Tampilan Website Berubah Saat Menggunakan Browser Lain
Blog Tips Keren Tampilan Website Berubah Saat Menggunakan Browser Lain

Tampilan Website Berubah Saat Menggunakan Browser Lain

Tampilan website berubah menjadi sebuah hal yang sebetulnya tidak asing lagi. Bayangkan jika anda membuka website anda tersebut dengan berbagai perangkat, maka tampilannya saja kemungkinan akan bisa berbeda. Sebetulnya ada banyak hal yang mendasari hal tersebut. Misalnya anda membuka lewat PC, Smartphone, dan Tablet tentu saja ada banyak perbedaan yang akan bisa anda lihat secara signifikan didalamnya. Oleh karena itu sangatlah penting memahami bagaimana melihat tampilan website di browser lain secara rinci. Pasalnya, hal ini juga akan menjadi pertimbangan bagi anda untuk mengembangkan dan mendesain bagaimana baiknya tampilan dari website anda itu saat menggunakan browser yang lainnya. Berikut adalah sejumlah faktor yang berpengaruh terhadap tampilan website berubah saat dibuka di browser-browser tertentu.

Browser Hanya Sebatas Menginterprestasikan Halaman

Tampilan website berubah adalah hal yang biasa mengingat kinerja dari Browser itu sendiri adalah hanya untuk menginterprestasikan halaman terkait. Jadi apabila nanti yang muncul hasil tampilannya beda-beda, tentu saja ini bukanlah masalah. Mengingat esensi atau nilai dari website anda tersebut tidak akan berubah. Hal ini juga tergantung dari code yang terdapat pada browser tersebut.

Code inilah yang nantinya akan bekerja dan membaca keseluruhan dari kode situs yang ada di website terkait. Pada akhirnya, nantinya inilah yang akan menghasilkan output tertentu yang tersaji didalamnya. Jadi tak perlu heran apabila nanti anda melihat tampilan website berubah, itu bukan karena kesalahan anda atau ada problem internal. Tapi memang bisa jadi dari segi browsernya itu sendiri yang berbeda.

 

tampilan website berubah
idwebhost.com

 

Anda juga tak perlu khawatir karena ada juga sejumlah perangkat yang tersedia lewat online dan bisa anda pergunakan untuk mengecek seperti apa nantinya tampilan dari halaman anda ketika dibuka di sejumlah browser yang ada didalamnya. Salah satu tools yang bisa bekerja dengan baik tersebut adalah browsershots[dot]org. Dengan memanfaatkan browser yang satu ini, sudah pasti anda akan mampu mendapatkan manfaatnya yang cukup signifikan. Hal ini jelas akan menjadi sesuatu yang sangat tepat untuk dipergunakan.

Tapi untuk lebih detailnya mengenai tampilan website berubah, alangkah baiknya jika anda melakukannya saja secara manual. Jadi cobalah untuk melakukan pengecekan terkait satu per satu. Dengan cara inilah maka anda pun akan bisa lebih mudah dalam mendapatkan hasil yang diinginkan. Memang pada dasarnya, semua akan bisa terlihat dengan lebih jelas dan detail apabila anda sudah melakukan pengecekan dengan cara yang lebih seksama. Jadi tidak perlu ragu atau bimbang dalam menerapkan hal tersebut.

Perbedaan Dari Segi OS

Satu hal yang menjadi pertimbangan pada saat menemukan adanya tampilan website berubah tersebut adalah karena OS yang digunakan pun juga berbeda alias tidak sama satu dengan yang lainnya. Sebagaimana diketahui, hal ini mungkin akan menunjukan perbedaan yang mencolok pada saat anda membuka suatu situs yang sama di Mac OS, Linux OS, dan Windows OS. Semua memiliki perbedaannya masing-masing. Tapi sebagaimana yang dijelaskan di atas, meski bisa dilihat adanya tampilan website berubah tersebut, hal ini tidak akan mengurangi esensi dari website itu sendiri. Anda akan tetap bisa menggunakannya dan memanfaatkan semuanya dengan baik.

