SSL dan Poin Pentingnya Untuk Situs Anda

6 Okt 2016
SSL dan Poin Pentingnya Untuk Situs Anda campaign-unlimited

SSL (Secure Socket Layer) adalah istilah yang biasa digunakan di dunia web development dan membawa informasi yang sangat penting untuk setiap pemilik website (terutama yang menjalankan bisnis eCommerce). SSL adalah sesuatu yang kita semua butuhkan namun belum banyak yang sepenuhnya memahami mengapa kita membutuhkannya.

SSL dan modern Transport Layer Security (TLS) lain adalah suatu protokol yang digunakan dalam upaya untuk menjaga keamanan dan privasi saat melakukan transfer data melalui internet. Menggunakan kriptografi, data akan dienkripsi, ditransfer, dan kemudian dideskripsi di tempat tujuan. Baik proses web browsing, pengiriman email dan VoIP semua menggunakan SSL.

Untuk para pemilik website, faktor keamanan seringkali tidak menjadi prioritas utama hinnga suatu waktu situs mereka di-hack. Untuk situs web apapun, dari blog dasar hingga ke toko eCommerce bervolume tinggi, keamanan haruslah menjadi prioritas utama. Menerapkan sertifikat SSL untuk situs dapat membantu memastikan bahwa data akan ditransmisikan secara aman dari sesi browser pengunjung ke tujuan. memastikan apakah pengguna meninggalkan komentar di blog atau melakukan pembelian di tokomu, serta memastikan pengunjung dan pelanggan merasa aman merupakan satu hal yang sangat penting.

Jika kamu mengunjungi sebuah situs dan tidak berniat untuk terlibat sama sekali (melalui komentar atau pembelian), web browser akan berinteraksi dengan situs tersebut terlepas dari apapun niat Anda. Seiring waktu, melihat indikasi sertifikat SSL (ikon kunci hijau di address bar Google Chrome misalnya) akan memberikan sebuah rasa aman dan kepercayaan. Meskipun keuntungan utama ada pada pemilik situs, rasa kemanan ini juga sangat penting bagi pengunjung.

Sertifikat SSL adalah suatu tambahan yang ditandatangani secara digital untuk nama domain Anda, yang diperbaharui secara berkala (biasanya setiap tahun). Sekarang sudah banyak perusahaan yang mengkhususkan diri dalam bidang penjualan sertifikat, dan ini merupakan cara termudah untuk membeli secara langsung melalui domain registrar atau perusahaan web hosting yang Anda gunakan.

Jika kamu sedang menjalankan sebuah situs di mana pengunjung adalah pelanggan atau mereka berinteraksi denganmu melalui transfer data sensitif (misalnya log in ke situsmu, membayar dengan informasi kartu kredit mereka), sertifikat SSL adalah hal wajib yang harus dimiliki. Poin paling penting adalahmu segera memiliki sertifikat SSL dan menjaganya agar tetap diperbarui untuk memberikan perlindungan kepada pelanggan.

Penulis
Member since 2 Jul 2013