Strategi Digital Marketing Bulan Ramadhan
Blog Digital Marketing Strategi Digital Marketing Bulan Ramadhan

Strategi Digital Marketing Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan penuh berkah bagi pelaku usaha seperti kamu. Tentu saja kamu telah menunggu momentum ini, selain untuk meningkatkan ibadah kamu, juga untuk menuai pundi-pundi rezeki dari kegiatan usaha di bulan ramadhan. Aku yakin, sebagian besar dari kamu bahkan sudah mempersiapkan model promosi khusus yang akan kamu lancarkan pada bulan puasa ini. Seperti apa sih strategi digital marketing bulan ramadhan?

Mengapa  kamu perlu untuk membuat strategi khusus di bulan ramadhan? Tentu saja karena banyak hal akan berubah dalam satu bulan puasa ini. Terkait gaya hidup, pola konsumsi, dan aktivitas sehari-hari. Apa lagi kita memasuki bulan puasa dalam kondisi pandemi covid-19. Tentu saja memperkuat protokol kesehatan adalah yang utama, maka aktivitas jualan online perlu peningkatan strategi agar memberi hasil yang memaksimal.

Walau menjalankan bulan Ramadhan di tengah pandemi dan harus membatasi diri untuk mengurangi aktivitas keluar rumah. Bulan ramadhan  2021 kali ini disebut-sebut tetap akan menjadi bulan yang mampu meningkatnya perilaku konsumtif masyarakat, utamanya perilaku belanja online melalui mobile platform atau website toko online.

Apa lagi peningkatan penggunaan internet pada bulan ramadhan tercatat mengalami peningkatan lebih dari 50% di banding bulan-bulan sebelumnya. Ini tentu saja perlu kamu tangkap sebagai peluang pasar yang besar. Jangan sampai, ramainya pengguna sosial media dan internet kamu lewatkan begitu saja.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan? Strategi digital marketing seperti apa yang mampu menarik pembeli produk ramadhan kamu? Mari simak strategi digital marketing bulan ramadhan berikut ini:

1. Mendesain Promosi Bernuansa Islami

Mendesain Promosi Bernuansa Islami

Pertama, mari membuat desain promosi bernuansa islami sesuai dengan tema ramadhan. Kamu bisa memulai untuk membuat konten yang relevan baik secara tema, bentuk atau format (foto, gambar, video) dan juga target pelanggan. Buatlah konten apa saja terkait bulan Ramadan, contohnya kamu bisa membuat tips seputar puasa, informasi menarik seputar bulan Ramadan, dan informasi berguna lain. Konten tidak harus selalu berhubungan dengan produk kamu.

Coba membuat kedekatan dan kenyamanan calon pembeli kamu terlebih dahulu. Baru selipkan materi atau desain promosi yang berisi penawaran produk alias jualan. Ketika kamu melakukan strategi seperti ini, harapannya akan terjalin hubungan yang baik antara kamu dengan konsumen. Hubungan yang baik, sangat penting untuk meningkatkan interaksi, menjadi keputusan pembelian, bahkan berpotensi menjadi pelanggan yang loyal.

Jika kamu perhatikan berbagai brand atau perusahaan besar pun akan berlomba-lomba menarik hati pasar di momen ramadhan. Misalnya mereka akan menyediakan berbagai promo menu buka puasa/sahur, membuat berbagai konten atau video serial seputar tips berpuasa dan ibadah selama Ramadhan, dan ada juga yang menjalankan donasi sebagai bentuk kepedulian.

Kamu perlu memahami juga, bagaimana perilaku atau tanggapan mereka terhadap konten ramadhan kamu. Memahami reaksi dari calon pembeli ini penting, agar kamu bisa membuat desain promosi yang  lebih sesuai dan mampu menarik untuk melihat produk atau layananmu.

Selain itu kamu juga perlu melihat data perihal waktu yang tepat untuk menerbitkan desain promosi kamu. Jika melihat dari pengguna pada umumnya, kamu bisa melancarkan strategi promosi kamu pada jam 12.00 hingga pukul 15.00. Juga pada jam sahur dan menjelang berbuka puasa.

