SoloLearn, Mengenal Aplikasi Mudah Belajar Coding
Blog Tips Keren SoloLearn, Mengenal Aplikasi Mudah Belajar Coding

SoloLearn, Mengenal Aplikasi Mudah Belajar Coding

Mempelajari pemrograman, alias coding di masa lalu tergolong cukup sulit. Terutama berkaitan dengan tempat belajarnya. Kalaupun ada, tempatnya terbatas dan tariff untuk mempelajarinya tergolong menguras kantong. Tentu kita semua tahu, coding, bahasa pemrograman dan sejenisnya adalah elemen penting dalam proses pembuatan website. Tetapi kini paradigma bahwa mempelajari coding itu susah perlahan berubah. Kini, Anda bisa belajar coding dari smartphone atau tablet. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi pembelajaran bahasa pemrograman yang sedang naik daun beberapa waktu terakhir. SoloLearn namanya.

Aplikasi ini dapat membantu Anda, siapapun yang ingin mempelajari seluk beluk coding. SoloLearn memiliki visi untuk memudahkan mahasiswa atau para pemula dalam mengasah ilmu codingnya. Jika dulu untuk mempelajari coding harus terbatas di kelas-kelas, sekarang Anda bisa mempelajarinya kapanpun dan dimanapun.

Artikel ini akan mengajak Anda, Sahabat IDwebhost untuk mengenal lebih dalam apa itu SoloLearn, apa saja kelebihannya, dan mengapa Anda harus menggunakannya saat mempelajari bahasa pemrograman.

Kelebihan SoloLearn

Pertama, mari membahas kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi yang satu ini. Faktor apa yang membuatnya layak digunakan untuk para developer pemula dan mahasiswa jurusan informatika? Berikut ulasannya untuk Anda.

SoloLearn

1. Support Banyak Sekali Bahasa Pemrograman

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh aplikas pembelajaran bahasa pemrograman ini adalah kemampuan mendukung banyak bahasa pemrograman. Berbeda dari kebanyakan aplikasi sejenis yang hanya fokus pada bahasa pemrograman tertentu, SoloLearn menyediakan dukungan untuk banyak bahasa pemrograman. Dari yang populer, sampai yang mungkin jarang Anda dengar.

Tercatat ada 23 bahasa pemrograman bisa Anda pelajari di sini. Mulai dari Kotlin, JavaScript, HTML, CSS, C++, SQL, Java, Swift 4, Phyton 4, PHP, ECMAScript 6, Python NumPy, AngularJS, Design Patterns, Machine Learning, Algorithms, Data Structures, Bootstrap 3, Git, C, dan Regular Expressions. Banyak sekali, bukan? Dengan dukungan bahasa pemrograman sebanyak itu, Anda tak perlu khawatir tidak menemukan apa yang ingin Anda pelajari.

2. Materi Mudah dipahami dan Terstruktur

Pada saat pertama kali belajar koding untuk membuat website, ada kalanya Anda merasa materi yang disampaikan  sulit dipahami karena tidak tersruktur. Akan jadi bencana karena coding itu pada dasarnya rumit harus tambah rumit dengan penjelasan yang sulit. Tetapi tidak dengan apa SoloLearn coba sajikan pada penggunanya. Apa sebab?

Materi pembelajaran yang ada pada aplikasi ini cukup mudah dipahami karena dibuat secara tersruktur oleh tim pengembangnya. Tersruktur, artinya Anda akan diberikan materi belajar secara bertahap. Jadi, ketika Anda sudah menyelesaikan dan menguasai satu materi dasar, barulah Anda akan diberikan akses pada materi lanjutan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Metode ini terus dilakukan sampai Anda menguasi kelas tertinggi dari suatu bahasa pemrograman yang di pelajari. Dengan cara ini, secara tak langsung Anda diajak untuk belajar sabar, belajar sedikit demi sedikit, dan yang terpenting, tahu mana yang harus dipelajari lebih dulu.

