Strategi Dasar Digital Marketing Bagi Pemula
Blog Digital Marketing Strategi Dasar Digital Marketing Bagi Pemula

Strategi Dasar Digital Marketing Bagi Pemula

Saat ini kita memasuki era serba teknologi digital, atau kita menyebut era 4.0. Era ini tentu saja memberi manfaat positif dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satunya bagi pelaku bisnis seperti Anda adalah memudahkan dalam melakukan strategi penjualan, mempromosikan usaha melalui internet dengan berbagai strategi pemasaran digital. Dalam artikel ini kita akan mencari jawaban, seperti apa strategi dasar digital marketing untuk pemula.

Pemasaran menggunakan internet atau digital marketing pada dasarnya bertujuan untuk membantu dalam mendapatkan konsumen secara lebih luas. Jika dalam model konvensional atau offline pasar masih terbatas jarak, dalam digital marketing jarak bukan lagi menjadi halangan. Bahkan model atau metode belanja kini semakin memudahkan seseorang mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Nah, di sini menjadi penting bagi pelaku usaha untuk mampu memiliki strategi dasar digital marketing. Karena digital marketing adalah strategi yang sangat tepat untuk membantu aktivitas promosi. Tanpa adanya upanya promosi yang tepat, ya  produk Anda akan tetap sama saja tidak terjangkau atau terakses oleh calon pembeli. Untuk itu Anda perlu menjalankan strategi dasar digital marketing! Apa saja? Mari kita bahas satu persatu dalam artikel kali ini:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Strategi Dasar Digital Marketing Dengan Search Engine Optimization

Sebagian besar dari Anda tentu pernah mendengar istilah SEO.  Bahkan mungkin Anda sudah mulai menjalankan strategi ini dalam digital marketing bisnis Anda. Jika demikian, maka Anda sudah berada dalam jalur yang benar. Memanfaatkan SEO sebagai upaya untuk memenangkan pencarian dengan kata kunci yang tepat sesuai target pasar dan produk Anda.

Tujuan dari SEO adalah bagaimana website Anda masuk dalam jajaran pencarian utama Google. Anda tentu sering melihat situs website yang masuk pada halaman pencarian pertama di Google. Mereka ini memiliki peluang sangat besar dalam menjalankan pemasaran digital, mengapa? Karena pengguna internet yang mencari informasi produk akan masuk ke dalam website mereka.

Jika website Anda berada dalam urutan laman ke dua, ke tiga, dan seterusnya, tentu saja peluang Anda untuk mendapatkan kunjungan semakin kecil. Maka itu, Anda membutuhkan yang namanya optimasi, nah salah satu upaya yang harus Anda lakukan dengan menerapkan optimasi SEO untuk website Anda. Apa saja yang bisa Anda lakukan?

Dalam dunia digital marketing sendiri, terdapat beberapa pekerjaan yang secara khusus menangani urusan optimasi SEO, seperti SEO Spesialis, Content Writer, Copywriter, dan masih banyak yang lain lagi. Nah Anda bisa mempelajari pekerjaan-pekerjaan tersebut, atau Anda menyewa atau mempekerjakan orang yang memiliki keahlian dalam bidang SEO. Bagi Anda yang ingin mendapatkan pembaharuan dan belajar bagaimana melakukan Optimasi SEO Anda bisa membaca berbagai artikel seputar SEO di blog IDwebhsot.

2. Konten Marketing

Konten Marketing

Seperti telah kita sebutkan di atas, dalam membuat SEO membutuhkan artikel atau tulisan yang mana dikerjakan oleh seorang pembuat konten atau istilahnya content writer. Nah, dalam strategi dasar digital marketing, konten marketing adalah menjadi hal yang wajib Anda pahami dan lakukan, ini menjadi hal paling dasar menuju kesuksesan pemasaran digital Anda.

Sederhananya, konten marketing yaitu cara mempromosikan produk melalui tulisan atau artikel. Anda dapat membuat tulisan yang mana mampu mempengaruhi pembaca untuk menggunakan produk atau jasa Anda. Di sini, tentu saja dengan mengedepankan kejujuran, jangan sampai Anda menulis sesuatu yang tidak terbukti atau menipu pelanggan Anda. Jadi yang Anda tulis harus benar-benar yang sesuai dengan produk atau jasa Anda.

Di dalam menggunakan konten marketing ini Anda harus menerapkan beberapa aturan dan kaidah penulisan yang  benar, dan telah menerapkan SEO friendly. Penulis konten atau biasa disebut dengan Content Writer akan membuat berbagai tulisan dalam bentuk blog, artikel, brosur online, ebook dan lain sebagainya. Lagi-lagi, Anda perlu bantuan orang lain? Namun jika Anda belum memiliki biaya untuk itu, Anda bisa mengerjakan sendiri. Anda bisa belajar bagaimana cara menjadi penulis konten yang baik.