Sejumlah perbedaan yang mungkin anda temukan contohnya adalah sebagai berikut. Hampir sejumlah situs memiliki perbedaan pada saat melihat halaman yang ada formulirnya. Di saat satu browser menunjukan adanya tampilan kotak teks, maka di OS yang lain atau browser yang lain, hasilnya bisa benar-benar berbeda dengan yang anda bayangkan. Inilah yang tentunya akan memberikan perbedaan yang mencolok.

 

tampilan website berubah
idwebhost.com

 

Misalnya saja anda akan melihat bahwa tombol kirim yang terlihat pada umumnya adalah berbentuk persegi panjang abu-abu dengan tema windows classic. Tapi bila anda menggunakan OS XP, yang terlihat bukannya abu-abu, tapi malah seperti bentuk oval. Inilah yang jelas akan memberikan perbedaan signifikan terhadap tampilan dari situs yang anda miliki tersebut ketika dibuka dengan software atau hardware yang lainnya.

Resolusi Berbeda Juga Menjadi Penyebab Utama

Hal lain yang bisa memicu timbulnya tampilan website berubah ini adalah resolusi yang digunakan pada masing-masing perangkat pengunjung tentunya tidak sama. Ada yang menggunakan resolusi hanya 1024 x 768. Tapi ada juga yang menggunakan resolusi layar hanya 800 x 600. Tentu saja ini memerlukan sebuah perubahan signifikan yang harus anda atur dengan seksama jika ingin mendapatkan hasil yang diinginkan. Supaya nantinya anda bisa mengatur semuanya dengan tampilan yang lebih baik, maka anda alih-alih mengatur lebar pada resolusi 1024 px, anda bisa untuk mencoba saja dengan menggunakan lebar 100% yang ada didalamnya. Ini pastinya akan memberikan hasil yang jelas berbeda dan membuat anda bisa mengatasi masalah tampilan website berubah yang satu ini.

Tips Mengatasi Tampilan Website Berubah

Ada sejumlah tips yang bisa anda coba terapkan dalam rangka mengatasi tampilan website berubah tersebut. Hal ini jelas akan memberikan kepada anda manfaat yang lebih baik. Di sini anda bisa melihat bahwa ada banyak sekali pilihan browser yang bisa digunakan. Anda sebaiknya paten dalam menggunakan satu browser tersebut satu dan untuk seterusnya. Coba pilih mana yang bagus dan terbaik bagi anda.

Misalnya saja anda menggunakan browser Opera Mini, maka pakailah browser tersebut untuk seterusnya. Jika anda memakai Google Chrome, maka pakai juga browser tersebut untuk berkelanjutan seterusnya. Jika anda menggunakan Internet Explorer edisi terbaru, maka gunakan browser itu secara terus menerus. Dengan cara demikian, anda tidak akan merasa aneh ketika melihat adanya tampilan website berubah tersebut.

 

tampilan website berubah
idwebhost.com

 

Sebetulnya ini bukanlah masalah yang pelik. Asalkan anda tahu apa saja yang sebaiknya dilakukan itu saja sudah cukup. Dengan cara tersebut pula, maka anda akan bisa melihat bagaimana baiknya mengelola website tersebut dengan browser yang ada banyak jenisnya. Utamakan dalam memilih browser yang benar-benar tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda. Hal inilah yang nantinya akan cukup potensial dalam memberikan sesuatu yang lebih tepat dan baik didalamnya.

Baca Juga: Tips Menciptakan Konten Marketing Bisnis B2B

Kesimpulan

Tak perlu heran saat melihat tampilan dari website anda berubah ketika menggunakan browser yang lainnya. Sebetulnya semua esensinya sama saja. Tidak akan ada yang berubah. Tapi anda hanya perlu menyeimbangkannya saja dengan opsi atau pilihan website yang tepat dan terbaik. Dengan cara tersebut, sudah pasti hasil yang akan anda dapatkan pun nantinya juga akan menjadi lebih baik pula.

Pada kenyataanya inilah yang pasti dan perlu anda pertimbangkan guna memperoleh hasil yang tepat dan lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Ketika sudah masuk dalam tahap ini, pemilihan browser secara selektif akan menghindarkan anda dari keganjilan ketika melihat tampilannya yang terbaru. Sudah pasti ini akan menjadi hal yang sangat penting ada didalamnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.