabar baik bagimu yang ingin mengoptimasi website, untuk situs berita misalnya.

13. Lily Fashion

Template blogger responsive dan gratis

Jika kamu adalah seorang fashion blogger dan menginginkan template blogger yang simple dan bersih, Lily Fashion bisa menjadi pilihan tepat. Lily Fashion desain yang responsive dan memiliki fitur yang membuat website tampak lebih bagus. Layout klasiknya menawarkan pengunjung pengalaman membaca yang bebas dari gangguan. Salah satu fitur andalannya adalah adanya widget Instagram untuk menampilkan galeri foto di platform berbagi foto video tersebut.

14. Moments

Jika kamu menginginkan tata letak yang bersih dan elegan sekaligus responsive, template blogger dua kolom ini sangat cocok untuk digunakan. Moments memiliki navigasi di bilah kiri dan kanan. Dengan desain ala Tumblr dan ikon bookmark social media membuat kehadiranmu di media social semakin kuat. Kekuatan lain yang dimilikinya adalah terdapatnya kumpulan font dan warna yang bagus memungkinkanmu menarik minat pembaca.

15. Florence

Florence adalah template blogger yang ringan dan responsive. Template ini hadir dengan tampilan yang minimalis, yang dapat langsung menarik perhatian pembaca. Template ini dibuat dengan desain modern yang keren dan cocok untuk segala jenis blog. Bila kamu mencari template blogger yang memiliki bilah iklan dan tata letak yang indah, Florence adala jawaban.

16. Typefocus

Typefocus adalah template blogger berbentuk kolom tunggal dengan tipografi yang bagus. Template ini memilik layout tata letak yang elagan dan modern. Selain itu Typefocus juga ramah SEO dan kompatibel pada semua browser yang Ada di pasar saat ini.

17. Couture

Template klasik dan responsive ini memiliki desain yang indah. Couture hadir dengan dua kolom, serta memiliki bilah samping yang bersih. Kamu dapat mengedit warna dan teks blog tanpa harus melakukan koding apapun. Tak hanya itu, template ini hadir dengan optimasi SEO yang membantumu semakin mudah melakukan optimasi halaman.

18. Rosemary

Template blogger ini memiliki desain yang elegan saat pertama kali melihatnya. Kamu yang tertarik dengan dunia fashion sangat cocok memggunakan template ini. Meskipun demikian, semua niche blog apapun sejatinya juga cocok menggunakan template yang satu ini.

19. Instaset

Instaset adalah template blogger berdesain modern dengan opsi tata letak yang sangat menarik. Template ini hadir dengan desain minimalis, yang cocok untuk setiap niche blog. Fitur yang diberikan pun telah dioptimalkan, yang dapat dimanfaatkan untuk mengarahkan lalu lintas pengunjung ke websitemu.

20. Gagism

Kamu tentu pernah mendengar situs meme terbesar di dunia, 9gag? Ya, 9gag adalah inspirasi dari template blogger bernama Gagism. Memiliki desain tiga kolom, template ini juga sangat responsive. Bila kamu suka berbagi hal-hal yang lucu, Gagism adalah template yang tepat untukmu. Fitur yang dimilii Gagism antara lain seperti drop down menu, header dan footer, widget bilah sisi, dan banyak lagi lainnya.

21. Holomatic

Apakah kamu suka fotografi? Jika memang demikian, Holomatic adalah template blogger yang tepat untukmu. Holomatic memiliki desain dan tata letak yang user friendly dengan kombinasi warna dan tata letak menarik. Sangat cocok untukmu fotografer yang ingin membagikan karyanya secara lebih luas.

22. Educator

Jika kamu mencari template blogger pendidikan, Educator bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan opsi desain slider yang menakjubkan menjadikannya ideal untuk website institusi pendidikan. Fitur lain yang bisa digunakan antara lain sudah support SEO, memiliki empat kolom, dan lain sebagainya.

23. WriteUp

Bila kamu adalah seorang penulis dan membutuhkan template blogger yang cocok, WriteUp adalah jawabnnya. Desainnya yang minimalis dan bersih sngat tepat untuk membagikan berbagai ide menarik darimu. Template responsive ini bisa menjadi pilihan bagus.