3. Gunakan Sosial Media Marketing

Gunakan Sosial Media Marketing

Dalam strategi dasar digital marketing kita membutuhkan yang namanya saluran pemasaran online, nah salah satu yang saat ini memiliki potensi besar untuk menjaring calon pelanggan adalah sosial media. Karena itu menjadi penting untuk kita melakukan promosi melalui situs jejaring sosial.

Jika kita cermati terdapat begitu banyak platform yang menyediakan fitur untuk melakukan promosi produk Anda di sosial media.  Contohnya adalah Facebook Ads, Twitter Ads, serta Instagram Ads, dan TikTok Ads. Lantas mana yang terbaik untuk Anda pilih? Jawabannya adalah Anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Sebelum Anda menggunakan sosial media marketing, sebaiknya Anda melakukan riset untuk menilai dan mengetahui di mana pelanggan Anda berada. Apakah pelanggan Anda berada di Facebook? Atau di Tiktok? Setelah Anda mengetahui, baru Anda lakukan pendalaman, dan menentukan promosi seperti apa yang paling sesuai, karena setiap platform sosial media memiliki ciri tersendiri.

Jika Anda menggunakan sosial media marketing dengan baik, akan ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan media sosial salah satunya adalah tidak membutuhkan biaya penanganan yang besar. Kemudian dapat menjangkau customer secara luas melalui channel yang Anda buat, dan memberikan  kedekatan kepada konsumen atau pelanggan Anda.

4. Jalankan Strategi Video Marketing

Jalankan Strategi Video Marketing

Video pendek yang menghibur, video pendek yang memberi informasi singkat, kini tengah populer. Kita mengenal bagaimana Tiktok tumbuh pesat sebagai platform video pendek di Indonesia. Selain itu banyak platform berbasis video seperti Youtube yang juga sangat populer di Indonesia dan menjadi sumber saluran pemasaran produk.

Anda bisa menggunakan media berupa video untuk menampilkan informasi mengenai produk atau layanan Anda, kemudian menyebarkan ke saluran yang Anda miliki. FB, IG, WA Story dalam bentuk video pendek kini sangat efektif menarik minat calon pembeli. Cara ini terbukti cukup efektif saat banyak orang yang menghabiskan waktu untuk mengakses internet.

Nah bagi Anda yang ingin memulai strategi video marketing, Anda bisa memahami terlebih dahulu bagaimana model pemasaran dengan video, kemudian aplikasi editing video yang cocok, sampai pada platform yang paling sesuai. Karena saat ini hampir semua platform sudah mendukung untuk berbagi video, seperti halnya Facebook yang kini juga memiliki saluran khusus video marketing ala Facebook.

5. Segera Memulai

Strategi pemasaran online Segera Memulai

Perkembangan dunia digital begitu cepat dan pesat, maka segera memulai. Apa yang bisa Anda persiapkan untuk menjalankan strategi dasar digital marketing Anda? Pertama-tama Anda membutuhkan yang namanya website, ini yang akan menjadi website toko online bagi produk-produk Anda. Melalui website 4 strategi di atas dapat Anda jalankan dengan baik.

Sebuah website pribadi untuk usaha Anda menjadi penting!  Namun banyak orang yang enggan membangun website karena takut atau tidak tahu caranya. Lalu memilih untuk memposting produk mereka di marketplace atau sebagainya. Coba bayangkan jika Anda memiliki marketplace Anda sendiri, tentu akan jauh lebih bermanfaat, tidak hanya dalam jangka pendek namun jangka panjang, karena website sejatinya adalah toko Anda yang ada di internet.

Bagi Anda yang belum terbiasa atau tidak memiliki keahlian dalam membuat sebuah website Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website terpercaya dan profesional dari IDwebhost. Selain itu Anda akan mendapatkan layanan hosting murah yang mana memang didesain dan disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis online seperti Anda. Ini sebagai upaya dan dukungan IDwebhost bagi pelaku usaha Indonesia agar dapat Go Digital.

Nah, untuk memulai membangun brand Anda secara online, menerapkan strategi digital marketing Anda, maka Anda perlu mengamankan domain bisnis Anda, domain ini adalah nama bisnis Anda di internet, bisa Anda buat sama dengan nama bisnis Anda saat ini. Maka, jangan sampai nama Anda digunakan oleh orang lain, segera dapatkan domain murah hanya di IDwebhost.

Demikian pembahasan kali ini mengenai strategi dasar digital marketing untuk pemula, semoga pembahasan ini memberikan manfaat dan menjadi referensi bagi Anda dalam menjalankan digital marketing bisnis Anda. Update terus strategi digital marketing Anda dengan artikel terbaru di blog IDwebhost. Terima kasih telah membaca, salam  Ari IDwebhost.