Tren dan Tips Strategi SEO di Tahun 2021 yang Perlu Kamu Tahu
Blog SEO Tren dan Tips Strategi SEO di Tahun 2021 yang Perlu Kamu Tahu

Tren dan Tips Strategi SEO di Tahun 2021 yang Perlu Kamu Tahu

Strategi SEO perlu Anda update karena dari periode ke periode terdapat perkembangan mengikuti pola dari kebiasaan pengguna internet.

Nah di tahun 2021 ini, terdapat beberapa tips strategi SEO yang bisa Anda pelajari sebagai berikut :

 

Daftar Isi

 

1. Kenapa SEO penting untuk Kepentingan Bisnis ?

2. Strategi SEO tahun 2021

3. Meningkatkan Traffic Pengunjung Ke Website

4. Membuat Konten On-Page yang SEO-Friendly

5. Perkuat Website Anda dengan Teknikal SEO

6. Bangun Link Building

7. Kesimpulan 

 

Kenapa SEO penting untuk Kepentingan Bisnis ?

 

seo penting untuk kepentingan bisnis

Menerapkan SEO pada website menjadi strategi marketing yang penting untuk bisnis Anda karena strategi ini dapat membawa bisnis Anda untuk menemukan orang baru hingga mendapatkan pelanggan baru. Berikut manfaat SEO untuk website Anda.

 

1.Orang-orang Cenderung Mencari Sesuatu dengan Melakukan Pencarian di Internet

Teknologi internet memudahkan orang-orang dalam melakukan pencarian suatu informasi baik untuk kepentingan hiburan atau untuk mencari suatu produk. Untuk itu Menerapkan SEO untuk kepentingan bisnis Anda sangat penting untuk dilakukan, karena hal ini dapat memudahkan pelanggan Anda dalam menemukan produk dari bisnis Anda.

2.Informasi Bisnis yang Tertuang di Website Mudah Ditemukan dengan Berbagai Kata Kunci 

SEO merupakan langkah untuk mengoptimasi kata kunci pencarian yang ditargetkan agar kata kunci tersebut bisa muncul di halaman pertama Google. Jadi, bisnis Anda yang memiliki jenis bisnis contohnya bisnis pakaian, bisnis sepatu, bisnis makanan dsb dengan melakukan pendataan kata kunci berdasarkan jenis bisnis Anda, bisa memudahkan untuk mengoptimasi kata kunci yang di targetkan.

3.Meningkatkan Brand Awareness Terhadap Bisnis Anda di Mata Publik

Brand awareness merupakan kesadaran konsumen atau calon konsumen akan brand atau merek dari bisnis Anda. Dengan menerapkan teknik SEO, hal ini dapat meningkatkan brand awareness konsumen Anda karena kata kunci yang diketik dan muncul di halaman pertama berpotensi dilihat banyak orang.

4.Trafik Organik yang Mengunjungi Website Lebih Mudah Dikonversi

Pengunjung yang datang ke website Anda secara alami atau organik cenderung lebih mudah untuk dikonversi menjadi pelanggan Anda. Cara melakukannya bisa Anda langsung menawarkan benefit dari produk di website Anda, membuat form optin untuk mendapatkan email pengunjung web Anda dengan iming-iming gratis e-book yang kemudian Anda follow up lewat email, dan berbagai teknik konversi pengunjung website lainnya.

 

Strategi SEO tahun 2021

 

strategi seo tahun 2021

Di tahun 2021 ini, pebisnis perlu menyiapkan langkah strategis dalam mengoptimasi SEO pada websitenya, Berikut strategi SEO tahun 2021.

 

Meningkatkan Traffic Pengunjung Ke Website

Mendapatkan lebih banyak klik dari Google menjadi hal yang diutamakan selain meningkatkan SEO pada website Anda juga menarik pengunjung untuk berkunjung ke website Anda.

Berikut beberapa strategi khusus dalam mendapatkan lebih banyak klik ke website Anda

1. Optimasi Favicon

Memiliki favicon yang bagus dapat membuat membedakan dengan website lain yang tidak memiliki favicon saat ditampilkan di hasil pencarian. Hal ini tentunya dapat menarik orang untuk klik ke website Anda.

2. Optimasi Breadcrumb

Google mensupport breadcrumb yang ada di website. Breadcrumb merupakan salah satu elemen website yang berguna untuk menunjukan letak spesifik sebuah halaman website tersebut. Contoh Anda mengunjungi halaman artikel di suatu blog, maka jika website itu memiliki blog, akan terdapat informasi berupa home>blog>artikel .

Jadi Anda dapat mulai mengecek website Anda apakah sudah memiliki breadcrumb atau belum. Jika belum Anda mungkin bisa menambahkan fitur breadcrumb ini ke dalam website Anda.

3. Meta Deskripsi

Meta deskripsi merupakan deskripsi singkat pada website yang menjelaskan poin pembahasan pada konten website tsb. Jadi, dengan menambahkan kata kunci pilihan ke dalam meta deskripsi, hal ini dapat membantu Google dalam mengenali konten website Anda dan mendorong orang untuk melakukan klik ke dalam website Anda.

