Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis Anda
Blog Tips Keren Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis Anda

Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis Anda

Sebuah data menyebutkan, 72% orang akan membeli sebuah produk setelah melihat produk tersebut berada di Instagram. Tentu hal ini yang membuat instagram menjadi media sosial terbaik untuk Anda dalam menjalakan marketing online untuk bisnis Anda. Tetapi, agar bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal yang berasal dari instagram. Anda tidak bisa hanya asal memposting gambar atau video saja. Perlu strategi instagram marketing untuk bisa memaksimalkan bisnis yang Anda jalankan.

Strategi Instagram Marketing yang Bisa Anda Coba

Strategi Instagram Marketing Mulai Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah dengan menggunakan akun instagram bisnis. Hal ini dikarenakan akun bisnis akan sangat memudahkan calon pelanggan Anda agar bisa langsung terhubung dengan Anda dan juga memberikan sebuah kesan yang professional pada bisnis yang Anda jalankan. Tidak hanya itu, dengan menggunakan akun instagram bisnis juga terdapat beberapa fitur yang tidak tersedia pada akun pribadi. Contohnya adalah Anda dapat membuat sebuah instagram Ads dan Anda juga dapat mengakses insights.

Insight ini merupakan sebuah fitur yang dapat digunakan untuk menganalisa dan juga memberikan sebuah data statistic mengenai akun instagram Anda. Jika Anda masih menggunakan akun pribadi, sebaiknya ubah kea kun professional. Caranya masuk ke dalam menu pengaturan, klik pada menu Akun dan pilih Beralih ke Akun Profesional. Jika sebelumnya akun Anda di private, maka sangat disarakan untuk mengubahnya menjadi public pada akun bisnis yang sudah Anda ubah.

strategi instagram marketing

Mulai Melakukan Optimasi pada Profil Instagram Bisnis Anda

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai mengoptimasi akun.

  1. Strategi Instagram Marketing dengan Memilih Username Simpel dan Mudah Untuk Dikenali

Secara ideal, Anda nantinya akan menggunakan username dengan menggunakan nama bisnsi Anda. Selain untuk mudah dkenali dan ditemukan, nantinya orang juga tidak akan salah tag ketika posting ataupun komentar. Tetapi, jika nama bisnis Anda sudah menjadi diambil oleh orang lain, Anda bisa menambahkan beberapa kata di belakangnya. Penambahan kata dibelakang juga harus berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan agar mudah dikenali.

  1. Strategi Instagram Marketing dengan Menggunakan Foto Profil Brand Bisnis Anda

Foto profil merupakan hal pertama yang dilihat ketika mengujungi akun bisnis Anda. Tidak hanya itu, foto profil juga yang akan muncul pada setiap komentar ataupun postingan yang Anda buat. Sehingga, pilihlah foto profil yang bisa sekaligus menggambarkan bisnis Anda. Secara umum, akun bisnis menggunakan logo bisnis atau logo perusahaan yang digunakan untuk foto profil.

  1. Strategi Instagram Marketing dengan Menuliskan Bio Menarik dan Informarif

Elemen kedua yang tidak kalah penting adalah bio. Sehingga Anda harus memaksiamalkan 150 karakter yang sudah diberikan Instagram. Anda dapat menuliskan bio untuk menjelaskan bisnis yang sedang Anda jalankan dan juga benefit yang bisa didapatkan.

strategi instagram marketing

Strategi Instagram Marketing dengan Mengetahui Jenis Postingan

Setelah menggunakan akun bisnis, saatnya Anda untuk membuat konten yang berkualitas. Platform Instagram, untuk konten dibagi menjadi empat jenis konten.

  1. Feed Instagram

Merupakan keseluruhan foto atau video yang akan Anda posting di instagram. Ini juga dapat dijadkan salah satu cara yang cepat agar bisa menarik calon pelanggan Anda dengan tampilan visual yang unik dan juga menarik.

  1. Instagram Stories

Fitur ini berbeda dengan konten instagram pada umumnya. Stories hanya dapat bertahan hanya selama 24 jam saja. Dan posisinya berada diatas feeds. Stories ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk bisnis Anda sehingga harus dimanfaatkan dengan maksimal.

