Butuh Sumber Inspirasi Desain Web? Kunjungi 10 Website ini

16 Nov 2022
Butuh Sumber Inspirasi Desain Web? Kunjungi 10 Website ini campaign-unlimited

Dalam membuat desain website, kamu pastinya membutuhkan banyak inspirasi agar memperoleh ide-ide cemerlang. Tentu saja tidak salah untuk mengunjungi website-website terbaik guna memperoleh inspirasi tentang bagaimana desain website yang bagus, menarik, unik dan beda dari website lainnya. Oleh karena itu, kami telah merangkum daftar 10 contoh website terbaik untuk sumber inspirasi desain web.

Sumber inspirasi desain web kerap kali muncul setelah kita melihat desain orang lain yang kita nilai, lalu menghasilkan ide kita sendiri yang lebih brilian. Mungkin yang menjadi masalah utama adalah ada banyak website yang bisa memberikan inspirasi, namun dimana kita bisa menemukan website yang menjadi inspirasi tersebut?

Well, mengenai hal tersebut, kamu tidak usah khawatir karena kami telah merangkum dan mempersiapkan 10 contoh website unik dan terbaik yang bisa menjadi sumber inspirasi desain web. Kami menyediakan cukup banyak contoh website agar kamu bisa mendapatkan beragam inspirasi yang bisa menambah sudut pandangmu tentang desain web sehingga memunculkan kreativitas yang ada di pikiran selama ini. Berikut ulasannya!

Sumber inspirasi desain web
Desain website yang menarik membuat pengunjung betah

10 Contoh Website yang bisa menjadi sumber inspirasi desain web

1. Crayon.co

Crayon.co merupakan salah satu mesin pencari desain web yang paling lengkap di masa kini. Dengan mengunjungi Crayon.co, kamu bisa mencari desain website berdasarkan berbagai macam kategoti yakni sesuai laman, industri, CMS, level traffic dan berbagai macam kategori lainnya.

Website ini juga memiliki fitur “Inspire” yang menyediakan sumber inspirasi desain web bedasarkan Crayon Score, waktu update, popularitas serta jumlah traffic. Fitur ini bisa diakses dan nikmati secara gratis dengan hanya perlu melakukan register.

Selain itu ada juga fitur “Blink” yang memperlihatkan website yang didesain ulang. Atau secara mudahnya, fitur ini memperlihatkan efek before and after. Ya, fitur ini memperlihatkan sebelum dan sesudah website didesain ulang.

2. Awwards

Awwwards merupakan tempat yang menampilkan berbagai website dengan desain terbaik yang dikumpulkan lalu diberi nilai dengan sistem vote oleh para membernya sehingga rating dari desain web tersebut ditentukan oleh banyaknya orang yang suka desain tersebut.

Website ini sangat cocok untuk menemukan inspirasi desain website karena dengan sistem voting ini membuat penilaian terhadap desain website ini lebih terlihat natural dan fair. Sehingga kamu bisa tahu konsep desain mana yang lebih disukai mayoritas netizen.

Ingin dinilai oleh netizen? Kamu bisa mendaftarkan websitemu untuk dinilai dan menjadi salah satu sumber inspirasi desain web bagi orang lain. Namun sebelum ditampilkan di Awwwards, websitemu akan di review terlebih dahulu kelayakannya.

3. FWA (Favorite Website Awards)

FWA atau Favourite Website Award adalah sebuah website yang memberi penilaian terhadap beerbagai website yang bagus di seluruh dunia dan memberikan award atau penghargaan kepada website tersebut berupa site of the days, site of the month dan penghargaan lainnya. Kamu juga bisa loh mengirimkan URL website untuk dinominasikan.

Sebagai sebuah ajang pemberi penghargaan bagi setiap website, sudah pasti kamu bisa memperoleh berbagai inspirasi untuk desain website di FWA. Karena website yang masuk FWA, pastinya adalah website yang memiliki desain bagus, unik dan keren.

