Ini Dia 5 Langkah Sukseskan Website UMKM!
Blog Tips Keren

Ini Dia 5 Langkah Sukseskan Website UMKM!

Sekarang ini pengguna internet terus meningkat. Mulai dari skala kecil hingga skala besar. Apalagi UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah. Sekarang ini sudah mulai banyak UMKM yang mulai menggunakan internet untuk mengembangkan bisnis mereka. Dengan meningkatnya pengguna internet itu, maka UMKM harus terus berbenah diri dan beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Salah satu cara yang wajib mereka lakukan adalah dengan membangun sebuah website. Tapi ternyata, sekarang ini banyak sekali UMKM yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat sebuah website untuk usahanya. Nah, untuk itulah kami menuliskan ini. Berikut ini ada 5 Langkah Sukseskan Website UMKM!

Kebutuhan UMKM atas website sekarnag menjadi sangat penting. Karena itu mereka harus segera belajar dan tahun bagaimana Langkah Sukseskan Website UMKM. Ada 5 langkah mudah yang bisa mulai dilakukan teman-teman UMKM. Berikut daftarnya;

1. Pilih Tampilan Website Berdasarkan Kebutuhan.

Satu elemen paling dasar dalam Langkah Sukseskan Website UMKM adalah dengan membangun website yang memiliki tampilan yang sesuai dengan kebutuhan UMKM tersebut. Untuk mendapatkan tampilan website yang sesuai dengan kebutuhan UMKM, maka UMKM tersebut perlu melakukan semacam riset kecil-kecilan untuk tahu seperti apa tampilan website yang ramah pengunjung dan pas dengan barang atau jasa yang mereka jual. Carilah referensi sebanyak mungkin dan sesuainya dengan bisnis yang dijalankan. Referensi itu penting untuk memulai sebuah website untuk UMKM. Kenapa? Karena jika kalian tidak memiliki referensi, kalian tidak akan tahu harus melangkah kemana. Meskipun tidak perlu takut, salah satu cara belajar paling efektif adalah trial and error. Tapi karena ini juga bisnis, maka apa salahnya melakukan riset untuk mengurangi error saat mencoba kan?

 

 

Seperti contohnya, ketika kamu memiliki UMKM yang berjualan barang elektronik. Maka buatlah sebuah website yang memiliki tampilan yang sesuai. Jangan sampai membuat website yang tampilannya lebih ke website fashion dari pada website penjual barang elektronik. Dan lagi, yang perlu kamu tahu adalah tampilan websitemu itu nantinya akan sekaligus menjadi branding dari bisnis UMKM tersebut. Jadi pertimbangkan dengan baik tampilan websitemu.

Selain soal tampilan yang harus cocok dengan barang yang kamu jual, kamu juga harus mementingkan kenyamanan pengunjung yang datang ke websitemu. Ingat, UI atau User Interface nya harus sesimple dan sebaik mungkin. Intinya mereka harus bisa langsung membeli tanpa ribet, tinggal klik, jika ingin melihat barang tak perlu ribet, dan semakin mudah akses mereka di dalam website itu, maka akan semakin bagus pengalaman mereka berselancar di websitemu. Hal itu akan sangat berefek pada bisnismu lho!

2. Pertimbangakan Juga Fitur dan Multimedia Di Websitemu

Elemen multimedia dan juga fitur website menjadi salah satu hal penting dalam Langkah Sukseskan Website UMKM. Dengan kecanggihan yang ada sekarang, kamu harus memaksimalkan hal itu untuk menaikkan pamor barang-barang yang kamu jual di website tersebut. misalnya elemen multimedia. Kamu bisa menampilkan foto, video, video review, video testimoni, dan lain sebagainya. Dimana hal itu bisa kamu gunakan untuk mendukung barang daganganmu agar publik makin percaya. Dengan adanya elemen multimedia tersebut, kamu bisa secara tidak langsung meyakinkan para pengunjungmu untuk segera membeli barang UMKM tersebut.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan plugni-plugin tertentu untuk membuat fitur websitemu makin bagus. Tapi sekali lagi, sebelum kamu melakukan itu semua, pertimbangkan, apakah benar-benar membutuhkan hal itu? Nanti malah website itu jadi terlalu penuh dan cerewet lalu membuat pengalaman para pengunjung websitemu memburuk. Ingat selalu untuk mempertimbangkan kenyamanan pengunjung ya!

