Strategi Digital Marketing Terbaik Untuk Startup
Blog Digital Marketing Strategi Digital Marketing Terbaik Untuk Startup

Strategi Digital Marketing Terbaik Untuk Startup

Pada masa kini, pemasaran berkembang dengan sangat cepat. Para ahli pemasar percaya, di masa depan perubahan pada dunia pemasaran akan lebih cepat dari sekarang. Perusaahan berbentuk startup adalah salah satu bentuk dari pesatnya perkembangan teknologi. Setiap tahun ribuan startup bermunculan dengan beragam jenis bidang usaha. Ditambah dengan pendanaan besar-besaran yang rajin dilakukan perusahaan modal ventura, mendirikan startup menjadi trend sendiri yang cukup menarik untuk diikuti. Dengan demikian, persaingan antar startup menjadi sangat ketat. Tak hanya berkompetisi dengan yang satu industri, namun juga lintas industri. Oleh karena itu setiap perusahaan startup harus memiliki strategi digital marketing yang baik untuk memenangkan persaingan. Inilah strategi digital marketing terbaik untuk startup yang harus Anda ketahui.

Strategi Digital Marketing Terbaik Untuk Startup

Strategi Digital Marketing Terbaik untuk Startup

Banyak startup hari ini melakukan kegiatan digital marketing untuk mendongkrak usahanya. Namun tak semuanya efektif untuk di jalankan karen atidak menghasilkan impak yang berarti. Oleh karena itu setiap startup memiliki strategi andalannya masing-masing untuk bersaing. Apa saja itu?

  • Email Marketing

Email atau surat elektronik bertransformasi dari sekedar mengirim surat menjadi media digital marketing yang ampuh. Bagaimana tidak, meskpun cenderung ditinggalkan sebagai media komunikasi utama, email berubah menjadi salah satu andalan banyak startup untuk melakukan kampanye marketing.

Daripada saluran pemasaran lain, email marketing mempunyai keunggulan bisa membangun interaksi yang lebih dekat dengan pelanggan. Tak semua startup mampu memanfaatkan email marketing dengan baik.

Kunci membuat email marketing yang efektif.

Buatlah konten yang menarik dan bermanfaat

Hindari penggunaan jargon berlebihan, buatlah tulisan yang persuasif dan menenangkan

Gunakan poin-poin dan sub judul dalam tulisan

Bicarakan tentang manfaat yang Anda tawarkan

Optimalkan email untuk perangkat mobile

Strategi Digital Marketing Terbaik Untuk Startup

  • Social Media Marketing

Lima belas tahun terakhir adalah era kejayaan sosial media. Hampir semua orang yang hidup di era modern ini bisa dipastikan setidaknya memiliki satu akun sosial media. Karena jumlah penggunanya begitu masif, banyak startup yang mengarap secara serius sosial media mereka. Tak cuma sebagai etalase peroduk, sosial media juga sipercaya mempu meningkatkan engagement antara brand dengan audiensnya.

Sosial media menawarkan beberapa keunggulan. Antara lain mampu meningkatkan ekspos dan dan traffic. Sosial media bisa juga digunakan sebagai saranan membangun konsumen yang loyal. Dengan kampanye sosial media yang bagus, bisa meningkatkan peringkat di mesin pencari dan memandu untuk secara umum meningkatkan penjualan.

Sosial media adalah platform yang dinamis dan memiliki pengguna yang khas. Anda harus mengetahui karakter dari pengguna media sosial yang menjadi target. Contohnya, jangan sampai menggunakan metode pemasaran untuk pengguna facebook, lalu menerapkan hal serupa untuk campaign di LinkedIn. Karena karakter pengguna di kedua media sosial tersebut sangat bertolak belakang. Facebook memiliki pengguna dari masyarakat umum, sedangkan LinkedIn penggunannya di dominasi olah para profesional.

  • Pay Per Click Marketing

Pay per click (PPC) marketing adalah metode pemasaran menggunakan iklan mesin pencari untuk membawa pengunjung masuk ke website Anda. PPC adalah metode pemasaran yang powerful untuk meningkatkan penjualan. Tidak ada satupun startup yang mengesampingkan metode PPC marketing.

PPC marketing menawarkan banyak kentungan antara lain Anda dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan metode yang tepat. PPC juga menawarkan return yang tinggi karena Anda cukup membayar apabila ada orang yang mengklik iklan Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengontrol budget iklan sesuai dengan kemampuan Anda. Dan keuntungan yang sangat penting juga adalah Anda bisa menggunakan data dan insight sebagai bahan untuk menentukan strategi pemasaran selanjutnya.

