Tips Strategi SEO yang Efektif untuk Meningkatkan Pengunjung Website

21 Des 2023
Tips Strategi SEO yang Efektif untuk Meningkatkan Pengunjung Website campaign-unlimited

Strategi SEO yang efektif bukan hanya dapat meningkatkan jumlah pengunjung web, tapi juga dapat membantu tingkat konversi melejit. Hal ini memungkinkan sebab SEO mendukung visibilitas website yang lebih baik, sehingga dapat menarik lebih banyak pengunjung.

Melalui optimasi website, bisnis mampu memastikan halaman webnya untuk ditampilkan pada halaman pertama hasil pencarian mesin pencari. Visibilitas inilah yang perlu dikembangkan dengan konten yang relevan, sehingga dapat menghasilkan traffic yang berkualitas dan konversi pembelian.

Berikut ini adalah informasi tentang strategi dan tips SEO yang wajib Anda ketahui. Mari simak pembahasannya sampai akhir!

Apa Itu SEO?

seo penting untuk kepentingan bisnis

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari. Ini merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan untuk menempatkan website di halaman pertama SERP. Strategi SEO yang efektif melibatkan serangkaian upaya sistematis untuk menghasilkan traffic dan leads.

Namun, mengoptimalkan website dengan SEO tidak hanya mengacu pada faktor-faktor teknis, seperti kecepatan dan responsivitasnya. Apa saja yang termasuk dalam upaya SEO? Optimasi mesin pencari dapat mencakup bidang yang luas, mulai dari merancang konten, menargetkan audiens yang relevan, membuat konten, membangun link profile, dan sebagainya.

Dewasa ini, tingkat ketergantungan akan internet semakin meningkat. Terutama dalam hal melakukan pembelian barang atau jasa, pengguna cenderung mengandalkan informasi di internet sebagai pertimbangannya. Ini dibuktikan melalui hasil survei Google yang menunjukkan 59% pembeli mencari informasi produk sebelum memutuskan melakukan pembelian.

Visibilitas website yang baik tentu dapat berperan penting di sini. Dengan ketersediaan informasi yang relevan dan jelas, pengguna bisa lebih mudah menemukan produk yang dicari dan tertarik untuk melakukan transaksi lebih lanjut. Untuk dapat dilihat dengan lebih mudah, website harus menempati halaman utama pada hasil pencarian.

Di sinilah Anda membutuhkan pengetahuan yang mendalam terkait strategi SEO marketing. Sebab tidak ada rumus pastinya, maka Anda harus memahami cara kerja SEO dan mengaplikasikannya secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Strategi SEO

strategi seo tahun 2021

Sudahkah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan strategi SEO? Singkatnya, ini merupakan serangkaian tindakan dan teknik yang dirancang untuk meningkatkan peringkat web di halaman SERP. Strategi SEO yang efektif melibatkan beberapa upaya, seperti:

1.  Melakukan Audit Kerangka Website

Audit kerangka website adalah upaya untuk mengevaluasi berbagai aspek penting dalam website. Dengan melakukan audit, Anda dapat memastikan website layak untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Dalam proses audit ini, biasanya ada beberapa aspek utama yang diperhatikan. Misalnya, seperti struktur navigasi, arsitektur informasi, struktur tautan, hingga aspek keamanan website.

Hasil evaluasi ini selanjutnya dapat dijadikan acuan untuk menilai performa website. Dari sini Anda dapat menentukan aspek apa saja yang perlu ditingkatkan dan bagaimana SEO dapat diterapkan di dalamnya.

2.  Riset Konten dan Kata Kunci

Strategi SEO yang efektif juga melibatkan riset mendalam terkait konten dan target audiens. Kenali siapa target audiens yang akan dijangkau. Melalui pemahaman akan kebutuhan, minat, dan perilaku audiens, bisnis dapat memberikan informasi yang relevan dan konten yang cocok.

Selain itu, pemahaman akan konten yang cocok tentu juga perlu diikuti dengan riset kata kunci yang tepat. Menggunakan kata kunci yang relevan dapat membantu web bisnis Anda lebih mudah ditemukan oleh user.

3.  Optimasi Landing Page

Landing page adalah halaman website yang dirancang secara khusus sebagai lokasi untuk melakukan konversi. Di halaman ini, user dapat melakukan tindakan konversi seperti melakukan transaksi, pendaftaran, atau mengisi formulir.