2. Buat Fasilitas Pendukung

Strategi Digital Marketing Bulan Ramadhan Dengan Fasilitas Pendukung

Strategi digital marketing bulan ramadhan selanjutnya adalah membuat fasilitas pendukung! Bulan ramadhan tahun ini kita lalui di tengah pandemi, maka tangkap hal ini sebagai tantangan dalam usaha. Apa usaha kamu? Kira-kira apa fasilitas pendukung yang bisa kamu berikan untuk memudahkan pelanggan mendapatkan produk kamu? Misalnya, kemudahan dalam bertransaksi, kemudahan pengiriman, dan berbagai fasilitas lain.

Jika kamu menjalankan usaha kuliner misalnya, maka kamu perlu melakukan perubahan jam kerja dan penambahan fasilitas. Kamu akan mulai melakukan operasional pada jam makan sahur, dan jam berbuka puasa. Coba kamu tangkap, atau kamu lakukan riset kecil terkait pelanggan kamu. Apa yang mereka inginkan. Fasilitas apa yang mereka harapkan untuk kamu kembangkan.

Fasilitas yang bisa kamu kembangkan misalnya adalah: Pengiriman; ini akan sangat bermanfaat bagi konsumen kamu, karena kita sedang mengurangi kontak fisik. Selain itu juga akan lebih menghemat waktu. Kemudian Pembayaran; buat terobosan pembayaran digital atau transfer, berikan juga fasilitas diskon berupa voucer loyalitas misalnya.

Di bulan puasa juga mungkin sekali terjadi lonjakkan permintaan atas suatu produk. Maka kamu perlu mempersiapkan website toko online kamu  dengan fasilitas pendukung, misalnya tambahan admin, tambahan CS yang melayani secara online. Ingat, pelanggan tidak suka menunggu lama.

3. Strategi Digital Marketing Bulan Ramadhan Dengan Membuat Program Diskon

Membuat Program Diskon

Siapa sih yang tidak suka diskon? Apa lagi ketika melihat penawaran dari produk online, sudah pasti lirikan pertama adalah apakah ada  diskon, apakah ada program gratis ongkos kirim. Nah, karena potongan harga alias diskon ini menjadi faktor pendorong kenapa orang belanja online, maka buatlah program diskon spesial ramadhan.

Pemberian diskon ini juga sesuai dengan hasil riset dari Expand Cart lo. Menurut Expand Cart, menjadi sangat penting bagi pelaku usaha untuk menawarkan lebih banyak diskon atas produk atau layanan kamu selama bulan Ramadan.

Memang sering kali terjadi perang diskon ketika memasuki bulan ramadhan. Oleh sebab itu karena banyak sekali kompetitor kamu yang menawarkan diskon lebih besar dan signifikan. Kamu juga perlu memperhitungkan program diskon kamu dengan tepat. Jangan sampai kamu terjebak pada perang diskon dengan kompetitor kamu, yang mana bisa berujung pada kerugian usaha kamu.

4. Memastikan Akses Web Toko Online Cepat

Memastikan Akses Web Toko Online Cepat

Apakah kamu sudah memastikan akses website toko online kamu berjalan dengan baik? Sebera cepat loading website kamu? Bagaimana jika terjadi lonjakkan pengunjung website bisnis kamu? Apakah mampu menangani? Atau kemudian akan berjalan lambat, bahkan bisa-bisa malah tidak dapat diakses.

Kecepatan sebuah website menjadi sangat penting, juga ketahanan ketika mengalami lonjakan kunjungan. Kamu tentu akan sangat kesal ketika berkunjung ke situs web yang berjalan lambat, kamu akan segera meninggalkan situs web itu dan beralih ke situs web lain. Begitu juga yang akan dilakukan oleh calon pembeli kamu.

