Domain Bisnis, Bagaimana Cara Memilih Namanya?
Blog Tips Keren

Domain Bisnis, Bagaimana Cara Memilih Namanya?

Domain bisnis untuk apa? Ketika mendengar kalimat, “Tak kenal maka tak sayang” apa yang ada di benak Anda kemudian? Tentu saja kalimat ini sudah sangat familiar. Sama halnya ketika seseorang memperkenalkan dirinya dengan menggunakan nama, maka orang-orang akan mengingat namanya. Dari nama tersebut, maka terwujudlah suatu brand yang menjadikan diri seseorang khas daripada lainnya. Begitu pula dengan bisnis yang akan atau sedang Anda rintis!

Langkah pertama untuk mengembangkan bisnis Anda tentu saja dengan memperkenalkannya kepada pasar Anda. Lalu, bagaimana cara memperkenalkannya jika Anda belum punya nama untuk bisnis Anda? Bagaimana konsumen dan calon konsumen Anda dapat mengingat bisnis Anda? Dari sinilah peran nama sungguh berperan fatal. Sebagai contoh, di daerah Jawa, rata-rata orang menyebut air mineral dengan “Aqua” apa pun merknya. See? Jika suatu brand telah melekat di benak masyarakat, maka nama brand tersebut akan selalu dicari ketika konsumen membutuhkan produk yang Anda jual, padahal banyak pula pesaing yang menjual produk serupa!

Lalu, Bagaimana Domain Bisnis Penting?

Tidak bisa dipungkiri, bisnis di era digital seperti sekarang sangat mengandalkan marketing secara online. Dengan pesatnya perkembangan internet, tentu media-media online dapat dijadikan strategi jitu untuk memperkenalkan produk hingga memasarkannya. Selain media-media sosial dengan menggunakan Instagram, Facebook Ads, dan lain sebagainya, peran suatu website bisnis ternyata tak kalah penting. Sama halnya seperti suatu toko offline, website bisnis juga diibaratkan seperti suatu toko namun online.

Pelanggan tentu akan senang dengan toko yang memiliki nama yang mudah diingat, begitu pula dengan toko online Anda! Buatlah website yang memorable bagi pelanggan dan calon pelanggan Anda, bahkan bagi orang-orang yang belum mengetahui bisnis Anda! Dari sinilah, peran domain bisnis sangat penting. Untuk membuat suatu website, diperlukan domain terlebih dahulu. Domain bisa Anda buat dari nama bisnis yang telah Anda buat. Maka, hati-hatilah dalam memilih nama bisnis, ya! Karena memilih nama dan juga domain bisnis, sama sulitnya dengan memilih nama untuk anak Anda.

Ikuti Strategi Memilih Domain Berikut Ini!

 

Domain Bisnis
Domain Bisnis

 1. Apa Sih Bidang atau Tema Bisnis Anda?

Sudah lama banget ingin punya bisnis? Nah, matangkan terlebih dahulu bidang atau tema bisnis apa yang akan Anda rintis. Apakah bisnis fashion? Garmen? Floral? Kuliner? Namun, bila Anda telah melewati langkah pertama ini, selamat!

2. Buat List Beberapa Nama Domain Impian Anda!

Sebelum melakukan list nama domain, apakah sudah Anda tentukan nama bisnis Anda? Setelah mendapatkan nama, Anda bisa langsung membuat beberapa alternatif domain bisnis yang Anda impikan! Anda bisa hanya membuat domain dari nama bisnis Anda (misal: balabulu.com), menambahkan beberapa kata setelah nama bisnis Anda (misal: balabuluofficial.com, balabuluindo.com), atau menyisipkan keyword bisnis yang penting sekali untuk keperluan SEO (search engine optimization) website Anda, bisa pula dengan mencantumkan target area atau daerah pasar Anda (misal: balabulukulinersemarang.com).

3. Eksekusi List!

Nah, setelah Anda membuat beberapa alternatif nama domain impian Anda, selanjutnya adalah… eksekusi! Segera analisa kurang dan lebih dari masing-masing nama. Ada banyak pertimbangan yang bisa Anda jadikan keputusan, antara lainnya adalah pilihlah nama domain yang mudah diingat, tidak ribet jika dilafalkan, jangan terlalu panjang agar mudah dihafal, jangan mencantumkan angka (0-9) atau karakter/simbol di luar huruf (@,#,&, dsb), tidak rumit diketik, dan tentunya unik, original, dan segar ya! Jangan sampai Anda meniru nama domain tetangga, duh!

