Teknik On Page SEO: Cara Meningkatkan Visibilitas Website di Mesin Pencari

15 Mar 2024
Teknik On Page SEO: Cara Meningkatkan Visibilitas Website di Mesin Pencari campaign-unlimited

Jika disebutkan satu per satu, ada begitu banyak langkah optimasi agar web bisa menduduki peringkat atas di SERP. Untuk lebih memudahkan praktik ini, teknik SEO dibagi menjadi SEO on page dan SEO off page. Kali ini kita akan membahas tentang teknik on page SEO lebih dalam.

Teknik ini pada dasarnya melibatkan sejumlah praktik optimasi. Tanpa khawatir akan langkah-langkah yang rumit, ikuti penjelasan kami berikut untuk memahami strategi SEO satu ini dengan lebih mudah. Mari menuju ke pembahasannya langsung saja!

Apa Sih SEO On Page Itu?

SEO on page

Teknik on page SEO adalah strategi optimasi yang berfokus pada faktor-faktor dalam konten dan halaman website. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas konten agar lebih mudah dibaca, baik oleh pembaca maupun mesin pencari.

Jika sama-sama digunakan untuk optimasi web, apa perbedaan SEO on page dan SEO off page? Keduanya memiliki perbedaan pada lokasi praktik optimasi. SEO on page mengacu pada kegiatan optimasi dalam konten dan halaman situs. Sementara, praktik SEO off page justru lebih berfokus pada faktor-faktor eksternal.

Cara Optimasi SEO On Page

Bagaimana caranya untuk mulai menerapkan teknik on page SEO? Menurut cara kerja SEO on page, ada sejumlah langkah optimasi yang penting untuk diterapkan dalam konten dan halaman situs.

Langkah-langkah ini merupakan upaya untuk membantu mesin pencari dan pembaca dalam memahami konteks maupun relevansi dari konten. Selengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci adalah faktor penting dalam optimasi on page SEO. Gunakan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan konteks dari isi konten. Dengan kata kunci yang tepat, konten bisa lebih mudah ditemukan oleh pembaca dan lebih mudah diindeks oleh mesin pencari.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa optimasi kata kunci ini tidak perlu dilakukan secara berlebihan. Memasukkan terlalu banyak kata kunci justru akan merugikan website. Mesin pencari dapat mendeteksi konten sebagai spam, sehingga tidak ditampilkan di SERP.

2. Buat Judul dan Deskripsi yang Sesuai dengan Konteks Konten

Pemilik website pasti ingin kontennya ditampilkan dengan judul yang menarik, bukan? Ini tentu sah-sah saja, namun pastikan judul tersebut tetap mencerminkan isi dari konten. Artinya, judul harus dibuat menarik tanpa meninggalkan konteks dari konten.

Hal serupa juga perlu diterapkan pada deskripsi konten. Dengan judul dan deskripsi yang sesuai isi konten, kamu dapat membantu mesin pencari untuk memahami konten dengan lebih mudah. Di sisi lain, judul dan deskripsi yang informatif juga akan memengaruhi CTR secara positif.

3. Gunakan URL yang Sederhana

SEO

Hindari link halaman yang terlalu panjang dan rumit. Pastikan untuk membuat link halaman yang singkat, mencerminkan isi konten, dan jelas. URL seperti ini akan lebih mudah diingat oleh pembaca sehingga lebih mudah untuk dicari.

Selain itu, gunakan juga kata kunci sesuai dengan yang ditargetkan pada konten di URL. Teknik ini dapat meningkatkan relevansi halaman sehingga berpeluang lebih tinggi untuk menempati peringkat atas di halaman hasil pencarian.

4. Susun Konten dan Halaman dalam Struktur yang Teratur

Struktur adalah hal yang tidak bisa diabaikan jika sudah berbicara soal optimasi website. Dengan struktur yang teratur, pembaca maupun mesin pencari dapat memahami konten dengan lebih baik. Kamu bisa menggunakan heading dan sub-heading untuk menyusun struktur konten.

Sementara, untuk halaman website, sesuaikan desain layout yang sederhana untuk memudahkan navigasi. Hindari penggunaan tema atau plugin yang mengurangi responsivitas dari halaman website.

5. Pastikan Kualitas Konten Baik

Apakah kamu yakin konten yang dibuat sudah berkualitas? Teknik on page SEO juga melibatkan optimasi dari kualitas konten itu sendiri. Konten dengan kualitas yang baik dapat meningkatkan keterlibatan pengguna, yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif pada ranking situs.

Indikator kualitas konten yang baik antara lain bersifat informatif dan relevan dengan niche website. Adapun bahasa yang digunakan sebisa mungkin juga cukup sederhana supaya mudah dipahami oleh pembaca. Dengan begitu, konten bisa diterima dengan baik oleh pembaca maupun mesin pencari.

Teknik on page SEO juga melibatkan praktik linking. Dalam konteks ini, linking yang dimaksud secara spesifik mengarah pada internal linking. Ini adalah optimasi membangun link yang mengarahkan pembaca untuk mengunjungi artikel atau konten lain dalam website yang sama.

Internal link digunakan untuk membantu pembaca dan mesin pencari untuk menavigasi website. Kamu bisa menggunakan internal link untuk memberikan rujukan ke pembahasan topik terkait yang lebih komprehensif. Namun, perhatikan untuk tetap menggunakan anchor text yang relevan agar tidak mengganggu kualitas konten.

7. Perhatikan Penggunaan Meta Tag

Bantu mesin pencari agar semakin mudah memahami isi konten dengan penggunaan meta tag yang tepat. Meta tag seperti meta description dan meta keywords merupakan faktor yang tidak luput dari proses indexing mesin pencari.

Dengan menggunakan meta tag yang relevan, kontenmu bisa lebih mudah dipahami oleh mesin pencari. Alhasil, konten dinilai relevan dan dapat memenuhi standar mesin pencari untuk direkomendasikan ke pengguna.

8. Lakukan Optimasi Gambar dan Multimedia di Halaman Situs

On page

Optimasi gambar dan multimedia merupakan contoh optimasi SEO on page yang sering kali dilupakan. Padahal, gambar merupakan aspek visual yang vital di website lho. Dengan adanya gambar atau dukungan multimedia di situs, kamu bisa meningkatkatkan keterlibatan pengguna secara efektif.

Akan tetapi, hal ini tidak akan terjadi jika gambar atau multimedia justru menghambat kerja situs. Gambar yang susah dimuat atau membuat situs menjadi lambat akan membuat pengunjung kurang nyaman dan meninggalkan web. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan optimasi gambar di halaman web.

Bagaimana caranya? Sesuaikan format dan ukuran dari gambar. Hindari penggunaan gambar berukuran besar di website sebab dapat memakan waktu lama untuk dimuat. Selain itu, berikan juga alt text yang berisikan kata kunci relevan, agar konten bisa dijangkau melalui pencarian gambar.

Sekian dulu penjelasan kami tentang teknik on page SEO dan langkah-langkah optimasinya. Semoga dengan memahami teknik ini, kamu bisa menerapkannya dengan benar dan mendapatkan pengunjung website yang lebih banyak lagi.

Kamu ingin domain murah tapi tetap SEO-friendly? IDwebhost punya banyak pilihan domain murah, yang bisa bantu kamu naikin level identitas online kamu! Temukan ketersediaan namamu dan beli sekarang, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022