Strategi Digital Marketing Untuk Pemula
Blog Digital Marketing Strategi Digital Marketing Untuk Pemula

Strategi Digital Marketing Untuk Pemula

Apa yang harus Anda miliki ketika bisnis Anda akan beranjak ke bisnis Online? Strategi pemasaran! Tentu saja, namun akan berbeda dengan strategi pemasaran pada bisnis offline Anda. Seperti apa? Mari kita pelajari strategi digital marketing untuk pemula yang wajib Anda lakukan!

Tidak dapat kita pungkiri perkembangan dunia digital kini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam berbagai lini kehidupan. Khususnya dalam memberi kemudahan dan juga tantangan baru bagi pelaku bisnis. Mereka yang sudah mapan dalam model konvensional pun harus segera bangun dan memulai ulang model pemasaran digital saat ini.

Artinya apa? Semua memiliki kesempatan yang sama. Walau berbagai faktor akan mempengaruhi. Namun setidaknya dalam pemasaran digital pasar dapat dijangkau oleh siapa saja dengan model atau strategi masing-masing. Tinggal bagaimana kita menjalankan strategi digital marketing yang paling tepat.

Nah, apa yang perlu Anda persiapkan dalam memasuki pasar digital? Saya tidak akan menjelaskan teknis terkait strategi digital marketing dengan berbagai peralatan yang ada. Kita akan bersama-sama mempelajari konsep dasar yang sering dilupakan pelaku bisnis. Berikut adalah Strategi Digital Marketing Untuk Pemula:

1. Memahami Produk dan Target Pasar

Memahami Produk dan Target Pasar

Untuk memasuki pasar Online pertama kali adalah dengan Anda paham apa produk yang Anda bawa dan seperti apa target pasar dari produk Anda tersebut. Sering kali pelaku bisnis menyamakan strategi digital marketing mereka untuk semua produk tanpa melakukan riset bisnis untuk produk dan pasar terlebih dahulu. Hasilnya? Tentu saja strategi digital marketing yang mereka jalankan tidak memberikan hasil yang maksimal.

Tidak sedikit yang masih belum menyadari bahwa mereka membutuhkan riset awal, memahami produk dan siapa yang akan mereka beri informasi produk atau sebagai target pasar mereka. Maka, ketika strategi digital marketing yang mereka jalankan gagal atau tidak sesuai dengan ekspektasi, mereka akan mengira produk mereka tidak layak atau tidak laku.

Padahal kondisi sebenarnya mereka salah memilih calon pasar mereka. Sebagai contoh, Anda akan sulit menjual sepatu anak, dengan target langsungnya anak-anak. Karena keputusan pembelian ada di tayangan orang tua. Selain itu iklan Anda atau strategi digital marketing Anda dengan menyasar anak-anak ini juga berisiko, karena akan sangat sedikit anak-anak yang sudah memahami penggunaan Marketplace atau website toko Online.

Sehingga bagi kita yang akan menjalankan strategi digital marketing untuk pemula atau pun yang sudah ahli atau sudah menjalankan strategi digital marketing sejak lama, coba kita kembali mengidentifikasi produk kita. Apakah produk kita sudah sesuai dengan pasar yang kita tuju? Jangan sampai kita hanya menggunakan perkiraan tanpa riset yang mendalam.

2. Mulailah Dengan Memberi Solusi Konsumen

Mulailah Dengan Memberi Solusi Konsumen

Strategi digital marketing untuk pemula selanjutnya yang juga sering kali dilupakan oleh marketer profesional adalah memberi solusi konsumen. Apa itu? Kebanyakan pengguna internet akan mencari solusi dari permasalahan mereka di internet, baik itu melalui mesin pencari Google, atau menggunakan forum tanya jawab dari berbagai platform yang ada. Tidak sedikit yang jawaban dari pada persoalan tersebut ada atau bisa Anda berikan melalui produk Anda.

Sebagai contoh, di desa saat ini mulai ramai membangun infrastruktur untuk mendukung usaha desa. Tidak sedikit desa yang kemudian muncul dengan berbagai inovasi desa, seperti produk lokal desa, atau yang paling umum adalah potensi desa wisata yang mereka miliki. Nah, semakin berkembangnya sebuah desa, mereka membutuhkan kehadiran mereka dalam dunia digital. Maka mereka pun sadar untuk membuat website desa.

Persoalannya adalah sumber daya manusia yang ada di desa, belum banyak yang bisa membuat website. Bahkan mungkin tidak bisa sama sekali. Sedangkan mereka memiliki komitmen untuk membuat website. Maka mereka akan mencari solusi pembuatan website desa, hasilnya apa? Mereka akan menemukan berbagai informasi dari persoalan pembuatan website desa. Misalnya dalam pencarian mereka akhirnya menemukan Jasa Pembuatan Website Desa Gratis IDwebhost.

