6 Taktik SEO Jitu yang Wajib Kamu Coba!
Blog Tips Keren 6 Taktik SEO Jitu yang Wajib Kamu Coba!

6 Taktik SEO Jitu yang Wajib Kamu Coba!

Saat dunia teknologi telah berkembang sangat pesat. Ia juga punya dampak yang sangat besar bagi peradaban manusia. Bahkan, kamu mungkin perlu ingat kalau kita kembali ke masa 10 tahun yang lalu, sedikit orang yang punya HP. Tapi sekarang? Setiap orang punya 1, bahkan lebih. Itu artinya, perkembangan dunia teknologi juga diiringi dengan pemakaian internet yang semakin tinggi. Maksudnya adalah dunia digital yang dulu sangat sulit untuk di akses, sekarang jadi sangat mudah. Tapi ketika sekarang semua orang bisa dengan mudah mengakses internet, maka kesulitan untuk berada pada urutan pertama mesin pencari akan jadi sangat sulit. Itulah kenapa kemudian dibutuhkan taktik SEO jitu untuk menghadapi persoalan tersebut.

Seperti yang kamu tahu kalau semua pengguna digital bisa dibilang berasal dari kalangan milenial atau anak-anak muda. Generasi ini adalah generasi yang paling kritis dan kreatif. Mereka memanfaatkan internet dengan sangat maksimal, bahkan lebih baik dari para orang tua. Kemudian muncullah kebutuhan membuat website, yang juga dibarengi dengan adanya platform pembuatan website seperti WordPress.

Dari WordPress itulah kemudian muncullah anak-anak yang suka mengisi konten entah menulis, karya desain, ata semacamnya. Nah, ketika mereka membuat sebuah karya, mereka pasti ingin karyanya dilihat banyak orang kan? Dari situlah kemudian muncul kebutuhan untuk mengoptimasi website agar muncul di urutan pertama mesin pencarian. Atau kita bisa secara sederhana menyebutnya sebagai SEO atau Search Engine Optimization.

Karena kemudian penggunakan SEO adalah sesuatu yang penting, dalam artikel ini kita akan menjelaskan taktik SEO jitu yang bisa kamu pakai untuk menaikkan traffic website dan nantinya bisa menambah penghasilan websitemu!

 

Cara Mudah dan Benar Menggunakan SEO

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya adalah sebuah proses yang bisa mempengaruhi tingkat visibilitas dari website pada mesin pencari, entah itu Google, Yandex, bing, atau yahoo, dan lain sebagianya. Cara kerja dari SEO ini cukup sederhana. Dalam sistem ini kata kunci yang kamu pakai di sebuah postingan akan berpengaruh. Kita ambil contoh kamu menggunakan kata kunci “cara mencari uang”, maka artikel yang kamu tulis, harus berkaitan dengan kata kunci itu. Ia juga harus muncul beberapa kali dalam artikel yang kamu tulis. Tujuannya tentu untuk memudahkan Google men-track kalau ada artikel semacam itu dan membuat websitemu muncul di urutan pertama mesin pencari.

Lalu bagaimana cara menjalankan taktik SEO jitu? Berikut cara-caranya!

1. Pakai Keyword yang Sering Dicari

Cara yang satu ini adalah taktik SEO jitu yang paling gampang untuk kamu terapkan. Intinya kamu hanya perlu mencari dan menggunakan keyword yang sedang banyak dibicarakan orang. Biasanya untuk tahu apa yang sedang hangat dan banyak diperbincangkan orang, kamu bisa mengetik pada mesin pencari. Di sana akan muncul secara otomatis apa-apa saja yang sedang dibicarakan banyak orang. Cara berikutnya untuk mencari keyword yang sering dicari adalah dengan datang ke google trends. Disana kamu bisa tahu apa-apa saja yang menjadi trends di daerahmu dalam kurun waktu tertentu. Dengan memilih keyword yang paling sering dicari, maka websitemu akan sering dicari orang dan trafficnya akan semakin meningkat. Taktik SEO jitu yang wajib kamu coba!

2. Optimalkan Landing Page

Secara sederhana, orang-orang yang mengetikkan keyword, oleh google nantinya akan dibawa ke website yang berhubungan. Ia nanti akan diarahkan ke beranda. Kemungkinan besar seperti itu. Jadi, ketika kamu sudah menentukan keyword apa yang paling “mujarab” untuk websitemu, persiapkan landing page yang bagus untuk menyambut para pengunjung. Hal ini penting, ketika kamu sudah dikunjungi, kamu harus berusaha membuat pengunjung itu betah di websitemu. Tujuannya jelas untuk semakin meningkatkan traffic. Kenapa? Peringkat website bukan cuma soal traffic, tapi berapa lama pengunjung berdiam diri di websitemu. Jika waktunya sedikit, maka kamu akan mendapatkan kesan yang buruk dan perpengaruh di peringkat websitemu.

