Tingkatkan Strategi Penjualan dengan Marketing Mix dan Konsep 4P-7P
Blog Digital Marketing Tingkatkan Strategi Penjualan dengan Marketing Mix dan Konsep 4P-7P

Tingkatkan Strategi Penjualan dengan Marketing Mix dan Konsep 4P-7P

Marketing mix berkembang seiring dengan perubahan zaman yang sama halnya dengan teori-teori dari ilmu pengetahuan lainnya. Apalagi ilmu pada bidang ekonomi dan sosial memang bersifat fleksibel, mengikuti arus perubahan zaman.

Saat ini, teori marketing mix telah berkembang dengan menggunakan teknik 7P pada praktik marketing mix kini. Teknik 7P kini sebenarnya merupakan pengembangan dari teknik 4P.

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat mengikuti pembahasan pada artikel ini sebagai berikut :

 

Isi Artikel  :

 

 

Apa itu Marketing Mix ?

 

apa-itu-marketing-mix

Berdasarkan pendapat dari Kotler dan Amstrong, Marketing Mix adalah sekumpulan variabel dalam pemasaran yang dapat digunakan oleh perusahaan dengan bertujuan dalam mengejar sasaran penjualan yang diinginkan.

Jadi, berdasarkan pendapat mereka berdua, dapat disimpulkan bahwa pengertian marketing mix merupakan strategi pemasaran yang dapat dilaksanakan secara terperinci atau strategi pemasaran yang dapat dilakukan secara bersamaan. Strategi tersebut digunakan dengan mengimplementasikan elemen strategi yang terdapat pada marketing mix itu sendiri.

 

Manfaat Marketing Mix 

 

manfaat-marketing-mix

Strategi ini bisa menjadi kesatuan yang menguntungkan dan bermanfaat bagi bisnis Anda jika Anda dapat menjalankan keseluruhan teknik marketing mix ini secara keseluruhan dan juga mempunyai tingkat berkelanjutan pada penerapan pelaksanaannya yang bagus.

Berkelanjutan tersebut artinya, keseluruhan strategi yang ada dalam marketing mix ini dapat digunakan secara terus-menerus oleh Anda. Kemudian Anda juga perlu mengevaluasi hasilnya, memperbaiki hasilnya agar kedepannya apabila terdapat kekurangan pada penerapan sebelumnya, Anda dapat meningkatkan hingga mencapai target pemasaran seperti yang Anda targetkan.

Baik perusahaan yang beroperasi dalam skala besar maupun perusahaan yang beroperasi dalam skala kecil, tentunya mempunyai target yang sama yaitu keuntungan bisnis.

Hal yang sama ini juga berlaku pada segi jenis produksi. Contohnya seperti pada perusahaan yang menyewakan jasa ataupun perusahaan yang melakukan penjualan produk. Akan tetapi memang tidak hanya berorientasi pada penghasilan keuntungan yang didapat. Tujuan perusahaan juga perlu memberikan kepuasan kepada pelanggannya atau konsumennya.

Hampir semua jenis perusahaan berupaya memberikan user experience yang memuaskan kepada customer/ klien mereka. Perusahaan-perusahaan tersebut juga sering melakukan pengembangan produk dan layanan melalui inovasi-inovasi yang berbasiskan pada kebutuhan user. Selain itu, perusahaan-perusahaan tersebut juga terus mencari-cari strategi bisnis apa yang paling tepat agar dapat berhasil mensukseskan bisnis mereka.

Memang terdapat banyak sekali jenis strategi bisnis, baik dalam kaitannya dengan customer engagement seperti customer service, ataupun strategi pemasaran agar target penjualan dapat meningkat.

Pentingnya Marketing Mix

Marketing mix ini juga termasuk dalam strategi pemasaran. Strategi bisnis yang satu ini menjadi penting untuk dikerjakan Anda atau perusahaan Anda sebab marketing mix ini merupakan suatu pokok pertimbangan konsumen pada saat menentukan keputusan apakah akan membeli atau menyewa suatu produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.

Jika suatu perusahaan tidak perhatian mengenai kebutuhan konsumennya maka  perusahaan dapat berpeluang besar dapat kehilangan banyak kesempatan dalam mendapatkan konsumen. Akibatnya, produk atau jasa yang telah dibuat sebagus atau inovatif apapun malah menjadi sia-sia saat ditawarkan.

Itulah alasannya Anda perlu memiliki wawasan marketing seperti marketing mix. Marketing sendiri artinya merupakan proses penyusunan komunikasi terpadu. Tujuannya agar dapat memberikan informasi tentang barang atau jasa yang berhubungan yang memberikan kepuasan manusia. Pemasaran dibangun dengan pemenuhan kebutuhan manusia. Kemudian berlanjut ke arah pertumbuhan dan menjadi keinginan manusia.

Marketing dapat mempengaruhi keberhasilan atau kesuksesan pada suatu perusahaan, khususnya dapat bertahan pada persaingan yang ketat dengan para kompetitornya.

Jadi, suatu strategi marketing yang dapat dilakukan agar membuat sebuah pemasaran yang berhasil tercapai adalah dengan membuat orang-orang menginginkan atau “merasa membutuhkan” produk ataupun jasa yang telah Anda tawarkan.

Apabila strategi marketing yang telah dilaksanakan perusahaan tersebut berhasil mencapai tujuan pemasaran produk dan jasanya dengan baik, maka dapat berpengaruh kepada keberlangsungan pertumbuhan perusahaan tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa marketing sebenarnya merupakan ujung tombak di suatu perusahaan.

Anda mungkin juga pernah mendengar atau melihat ada banyak perusahaan yang berupaya mencari kandidat pekerja yang terbaik agar dapat ditempatkan di bagian departemen marketing perusahaan-perusahaan tersebut.

 

Teknik 4P – 7P Marketing Mix

 

teknik-4p-7p-marketing-mix

Sekarang di poin pembahasan ini, Anda dapat mulai mempelajari istilah 4P (Product, Price, Promotion dan Place). Apabila Anda pernah mempelajari marketing mix sejak masa di bangku kuliah, atau mengetahui tentang marketing mix dari berbagai seminar marketing yang telah Anda ikuti, maka bisa dipastikan Anda mungkin sudah mengenal dengan istilah 4P ini. Untuk itu, mari kita coba mempelajarinya kembali lagi untuk diingat-ingat kembali.

 

1. Product 

Produk artinya dapat berupa apa saja. Baik yang berbentuk fisik semacam makanan dan buku ataupun yang bersifat digital berupa aplikasi dsb. Produk juga termasuk jasa ataupun layanan yang bisa Anda tawarkan. Tapi pokok dari intinya adalah produk merupakan segala wujud penawaran yang Anda lakukan untuk klien atau customer Anda. Dan juga yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan oleh pelanggan tersebut.

Secara teori, produk menjadi segala bentuk yang ditawarkan ke pasar agar dapat digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar. Keinginan pasar ini bisa berwujud fisik, jasa, orang, organisasi dan juga ide.

Produk juga merupakan hasil dari kegiatan produksi perusahaan Anda yang kedepannya dapat dijual oleh perusahaan Anda.Produk juga dapat berupa barang yang telah dibeli oleh perusahaan Anda agar di kemudian hari dapat dijual kembali kepada konsumen atau customer Anda.

Produk atau jasa yang telah dihasilkan haruslah mempunyai kualitas dan keunikan yang bisa meningkatkan daya saing produk atau jasa tersebut di area pasaran.

 

2. Price

Price atau Harga merupakan sejumlah uang yang perlu dibayarkan dari user atau klien Anda supaya bisa mendapatkan produk yang Anda tawarkan. Ini artinya, seseorang dapat melakukan pembelian barang Anda jika terdapat pengorbanan yang dikeluarkan (yaitu uang dan waktu). Sesuai dengan keuntungan yang ia ingin diperoleh dari produksi barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda tersebut.

Jadi yang perlu Anda pahami terkait poin ini adalah bagaimana caranya Anda bisa membuat pelanggan atau calon pembeli potensial Anda merasa pengeluaran pembelian dengan apa yang dia peroleh itu layak atau menguntungkan. Bisa diartikan jika dalam istilah bahasa Inggris yang digunakan adalah “worth it”.

 

3. Place

Place merupakan saluran distribusi yang tepat dalam menentukan berhasil atau tidaknya strategi marketing. Untuk itulah, saluran distribusi dapat menempati posisi yang krusial dalam marketing mix. Adapun definisi dari saluran distribusi ini sendiri merupakan berbagai kegiatan atau upaya apapun yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Tujuannya agar dapat membuat produk atau jasanya bisa didapatkan oleh konsumen maupun pelanggannya.

Karena tujuan dari distribusi ini adalah di bagian menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen di waktu dan tempat yang tepat. Untuk itulah kemudahan akses ataupun ketersediaan produk pada outlet yang tepat juga perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan.

 

4. Promotion

Promosi adalah sebuah upaya bujukan atau dorongan dengan tujuan untuk mengajak para konsumen maupun calon konsumen. Tujuannya agar membeli produk maupun jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

Jadi hal-hal yang dapat perusahaan Anda optimalkan terkait promosi adalah :

  • Sales Person

    Salesperson ini merupakan orang-orang yang mengerjakan penawaran produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda ke orang-orang yang menjadi target pasar perusahaan Anda.
  • Public Relation

    Public Relation merupakan orang-orang yang memiliki tanggung jawab dalam menjaga nama baik perusahaan Anda, serta menjalankan fungsi branding bagi perusahaan Anda sehingga brand perusahaan Anda dapat dikenal oleh banyak orang secara positif.
  • Periklanan

    Periklanan merupakan segala macam promosi yang dipromosikan melalui berbagai saluran media. Anda bisa menentukan saluran berbagai macam media yang tepat dengan penyesuaian karakter produk dan kebutuhan pasar seperti untuk televisi, koran, radio atau baliho.

 

5. People

Sumber daya manusia menjadi faktor yang sangat menentukan berhasil atau tidaknya sebuah perusahaan. Faktor ini juga dapat berperan penting dalam membuat suatu kemajuan. Bahkan kemunduran oleh suatu perusahaan tersebut.

Inilah alasannya berbagai perusahaan berupaya dalam mencari kandidat pekerja terbaik, bahkan sampai sanggup membayar lebih untuk menyewa pihak pencari kerja independen yang telah berkompetensi dalam mencarikan kandidat pekerja bagi perusahaan.

Selain itu, persaingan yang semakin ketat juga mengharuskan agar tiap perusahaan dapat memperlakukan para pegawai atau karyawannya sebagai asset perusahaan yang berharga. Budaya kerja yang menarik dan cenderung santai biasanya menjadi nilai lebih yang dibanggakan oleh suatu perusahaan agar dapat membuat para pekerjanya loyal dan maksimal dalam bekerja.

 

6. Proses

Proses adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling berkaitan yang kemudian bersama-sama mengubah input menjadi output.

Pada perusahaan produsen, penerapan pada poin ini bisa dilaksanakan oleh manusia atau mesin yang  memiliki sumber daya yang ada. Hal apa yang perlu diperhatikan dari proses ini adalah kesabaran, konsistensi, dan keberlanjutan Anda pada pengelolaan atau pengembangan bisnis Anda.

 

7. Packaging

Hal yang terakhir dari 7P marketing mix yaitu packaging atau kemasan. Anda dapat mereview kembali secara kritis pada semua aspek visual pada perusahaan Anda. Ingat, orang dapat memperoleh kesan pertama mereka tentang Anda hanya dalam kurang lebih 30 detik pertama melihat Anda atau dengan melihat beberapa elemen pada perusahaan Anda. 

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan dari segala hal yang dapat dilihat oleh pelanggan semenjak kontak pertama yang dapat terjadi pada perusahaan Anda sampai sepanjang jalan dan proses pembeliannya.

Kemasan ini berorientasi pada cara produk atau layanan Anda tampak dari luar. Kemasan juga dapat diartikan pada orang-orang di perusahaan Anda dan bagaimana dalam berpakaian serta berperilaku ketika berinteraksi dengan pihak luar. Hal ini juga bisa berarti pada kantor Anda, ruang tunggu Anda, brosur Anda, korespondensi Anda dan juga setiap elemen visual mengenai perusahaan Anda.

Semuanya hal tersebut penting agar dapat menentukan kesuksesan marketing Anda dan tingkat kepercayaan pelanggan Anda kepada brand Anda.

 

 

Kesimpulan

Strategi marketing ini perlu Anda terapkan secara menyeluruh agar dapat memenuhi target penjualan produk maupun layanan kepada pelanggan Anda.

Hal ini juga berlaku bagi perusahaan rintisan semacam startup.Jadi ketika perusahaan rintisan tersebut baru berjalan, maka tentu perlu mengetahui strategi pemasaran yang telah dipakai banyak perusahaan sejak dulu ini, tingkat keberhasilannya bisa berpeluang mencapai 100% apabila dilakukan dengan konsisten dan teliti.

Semoga bermanfaat

Lalu tidak lupa juga mengingatkan, Jika Anda ingin mendapatkan info seputar bisnis secara gratis, Anda juga dapat mengikuti informasi di blog IDwebhost ini

IDwebhost juga mempunyai promo hosting dan domain yang bisa dipakai untuk kebutuhan hosting atau domain pada website Anda. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.