  1. Instagram Live

Jenis konten ini bisa Anda manfaatkan ketika akan melakukan siaran langsung yang dapat ditonton oleh banyak follower Anda.

  1. Instagram TV

Berbeda dengan Instagram live, IGTV jauh lebih mirip dengan Youtube. Dengan memanfaatkan IGTV tentu follower Anda bisa menonton video yang sudah Anda upload sebelumnya.

strategi instagram marketing

Melakukan posting Ulang Foto ataupun Stories dari Follower Anda

Anda bisa memanfaatkan moment ini dengan melakukan upload ulang foto atau juga stories yang sudah diposting oleh follower Anda. Caranya memang tidak sulit. Anda hanya perlu memasang pengumuman melalui postingan atau bahkan stories Anda untuk akan memposting ulang postingan follower terpilih dan akan memberikan tagging customer Anda. Posting ulang ini juga tidak terbatas pada feed Anda saja, tetapi bisa juga dengan memposting ulang Stories dari follower Anda di akun sendiri.

Strategi Instagram Marketing dengan Membuat Caption Yang Menarik

Membuat caption memang menjadi salah satu bagian yang sulit. Caption yang menarik memang bisa membuat orang berlama-lama untuk scrolling di postingan Anda. Dampaknya bisa meningkatkan engagement. Dalam membuat sebuah caption juga disesuaikan dengan gaya tulisan yang fun dan apa adanya. Anda bisa memasukan beberapa guyonan singkat atau bisa juga dengan memasukan permainan kata yang ada di caption Anda. Jangan lupa untuk menambahkan emoji agar bisa membuat caption Anda tidak monoton.

Strategi Instagram Marketing dengan Memposting pada Waktu yang Tepat

Agar bisa mengetahui waktu yang tepat untuk memposting, Anda bisa cek di Insgihts. Waktu ini berdasarkan dari jenis bisnis dan juga target audiens. Secara umum, terdapat dua riset yang bisa Anda gunakan sebagai patkona. Menurut Spourtsocial, waktu yang paling ideal untuk memposting di Instagram adalah ketika hari rabu jam 11 dan hari jumat jam 10 sampai dengan jam 11. Tetapi, berdasarkan CoSchedule, waktu yang ideal untuk melakukan posting adalah setiap hari pukul 8 sampai pukul 9 dan pukul 2 dini hari.

strategi instagram marketing

Mulai Memanfaatkan Fitur Instagram

Ketika mulai beralih pada akun bisnis, Anda akan disuguhi beberapa pilihan yang muncul. Pada akun bisnis instagram memang menawarkan fitur canggih yang bisa menunjang penjualan Anda. Salah satunya adalah Instagram Ads. Merupakan fitur yang bisa digunakan sebagai platform iklan yang disediakan oleh instagram untuk bisa mempromosikan postingan yang ada di akun Anda. Terdapat dua cara untuk memanfaatkan Instagram Ads. Bisa melalui Facebook Ads Manager atau melalui Instagram tersebut. Yang sama adalah keduanya tetap membutuhkan Facebook Page. Sehingga Anda harus membuat sebuah halaman yang saling terkait di akun Facebook.

Dulu, instagram hanyalah sebuah aplikasi untuk membagikan gambar namun saat ini sudah beralih menjad tempat untuk melebarkan bisnis. Apalagi dengan pengguna aktif yang berjumlah banyak, instagram dapat menjadi salah satu tempat terbaik agar bisa meningkatkan brand awareness dari bisnis yang Anda miliki. Meskipun menarik perhatian dari customer bukan salah satu hal yang mudah tetapi bukan mustahil untuk Anda jalankan.

Caranya adalah dengan membuat sebuah konten yang berkualutas agar bisa meningkatkan engagement yang berasal dari follower Anda. Buatlah sebuah konten dengan visual menarik dan dipadukan dengan capstion yang bisa menggugah follower dilengkapi dengan hastag yang unik. Dengan hal tersebut, Anda akan jauh lebih dekat dengan kesuksesan menjalankan instagram marketing.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.