24. Galauness Grid

Galauness Grid adalah template blogger dengan desain premium dengan dua kolom. Layoutnya sangat responsive dan telah dioptimalkan untuk ramah mesin pencari. Bagi kamu seorang fotografer, template blogger responsive dan gratis ini adalah pilihan yang bagus. Fitur yang dimilikinya antara lain menu drop down, widget khusus, bilah sisi kiri, dan lain sebagainya.

25. Vanilla

Kalau kamu mencari template blogger responsive dan gratis desain bagus, inilah salah satu yang kami rekomendasikan. Vanilla hadir dengan tampilan yang minimalis dan indah. Yang menjadi keunggulannya selain tampilan minimalis adalah adanya slider yang akan mempercantik blog.

26. Minimalist

Sesuai dengan namanya, template blogger responsive dan gratis ini memiliki desain yang minimalis serta modern. Meskipun minimalis, terdapat dua style pada template ini. Kamu bisa memilih gaya carousel atau slider untuk websitemu. Desain ini akan menunjang penyajian kontenmu. Dan yang tak kalah fungsional, Minimalist juga kompatibel dengan pengguna layar kecil.

27. Alder Elegant

Elegan! Satu kata ini sangat tepat untuk menggambarkan template blogger responsive dan gratis tahun 2020. Template ini memiliki slider satu halaman penuh dan widget bilah sisi. Ia hadir dengan kombinasi warna dan latar belakang serta font style yang artistic. Fitur unggulannya adalah optimasi SEO, yang membantu websitemu berada di peringkat atas mesin pencari.

28. Super Cadas

Template blogger responsive dan gratis

Ini bukan tentang music rock yang menghentak. Namun seperti namanya, Super Cadas, kamu dapat menggunakan template blogger responsive dan gratis ini pada semua jenis blog: travelling, fotografi, majalah, dan lain sebagainya. Tampilannya sangat professional berkat kombinasi warna yang halus dan latar belakang yang netral. Template ini uga terinspirasi dari Pinterest sehingga menjadi pilihan yang bagus untuk blogger.

29. FoodyBlog

Mencari template terbaik untuk food blogging? FoodyBlog adalah salah satu pilihan terbaik. Menggunakan template ini, kamu bisa membagikan cerita wisata kuliner dengan lebih optimal. Desainnya yang elegan akan memudahkan pengunjung membaca resep yang kamu buat, dan membagikannya ke media social. Meskipun terlihat simple, tampilan dua kolomnya sangat responsive dan pastinya ramah SEO.

30. Fabric

Jika kamu mencari template blogger responsive dan gratis yang multiguna, Fabric adalah pilihan terbaik. Hadir dengan desain yang sederhana, Fabric sangat memanjakan bagi pengunjung. Template ini hadir dengan kombinasi warna pastel untuk teks dan font-nya. Tipografinya yang elegan membantu kamu menampilkan konten yang menakjubkan.

Mengapa Harus Menggunakan Template Blogger Responsive?

Dari semua daftar template blogger diatas, tentu akan timbul pertanyaa, mengapa harus menggunakan template yang responsive? Berikut ini adalah alasan mengapa harus menggunakan template responsive:

1. Menjangakau Lebih Banyak Orang

Tahukah kamu bahwa sebagian besar orang di dunia saat ini mengakses internet menggunakan perangkat mobile? Dengan menggunakan template blogger responsive, kamu bisa menjangkau lebih banyak pengunjung. Terutama lalu lintas dari pengguna gawai.

2. Menciptakan Pengunjung Loyal

Dengan desain template yang responsive, kamu menciptakan kemungkinan oran untuk kembali mengunjungi blog. Tentu kamu tidak ingin bukan, pengunjung blog beralih ke kompetitor? Tentu ini bukanlah sesuatu yang diharapkan.

3. Disukai Mesin Pencari

Sudah sejak lama, Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia mengumumkan bahwa website yang mampu tampil optimal di perangkat seluler akan mendapatkan prioritas di mesin pencari. Maka untuk bisa bersaing di rangking teratas mesin pencari, selain dengan konten yang bagus, websitemu harus memanjakan pengguna gawai saat mengaksesnya.

4. Lebih Profesional

Bagi kamu yang menggunakan website sebagai portofolio, tentunya dituntut untuk tampil seprofesional mungkin. Sebab, hal ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi saat mengunjungi blog.

Kesimpulan

Memilih template blogger responsive adalah sebuah keharusan. Tentu karena keempat hal diatas. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar digital marketing dan website, jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan di kolom komentar. Sahabat IDwebhost, semoga artikel ini bermanfaat.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019