7 Strategi Konten Visual Marketing Paling Populer 2020
Blog Tips Keren 7 Strategi Konten Visual Marketing Paling Populer 2020

7 Strategi Konten Visual Marketing Paling Populer 2020

Membuat konten visual marketing di tahun 2020 tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebagai pemilik website baik itu untuk kepentingan bisnis maupun untuk kepentingan pribadi harus tahu bagaimana strategi dalam membuat konten visual untuk memasarkan bisnis yang sedang Anda kembangkan. Perkembangan teknologi yang semakin cepat akan memaksa Anda terus belajar. Jika tidak maka Anda akan ketinggalan tren baru dalam bisnis online seperti halnya cara pembuatan konten visual untuk marketing yang palimng populer di tahun 2020.

Konten visual marketing 2020 memang berbeda dengan trend terdahulu. Menurut beberapa riset, visual konten lebih menarik jika dibandingkan dengan konten lainnya. Bahkan di tahun 2020 ini, 73% pembuat konten akan lebih memprioritaskan pada konten visual karena akan membantu meningkatkan pengunjung website. Hal ini tidak hanya memiliki keuntungan pada website pribadi tetapi juga website bisnis yang sedang Anda kelola.

Penelitian yang dilakukan oleh Mocrosoft mengatakan bahwa semakin sekarang ini manusia memiliki fokus yang lebih rendah jika dibandingkan dengan dua sekade yang lalu. Hal ini  dibuktikan bahwa pada tahun 2000, manusia bisa lebih fokus sekitar 12 detik. Akan tetapi pada tahun 2016, durasi manusia untuk fokus menurun dan hanya bisa fokus sekitar 8 detik.

Untuk menarik minat orang-orang, maka banyak pembuat konten yang memprioritaskan konten yang mereka buat lebih menarik secara visual. Hal ini juga untuk menghadapi persaingan bisnis di tahun 2020, yang mana konten visual lebih menarik jika dibandingkan konten lainnya. Hal ini juga sudah disesuaikan dengan info grafis yang ada.

Konten Visual Marketing

Bagaimana strategi paling mudah dalam membuat konten visual marketing?

Agar konten yang dibuat bisa disajikan lebih menarik, maka Anda perlu memiliki beberapa strategi dalam membuat konten visual efektif. Bagi Anda yang memiliki bisnis onine, maka Anda perlu menerapkan visual marketing. Cara membuatnya juga sangat mudah. Berikut cara paling mudah dalam pembuatan konten visual marketing yang bisa Anda coba

1.Buat konten dengan hasil karya sendiri

Membuat konten visual yang efektif tidak harus menggunakan aplikasi yang tidak Anda kuasai. Di sini Anda bisa membuat konten visual marketing dengan menggunakan Canva. Fitur yang ada di Canva akan memudahkan Anda dalam membuat konten yang Anda inginkan. Penggunaanya juga sangat mudah sehingga siapa saja bisa menggunakannya. Konten hasil karya sendiri juga akan memningkatkan brand awareness.

2.Buat konten dengan model infografik

Dalam beberapa penelitian akhir-akhir ini menyebutkan bahwa orang akan lebih betah membaca konten visual daripada visual. Ini bisa Anda manfaatkan dengan membuat konten berupa infografik agar orang juga tidak bosan dalam membacanya. Konten berupa infografik yang menarik juga akan membuat pengunjung lebih betah. Meski sama-sama menyajikan kontan yang informatif, akan lebih baik jika Anda menggunakan infogratis agar semakin memudahkan pengunjung website Anda.

3.Gunakan meme pada konten Anda

Ada banyak jenis konten visual yang bisa Anda buat demi meningkatkan pengunjung pada website Anda. salah satunya dengan menggunakan meme. Di sosial media tentu sudah banyak menemukan meme-meme menarik khususnya bagi berita yang sedang up-to-date. Meme merupakan ide, perilaku atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Ini bisa berupa ekspresi dengan tujuan menghibur. Adanya meme juga akan membuat konten Anda semakin menarik.

4.Menambahkan GIF pada konten

GIF (Graphic Interchange Format) adalah gambar yang bisa bergerak. Anda bisa mencarinya atau bahkan membuatnya dari website Giphy.com. Di sini Anda bisa membuat GIF sesuai dengan konten yang Anda inginkan. GIF juga akan memberikan kesan konten yang menarik sehingga pembaca tidak cepat bosan saat membaca konten yang Anda buat. Menambahkan GIF pada konten juga cocok untuk Anda yang memiliki bisnis seperti online shop. Anda bisa memanfaatkannya jika ada promo atau diskon besar-besaran.

5.Memanfaatkan free-royalty photo stock

Untuk menunjang gambar menarik pada website maupun blog pribadi, Anda perlu menggunakan gambar yang menarik. Anda bisa memanfaatkan gambar tanpa harus membayar dan bisa Anda unduh secara gratis seperti yang disediakan oleh Unsplash. Gambar yang disediakan pada Unsplash sangat cocok untuk dipakai blog atau website yang Anda gunakan Agar lebih menarik Anda bisa menggunakan filter atau tema yang seusai dengan bisnis online yang Anda jalankan.

6.Menambahkan screenshot

Konten yang disertai dengan screenshot biasnya sangat penting untuk tutorial atau bersifat teknis. Hal ini karena adanya screenshot akan lebih memudahkan pembaca dalam memahaminya. Selain itu, manfaat lain dari menambahkan screenshot adalah untuk mendapatkan tambahan view duration dari pembaca yang nantinya mengamati gambar unggahan Anda dengan seksama. Cara paling mudah untuk melakukan screenshot pada laptop adalah dengan menekan tombol PrtSc, setelah itu Anda bisa memilih bagian mana yang akan digunakan. Anda juga bisa menyematan tanda penting seperti garis, panah atau fitur lainnya jika memang benar-benar ingin Anda tunjukan pada konten Anda.

7.Memasukkan video pada konten

Ini merupakan trend yang akan membantu meningkatkan brand awareness. Video akan selalu menjadi konten visual yang menarik bagi siapa saja. Dengan menyematkan video juga akan menaikkan peringkat website Anda di Search Engine Result Page (SERP). Menyematkan video pada website juga akan memberikan keuntungan seperti pengunjung akan lebih lama berada pada website hanya untuk menonton video. Untuk durasinya tidak perlu panjang lebar. Anda hanya perlu membuat konten vidoe yang singkat, jelas dan mudah dimengerti.

 

Mengapa konten visual sangat penting?

Konten visual sangatlah penting. Hal ini karena 90% informasi yang diterima otak kita berupa visual. Bahkan sebuah riset juga menunjukkan bahwa 40% orang akan merespon informasi melalui visual jika dibandingkan dengan informasi panjang lebar melalui teks saja. Berdasarkan survey, pengguna atau pembacar artikel juga lebih betah membaca konten dengan visual yang menarik.

Otak kita cenderung akan lebih menangkap konten visual 60.000 kali lebih cepat jika dibandingkan dngan teks. Dalam sebuah bisnis online khususnya di tahun 2020 ini, visual konten akan menjadi daya tarik dan lebih memiliki daya saing yang lebih kuat jika dibandingan konten yang hanya tulisan saja.

Demikianlah 7 strategi konten visual marketing yang akan menjadi trend di tahun 2020. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.