Strategi Promosi Konten Website Yang Efektif
Blog Tips Keren Strategi Promosi Konten Website Yang Efektif

Strategi Promosi Konten Website Yang Efektif

Apa yang menjadi tujuan Anda dalam membuat website? Baik Anda yang dalam hal ini sebagai pribadi atau pun bisnis. Tentu ada tujuan dalam pembuatan website, yang mana tujuan ini sebisa mungkin memberikan benefit dari kegiatan Anda mengelola atau membuat konten website. Sebut saya tujuannya adalah ramai pengujung. Akan sangat melelahkan jika Anda hanya membuat konten, tapi website Anda sama sekali tidak memiliki pengunjung.  Nah bagaimana strategi promosi konten website yang efektif?

Mengapa Website Harus Memiliki Pengujung?

Keberadaan sebuah website dengan berbagai konten yang disediakan, tidak lain adalah untuk menarik pengujung. Terlepas  apa pun tujuan Anda dalam mengelola webisite, data kunjungan pengguna ke website Anda menjadi parameter keberhasilan konten website yang Anda buat. Apa lagi jika Anda membuat website untuk toko online.

Akan sangat sulit sebuah website untuk bisa menuai sukses jika yang dilakukan hanya membuat dan menerbitkan konten setiap hari, tanpa melakukan upaya strategi promosi konten website. Artinya, bagi Anda yang berkeyakinan yang penting membuat konten, kini Anda perlu evaluasi terhadap keyakinan Anda tersebut. Jangan sampai kerja keras Anda sia-sia.

Konten masih menjadi raja dari keberhasilan sebuah website, semua memahami hal  tersebut. Itu sebabnya perkembangan sebuah konten yang dipadukan dengan teknik Optimasi SEO menjadi konten yang banyak diburu dan dibuat oleh pengguna website. Namun apakah membuat dan menerbitkan saja sudah cukup?

Jawaban dari pertanyaan di atas, tentu kembali pada data website masing-masing. Bagaimana perkembangan website Anda dari hari ke hari, bagaimana bulan ini dibandingkan bulan sebelumnya, dan bagaimana perolehan tahun ini dari tahun sebelumnya? Apakah meningkat? Atau sama saja, atau justru kian menurun?

Akan sangat sia-sia konten bagus yang Anda buat jika tidak ada orang yang mengakses. Sama halnya Anda membuat konten untuk diri Anda sendiri. Semua kembali pada sebera besar jangkauan dari konten yang Anda buat. Jumlah pengunjung dan sebaran dari konten yang Anda buat ini menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan website Anda. Baik Anda untuk kebutuhan personal  atau pun kebutuhan bisnis.

Nah, bagaimana strategi promosi konten website yang efektif, agar ramai pengunjung dan dapat memberikan Anda manfaat dari pengelolaan website Anda? Agar informasi atau tujuan dari pembuatan konten Anda bisa tersampaikan kepada pengguna internet dalam hal ini pengujung website Anda? Berikut strategi promosi konten website yang wajib Anda lakukan:

Melakukan Guest Blogging Di Website Besar

Melakukan Guest Blogging Di Website Besar

Salah satu strategi promosi konten website yang masih efektif dari tahun ke tahun adalah kegiatan guest blogging Tentu Anda sudah sangat familiar dengan kegiatan atau istilah yang  satu ini, dan dalam praktiknya  guest blogging ini tidak banyak dilakukan oleh para pembuatan konten website. Berbagai alasan yang melatarbelakangi, seperti tidak ada waktu, merasa tidak bermanfaat atau memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan website.

Memang jika Anda melakukan guest blogging maka Anda memerlukan waktu tambahan untuk membuat artikel. Nah, masalah memberikan dampak perkembangan terhadap website, ini tergantung apakah strategi guest blogging Anda sudah tepat sasaran atau asal-asalan.

Guest blog yang tepat akan memberikan trafik pada website Anda, dan tentu saja sebagai sumber backlink berkualitas untuk website Anda. Agar Anda tidak sia-sia dalam melakukan guest blogging, maka sebaiknya Anda perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Relevan

Pertama Anda harus mencari daftar website besar yang paling relevan dengan topik website Anda. Jangan hanya asal mencari website besar lalu Anda memaksakan masuk dan membuat guest blogging untuk website Anda. Ini akan sia-sia karena pengunjung website tersebut tidak sesuai dengan target pengunjung  Anda, dampaknya Anda tidak akan mendapat trafik dari kegiatan guest blogging Anda.

  1. Baca Aturan

Ketika melakukan guest blogging di website lain, coba perhatikan aturan yang ada. Hal ini penting agar apa yang Anda lakukan sejalan dengan website tempat Anda menaruh artikel yang berisi link untuk website Anda. Agar lebih sesuai, Anda bisa melakukan email terhadap pemilik website secara khusus, mengenai rencana Anda melakukan guest blogging di website mereka.