Nah, selama bulan Ramadan tentu saja akan ada peningkatan yang drastis dalam penggunaan internet. Berbagai kebutuhan akan dicari melalui internet, lebih khusus adalah pengguna mobile atau smartphone. Maka, pastikan website kamu berjalan lancar, cepat dan juga ramah terhadap pengguna mobile alias mobile friendly.

Untuk mendapatkan sebuah website toko online profesional dan sesuai dengan berbagai kebutuhan perangkat, kamu bisa banget menggunakan jasa pembuatan website profesional dari IDwebhost. Selai  itu buat kamu yang ingin memiliki performa website cepat, kamu bisa menggunakan hosting terbaik IDWebhost, tenang kamu bisa mendapatkan paket hosting murah, jadi jangan takut mengurah anggaran kamu.

5. Buat Anggaran Iklan dan Lakukan Analisis

Strategi Digital Marketing Bulan Ramadhan Dengan Membuat Anggaran Iklan dan Lakukan Analisis

Ini adalah saat yang tepat untuk kamu menggunakan anggaran promosi kamu secara penuh. Artinya, mulailah mengerjakan iklan online kamu.  Baik kamu yang menggunakan strategi sosial media marketing, atau pun yang melalui strategi organik dengan optimasi SEO website. Ini saatnya, produk atau usaha kamu perlu mendapat bantuan iklan berbayar.

Dalam model pemasaran digital, iklan berbayar menjadi penting, karena akan lebih tertarget dalam mendapatkan calon pembeli. Jika selama ini kamu masih ragu, maka coba untuk memulai pada momen bulan puasa ini. Kamu bisa memulai dengan anggaran secukupnya dulu, kemudian lakukan review lalu lihat perubahan.

Ingat, iklan berbayar akan efektif jika kamu melakukan dengan baik, dan memahami target serta mampu membaca data. Maka, jangan lupa untuk selalu mereview atau menganalisis kampanye iklan yang kamu lakukan selama Ramadan secara rutin, bahkan setiap hari.

Analisis keberhasilan dari iklan berbayar yang kamu lakukan akan dengan mudah kamu temukan melalui tools yang ada. Misalnya kamu menaruh iklan di Instagram Bisnis, atau memilih menggunakan tiktok bisnis, atau Google ADS. Semua platform iklan ini memiliki fitur pelaporan dan analisis atas hasil dari kamu melakukan iklan. Jadi manfaatkan dengan baik, sebagai bekal untuk iklan kamu selanjutnya.

Kesimpulan Strategi Digital Marketing Bulan Ramadhan

Sebagai pelaku usaha, tentu kamu mengharapkan memiliki peningkatan dalam penjualan produk kamu. Maka, jadikan momen seperti bulan ramadhan ini untuk memberikan penawaran yang terbaik bagi pelanggan kamu. Bagaimana caranya, ya kamu bisa menerapkan strategi digital marketing bulan ramadhan seperti yang telah kita bahas di atas.

Perlu kamu perhatikan secara serius adalah terkait kemudahan pelanggan dalam mendapatkan produk mereka. Berikan layanan sebaik mungkin. Termasuk selalu memastikan website toko online kamu dapat diakses dengan lancar. Buatlah berbagai tema promosi yang berkaitan dengan bulan puasa. Jalin kedekatan, dan jadikan pelanggan kamu adalah pelanggan yang loyal.

Tidak ada salahnya kamu mulai serius mengerjakan iklan berbayar, atau juga bisa menggunakan jasa digital marketing profesional. Ingat, momen ramadhan ini hanya satu tahun satu kali, jadi jangan sampai tidak panen untung dari penjualan kamu tahun ini.

Nah, demikian pembahasan kita kali ini mengenai strategi digital marketing bulan ramadhan. Semoga bisa menjadi sumber referensi kamu. Berbagai kebutuhan mengenai tutorial dan tips digital marketing bisa kamu baca secara gratis hanya di Blog IDWebhost. Terima kasih telah membaca, salam Ari IDWebhost.