Apa yang IDwebhost lakukan dalam kasus website desa ini? Strategi apa yang telah diterapkan oleh IDwebhost? Benar, secara langsung atau tidak langsung jasa pembuatan website desa yang diberikan IDwebhost adalah strategi digital marketing dengan cara memberi solusi kepada konsumen. Hasilnya apa? IDwebhost menjadi penyedia website desa terbaik dan terbanyak penggunanya di Indonesia.

3. Strategi Digital Marketing Untuk Pemula dengan Sosial Media Marketing

Strategi digital marketing kini sudah semakin berkembang. Jika sebelumnya fokus dalam melakukan strategi digital marketing berbasis website dengan berbagai optimasi yang dilakukan. Kini melalui sosial media strategi digital marketing pun berkembang, bahkan memiliki segmentasi pasar khusus sehingga sebagai pelaku bisnis Anda harus bisa memulai sosial media marketing.

Sosial media kini tidak lagi sekedar untuk berkomunikasi atau wadah sosial bagi pengguna internet. Namun dalam berbagai perkembangan yang telah dilakukan, media sosial kini seperti paket lengkap sebuah platform di internet. Sebagai contoh, Facebook sebagai salah satu media sosial yang paling umum digunakan dan memiliki pengguna terbanyak, kini telah memiliki berbagai fitur yang mendukung untuk pelaku usaha memasarkan produk mereka.

Facebook Market misalnya menjadi salah satu fitur khusus untuk jual beli di Facebook. Fitur ini juga kemudian di usung untuk Instagram. Belum lagi berbagai layanan lain seperti ketersediaan Halaman Bisnis, Grup Facebook Jual Beli, dan berbagai fitur bisnis yang memang sengaja dibuat untuk kebutuhan digital marketing atau pasar Online di sosial media.

4. Strategi Digital Marketing Untuk Pemula dengan Membangun Website Bisnis

Strategi Digital Marketing Untuk Pemula dengan Membangun Website Bisnis

Strategi digital marketing untuk pemula atau pun profesional membutuhkan dukungan website bisnis. Mengapa? Karena kehadiran kita dalam dunia digital atau internet salah satunya diwakili dengan adanya website bisnis kita. Hal ini seperti rumah atau tempat usaha yang kita gunakan dalam model pemasaran konvensional.

Banyak yang beranggapan karena sudah ada berbagai platform jual beli Online, maka website ditinggalkan. Ini tentu saja keliru, karena fungsi dari website tidak hanya untuk jual beli, namun mendukung terjadinya komunikasi pemasaran antara penjual atau bisnis dengan pembeli atau pasar.

Berbagai strategi digital marketing dapat kita lakukan ketika kita memiliki sebuah website bisnis. Seperti ketika kita menggunakan strategi digital marketing dengan memanfaatkan Keyword Pencarian suatu produk, atau biasa kita menyebut dengan Search Engine Optimization. Atau pun untuk membangun model iklan berbayar yang disediakan GoogleAds.

Selain itu keberadaan Website Bisnis akan menjadikan usaha kita profesional di mata pengguna atau calon pembeli. Tentu saja dengan membangun website yang baik, jangan asal-asalan. Maka penting untuk memilih penyedia jasa Hosting dan Domain terbaik untuk website Anda. Semuanya Anda bisa dapatkan di IDwebhost.

5. Gunakan SEO, SEM, dan Sosial Media Ads

Strategi digital marketing untuk pemula dan profesional yang paling sering Anda dengar adalah teknik SEO, SEM dan Sosial Media Ads. Ini memang menjadi senjata ampuh dalam mengembangkan dan menjalankan strategi digital marketing. Secara ringkas strategi ini sebagai berikut:

SEO (Search Engine Optimization) strategi ini wajib untuk Anda lakukan dalam mengelola website bisnis Anda. Keuntungan dari teknik SEO ini yaitu lebih murah dan memberi manfaatnya jangka panjang. Untuk menjalankan strategi SEO ini bisa Anda kerjakan secara mandiri atau dengan menggunakan jasa penulis SEO profesional.

SEM (Search Engine Marketing) paling umum dari strategi digital marketing SEM ini adalah dengan memanfaatkan Google Ads. Memanfaatkan Google Ads ini menjadi cara paling cepat untuk mendapatkan pengunjung dan calon pembeli produk atau jasa Anda.

Email Marketing; Anda juga harus memulai untuk strategi digital marketing dengan memanfaatkan email marketing. Untuk sampai pada strategi ini, Anda harus sudah memiliki data base email pelanggan atau pasar. Bagaimana caranya? Anda bisa dengan membuat berbagai strategi mendapatkan email, misal dengan menyediakan kolom subcribe website, atau menyediakan ebook download gratis. Lebih lengkap mengenai penggunaan SEO, SEM dan Email Marketing bisa Anda pelajari di: Blog IDwebhost

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Strategi Digital Marketing Untuk Pemula semoga bisa menjadi referensi Anda. Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda sangat memerlukan strategi digital marketing, dan semakin cepat Anda memulai, maka hasil akan semakin cepat Anda dapatkan. Ingat model strategi digital marketing ini bisa menjadi keuntungan bisnis Anda jangka panjang. Terima kasih. Salam Ari IDwebhost.