 

3. Tulis Konten yang Berkualitas

Kita semua tahu kalau membuat konten yang berkualitas tidaklah mudah. Harus ada proses untuk bisa sampai kesana. Nah, untuk itulah kamu perlu mengusahakan menulis konten yang berkualitas. Caranya? Pertama, jelas, kamu harus banyak membaca. Tujuannya tentu untuk membuka wacanamu lebih lagi. Selain itu kamu juga bisa memilih sudut pandang yang tidak dimiliki orang lain ketika kamu sering membaca. Cara kedua adalah dengan meneliti apa yang sedang hype saat ini. Ketika kamu tahu apa yang sedang hype, maka kamu akan bisa menulis tema yang menarik.

Atau jika seandainya kamu mentok, maka taktik SEO jitu yang harus kamu tahu adalah menulis ulang konten yang banyak disukai orang. Ambil contoh kamu bisa menulis ulang konten video yang viral, infografis, kuliner, presentasi, pdf, dan lain sebagainya. Ini untuk menanggulangi kamu yang kehabisan ide.

Tak perlu khawatir, selama kamu nggak asal jiplak, maka kamu akan terbebas dari plagiarism. Maka dari itu usahakan untuk mengambil intisari dari konten tersebut lalu tulis sepenuhnya menggunakan bahasamu.

4. Update Terus Kontenmu

Seperti layaknya surat kabar, kalau seandainya isi dari websitemu itu-itu saja maka websitemu cepat atau lambat akan ditinggalkan oleh para pengunjung. Karena itulah kamu harus terus mengupdate konten-konten yang ada di websitemu. Bahkan kalau perlu konten lama yang sudah sempat kamu tulis, kamu update lagi dengan informasi yang baru. Hal ini pastinya akan menambah kredibilitas websitemu. Dan update konten lama juga bisa jadi taktik SEO jitu yang bisa kamu praktikkan. Simple, dan kamu hanya perlu mengambil beberapa informasi yang menarik dan ditambahkan pada kontenmu yang sebelumnya.

BACA JUGA: Cara Menambahkan Ikon Social Media di WordPress

 

 

5. Berikan Konten Unik

Taktik Jitu SEO yang selanjutnya adalah membuat sebuah konten unik di websitemu. Percaya atau tidak, kebanyakan orang suka dengan hal-hal yang unik. Coba kamu lihat di youtube yang sedang trending. Salah satu yang paling mudah masuk trending adalah sesuatu yang unik. Entah itu anak kecil menyanyi makan daging anjing pakai sayur kol, atau bahkan orang ngeprank yang menurut banyak orang unik. Hal itu bisa kamu pakai untuk websitemu. Dengan cara begitu, kamu akan mendapatkan pengunjung lebih banyak lagi karena kamu secara tak langsung menghilangkan dahaga pasar akan sesuatu yang unik dan menarik.

Unik juga bisa berarti kamu membuat sebuah konten yang otentik. Misalnya kamu menuliskan tentang cara memilih kulit untuk bahan sepatu. Konten itu unik dan otentik. Meskipun tidak terlalu populer, tapi kamu berhasil memunculkan sesuatu yang otentik. Hal itu akan memudahkanmu ketika mengajukan websitemu pada google adsense.

 

 

6. Manfaatkan LSI

Taktik SEO jitu yang terakhir adalah memanfaatkan LSI. Apa itu LSI? LSI adalah Latent Semantic Indexing. LSI adalah sistem yang dipakai Google untuk memberikan peringkat kepada semua website yang ada di dunia. LSI ini bukan cuma mendata kata kunci yang bertebaran di dunia maya, tapi juga melakukan proses memahami kalimat yang kamu pakai untuk melengkapi kata kunci yang sedang kamu gunakan pada artikel tertentu.

Sebagai contoh kamu sedang membahas soal Apple, ketika kamu hanya menggunakan kata kunci Apple saja, maka kamu akan kesulitan untuk dibaca LSI. Tapi ketika kamu menambahkan beberapa kata, misalnya hal tersembunyi dari Apple, maka LSI akan lebih mudah mencerna kalimatmu dan memasukkan artikel itu dalam jangkauan mesin pencari.

Itu tadi 6 taktik SEO Jitu yang bisa kamu pakai untuk membuat websitemu lebih rame. Selamat mencoba!