  • Search Engine Optimization

Sebagai bagian dari perkembangan teknologi yang segalanya terhubung dengan internet, hampir dipastikan perusahaan startup selalu berurusan dengan yang namanya Search engine optimization (SEO). SEO adalah salah satu komponen kunci strategi digital marketing terbaik untuk startup. Fungsi dasar SEO adalah menaikkan peringkat halaman website di mesin pencari. Namun lebih dari itu, SEO juga sebagai sarana untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan startup Anda.

Anda boleh saja membangun sebuah website dengan tampilan ciamik, dengan budget yang sangat besar pula. Namun appakah itu saja cukup untuk memenangkan persaingan? Tentu saja belum. Nah, dengan strategi SEO yang baik, Anda bisa menggaet calon pelanggan potensial untuk lebih mengenal perusahaan startup Anda.

  • Influencer Marketing

Tren penggunaan sosial media yang tinggi memunculkan beragam jenis profesi baru yang tak pernah diduga sebelumnya. Salah satunya dalah influencer. Dengan berbekal jumlah pengikut yang tinggi di sosial media, seorang influencer mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi orang.

Influencer marketing adalah tools yang sangat efektif bagi sebuah perusahaan startup untuk meningkatkan pertumbuhan brand mereka. Salah satu keuntungan yang dirasakan dengan memakai teknik marketing jenis ini adalah karena publik sudah tidak lagi antusias lagi dengan metode pemasaran tradisional. Alasan lain mengapa influencer marketing sangat digemari sat ini adalah, sorang influencer dapat membantu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadapa suatu produk karena percaya dengan influencer yang mereka ikuti. Dan yang paling penting adalah, internet marketing lebih murah secara budget di banding model pemasaran lainnya.

Strategi Digital Marketing Terbaik Untuk Startup

  • Content Marketing

Ada isitilah di dunia digital marketing bahwa konten adalah raja. Dengan mengadopsi strategi content marketing, ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan seperti: Meningkatkan visibilitas produk, membangun hubungan jangka penjang dengan pelanggaan, membangun kridibiltas, dan pastinya meningkatkan brand awareness brand Anda.

Content marketing akan mendukung strategi SEO yang Anda lakukan. Anda harus memperkaya konten di website dan postingan di sosial media. Usaha ini memanga tak akan langusng terlihat hasilnya, namun sangat berguna untuk strategi marketing jangka panjang.

  • Retargeting Ads

Retargeting ads adalah salah satu stretegi digital marketing terbaik bagi startup yang harus konsisten dilakukan. Kenapa demikian? Karena perubahan saat ini pelanggan memiliki karakter yang cepat sekali berubah, disebabkan oleh peerubahan tren yang cepat pula.

Retargeting ads adalah metode pemasaran dimana Anda menampilkn iklan yang relevan kepada orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda sebelumnya. Ketika orang berkunjung ke website Anda, akan ada sebuah kode yang secara otomatis merekam aktivitas browsing di browser mereka.

Dengan retargeting ads yang efektif, Anda akan memperbesar peluang terjadinya konversi dari pengunjung yang sebelumnya hanya berkunjung ke website Anda, menjadi sebuah transaksi.

  • Affiliate Marketing

Affiliate marketing, atau pemasaran afiliasi adalah teknik pemasaran digital yang dekat dengan metode influencer marketing. Sebagai perusahaan startup, Anda bisa merekrut seorang influencer untuk menuntun pengikutnya mengikuti program afiliasi yang Anda jalankan. Dengan begitu, Anda hanya perlu menunggu sembari menganalisa tingkat konversi dari program affiliate marketing yang Anda jalankan.

Namun jangan hanya mengandalkan program afiliasi dengan influencer, namun juga menjalankan program affiliate marketing menggunakan website Anda sendiri.

Kesimpulan

Itulah tadi variasi strategi digital marketing terbaik untuk startup. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa digital marketing adalah dunia yang sangat dinamis. Setiap perubahannya, sekecil apapun selalu menentukan strategi apa yang harus Anda jalankan untuk startup Anda. Sebagai langkah permulaan baiknya Anda membangun website sendiri dengan membeli domain dan berlangganan paket hosting di perushaan penyedia hosting terbaik dan termurah di Indonesia.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis