4 Langkah Sukses Bangun Bisnis Dengan Strategi Online Marketing

4 Mar 2022
4 Langkah Sukses Bangun Bisnis Dengan Strategi Online Marketing campaign-unlimited

Banyak pelaku usaha yang sekarang mengawali usahanya lewat cara online. Selain lebih mudah, bisnis online lebih minim modal karena tak perlu mengeluarkan biaya operasional yang besar seperti sewa tempat atau gaji karyawan dan lainnya. Strategi Online marketing ini  dapat dengan mudah dilakukan dengan beragam media dan internet yang semakin mudah dan murah. 

Untuk menjalankan sebuah bisnis sekarang tak lagi serepot dulu karena telah dibantu oleh perubahan teknologi berupa internet tersebut. Dari aspek usaha juga untuk menjalankan strategi online marketing lebih mudah dibanding dilakukan secara konvensional (offline).

Untuk pemula yang ingin mengawali usaha online, ada empat cara yang perlu jadi perhatian supaya usaha itu dapat mengalami perkembangan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda aplikasikan di bawah ini. Yok, baca!

3 Cara Jalankan Marketing Online Bagi Pemula

4 Langkah Sukses Bangun Bisnis Dengan Strategi Online Marketing Bagi Pemula

Dengan atau tanpa Anda ketahui, perubahan sistem informasi dan komunikasi sudah berkembang pesat dalam beberapa tahun ini.

Bukan hanya dirasakan oleh beberapa orang dengan pekerjaan tertentu. Tetapi, hal ini memberi dampak signifikan pada pola hidup dari berbagai lapisan masyarakat.

Salah satu dampak dari perubahan teknologi ini adalah adanya strategi online marketing. Untuk Anda yang merasa asing dengan istilah ini, mungkin Anda adalah salah satu pengguna yang tidak mengetahui istilah dari kegiatan tersebut.

Sebenarnya apa sih pengertian online marketing? Berikut ini pembahasan menariknya untuk Anda!

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Digital Paling Menguntungkan yang Perlu Kamu Coba

Pengertian Pemasaran Online

Apa Itu Online Marketing (Pemasaran Online)

Online marketing adalah metode pemasaran produk yang memanfaatkan sistem digital dan jaringan internet. Penggunaan sistem online ini diharapkan mampu mencapai lebih banyak orang sehingga produk yang dipasarkan akan lebih familiar dan menjaring semakin banyak konsumen yang menjanjikan.

Diharapkan produk yang nanti akan dipasarkan jadi lebih dikenali dan menjaring calon konsumen lebih banyak lagi bahkan lebih potensial.

Jika Anda ingin menerapkan atau berpindah haluan untuk melakukan online marketing ini, sudah semestinya Anda tidak akan rugi. Beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan melakukan strategi online marketing, diantaranya adalah:

– Pertama, sistem ini biayanya lebih terjangkau dibanding pemasaran yang dilakukan secara offline karena Anda tak perlu repot mencetak dan menyebarluaskan media promosi Anda di titik tertentu.

– Kedua, sistem marketing online lebih efisien dibanding pemasaran konvensional. Tercatat suatu perusahaan yang melakukan marketing dengan sistem online sanggup mengantongi keuntungan 2,8% lebih banyak dibanding pemasaran konvensional.

– Ketiga, efektivitas pemasaran yang sudah dilakukan dapat dipelajari dengan mudah. Anda dapat memperoleh data rinci mengenai pengunjung konten Anda, dan membuat analisa apakah mereka sudah sesuai dengan target marketing Anda.

Lantas bagaimanakah caranya agar online marketing Anda jadi lebih efisien? Berikut adalah sejumlah cara yang dapat Anda lakukan.

Langkah-langkah Menjalankan Marketing Online

Langkah-langkah Menjalankan Online Marketing

Pasti Anda ingin tahu bukan dengan langkah-langkah yang perlu dilaksanakan untuk bisa melakukan online marketing ini? Berikut ada beberapa cara yang dapat Anda kerjakan sebagai pemula.

Strategi Online Marketing

1. Membuat website khusus toko

Ini bisa menjadi seperti ‘rumah khusus’ yang menyediakan informasi lengkap tentang barang yang dipromosikan. Konsep web ini adalah online shop yang tidak berbeda dari toko offline yang ada di dunia nyata. Lewat website ini, Anda bisa berbisnis sekaligus mengawasi trafik bulanan di semua platform yang Anda punya.

Website dapat dibuat dari yang model sederhana atau yang premium. Keuntungan lain dengan mempunyai website khusus untuk produk yang Anda pasarkan adalah meningkatnya kepercayaan publik kepada produk Anda, bahkan bisa mencapai hingga kisaran 80% seperti kepercayaan mereka pada produk yang mempunyai toko offline di dunia nyata. Oleh karena itu, penting untuk membuat tampilan web semenarik mungkin dan sistem order yang mudah.

Lantas bagaimana dengan biaya dan pembuatanya? Untuk sekarang ini membuat online shop sebetulnya benar-benar mudah dan murah.

Bahkan, untuk orang awam yang belum paham mengenai pemrograman website saat ini bisa secara mudah untuk membuat yaitu dengan menggunakan CMS (Content Management System) berbasis web builder yang paling mudah untuk dipakai tinggal klik dan instal maka, website  Anda pun sudah siap dikelola.

Cara Membuat Website Toko Online:

– Beli domain dan hosting murah di IDwebhost

– Instalasi Website WordPress – WooCommerce

  1. Instal WordPress
  2. Instal plugin WooCommerce
  3. Ganti Template WordPress

– Setting Toko Online

– Bangun Toko Online

Baca Juga: Panduan Lengkap Belajar Optimasi SEO Dasar untuk Pemula

Strategi Online Marketing

2. Optimasi konten dengan belajar SEO

Cara kedua yang bisa Anda lakukan dengan belajar bagaimanakah cara mengoptimasi konten yang sesuai SEO.

Banyak pelanggan cerdas yang memilih untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap produk yang akan dibeli. Selain untuk mengetahui detail produk yang dibeli, banyak dari mereka yang punya niat untuk membandingkan 1 brand dengan brand yang lain.

Dan merek teratas yang ada di mesin pencari lebih berkesempatan besar untuk menarik minat mereka. Memakai teknik Search Engine Optimization adalah salah satu langkah yang bisa lakukan untuk membuat produk Anda bisa ditemukan secara mudah di mesin pencari.

Baca juga: 10 Teknologi Hosting Tercanggih IDwebhost Untuk Website Anda

strategi online marketing

3. Buat Konten yang Menarik

Dalam penjualan online, konten itu sebagai jembatan antara produk dan pasar. Jika ingin membeli barang secara offline, umumnya pembeli akan datang langsung, memegang, mencoba, lalu tertarik dan membeli.

Tetapi, saat berbicara mengenai penjualan online, itu semuanya mengenai konten. Bagaimana kita sebagai penjual dapat menyampaikan value atau keunggulan produk kita kepada konsumen itu melalui konten, copywriting.

Jika produk tidak laku, padahal no 1 sudah selesai (produk dan pasarnya jelas), biasanya permasalahan berada pada konten. Konten itu sebagai hook, story yang dilihat dan dibaca oleh konsumen mengenai produk yang ingin kita jual. Jika produk tidak laku, maka coba lihat konten, apakah sudah benar atau masih perlu diperbaiki.

4. Bekerjasama dengan influencer

Selain memanfaatkan media sosial dan platform digital, salah satunya strategi pemasaran online yang tepat ialah mengadakan kerja sama dengan public figure atau influencer.

Ini dikarenakan mereka banyak memiliki penggemar dan followers sehingga peluang mereka akan melihat dan tertarik dengan produk Anda. Selain itu, produk Anda akan menunjukkan kesan lebih berkelas dan meyakinkan apabila sudah dikenakan oleh para influencer tersebut.

Tidak sulit, kan? Demikian pengertian online marketing dan beberapa informasi dasar mengenai pemasaran online yang sangat menarik untuk Anda simak. Dapat langsung dipraktekkan untuk perkembangan bisnis Anda.

Bagaimana, cukup mudah sekali bukan langkah-langkah yang ada di atas? Semua bisa Anda kerjakan secara mudah asal ilmu online marketing telah dimiliki dengan baik. Semoga penjelasannya bermanfaat!

IDwebhost adalah salah satu penyedia layanan web hosting murah dan terbaik di Indonesia yang telah berpengalaman sejak 2004. Dengan lebih dari 100 ribu pelanggan telah puas menggunakan layanan hosting murah IDwebhost, Anda bisa cek review pelanggan kami.

Ayo gunakan layanan IDwebhost agar websitemu makin jos! Web hosting, ya IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013