 

 

3. Responsif dan SEO Friendly

Setiap orang yang membangun sebuah website, mereka pasti ingin websitenya ada di urutan pertama mesin pencari kan? Ketika website itu ada di urutan pertama mesin pencari, maka secara otomatis orang-orang akan lebih cepat kenal dengan websitemu lalu penjualan akan meningkat. Nah, Langkah Sukseskan Website UMKM yang selanjutnya adalah mempunya website dengan SEO yang bagus dan laman yang responsif. Keduanya ini sebenarnya saling berkaitan. Artinya, ketika lamanmu responsif, maka SEO mu juga akan bagus. Sebisa mungkin pilihlah template website yang ramah SEO. Setelah itu cobalah untuk mempelajari trik menggunakan keyword agar kamu bisa menaikkan peringkat websitemu.

Lalu untuk membuat sebuah website responsif, kamu bisa menggunakan banyak tools atau plugin. Misalnya menggunakan AMP agar websitemu juga mobile friendly. Karena dengan website yang mobile friendly, peringkatmu di google bisa otomatis meningkat. Apalagi dengan betapa banyaknya orang yang menggunakan HP untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Hal itu pasti akan sangat berefek pada kesuksesan UMKM mu kan?

Salah satu contoh trik SEO yang bisa kamu gunakan adalah dengan mendaftarkan websitemu di Google Analytics. Dari sana kamu bisa melihat perkembangan pengunjung websitemu, berapa banyak orang yang mengunjungi, berapa lama mereka ada di websitemu, keyword yang mereka pakai, dan lain sebagainya. Semua data itu bisa kamu pelajari untuk mendapatkan racikan terbaik agar websitemu ada di peringkat pertama.

4. Langkah Sukseskan Website UMKM Dengan Media Sosial

Sekarang ini kita sudah sangat awam ketika berjualan di media sosial seperti Facebook, IG, Twitter, dan bahkan media sosial yang tidak sangat populer di Indonesia seperti Reddit dan Tumblr. Media sosial memang diakui oleh banyak orang merupakan salah satu tools yang bisa menaikkan penjualan dan brand awareness dari UMKM tersebut dengan mudah dan cepat. Ini yang menjadi Langkah Sukseskan Website UMKM. Memaksimalkan penggunaan sosial media. Caranya sangat gampang, kamu hanya harus mengupdate setiap hari secara berkala konten di sosial media milikmu dengan HP. Ada banyak sekali cara untuk melakukan itu.

 

 

Pertama kamu bisa melakukannya secara manual atau kamu menggunakan buffer atau hootsuite. Aplikasi tersebut bisa membantumu mengupdate konten terbaru, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan konten secara realtime. Bahkan kamu bisa menjadwalkannya. Meskipun kedua aplikasi itu berbayar, terutama untuk IG. Kalau Facebook kamu bisa melakukannya secara gratis, tapi IG kamu harus membayar. Apakah ini worth it? Kita tentu harus melihat kebutuhan UMKM tersebut. Jika dirasa butuh, kenapa tidak? Kalau belum, ya pergunakan uangnya untuk yang lain.

5. Pilih Penyedia Website yang Pas!

Ini adalah kunci terakhir dalam Langkah Sukseskan Website UMKM. Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah mencari penyedia website yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu. Pilihlah penyedia hosting, domain, untuk mendukung websitemu. Tapi kamu harus memilih yang pas. Pas artinya sesuai dengan budget yang kamu punya, sesuai dengan kemampuanmu, dan yang paling penting adalah (ini bagi para pemula) memilih penyedia layanan website yang bisa mengajarimu atau mengawalmu memelihara website milikmu.

Salah satu penyedia layanan website terbaik adalah IDWebhost. Kamu bisa fokus untuk mengembangkan usaha, sekaligus sedikit belajar mengembangkan websitemu. Dengan penyedia layanan yang tepat, kamu bisa membuat UMKMmu tumbuh pesat. Itu dia 5 Langkah Sukseskan Website UMKM. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!