Strategi Komunikasi Digital Marketing Yang Tepat
Blog Digital Marketing Strategi Komunikasi Digital Marketing Yang Tepat

Strategi Komunikasi Digital Marketing Yang Tepat

Keberhasilan pemasaran dengan serangkaian promosi tidak lepas dari ketepatan pemilihan komunikasi untuk calon audiens atau pasar. Ini juga berlaku ketika Anda menerapkan strategi digital marketing untuk bisnis Anda. Lalu seperti apa strategi komunikasi digital marketing yang tepat?

Ada  banyak cara yang bisa Anda pilih dalam menentukan model komunikasi yang tepat kepada target pasar Anda. Ini bisa Anda mulai dengan melakukan riset pasar. Melalui riset ini Anda akan mengetahui apa saja yang Anda butuhkan untuk menjalin komunikasi terbaik dengan pasar Anda.

Ingat, keberhasilan dalam promosi pemasaran adalah bagaimana Anda mampu menyampaikan suatu pesan; informasi produk, keunggulan, harga, atau tawaran menarik seperti halnya diskon. Anda tentu sudah sangat sering melihat atau bahkan membuat bahasa komunikasi dalam pemasaran offline atau pun online.

Jadi pada intinya proses pemasaran apa lagi dengan cara digital marketing akan sangat membutuhkan keahlian Anda dalam berkomunikasi. Jika Anda tidak mampu membuat komunikasi yang ‘mengena’ kepada target pasar Anda, maka upaya Anda dalam pemasaran akan sia-sia.

Seperti apa strategi komunikasi digital marketing yang tepat? Berikut adalah apa saja yang bisa Anda lakukan tahap demi tahap agar upaya Anda dalam membuat komunikasi pemasaran dapat berjalan secara maksimal. Berikut pembahasan lengkapnya:

1. Menentukan Siapa Target Pasar Anda

Menentukan Siapa Target Pasar Anda

Strategi komunikasi digital marketing pertama adalah dengan menentukan siapa target pasar Anda. Sebelum Anda memulai untuk melakukan strategi komunikasi Anda perlu untuk menentukan dan memahami siapa saja orang yang akan Anda tuju.

Untuk mempermudah dalam menentukan siapa target pasar. Anda dapat mengelompokkan dalam riset kecil terkait pasar Anda; berdasarkan kelompok umur, faktor jenis kelamin, faktor pendidikan, lokasi atau asal tempat tinggal dan berbagai faktor lainnya.

Jika Anda telah membuat riset ini sebelumnya, atau Anda sudah memiliki data yang cukup terkait produk Anda. Maka Anda bisa memperdalam lagi terkait jenis dan cara komunikasi yang tepat. Ini akan sangat berpengaruh, bagi keberhasilan  pesan yang Anda ingin sampaikan ke pasar Anda.

Jika Anda memiliki produk kecantikan misalnya, bukan menutup kemungkinan bahwa Anda bisa melakukan komunikasi dengan pihak di luar ‘produk Anda’. Karena produk kecantikan Anda memiliki target pasar wanita, namun Anda akan melakukan komunikasi dari sisi sebaliknya yaitu kepada para pria.

Maka, strategi komunikasi akan Anda ubah. Pengubahan model komunikasi dengan produk yang sangat berbeda ini perlu adanya riset terlebih dahulu. Misalnya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apakah pria memiliki ketertarikan terhadap produk kecantikan, apakah mereka mau membeli untuk hadiah ke pasangan mereka?

Jawaban-jawaban ini yang kemudian akan menjadi dasar nanti seperti apa bentuk komunikasi yang akan Anda buat. Jadi bukan berdasar pada asumsi Anda sendiri bahwa kata atau kalimat yang akan Anda pilih sebagai slogan atau tagline promosi sudah tepat dan sesuai kebutuhan promosi produk.

Selain itu Anda perlu memahami kondisi saat ini dalam melakukan komunikasi. Faktor ini harus Anda pertimbangkan agar Anda selalu update atau terbarukan dengan kondisi yang terjadi. Sebagai contoh komunikasi yang disampaikan pada masa pandemi akan lebih baik ketika mengandung unsur kalimat saling penyemangat sambil menyisipkan penawaran produk hingga promosi.

2. Menentukan Media Komunikasi Yang Tepat

Menentukan Media Komunikasi Yang Tepat

Ketika Anda sudah memiliki data lengkap mengenai siapa target pasar Anda. Maka Anda sudah bisa memilih jenis atau tipe komunikasi yang efektif untuk audiens sesuai dengan pengelompokan mereka. Nah, jika Anda sudah memiliki bahan atau biasa kita sebut sebagai konten digital marketing. Maka selanjutnya adalah mempublikasikan.

Ke mana Anda akan mempublikasikan konten Anda? Melalui saluran apa Anda akan menjalin komunikasi dengan target pasar Anda? Dalam digital marketing seperti saat ini salah satu yang memiliki dampak sangat efektif dalam melakukan komunikasi dengan pasar adalah melalui media sosial.

Kita tahu saat ini orang-orang saling terhubung  di media sosial. Bahkan saat ini berkembang banyak sosial media baru, yang mana setiap sosial media pun memiliki ciri dari pada penggunanya masing-masing. Ini juga perlu Anda pertimbangkan, untuk setiap media sosial dengan cara atau model komunikasi Anda.

Walau strategi sosial media marketing masih dianggap yang paling ampuh dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan atau calon pasar. Namun Anda juga jangan sampai melewatkan atau abai dengan saluran pemasaran digital yang lain; website toko online, market place, strategi email, SEO atau pun SEM.

Dalam strategi digital marketing, Anda bisa memanfaatkan saluran pemasaran yang memiliki potensi besar, seperti Email marketing; SEO; dan SEM. Jika Anda melihat data saat ini, email marketing misalnya menyumbang hampir 30% komunikasi yang berujung pembelian perusahaan.

Menggunakan email marketing menjadi sangat penting karena Anda dapat memberikan penawaran secara langsung. Ini sama halnya ketika Anda saat ini mulai mendata dengan baik terkait kontak Whatsapp pelanggan Anda. Sehingga Anda bisa menjalin komunikasi secara terus menerus dengan pelanggan Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan digital marketing dengan membuat artikel SEO dan SEM. Kemampuan Anda dalam membuat artikel ini akan membantu pemasaran produk Anda. Apa lagi jika Anda menargetkan buying keyword dalam setiap konten artikel yang Anda buat.

3. Menganalisis Isi Pesan dan Hasil Komunikasi Digital Marketing

Menganalisis Isi Pesan dan Hasil Komunikasi Digital Marketing

Anda sudah memiliki data mengenai siapa target pasar Anda, kemudian juga telah menentukan pada saluran atau media mana pesan Anda akan Anda kirimkan. Maka pada tahap ketiga ini, Anda perlu menganalisis isi pesan dan kemudian melihat hasil komunikasi yang dilakukan apakah berhasil atau gagal.

Anda sebagai seorang digital marketing perlu untuk mempertimbangkan dengan baik isi pesan yang akan disampaikan. Jangan asal melempar komunikasi ke pasar, Anda perlu menganalisis lebih dahulu dampak apa yang akan terjadi jika pesan komunikasi Anda ini diterima oleh pasar dan masyarakat luas. Apa lagi saat ini berhubungan dengan internet dan orang-orang di sosial media.

Dalam strategi komunikasi yang tepat, pesan yang memiliki dua bagian, yaitu the contents of message (isi dan inti dari pesan), dan lambang atau simbol.  Lambang  memiliki berbagai macam bentuk, baik dari segi tampilan, gambar, warna, hingga bahasa yang digunakan.

Anda tentu tidak asing dengan lambang-lambang, kemudian dengan warna atau simbol. Pada dasarnya manusia adalah makhluk simbol, sehingga komunikasi dengan mempertebal pada simbol akan efektif. Bisa kita katakan bahwa lambang ini merupakan penentuan dari pada brand image yang dimiliki perusahaan.

Sederhananya, Anda memiliki perusahaan dengan produk-produk premium dan memiliki brand image eksekutif melakukan marketing dengan packaging pesan dan bahasa yang bersifat elegan. Maka Anda perlu memilih warna, memilih bahan dan kemasan yang mencerminkan dari produk Anda tersebut.

Menjadi penting juga adalah Anda untuk bisa selalu mendengar dan melakukan perbaikan dari setiap masukan atas produk Anda. Masukan kecil akan sangat berarti bagi perkembangan strategi digital marketing Anda selanjutnya. Jadi jalin komunikasi yang baik dan dengarkan masukan pelanggan Anda.

Kesimpulan Strategi Komunikasi Digital Marketing

Kesimpulan Strategi Komunikasi Digital Marketing

Berbagai strategi komunikasi digital marketing membutuhkan induk atau pusat data dan informasi dari produk. Ini tidak lain dengan Anda membangun sebuah website bisnis. Melalui website inilah Anda bisa menghadirkan berbagai konten yang memberi jawaban atau solusi bagi pengguna dan sekaligus media promosi / komunikasi atas produk Anda.

Ketika Anda mampu meningkatkan traffic website, mendapat banyak kunjungan. Maka berbagai komunikasi bisa Anda lakukan. Untuk itu website Anda harus memiliki performa yang baik, setidaknya memiliki kemampuan untuk menerima banyak trafik, dan hal ini bisa Anda lakukan dengan kepemilikan hosting berkualitas.

Untuk memiliki hosting berkualitas Anda jangan khawatir dengan harga, karena telah hadir penyedia layanan hosting murah berkualitas. Ya benar, layanan paket hosting IDwebhost. Ini adalah bentuk dukungan IDwebhost bagi pelaku bisnis yang siap Go Digital seperti Anda.

Tunggu apa lagi segera kunjungi IDwebhost! Dan dapatkan berbagai penawaran terbaik. Tidak hanya hosting, Anda bisa mendapatkan penawaran dan diskon menarik dari berbagai produk, seperti domain  murah IDwebhost! Domain yang tepat akan membantu kemudahan dalam melakukan komunikasi bisnis, karena mudah dalam ingatan pelanggan!

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai strategi komunikasi digital marketing. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda dalam menjalankan digital marketing. Untuk artikel lain, silakan kunjungi Blog Idwebhost. Terima kasih telah membaca. Salam. Ari IDwebhost.