  1. Tidak Spam

Sering kali orang melakukan spam ketika melakukan guest blogging, hal ini tentu akan merugikan dan membuat kegiatan guest blogging menjadi tidak berkualitas. Jika ini yang Anda lakukan, maka hentikan. Karena akan sia-sisa saja. Pemilik website besar pun memiliki sistem jika Anda spam, otomatis akan diturunkan artikel Anda.

Strategi Promosi Konten Website Dengan Bergabung Dengan Grup Facebook Populer

Strategi Promosi Konten Website Dengan Bergabung Dengan Grup Facebook Populer

Salah satu sosial media yang dapat memberikan trafik pengunjung besar dan tertarget untuk konten website Anda adalah Facebook. Melalui Facebook Anda dapat melakukan strategi promosi konten website yang efektif, misalnya dengan bergabung dengan grup Facebook populer.

Namun patut ada ingat, grup Facebook populer ini biasanya memiliki aturan yang ketat. Mengapa? Karena untuk menjaga kenyamanan anggota grup. Maka Anda perlu membaca dengan teliti aturan yang berlaku di grup Facebook yang menjadi target strategi promosi konten website Anda.

Misalnya, Anda mencari grup Facebook dengan anggota lebih dari 100.000, kemudian Anda lihat bagaimana keaktifan grup, berapa posting per hari yang ada di grup tersebut. Seberapa aktif orang saling berinteraksi dalam sebuah postingan. Poin-poin ini, perlu Anda perhatikan agar Anda tidak masuk dalam grup yang salah.

Setelah Anda bergabung dalam grup Facebook populer sesuai dengan target konten website Anda. Maka Anda perlu menggunakan rumus berikut; jangan posting spam. Artinya, jangan terus menerus mengirim link konten website Anda. Strategi promosi konten website di Facebook adalah dengan cara 5 kali Anda mengirim postingan biasa, dan 1 kali yang berisi link ke website Anda.

Pastikan Anda aktif dalam postingan anggota grup, lakukan like, komentari apa yang mereka tanyakan. Jika ada anggota yang bertanya dalam postingan grup, dan Anda memiliki konten di website atas pertanyaan tersebut, maka jawab dengan menyertakan link untuk jawaban lebih lanjut.

Pasang Link Ke Website Lain Dari Artikel Anda

Pasang Link Ke Website Lain Dari Artikel Anda

Jika pada strategi pertama kita membahas tentang strategi promosi konten website guest blogging,  yang mana kita menanamkan link konten website kita di website orang lain. Maka strategi selanjutnya adalah kebalikan dari guest blogging. Anda dengan suka rela memasang link dari konten orang lain ke dalam artikel atau konten website Anda.

Kegiatan Anda memasang link website lain di dalam artikel Anda ini sebenarnya sudah masuk dalam upaya optimasi SEO, yang mana memang mensyaratkan untuk adanya link dari luar yang disematkan dalam konten website Anda. Nah, jangan sampai Anda hanya melakukan link eksternal tanpa melakukan optimasi lebih lanjut.

Bagaimana strategi promosi konten website dengan cara optimasi dari kegiatan Anda memberikan link ke dalam artikel Anda? Yaitu dengan cara Anda mencari tahu informasi kontak dari website yang Anda link ke dalam artikel Anda. Jika terdapat nomor kontak atau email, maka hubungi mereka dan informasikan bahwa Anda melakukan link dari konten mereka  ke dalam konten website Anda.

Setelah Anda memberi kabar kepada pemilik website, selanjutnya Anda tunggu balasan dari mereka.  Ini tentu sebagai upaya menjalin relasi. Bisa jadi mereka akan melakukan hal yang sama, yaitu melakukan link terhadap konten website Anda. Atau setidaknya mereka akan menyebarkan konten Anda yang berisi link konten mereka.  Strategi promosi konten website yang satu ini sangat efektif mendatangkan trafik dan juga relasi membangun website.

Kesimpulan Pembahasan Strategi Promosi Konten Website

Terdapat berbagai cara untuk promosi konten website agar pengunjung website tumbuh dan pada  akhirnya memberikan berbagai manfaat atas tujuan pembuatan website. Hal ini, memang sangat diperlukan, baik Anda yang membuat website untuk  tujuan personal atau pun bisnis.  Maka dari tiga strategi di atas, sebaiknya Anda lakukan  jadwal untuk mengerjakan, agar tidak terlalu berat dan menyita waktu Anda.

Selain pentingnya melakukan strategi promosi konten website seperti telah kita bahas di atas, tidak kalah penting adalah performa dari website yang Anda miliki. Jangan sampai ketika sudah ramai pengunjung website Anda justru menjadi lemot. Mengapa? Karena salah memilih layanan hosting. Maka penting bagi Anda memiliki hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Seperti apa hosting yang berkualitas untuk website? Bisa cek layanan hosting IDwebhost.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai strategi promosi konten website yang efektif. Sebagai informasi untuk Anda yang membutuhkan domain untuk kebutuhan personal dan bisnis dengan berbagai ekstensi, dapat menggunakan layanan domain murah IDwebhost, jangan sampai Anda lewatkan promo setiap harinya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.  Terima kasih. Salam. Ari IDwebhost.