5 Tempat Sempurna Untuk Logo Bisnis Anda Di Website
Blog Tips Keren 5 Tempat Sempurna Untuk Logo Bisnis Anda Di Website

5 Tempat Sempurna Untuk Logo Bisnis Anda Di Website

Sahabat IDwebhost, mengapa sangat penting untuk menampilkan logo perusahaan di website? Situs website adalah bagian penting dari strategi pemasaran. Bahkan ada penelitian online tentang merek yang mengatakan kecenderungan orang membuka situs web terlebih dahulu. Karena situs web perusahaan adalah tempat interaksi pertama antara pelanggan dengan brand. Jadi sangat penting untuk memiliki logo yang ditampilkan secara jelas di halaman website. Pertanyaannya, di mana tempat terbaik menempatkan logo bisnis ?

Pada artikel ini, kami akan berbagi informasi tentang tempat terbaik untuk menaruh logo bisnis di website. Jadi, simak sampai selesai, ya.

Tempat untuk Menaruh Logo di Situs Web

Berikut ini adalah tempat-tempat terbaik untuk menaruh logo bisnis di website:

1. Kiri Atas

 

logo bisnis di bagian kiri atas
idwebhost

 

Tempat terbaik pertama untuk menaruh logo adalah pada bagian kiri atas halaman. Penempatan di sebelah kiri sangat disarankan karena merupakan tempat ideal untuk meningkatkan pengenalan brand dan user experience. Namun ada beberapa hal yang harus diingat ketika menempatkan logo bisnis di tempat ini.

Pertama, pastikan logo Anda memiliki ukuran yang ideal. Ukuran logo yang terlalu besar akan membuat banyak ruang ekstra di atas bilah navigasi utama Anda. Hal ini akan membuat tampilan halaman beranda Anda terlihat berantakan atau tidak seimbang. Kesadaran spasial di website adalah kunci untuk meningkatkan  pengalaman pengguna. Pastikan logo Anda memiliki latar belakang transparan. Anda bisa menyimpan logo dengan format PNG.

Gambar berformat PNG akan menciptakan latar belakang transparan yang sangat ideal jika Anda berencana untuk menempatkan logo di bagian atas atau blok berwarna dari website. Umumnya, bilah navigasi atau area header situs web memiliki warna tertentu, dan karenanya membutuhkan logo dengan latar belakang transparan. Sebuah logo idealnya harus dalam format horizontal.

Anda dapat memilih logo horizontal serta logo persegi bertumpuk (terutama digunakan untuk produk promosi). Logo situs web paling baik dilihat ketika horizontal karena bilah navigasi dan bidang header juga horizontal. Logo juga akan mengambil ruang vertikal.

2. Footer

 

Logo bisnis di halaman footer
idwebhost

 

Berkebalikan dengan pendapat umum, footer adalah bagian yang paling mudah terlihat dari sebuah website. Sebaiknya banyak tautan penting atau atribut perusahaan yang disertakan di footer, seperti  logo bisnis. Hal-hal lain yang umum ditempatkan ke footer website adalah tautan ke halaman kebijakan privasi, peta situs HTML, atau laman persyaratan penggunaan.

Termasuk tombol media sosial dan informasi kontak seperti email perusahaan, nomor telepon, dan alamat juga dapat meningkatkan konversi. Logo perusahaan terlihat sangat baik di soket (bagian di bawah footer), tepat di atas sebelah atau di atas bagian hak cipta.

3. Blog atau Subdomain Off-Site

Apakah Anda memiliki blog terpisah dari situs web utama atau subdomain yang diarahkan pengguna ke? Jika memang demikian, jangan lupa untuk menambahkan logo bisnis ke website-website tersebut. Bahkan jika traffic blog kedua Anda tidak  sebanyak website utama Anda. Atau jika subdomain Anda adalah noindex / nofollow dan hanya digunakan untuk pembayaran atau pembelian, penambahan logo tetap dapat membantu dengan kesadaran merek. Menghubungkan logo Anda kembali ke homepage  websie juga akan membantu pengguna menavigasi kembali ke situs utama dan secara signifikan akan mengurangi kebingungan navigasi.

4. Halaman Kontak

Selain menaruh nomor telepon, alamat email, ikon media sosial, dan alamat toko, angan lupa untuk menambahkan logo dan slogan perusahaan di halaman kontak. Pastikan bahwa pelanggan tahu dari mana mereka bisa menghubungi Anda. Karena ini adalah langkah terakhir yang harus mereka lakukan untuk tahu lebih banyak tentang layanan, melakukan pembelian, atau mengajukan pertanyaan.

5. Terima Kasih atau Halaman Konfirmasi

Setelah pelanggan melakukan pembelian secara online atau mengisi formulir di situs web Anda, penting untuk memberi tahu pengguna bahwa pembelian atau permintaan mereka telah berhasil. Sehingga banyak brand memilih untuk mengarahkan pengguna ke halaman konfirmasi. Halaman-halaman ini biasanya cukup sederhana dan hanya berisi satu atau dua kalimat di sepanjang halaman, berupa”Terima kasih telah menghubungi kami”.

Namun, jangan ragu untuk menambahkan lebih banyak elemen ke halaman konfirmasi Anda dalam bentuk logo perusahaan Anda untuk mengingatkan pelanggan tentang layanan yang dipilih. Satu-satunya perbedaan antara tata letak adalah di mana logo ditempatkan, bisa di sebelah kanan atau kiri layar. Mengapa hal ini cukup penting?

Jawabanya adalah, saat diminta untuk mengingat nama merek, 39% konsumen dapat mengingat nama brand ketika logo ditempatkan di sebelah kiri layar, dibandingkan dengan hanya 21% mengingat nama ketika logo ditempatkan di sisi kanan layar.

Ini bukanlah suatu yang mengherankan karena logo situs web tradisional selalu ditempatkan di sebelah kiri layar. Sehingga pengguna tanpa sadar akan mengingat logo berada di sana.  Sebagian besar orang di dunia juga membaca dari kiri ke kanan, sehingga menempatkan logo perusahaan di sebelah kiri. Ini memastikan bahwa hal pertama yang dilihat oleh pengguna adalah nama merek.

Tapi Bagaimana Dengan Menempatkan Logo Bisnis Kita di Tengah Bukan di Sebelah Kiri ?

Menurut penelitian Nielsen Norman Group tahun 2016 tentang logo situs web yang ditempatkan di pusat memiliki efek yang merugikan pada sisi user experience. Pengunjung yang berinteraksi dengan website, dengan logo terpusat mengalami kesulitan saat melakukan navigasi. Misalnya ketika ingin beralih ke halaman lain.

Sementara pengguna yang berinteraksi dengan situs web dengan logo yang ditempatkan di sebelah kiri layar memiliki waktu yang lebih mudah menavigasi kembali ke halaman lain. Penempatan logo perusahaan di bagian tengah mungkin terlihat modern dan ramping. Namun hal ini kurang baik dari sisi pengalaman pengguna.

Secara keseluruhan, menempatkan logo situs web ke kanan atau tengah halaman akan berdampak negatif terhadap SEO. Hal itu akan menghasilkan bounce rate  yang lebih tinggi, serta mengarah pada penurunan pengguna yang kembali. Jika data belum meyakinkan Anda, Anda bisa melakukan A/B testing.

Caranya, selama satu minggu, letakkan logo situs web Anda di sebelah kiri layar dan pantau traffic dan conversion rate-nya. Kemudian pada minggu selanjutnya, tempatkan logo depan dan tengah. Di minggu terakhir, letakkan logo di sebelah kanan layar dan silakan lakukan penilaian.

Anda bisa menggunakan software seperti Hotjar untuk melihat bagaimana pengguna berinteraksi  dengan situs web Anda secara realtime.

Kesimpulan

Bagi sebuah brand, logo memiliki makna yang penting. Tak hanya harus bagus, tetapi penempatan logo di website juga sangat berpengaruh terhadap ingatan pengguna terhadap sebuah brand. Jadi jangan sampai Anda menyepelekan permasalahan logo ini.

Ingin punya website yang cepat dan diandalkan? Ayo berlangganan web hosting murah terbaik di IDwebhost.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.