Strategi Digital Marketing Konten Video di Facebook
Blog Tips Keren Strategi Digital Marketing Konten Video di Facebook

Strategi Digital Marketing Konten Video di Facebook

Facebook menjadi salah satu sosial media yang  wajib Anda perhatikan perkembangannya. Mengapa? Karena dari sisi pengguna, Facebook menjadi salah satu sosial media yang memiliki pengguna sangat loyal. Hal ini, tentu karena adanya dukungan berbagai fitur yang terus diperbaharui oleh Facebook. Salah satunya fitur video. Nah, bagaimana memanfaatkan fitur ini untuk bisnis Anda? Seperti apa strategi digital marketing konten Video di Facebook?

Sebagai pelaku usaha, Anda perlu menjadikan Facebook sebagai bagian dari strategi digital marketing bisnis Anda. Sejak lama keberadaan Facebook memang sudah sangat mendukung iklim usaha, baik usaha kecil menengah atau pun perusahaan besar. Lihat saja dengan banyaknya fitur yang memang dikhususkan bagi pelaku bisnis.

Salah satu strategi yang kini dilakukan pelaku bisnis dalam digital marketing adalah dengan membuat konten video. Sebagian besar memanfaatkan konten video untuk kebutuhan digital marketing di Youtube, yang kemudian banyak menuai keberhasilan. Nah, bagaimana dengan strategi konten video di Facebook? Berikut ulasannya untuk Anda.

Strategi Digital Marketing Dengan Konten Video Di Facebook

Strategi Konten Video Digital Marketing Di Facebook

Bagi pengguna Facebook, tentu telah memperhatikan satu fitur terbaru Facebook yang sudah mulai  populer satu tahun terakhir ini, yaitu Facebook watch. Apa itu Facebook watch adalah layanan video on deman yang dioperasikan oleh Facebook sejak 9 Agustus 2017. Dengan adanya Facebook Watch ini Anda bisa menonton, membagikan, menanggapi dan mengomentari video unggahan orang lain.

Nah, bagi Anda pelaku usaha tentu tidak ingin hanya sebagai user saja kan? Tidak ingin hanya menonton video yang ada saja kan? Anda harus hadir sebagai pengunggah konten video yang mana berisi penjabaran produk Anda, dengan kata lain Anda menjalankan strategi konten video digital marketing di Facebook.

Pertanyaannya bagaimana cara agar strategi konten video digital marketing di Facebook yang akan Anda lakukan dapat menjangkau target pasar Anda? Menjadi video yang diminati dan  dengan suka rela user Facebook akan menyebarluaskan konten video marketing Anda? Maka Anda harus memperhatikan strategi video Facebook berikut ini;

Unggah Secara Langsung

Masih banyak pelaku bisnis yang dalam menjalankan strategi konten video digital marketing di Facebook tidak benar-benar serius. Artinya, mereka tidak benar-benar hadir di Facebook, lebih sering hanya menautkan akun Facebook mereka dengan akun media sosial lain. Sebagai contoh menautkan Facebook dengan Instagram, sehingga postingan video yang ada di Instagram akan juga terunggah otomatis di Facebook.

Hal tersebut memang mempermudah, namun ketika Anda akan menjalankan strategi konten video digital marketing di Facebook secara serius, sebaiknya Anda mulai mengunggah video Anda secara  langsung. Artinya jangan Anda gunakan model penyematan otomatis dari sosial media lain seperti halnya Instagram.

Selain itu juga jangan sampai Anda  menggunakan metode video native untuk konten video digital marketing di Facebook. Apa yang dimaksud metode video native? Misalnya seperti ini, ada mengunggah video Anda di Youtube, kemudian Anda membagaikan video yang Anda unggah di Youtube ke Facebook Anda. Mengapa? Karena tingkat interaksi yang rendah.

Dalam sebuah penelitian mengenai sumber video yang ada di Facebook, video unggahan secara langsung akan menerima interaksi sebanyak 168% dibandingkan dengan video yang bersumber dari pihak ketiga atau video native. Ini terkait kemudahan dan kebiasaan dari pengguna Facebook.

Maka, bagi Anda yang akan menjadikan strategi konten video  digital marketing di Facebook, sebaiknya mulai mengunggah secara langsung konten video Facebook Anda.  Ini akan menjadikan Anda benar-benar hadir di media sosial Facebook.

Lakukan Live Facebook

Lakukan Live Facebook

Salah satu fitur yang kini sangat digemari adalah fitur live di sosial media. Facebook juga memiliki fitur live yang mana memungkinkan interaksi langsung dengan pengguna lain. Fitur live ini bagi pelaku bisnis akan memudahkan mendapat masukan, dan mendekatkan produk kepada konsumen atau pun target pasar.

Setidaknya 82% user Facebook lebih menyukai ketika melihat video yang disiarkan secara langsung, atau video live. Maka, Anda bisa memanfaatkan fitur live ini untuk berbagai kebutuhan, misal menjelaskan produk, memperlihatkan proses produksi, dan lain sebagainya.

Kemampuan dalam membuat video live juga menjadi salah satu yang patut Anda pertimbangkan ketika menjalankan strategi konten video digital marketing di Facebook. Karena semua berlangsung secara live, tanpa ada kesempatan melakukan editing pada video.

