Tema dan Plugin Nulled, Bahayanya Bagi Websitemu!
Blog Tips Keren Tema dan Plugin Nulled, Bahayanya Bagi Websitemu!

Tema dan Plugin Nulled, Bahayanya Bagi Websitemu!

Tema dan plugin dari WordPress adalah dua hal yang bisa dibilang sangat penting. Dengan menggunakan tema dan plugin yang tepat, maka kamu bisa meningkatkan fungsi dan tampilan dari website yang kamu punya. Nah, seperti yang kamu tahu, tema dan plugin dari WordPress ini biasanya adalah tema premium. Untuk kamu yang ingin menggunakan tema dan plugin terbaik, biasanya tidak sengaja menemukan tema dan plugin nulled. Apa itu tema dan plugin nulled?

 

 

Apa Sebenarnya Tema dan Plugin Nulled di WordPress?

Tema dan plugin nulled sebenarnya adalah tema dan plugin bajakan dari tema dan plugin yang berbayar. Itu didistribusikan secara bebas di internet. Pihak-pihak yang mendistribusikan plugin dan tema nulled ini selalu berpendapat bahwa karena tema dan plugin wordpress itu sudah punya lisensi GPL, maka mereka boleh dan tidak ilegal mendistribuskan plugin dan tema nulled ini.

GPL itu adalah singkatan dari General Public License. Linsensi ini sering dipakai oleh software gratisan. Ia dikeluarkan oleh Richard Stallman dari Free Software Foundation untuk GNU Project. Lisensi ini membuat sebuah software boleh dipakai, dimodifikasi, dan disebarkan secara gratis oleh siapapun. Selain itu wordpress memang juga merilis GPL karena wordpress adalah software open-source yang boleh dipakai dan dimodifikasi oleh siapapun.

Memang sih, kalau kita sudah tahu arti dari GPL ini apa yang dilakukan oleh pada distributor itu tidak salah. Tapi sejatinya, plugin dan tema nulled ini punya resiko kalau dipakai. Bahkan untuk para developer tema dan plugin, keberadaan plugin dan tema nulled ini sangat merugikan. Tapi untuk pemakaian sendiri pun, plugin dan tema nulled ini bisa mengancam keamanan dari websitemu sendiri. Bahkan plugin dan tema nulled ini bisa jadi salah satu alasan website kamu ter-hack.

Lalu apa saja sebenarnya bahaya yang mengintai dibalik penggunaan plugin dan tema nulled untuk website? Berikut daftarnya;

Keamanan website

Tema dan plugin nulled untuk bagi wordpress ini sangatlah berbahaya dari segi keamanannya. Mereka itu sangat bisa membawa malware. Nah, kode itu bisa disebarkan lewat berbagai macam file untuk menyamarkan diri dan ini bisa membuatnya sulit untuk terdeteksi dan diperbaiki kalau websitemu sudah ter-hack. Kamu mungkin juga bisa kehilangan data ketika di-hack. Bahkan kamu juga bisa di de-index dari search engine atau mesin pencari karena mereka menganggap websitemu mendistribusikan malware.

 

 

Soal Privacy

Selain soal keamanan, tema dan plugin nulled bisa dipakai untuk mencuri informasi penting dan tersembunyi dari website yang kamu miliki. Informasi ini adalah informasi seperti username, alamat email dan bahkan password. Jika website yang kamu miliki adalah website toko online, atau yang menyimpan data pelanggan,maka informasi pelanggan yang ada di dalam websitemu bisa berada dalam kondisi bahaya. Hacking semacam ini memang sulit untuk dideteksi dan bahkan tidak akan diketahui karena wordpress akan tetap berfungsi seperti biasanya.

SEO yang memburuk

Ketika kamu memakai tema dan plugin nulled untuk websitemu, kamu bisa membuat SEO dari websitemu itu memburuk. Hal itu karena plugin dan tema nulled ini bisa memberikan link dan spam ke website yang kamu miliki dan bahkan bisa membajak usermu dengan melakukan re-direct ke website-website yang tidak aman.

Aktifitas semacam ini sulit untuk dideteksi hanya dengan melihat karena link ini tersembunyi dalam coding yang rumit. Bahkan kamu juga tidak akan diredirect saat login ke akun wordpressmu. Tapi search engine akan segera tahu dan akan menghukum websitemu dengan menghilangkan website yang kamu punya dari halaman ranking search engine atau tidak mengindex lagi websitemu. Kamu pasti tahu kan kalau SEO bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan dan bisa dilakukan dalam waktu semalam. Kalau sampai SEO terpengaruh oleh tema dan plugin nulled ini maka kamu akan butuh waktu lama lagi untuk memperbaiki SEO website yang kamu miliki. Atau kemungkinan terburuk, kamu harus membuat website baru karena sangat sulit memperbaiki SEO website yang lama.

 

 

Tema dan Plugin Nulled itu Ilegal!

Memang ada banyak sekali tema dan plugin di wordpress yang sifatnya open source. Tapi sebenarnya, ada beberapa dari mereka yang punya lisensi campur. Maksudnya beberapa kode mereka dilindungi oleh copyright. Sementara kalau kamu memakai tema dan plugin nulled, kamu sebenarnya memakai produk itu secara illegal. Kamu tahu sendiri kan akibatnya kalau menggunakan produk illegal. Jangka panjangnya sangat buruk bro!

Tidak Akan Mendapat Update

Banyak tema dan plugin yang selalu diupdate untuk memperbaiki tiap bugs yang ada di plugin atau tema mereka. Terkadang update itu menambahkan fitur yang baru atau bisa juga memperbaiki sistem keamanan. Nah, kalau kamu memakai nulled, maka kamu tidak akan mendapatkan update karena mereka tidak punya lisensi yang valid. Jika itu terjadi, maka websitemu hanya akanmenggunakan versi yang sudah ketinggalan jaman. Kamu juga tidak bisa membersihkan bug atau ancaman keamanan dari plugin dan tema tersebut. wordpress juga sering merilis versi terbaru secara regular dan kadang tema dan plugin itu harus di update supaya kompatibel dengan versi terbarunya wordpress. Kalau nulled plugin dan tema itu tidak bisa diupdate, maka ia tidak akan kompatibel dan tidak bisa diakses lagi. Rugi bro!

BACA JUGA: Keuntungan Alamat Email Dengan Nama Domain Sendiri

Tidak Mendapatkan Support

Banyak pengguna dari wordpress itu membutuhkan support dan juga dookumentasi untuk memakai versi premium. Para pengembang produk itu biasanya memberi support untuk penggunanya yang membayar. Kalau kamu menggunakan yang versi nulled atau bajakan, maka kamu tidak akan mendapatkan support dan juga dokumentasi dari pihak pengembang. Efek yang paling terasa pastinya adalah ketika kamu ada masalah dengan tema atau plugin itu, maka kamu akan kebingungan sendiri dan berusaha mencari jawabannya sendiri. Makin repot kan?

 

 

Sebenarnya ada banyak sekali alternatif tema dan plugin yang bahkan premium dan bisa kamu pakai tanpa perlu menggunakan yang tema dan plugin nulled. WordPress sebenarnya juga sudah menyediakan banyak sekali plugin dan tema gratis yang bisa kamu pakai. Bahkan ada juga yang bekerja jauh lebih baik dari yang premium. Tinggal pintar-pintar kamu mencari plugin atau tema yang tepat saja.

Kesimpulan

Kamu sekarang sudah tahu apa itu plugin dan tema nulled. Kamu juga sudah tau apa saja bahayanya menggunakan plugin dan tema nulled. Sekarang tinggal kembali pada diri kamu sendiri. Apakah kamu akan tetap menggunakan produk nulled atau bajakan ini? Jika kamu sudah tahu apa resiko jangka panjangnya, sementara kamu membuat website untuk jangka panjang, maka seharusnya kamu mulai menggunakan yang original saja. Jika memang butuh yang premium, cobalah untuk menabung hingga bisa menggunakan versi premium dari tema atau pun plugin yang kamu butuhkan. Semoga bermanfaat!