Apa saja yang Perlu Dipelajari dalam Technical SEO ?
Blog SEO Apa saja yang Perlu Dipelajari dalam Technical SEO ?

Apa saja yang Perlu Dipelajari dalam Technical SEO ?

Technical SEO merupakan teknik dalam optimasi SEO selain dari sisi Onpage dan juga Offpage yang berguna untuk memperbaiki struktur website Anda agar sesuai dengan kaidah SEO.

Hal ini akan meliputi hal-hal teknis yang ada pada website Anda. Untuk dapat menerapkan technical SEO atau hal-hal apa saja yang berkaitan dengan hal tsb, Anda dapat menerapkan tipsnya seperti pada pembahasan berikut ini.

 

Daftar Isi :

 

 

 

 

Apa itu Technical SEO?

 

apa-itu-technical-seo

Technical SEO adalah cara dalam mengoptimasi website dan server yang dapat membantu dalam proses crawling atau perayapan oleh search engine seperti Google agar dapat diindeks pada halaman penelusuran. Hal ini tentu dapat membantu meningkatkan peringkat website secara organic.

Dalam proses technical SEO ini, tidak lepas dari web crawler, apa itu web crawler?

Web crawler memiliki banyak penyebutan seperti bot, perayap web, dsb. Web crawler adalah perangkat lunak atau software yang dibentuk dengan tujuan untuk merayapi atau mengunjungi website dan menyimpan informasi tsb untuk diindeks oleh search engine.

Lalu apa itu proses index atau indexing ?

Merupakan sebuah proses search engine dalam memproses dan menyimpan informasi yang ditemukan ke dalam indeks, basis data besar dari semua konten yang telah ditemukan.

 

Kenapa Website Anda Perlu Technical SEO ?

 

kenapa-website-anda-perlu-technical-seo-

Seperti yang telah dijelaskan, jika Anda melakukan technical SEO artinya Anda telah membantu search engine dalam melakukan pendataan terhadap website Anda.

Karena dengan proses tsb, data yang dimiliki oleh mesin pencari mengenai website Anda menjadi lebih lengkap dan detail.

Pada akhirnya, technical SEO dapat memudahkan website Anda dalam menduduki peringkat terbaik pada halaman hasil pencarian di search engine.

Selain itu, membuat konten SEO saja tidaklah cukup karena memerlukan pondasi yang kuat. Untuk itulah technical SEO menjadi pondasi SEO pada suatu website.

 

 

Faktor-faktor pada Technical SEO

 

faktor-faktor-pada-technical-seo

Berikut beberapa faktor-faktor pada technical SEO yang menjadi langkah-langkah penting dimana Anda dapat mengoptimalkan SEO pada website Anda secara lebih maksimal.

 

1. Gunakan SSL

SSL atau Secure Sockets Layer adalah fitur teknologi keamanan yang membuat tautan terenkripsi antara web dan browser.

Anda dapat mengetahui website menggunakan SSL dengan cukup mudah. Jika website dimulai dengan “https//” artinya website tsb sudah menggunakan SSL.

HTTPS juga aman untuk digunakan serta diutamakan untuk digunakan selain untuk keamanan juga membuat website menjadi lebih terpercaya di mata user.

 

2. Perhatikan jika terjadi Duplikasi Konten

Duplikat konten adalah konten yang dimiliki memiliki kesamaan dengan konten lainnya baik secara isi maupun urlnya.

Contohnya kondisi konten bisa duplikat karena :

 

Menjiplak konten

Jika Anda pernah menjiplak konten milik orang lain, maka hal ini dapat memicu timbulnya sanksi dari Google sehingga konten tidak dapat muncul di mesin pencari.

Tapi, jika Anda memiliki konten yang asli atau original serta unik, Anda tidak perlu khawatir tentang permasalahan ini.

 

Variasi URL

Hal yang dapat menyebabkan duplikat konten lainnya adalah ketika terdapat adanya variasi url yang digunakan. Jadi Anda perlu sungguh-sungguh memperhatikan hal ini. Contohnya variasi URL seperti berikut ini :

 

 

Jadi, Anda dapat melakukan perbaikan internal pada konten Anda serta url yang Anda gunakan.

 

3. Hindari Konten yang Terlalu Sedikit

Konten yang memuat isi yang sedikit disebut thin content, apa itu? Thin content adalah konten yang memiliki manfaat yang sedikit atau sama sekali tidak memiliki manfaat bagi pengguna.

Hal ini akan membuat search engine seperti Google yang menganggap halaman doorway, halaman afiliasi berkualitas rendah, halaman dengan konten yang sedikit memiliki manfaat sebagai thin content.