Sertakan Subtitle dan Caption Pada Video

Pengguna Facebook memiliki kecenderungan memeriksa akun mereka setiap ada kesempatan, artinya ketika mereka sedang bekerja  dan ada jeda istirahat atau ketika mereka sedang tidak melakukan sesuatu maka akan memeriksa Facebook mereka. Tidak sedikit yang membuka aplikasi Facebook dalam perjalanan menggunakan transportasi umum.

Kebiasaan ini menjadikan pengguna Facebook sering kali mematikan suara dari smartphone mereka, dengan tujuan tidak mengganggu orang lain di sekitar mereka. Maka, sangat disarankan bagi Anda yang akan menjalankan strategi konten video digital marketing di Facebook, untuk membuat video yang dilengkapi subtitle atau caption pada video.

Mengapa keberadaan teks subtitle dan caption menjadi penting? Karena untuk memastikan pesan yang ingin Anda sampaikan benar-benar terbaca atau sampai pada penonton video Anda. Terutama ketika mereka memastikan suara video, maka mereka masih dapat penjelasan melalui teks yang ada dalam video, atau pun caption dari video Anda. Ini juga berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa 85% mengakses video di Facebook dalam mode tanpa suara.

Mengapa Menggunakan Facebook Untuk Strategi Digital Marketing?

Mengapa Menggunakan Facebook Untuk Digital Marketing

Sosial media Facebook menjadi salah satu sosial media dengan fitur paling lengkap dibandingkan dengan sosial media lain. Selain itu Facebook juga menjadi salah satu pionir perusahaan berbasis sosial media, yang mana kini perkembangan Facebook sebagai sebuah perusahaan sudah tidak lagi dapat dipandang sebelah mata.

Keberadaan Facebook kini telah merambah pada tiga aplikasi besar sosial media paling populer di dunia, pertama adalah Instagram, kedua Facebook, dan ketiga Whtasapp. Keberhasilan Facebook menjadi induk perusahaan dari sosial media besar yang ada, menjadikan Facebook memiliki kemampuan luar biasa dalam urusan data. Bicara data, bicara akses, maka kita bicara iklan.

Kembali pada pertanyaan mengapa menggunakan Facebook untuk digital marketing? Terdapat berbagai manfaat ketika kita menjadikan Facebook sebagai sosial media untuk produk kita. Pertama adalah kelengkapan fitur yang ditawarkan oleh Facebook. Kedua kemudahan akses terhadap Facebook. Ketiga ketepatan dalam target pasar melalui layanan iklan yang ada di Facebook. Keempat adalah kita bisa menjangkau pasar lebih luas karena Facebook menggabungkan fungsi sosial media, marketplcae dan sekaligus mesin pencari.

Dalam beberapa tahun terakhir Facebook telah menggarap secara serius fitur Facebook markeplace, dengan fitur ini maka pelaku usaha dapat memanfaatkan sebaik mungkin untuk tujuan bisnis. Fitur ini sangat powerfull,  sama halnya Anda memiliki sebuah marketplace pribadi.

Terlebih, ketika berbicara Facebook maka Anda sudah memiliki calon pembeli dari daftar pengguna Facebook yang ada. Selain itu Facebook juga tengah melakukan uji coba penggunaan mata uang digital Facebook. Dengan mata uang digital  maka transaksi bisnis di Facebook akan semakin mudah.

Maka, keberadaan berbagai fitur yang mendukung pelaku bisnis ini adalah sinyal kuat bahwa Facebook memiliki konsen ke arah bisnis. Sebagai pelaku bisnis, kita harus bisa melihat arah Facebook ke depan, jangan sampai ketinggalan. Itu mengapa penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri melakukan strategi digital marketing di Facebook.

Kesimpulan

Dalam menjalankan strategi konten video digital marketing di Facebook Anda juga perlu mengupgrade profil bisnis Anda.  Jangan sampai profil bisnis Anda terkesan tidak meyakinkan sebagai sebuah bisnis. Bagaimana caranya? Dengan melengkapi semua detail dari profil bisnis. Mulai dari penggunaan logo yang sesuai, menggunakan sampul halaman Facebook yang mempresentasikan bisnis atau produk Anda, sampai pada informasi utama dari perusahaan atau bisnis Anda.

Maka, penting bagi Anda untuk memiliki yang namanya website bisnis. Hal ini untuk menjadikan profil sosial media Anda terpercaya dan memudahkan para pengikut Anda di media sosial untuk mengetahui lebih jauh seperti apa bisnis dan produk Anda, yaitu melalui keberadaan wsbite yang menjadi company profil Anda.

Selain itu, ketika Anda memiliki  website bisnis misalnya dalam bentuk website toko online, maka akan memudahkan Anda mengarahkan pelanggan atau calon pembeli untuk mengakses produk Anda. Mereka bisa melihat berbagai pilihan produk dalam katalog toko online Anda.

Nah, maka perlu bagi Anda membuat website bisnis.  Tapi kan website bisnis mahal? Begitu kira-kira yang ada di benak banyak orang. Jawabannya adalah IDwebhost. Anda bisa mendapatkan website bisnis berkualitas dengan layanan hosting murah dari IDwebhost.

Untuk memulai website bisnis Anda, maka sebaiknya Anda mengamankan terlebih dahulu domain bisnis Anda. Anda bisa menggunakan layanan domain murah IDwebhost yang menawarkan promo menarik setiap harinya. Jangan sampai terlewatkan! Demikian pembahasan kita kali ini mengenai  Strategi Digital Marketing Konten Video Di Facebook semoga bermanfaat. Salam. Ari IDwebhost