4. Webby Awards

The Webby Awards diselenggarakan oleh International Academy of Digital Arts and Sciences (IADAS). Sebenarnya The Webby Awards memberikan penghargaan untuk berbagai kategori, dari aktor hingga designer. Salah satu penghargaan yang diberikan adalah website terbaik dengan berbagai kategori.

Di sini sumber inspirasi desain web bagimu dijamin akan berlimpah. Karena penghargaan ini pasti berisi dan mengumpulkan berbagai desain web yang terbaik sehingga bisa memicu kreativitasmu untuk mengembangkannya.

5. CSS Design Awards

Sama seperti dua ajang penghargaan diatas, CSS Design Awards merupakan platform pemberian penghargaan untuk desain web dari freelance designer, studio, atau agensi yang berskala internasional.

Penghargaan yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2010 ini cukup bergengsi karena dinilai oleh para juri professional di bidang desain website. Nominasi dan pemenang design website terbaik bisa kamu pantau di situs CSS Design Awards. Terdapat tiga kategori pemenang yakni Winner of the Day (WOTD), Winner of the Month (WOTM) dan Winner of the Year (WOTY)

Melalui CSS Design Awards, kamu bisa memperoleh inspriasi desain website yang dijamin keren karena telah dinilai oleh juri professional secara langsung.

6. One Page Love

One Page Love adalah tempat dimana berbagai website dengan satu halaman terbaik dikumpulkan untuk memberikan inspirasi bagi karya desainmu. Ada banyak sekali desain web dengan kategori dan keunikannya tersendiri.

Seperti situs web yang memberikan inspirasi lainnya, One page love akan menambah sudut pandangmu tentang desain website yang bagus dan unik. Selain itu website ini juga memungkinkanmu untuk mendaftar dan mensubmit website.

7. Little Big Details

Little Big Details (LBG) sangat cocok bagimu yang ingin mendapat inspirasi tentang desain detail di website. Website ini dibuat oleh Floris Dekker yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai sumber inspirasi terbaik untuk meningkatkan pengalaman user website. Jadi jika kamu butuh inspirasi desain detail sebuah website, jangan ragu mengunjungi situs ini.

Sumber inspirasi desain web
Little Big Detail khusus untuk desain detail wesbite

8. UI Parade

Sama seperti Little Big Details atau LBG, UI parade akan memberikan inspirasi padamu tentang desain detail dari sebuah website seperti form log in, form sign up, icon, navigasi, search box dan bermacam detail lainnya. Jadi langsung saja kunjungi UI Parade bagimu yang sedang stuck dalam menata detail website.

9. Bestwebsite.Gallery

Best Website Gallery merupakan suatu website yang menyediakan berbagai sumber inspirasi untuk desain web terbaik. Sama seperti website sumber inspirasi desain web lainnya, melalui situs ini, kamu juga bisa memberikan voting untuk desain web yang menurutmu paling bagus.

10. Pinterest

Siapa yang tidak mengena; Pinterest? Ya sosial media yang  satu ini memang kerap kali digunakan sebagai pemberi inspirasi untuk para pekerja di bidang kreatif. Karena disini tersedia berbagai konten yang akan menumbuhkan kreativitas.

Sumber inspirasi desain web
Pinterest sumber inspirasi

Hal ini berlaku juga untuk web design. Kamu hanya perlu mengetik kata kunci web design di kolom pencarian, lalu kamu akan menemukan banyak inspirasi desain website. Selain itu juga bisa menyimpan inspirasi design milikmu dengan klik fitur pin yang disediakan.

Nah itu dia 10 contoh website sumber inspirasi desain web. Setelah membuat desainnya, jangan lupa membeli domain dan hosting di IDwebhostcom. Karena hanya di sini kamu bisa membuat nama domain yang unik dan murah! Salah satu contoh pengguna domain dan hosting kami adalah Liseum.com yang websitenya cukup unik dan menarik.