Thin content dapat merusak ranking pada website Anda secara keseluruhan. Jadi, ada baiknya Anda mencari dan memperbaiki konten-konten yang dirasa mengandung thin content.

 

4. Install Plugin SEO

Langkah berikutnya yang mempermudahkan Anda dalam meraih rating website Anda menjadi lebih banyak dilihat orang adalah dengan Anda mulai memasang atau instalasi plugin Yoast SEO.

Plugin ini tersedia untuk Anda yang menggunakan CMS WordPress pada website Anda. Plugin ini juga memiliki banyak fitur yang menguntungkan untuk digunakan bagi pemilik website dan dapat meningkatkan kualitas pada SEO website Anda.

Diantara beberapa fitur yang menarik dapat digunakan pada Yoast SEO adalah fitur analisis konten.

Fitur ini berguna untuk memberikan peringatan kepada Anda saat terjadi masalah dimana konten yang dibuat belum memenuhi standar SEO yang baik.

Analisa yang diberikan oleh Yoast SEO antara lain seperti panjang pendeknya artikel yang dibuat, penggunaan subheading, panjang pendeknya kalimat dsb.

Jadi, dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menyelesaikan konten dengan lebih cepat karena Anda jadi tidak perlu melakukan pengecekan konten secara manual.

 

5. Gunakan Google Webmaster Tools

Cara lain meningkatkan trafik pengunjung website adalah dengan memasang website pada Google Webmaster Tools atau sekarang disebut dengan Google Search Console. 

Kegunaan dari tools ini adalah sebagai alat untuk memantau hal apa saja pada domain yang Anda miliki dalam memberikan link pada sebuah website. Kemudian, tools ini juga dapat membantu kinerja website di perangkat mobile dan juga memberikan gambaran akan analisis terhadap website yang memiliki trafik paling tinggi.

 

 

6. Buat Sitemap

Sitemap merupakan sebuah daftar yang memuat isi dari keseluruhan halaman website yang telah di setting dan diijinkan untuk diakses oleh mesin browser dan pengunjung.

Sitemap akan menjadikan website menjadi lebih mudah ditemukan oleh mesin pencarian dan terindeks dengan proses yang lebih cepat. Sitemap terdiri dari 2 macam yaitu XML yang digunakan untuk diakses oleh mesin browser atau pencari dan HTML yang dapat diakses dari pengunjung.

 

7. Install Google Analytics

Google Analytics sama pentingnya dengan Google Search Console pada teknik SEO dalam meningkatkan trafik website.

Jika Google Search Console berfungsi sebagai untuk memeriksa kemampuan atau performa pada website di pencarian, berbeda halnya dengan Google Analytics ini.

Google Analytics membantu Anda dalam melihat pergerakan pengunjung website dari halaman pertama yang dibuka hingga halaman dimana pengunjung Anda mengakhiri kunjungan di website.

Tools ini juga dapat membantu Anda dalam memantau hal apa saja pada halaman yang efektif untuk menghasilkan conversion dan mana yang kurang diminati.

 

8. Tingkatkan Kecepatan Website & User Experience

Salah satu hal yang dapat meningkatkan ranking SEO adalah dengan meningkatkan kecepatan website. Karena orang menjadi malas membuka atau mengunjungi website load halaman pada website tsb memerlukan waktu yang lama untuk terbuka.

Jadi, jangan sampai hal tsb terjadi pada website Anda karena hal tsb dapat membuat performa SEO Anda menjadi sia-sia. Untuk itu, tingkatkan kecepatan website Anda agar tidak mengalami  load yang lama sehingga berpotensi pengunjung website Anda meninggalkan website Anda.

Lalu di tahun 2021 ini, Google juga berencana untuk menerapkan faktor ranking pada User Experience yang dimiliki pada suatu website yang sudah termasuk mencangkup kecepatan website.

 

Kesimpulan

Selain mengoptimasi SEO pada sisi Onpage dan juga Offpage, Anda juga perlu mengoptimasi website Anda pada sisi technical SEO Anda.

Hal ini karena technical SEO bisa menjadi pondasi utama pada website Anda dalam menyongkong kegiatan optimasi SEO pada Onpage maupun Offpage Anda.

Untuk lebih jelasnya mengenai technical SEO, Anda dapat menerapkan cara optimasi technical SEO seperti pada artikel yang telah dibahas ini.

Semoga bermanfaat

Baca juga perkembangan informasi seputar teknologi, bisnis dsb di bagian blog IDwebhost secara gratis, 

Selain itu jika Anda memerlukan layanan web hosting dan domain, Anda dapat menghubungi IDwebhost yang memiliki promo hosting dan domain setiap harinya. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.