4. Tengok Legal Trademark!

Setelah melalui tahap sulitnya memutuskan satu nama domain terbaik, masih ada lagi langkah selanjutnya! Jangan pernah melewatkan tahap mengecek calon nama domain bisnis Anda di beberapa website legal trademark. Jangan sampai belahan dunia lain ternyata sudah lebih dulu menggunakan nama domain yang serupa atau mirip! Ada beberapa website yang perlu Anda kunjungi untuk cek ricek legal trademark, yaitu ASEAN TM View, e-Status HKI, WIPO, WIPO Indonesia, USPTO.gov, dan Dirjen Kekayaan Intelektual. Semoga selamat, ya!

 

Domain Bisnis
Domain Bisnis

5. Cek Ricek Lagi!

Setelah memastikan calon nama domain pilihan Anda selamat pada tahap cek ricek legal trademark, cek lagi di Google dan di Name Checker (KnowEm, NameCheckr, Namechk, dsb) untuk memastikan tidak ada media online atau sosial media yang menggunakan nama serupa yang Anda pilih untuk domain bisnis Anda.

6. Domain Berbayar, Why?

Dibandingkan dengan menggunakan domain gratis yang berujungkan .blogspot.com, .wordpress.com, dan sebagainya, lebih baik Anda beli domain berbayar! Why? Domain gratis tidak memiliki fitur-fitur penting untuk keperluan SEO! Jika membeli domain dan hosting berbayar, Anda dapat lebih leluasa melakukan SEO. Apa sih fungsinya SEO? SEO sangat penting untuk melejitkan website Anda di mesin pencari sehingga muncul di halaman pertama atau awal ketika orang mengetikkan kata kunci/keyword tentang tema atau bidang bisnis Anda. Apabila website bisnis Anda muncul di halaman pertama, sudah pasti peluang website Anda diklik dan dipilih oleh calon pelanggan tentu lebih besar, bukan? Bagaimana? Masih ragu pakai domain berbayar?

7. Utamakan .com Lalu .id

Mengapa? Karena domain berekstensi .com atau .id sangat sangat sangat mudah untuk diingat dan lebih terlihat profesional. Namun, apabila Anda ingin mengambil .co.id juga boleh. Usahakan agar nama domain Anda telah mengamankan salah satu ekstensi tersebut! Namun, untuk beberapa bidang bisnis, ada pilihan lain untuk menentukan ekstensi terbaik, antara lain .net untuk bisnis penyedia layanan internet, .org untuk bisnis sosial atau organisasi, .info untuk informasi, dsb.

8. Segera Realisasikan!

Setelah melakukan rangkaian langkah strategi, segera realisasikan nama domain bisnis Anda! Jangan sampai susahnya Anda memilih dan mematangkan suatu nama domain bisnis menjadi sia-sia karena Anda terlambat dan terlanjur ada orang lain yang membelinya! Segera kontak idwebhost untuk memiliki website dengan nama domain bisnis impian Anda!

9. Jangan Lupa Perpanjangan!

Strategi tahap akhir ini seringkali terlupakan oleh pelaku bisnis. Jangan sampai Anda melupakan tanggal berakhirnya domain bisnis yang telah Anda miliki selama setahun ini! Karena pada umumnya, pembelian domain berlaku untuk 1 tahun dan harus diperpanjang sebelum tanggal terakhir. Jika terlambat, maka Anda harus memulai segalanya dari nol! Sangat disayangkan apabila selama 1 tahun tersebut, website Anda telah berkembang baik dan dikenal orang-orang namun hanya karena lupa memperpanjang, website Anda menjadi lenyap! Tentu saja orang-orang akan merasa kebingungan ketika mengetikkan alamat url website Anda namun tidak lagi bisa.

Bagaimana? Ternyata sangat penting, bukan, untuk memiliki suatu website bisnis? Anda bisa mencantumkan profil bisnis, portofolio, produk, promosi, hingga proses jual-beli dan transaksi semudah klik di website Anda. Hal ini tentu akan membuat konsumen Anda merasa jauh lebih nyaman. Jika Anda masih merasa kebingungan di berbagai hal, segera kontak penyedia layanan website idwebhost untuk mendiskusikan keperluan Anda.