Tidak sedikit pelaku bisnis yang belum menyadari pentingnya optimasi landing page dalam strategi SEO. Landing page yang telah dioptimasi dapat menjadi tautan berkualitas, yang nantinya akan mempengaruhi peringkat website.

Untuk mengoptimasinya, Anda dapat berfokus pada judul yang menarik, relevansi konten, responsivitas tampilan, serta penggunaan CTA yang jelas dan menarik. Dengan demikian, landing page akan dilirik dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

4. Optimasi Title Tags dan Meta Deskripsi

Apakah Anda masih melewatkan tag judul dan deskripsi meta pada konten blog di web? Sebaiknya, mulailah untuk memperhatikan kedua aspek ini dari sekarang. Tag judul dan deskripsi meta dapat membantu website lebih mudah ditemukan oleh pengguna.

Selain peran dari keyword yang populer, tag judul dan deskripsi meta juga membantu search engine untuk mengidentifikasi konten website. Untuk itu, Anda dapat menggunakan kalimat yang menarik, jelas, dan mengandung keyword agar konten lebih mudah menjangkau audiens.

5. Tingkatkan Kualitas Internal Link

Kesalahan umum yang hingga kini masih banyak dilakukan pengelola website adalah mengenakan link internal yang tidak relevan. Sengaja atau tidak, kini masih banyak ditemui konten dengan internal link yang tidak berhubungan dengan keyword utama.

Bukannya dapat meningkatkan peringkat web, hal ini justru membuat mesin pencari kesulitan melakukan indexing. Pada dasarnya, internal link digunakan untuk membantu pengguna menemukan referensi saat membaca konten di website.

Jika link yang digunakan tidak relevan, pengguna akan merasa kurang nyaman sehingga bounce rate akan meningkat. Dampaknya, informasi dalam web dinilai menjadi kurang relevan dan peringkat web akan menurun.

6. Lakukan Praktik Link Building

Terakhir, strategi SEO yang efektif tidak lengkap tanpa praktik link building. Ini merupakan upaya untuk mendapatkan backlink dengan berbagai metode. Untuk mendapatkan backlink berkualitas, Anda dapat melakukan guest posting, membagikan konten di media sosial, atau lainnya.

Tapi, perhatikan bahwa upaya ini juga membutuhkan riset untuk menemukan website relevan yang mempunyai PA dan DA tinggi. Semakin tinggi otoritasnya, maka semakin baik reputasi dan pengaruh yang bisa didapatkan oleh website Anda.

Untuk mengetahui skor otoritas website, Anda dapat memanfaatkan tools gratis di internet. Misalnya, seperti MOZ Domain Authority Checker atau Ahrefs Website Checker.

Tips Memaksimalkan Strategi SEO

teknikal seo

Kira-kira sudah siap untuk menerapkan strategi tadi? Nah, agar strategi SEO yang efektif di atas memberikan hasil yang maksimal, mari ikuti tips dari kami berikut ini:

  • Pantau dan ikuti perkembangan algoritma. Mesin pencari selalu mendapatkan pembaruan, terutama pada algoritma yang digunakan. Pastikan up to date dan optimalkan konten-konten Anda sesuai dengan algoritma terbaru.
  • Tulis ulang top content. Memperbarui konten-konten terbaik dalam website dapat membantu Anda untuk mempertahankan relevansi di mesin pencari.
  • Hapus broken link. Pastikan semua tautan dapat berfungsi dengan baik agar tidak menimbulkan pengalaman pengguna yang buruk.
  • Gunakan favicon yang menarik. Menggunakan favicon yang sesuai dengan brand dan menarik dapat meningkatkan daya tarik visual web.
  • Tambahkan bagian FAQ atau ringkasan pertanyaan umum. Menambahkan FAQ dapat membantu pengguna menemukan informasi dengan cepat dan meningkatkan interaksi dalam web.
  • Tingkatkan kecepatan website dengan hosting. Loading yang lama bisa bikin pengunjung kabur. Makanya, pilih Hosting Unlimited IDwebhost untuk tingkatkan kecepatan website. Dapatkan 10ribu+ pengunjung tanpa khawatir website lambat sekarang juga, mulai dari RP 24ribuan aja!

Sekian penjelasan kami tentang strategi SEO yang efektif ini. Ayo, perkuat strategi SEO Anda sekarang untuk mulai bersaing di lanskap digital saat ini! Ikuti artikel kami lainnya yang membahas topik seputar bisnis dan digital marketing secara gratis ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022