Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis

6 Okt 2023
Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis campaign-unlimited

Sebuah data menyebutkan, 72% orang akan membeli sebuah produk setelah melihat produk tersebut berada di Instagram. Tentu hal ini yang membuat instagram menjadi media sosial terbaik untukmu dalam menjalankan marketing online untuk bisnis. Tetapi, agar bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal yang berasal dari instagram. Kamu tidak bisa hanya asal memposting gambar atau video saja. Perlu strategi instagram marketing untuk bisa memaksimalkan bisnis yang jalankan.

Strategi Instagram Marketing yang Bisa Dicoba

Strategi Instagram Marketing Mulai Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah dengan menggunakan akun instagram bisnis. Hal ini dikarenakan akun bisnis akan sangat memudahkan calon pelanggan agar bisa langsung terhubung denganmu dan juga memberikan sebuah kesan yang professional pada bisnis yang dijalankan.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan akun instagram bisnis juga terdapat beberapa fitur yang tidak tersedia pada akun pribadi. Contohnya adalah dapat membuat sebuah instagram Ads dan juga dapat mengakses insights.

Insight ini merupakan sebuah fitur yang dapat digunakan untuk menganalisa dan juga memberikan sebuah data statistic mengenai akun instagram. Jika kamu masih menggunakan akun pribadi, sebaiknya ubah ke akun professional. Caranya masuk ke dalam menu pengaturan, klik pada menu Akun dan pilih Beralih ke Akun Profesional. Jika sebelumnya akun di private, maka sangat disarakan untuk mengubahnya menjadi publik pada akun bisnis yang sudah diubah.

strategi instagram marketing

Mulai Melakukan Optimasi pada Profil Instagram Bisnis

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memulai mengoptimasi akun.

  1. Strategi Instagram Marketing dengan Memilih Username Simpel dan Mudah Untuk Dikenali

Secara ideal, kamu nantinya akan menggunakan username dengan menggunakan nama bisnis. Selain untuk mudah dkenali dan ditemukan, nantinya orang juga tidak akan salah tag ketika posting ataupun komentar. Tetapi, jika nama bisnismu sudah menjadi diambil oleh orang lain, kamu bisa menambahkan beberapa kata di belakangnya. Penambahan kata dibelakang juga harus berhubungan dengan bisnis yang dijalankan agar mudah dikenali.

  1. Strategi Instagram Marketing dengan Menggunakan Foto Profil Brand Bisnis

Foto profil merupakan hal pertama yang dilihat ketika mengujungi akun bisnis. Tidak hanya itu, foto profil juga yang akan muncul pada setiap komentar ataupun postingan yang dibuat. Sehingga, pilihlah foto profil yang bisa sekaligus menggambarkan bisnismu. Secara umum, akun bisnis menggunakan logo bisnis atau logo perusahaan yang digunakan untuk foto profil.

  1. Strategi Instagram Marketing dengan Menuliskan Bio Menarik dan Informarif

Elemen kedua yang tidak kalah penting adalah bio. Sehingga kamu harus memaksiamalkan 150 karakter yang sudah diberikan Instagram. Kamu dapat menuliskan bio untuk menjelaskan bisnis yang sedang dijalankan dan juga benefit yang bisa didapatkan.

strategi instagram marketing

Strategi Instagram Marketing dengan Mengetahui Jenis Postingan

Setelah menggunakan akun bisnis, saatnya kamu untuk membuat konten yang berkualitas. Platform Instagram, untuk konten dibagi menjadi empat jenis konten.

  1. Feed Instagram

Merupakan keseluruhan foto atau video yang akan diposting di instagram. Ini juga dapat dijadkan salah satu cara yang cepat agar bisa menarik calon pelanggan dengan tampilan visual yang unik dan juga menarik.

  1. Instagram Stories

Fitur ini berbeda dengan konten instagram pada umumnya. Stories hanya dapat bertahan hanya selama 24 jam saja. Dan posisinya berada diatas feeds. Stories ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk bisnimu, sehingga harus dimanfaatkan dengan maksimal.