4. Menerapkan Angka pada Judul Website Anda

Menambahkan angka pada judul akan membuat judul tsb memiliki keunikan di mata orang sehingga dapat memancing orang untuk melakukan klik ke dalam website. Contoh jika Anda memiliki konten berjudul “Tips SEO 2021”, daripada menuliskan hal demikian di judul website, lebih baik jika konten tersebut menghadirkan contohnya 7 tips, Anda dapat menuliskan judulnya menjadi “7 Tips SEO 2021”.

5. Menambahkan FAQ

FAQ merupakan ringkasan pertanyaan umum yang sering ditanyakan. Nah, Anda dapat menyesuaikan pertanyaan umum ini dengan topik konten website Anda.

 

Membuat Konten On-Page yang SEO-Friendly

Setelah Anda mempelajari bagaimana strategi dalam meningkatkan klik ke dalam website Anda, sekarang Anda perlu juga tahu dalam membangun konten pada website yang SEO-Friendly sebagai berikut :

1. Menulis Ulang Top Content

Biasanya yang dilakukan pemilik blog setelah membagikan artikel atau konten websitenya ke sosial media, setelah beberapa periode berlalu, kebanyakan dari mereka lupa untuk membagikannya kembali ataupun menulis ulang kembali. Apalagi jika konten tersebut masuk dalam kategori evergreen yang dimana konten tsb dapat dinikmati secara terus menerus tanpa ada batasan waktu. Maka dari itu, pemilik website perlu membagikan atau bahkan menuliskan ulang kembali konten-konten yang masuk dalam kategori top konten agar hal ini dapat dinikmati oleh user-user baru atau hanya sekedar mengingatkan kepada user lama akan manfaat dari konten yang telah Anda tulis.

2. Menambahkan Internal Linking

Internal linking merupakan tautan internal yang terjadi pada tiap halaman pada website Anda. Jadi, jika Anda membuat konten baru, jangan lupa untuk terus menautkan internal link ke halaman yang memiliki relevansi atau halaman yang Anda utamakan seperti halaman produk bisnis Anda dsb.

3. Memperbarui Konten Lawas dengan Tambahan Link Baru

Pada poin ini, jika Anda memiliki konten lawas yang memiliki traffic tinggi dan konten yang evergreen, Anda dapat melakukan update pada konten lawas tsb seperti menambahkan link baru, menyesuaikan tata bahasa dsb. Selain membuat konten tsb menjadi lebih fresh, hal ini juga berpotensi untuk menurunkan bounce rate pada halaman website tsb.

4. Menghapus Link yang Tidak Diperlukan

Kebalikan dari poin 3, jika setelah Anda coba cek konten-konten Anda memiliki link-link yang sudah rusah (broken link), atau link yang sudah tidak relevan, Anda dapat menghapus saja link tsb, atau juga bisa memperbarui linknya seperti pada poin 3.

Perkuat Website Anda dengan Teknikal SEO

 

teknikal seo

1. Core Web Vitals

Core web vital merupakan elemen penting yang tidak boleh dihindari jika Anda ingin mengoptimalkan SEO pada website Anda. Hal ini karena core web vitals merupakan faktor penentu dalam memutuskan peringkat website di hasil pencarian Google. Faktor tsb meliputi 

  • LCP (Largest Contentful Paint) : Kecepatan loading pada elemen-elemen yang memiliki ukuran besar di suatu halaman website
  • FID (First Input Delay) : Waktu yang dibutuhkan website agar dapat merespon dari klik pertama pada sebuah halaman
  • CLS (Cumulative Layout Shift) : Banyaknya perubahan layout yang terjadi saat halaman website tsb dimuat

Untuk mempelajari apa itu core web vitals, Anda dapat mempelajarinya dengan mengunjungi artikel yang telah IDwebhost terbitkan yaitu : 

Core Web Vitals | Ranking Signal SEO 2021

 

2. Batasi Sitemaps sampai 10.000

Walaupun sitemaps diizinkan untuk memiliki setidaknya 50.000 URL per sitemaps, tapi akan lebih baik jika Anda membatasinya 10.000 URL.

Hal ini agar Anda dapat dengan mudah melihat data apa saja yang sedang diindeks dan yang tidak.

Selain itu, berdasarkan dari riset moz, dengan membatasi sitemaps yang lebih kecil, mengompresnya ke dalam kumpulan URL terbatas membuat meningkatkan kemampuan dalam merayapi atau proses crawling pada sitemap tsb.

 

Membangun link building yang mengaitkan antar relevansi link halaman website dengan halaman website lain memudahkan dalam meningkatkan SEO. 

Ada berbagai teknik dalam membangun link building, untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca artikel IDwebhost ini :

Bangun Link Building | Backlink Berkualitas SEO Pada Website Anda

 

Kesimpulan

SEO menjadi peran penting untuk website. Untuk itu, penting untuk Anda baik sebagai pebisnis ataupun pemilik website untuk selalu update perkembangan tentang SEO agar untuk kebaikan website Anda.

Semoga bermanfaat…

Kemudian agar Anda bisa terus mendapatkan informasi seputar bisnis secara gratis, Anda dapat terus ikuti informasi di blog IDwebhost..

Lalu, Anda yang membutuhkan layanan web hosting dan domain, bisa juga menghubungi IDwebhost yang memberikan promo tiap harinya. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.