  1. Instagram Live

Jenis konten ini bisa dimanfaatkan ketika akan melakukan siaran langsung yang dapat ditonton oleh banyak follower.

  1. Instagram TV

Berbeda dengan Instagram live, IGTV jauh lebih mirip dengan Youtube. Dengan memanfaatkan IGTV tentu follower bisa menonton video yang sudah diupload sebelumnya.

strategi instagram marketing

Melakukan posting Ulang Foto ataupun Stories dari Follower

Kamu bisa memanfaatkan moment ini dengan melakukan upload ulang foto atau juga stories yang sudah diposting oleh follower. Caranya memang tidak sulit. Kamu hanya perlu memasang pengumuman melalui postingan atau bahkan stories untuk akan memposting ulang postingan follower terpilih dan akan memberikan tagging konsumen. Posting ulang ini juga tidak terbatas pada feed saja, tetapi bisa juga dengan memposting ulang Stories dari follower di akun sendiri.

Strategi Instagram Marketing dengan Membuat Caption Yang Menarik

Membuat caption memang menjadi salah satu bagian yang sulit. Caption yang menarik memang bisa membuat orang berlama-lama untuk scrolling di postingan. Dampaknya bisa meningkatkan engagement. Dalam membuat sebuah caption juga disesuaikan dengan gaya tulisan yang fun dan apa adanya.

Kamu bisa memasukan beberapa guyonan singkat atau bisa juga dengan memasukan permainan kata yang ada di caption. Jangan lupa untuk menambahkan emoji agar bisa membuat caption tidak tidak monoton.

Strategi Instagram Marketing dengan Memposting pada Waktu yang Tepat

Agar bisa mengetahui waktu yang tepat untuk memposting, bisa cek di Insgihts. Waktu ini berdasarkan dari jenis bisnis dan juga target audiens. Secara umum, terdapat dua riset yang bisa digunakan sebagai patkona.

Menurut Spourtsocial, waktu yang paling ideal untuk memposting di Instagram adalah ketika hari rabu jam 11 dan hari jumat jam 10 sampai dengan jam 11. Tetapi, berdasarkan CoSchedule, waktu yang ideal untuk melakukan posting adalah setiap hari pukul 8 sampai pukul 9 dan pukul 2 dini hari.

strategi instagram marketing

Mulai Memanfaatkan Fitur Instagram

Ketika mulai beralih pada akun bisnis, kamu akan disuguhi beberapa pilihan yang muncul. Pada akun bisnis instagram memang menawarkan fitur canggih yang bisa menunjang penjualan.

Salah satunya adalah Instagram Ads. Merupakan fitur yang bisa digunakan sebagai platform iklan yang disediakan oleh instagram untuk bisa mempromosikan postingan yang ada di akunmu. Terdapat dua cara untuk memanfaatkan Instagram Ads.

Bisa melalui Facebook Ads Manager atau melalui Instagram tersebut. Yang sama adalah keduanya tetap membutuhkan Facebook Page. Sehingga kamu harus membuat sebuah halaman yang saling terkait di akun Facebook.

Dulu, instagram hanyalah sebuah aplikasi untuk membagikan gambar namun saat ini sudah beralih menjad tempat untuk melebarkan bisnis. Apalagi dengan pengguna aktif yang berjumlah banyak, instagram dapat menjadi salah satu tempat terbaik agar bisa meningkatkan brand awareness dari bisnis yang dimiliki. Meskipun menarik perhatian dari customer bukan salah satu hal yang mudah tetapi bukan mustahil untuk dijalankan.

Caranya adalah dengan membuat sebuah konten yang berkualutas agar bisa meningkatkan engagement yang berasal dari follower. Buatlah sebuah konten dengan visual menarik dan dipadukan dengan capstion yang bisa menggugah follower dilengkapi dengan hastag yang unik. Dengan hal tersebut, kamu akan jauh lebih dekat dengan kesuksesan menjalankan instagram marketing.

Jika kamu mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013