Selain itu, setiap materi yang disampaikan pada aplikasi ini dirancang agar semenarik mungkin. Materi pembelajaran akan ditampilkan beserta dengan contohnya. Ada juga kuis yang dilakukan setelah materi pembelajaran. Kuis ditujukan untuk menguji sejauh mana pemahaman Anda tentang materi yang disampaikan. Sebuah cara belajar yang asyik dan tidak membosankan.

SoloLearn

3. Ada Forum Untuk Bertukar Pikiran Dengan Pengguna yang Lain

Ada kalanya saat mengikuti kelas, Anda memiliki pertanyaan yang tak terjawab. Masalah ini adalah hal yang lumrah ditemui dimanapun. Termasuk di aplikasi pembelajaran ini. Untuk mencari jawaban tersebut, Anda bisa mengandalkan forum pengguna. Dan, ya, hal ini ditangkap dengan baik oleh SoloLearn. Mereka juga menyediakan forum diskusi.

Untuk berpartisipasi dalam forum juga cukup mudah. Hanya dengan menggunakan akun SoloLearn. Ini karena jika ingin belajar di sini, Anda harus membuat akun yang sekaligus bisa digunakan untuk mengikuti forum pengguna yang ada di SoloLearn. Anda bisa mendaftar menggunakan Facebook atau akun Google. Sangat mudah.

Tak hanya bercengkerama di forum, Anda juga bisa menggunakan akun tersebut untuk menambahkan teman. Dengan begitu, proses belajar Anda akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Tak hanya menambah ilmu, tapi juga menambah teman.

4. Challenge yang menantang untuk menambah semangat belajar

Selain forum diskusi, kuis, dan materi yang disusun secara terstruktur, aplikasi ini juga memiliki fitur lain yang cukup menarik. Challenge namanya. Dengan fitur yang satu ini, Anda bisa menantang para pengguna lain yang sedang online untuk bersama-sama menjawab pertanyaan atau kuis yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

Menariknya, jika Anda berhasil memenangkan challenge tersebut, Anda berhak mendapatkan poin yang akan meningkatkan level Anda. Sedangkan jika kalah, maka level Anda bisa saja turun. Bisa dibilang, sistem ini cukup menantang, karena pengguna secara tak langsung dipaksa untuk belajar. Tetapi dengan cara yang jauh lebih menyenangkan. Yaitu dengan challenge yang satu ini. Dengan begitu, coding yang begitu rumit akan terasa lebih mengasyikkan.

5. Mendapatkan Sertifikat

Dalam setiap kursus apapun itu, hal ini cukup menjadi buruan banyak orang. Selain ilmunya, tentu saja. Hampir semua orang pasti sangat memperhatikan pada secarik kertas yang disebut dengan sertifikat. Ini adalah bukti bahwa seseorang telah selesai mempelajari sesuatu dan berhasil lulus.

Di SoloLearn, Anda bisa mendapatkan sertifikat seperti di platform kursus online lainnya. Tentu saja setelah Anda berhasil melewati tahapan pembelajaran dan lulus dengan baik. Maka, Anda bisa mendapatkan sertifikat tersebut. Anda bisa mengunduh sertifikat tersebut dan menjadi sebuah bukti dari kemampuan Anda untuk melakukan coding. Anda bisa menggunakan sertifikat tersebut sebagai bekal untuk melamar pekerjaan atau hanya menyimpannya sendiri saja. Bisa dibilang, aplikasi ini cukup lengkap.

BACA JUGA: Ingin Konten Disukai Pembaca? Ini Tipsnya!

Lalu Bagaimana Cara Mendapatkannya?

SoloLearn

Setelah kita tahu keuntungan atau kelebihan dari aplikasi SoloLearn, sekarang bagaimana cara mendapatkannya? Caranya terbilang sangat mudah. Jika Anda adalah pengguna Android, silakan mendownload aplikasi ini di Google Play Store. Atau di Appstore jika Anda adalah pengguna smartphone keluaran Apple. Anda tinggal mengetik SoloLearn dan akan muncul aplikasi tersebut di hasil pencarian. Kemudian Anda tinggal klik untuk download dan kemudian menginstallnya di smartphone atau Tablet milik Anda.

Setelah mendownload dan menginstal aplikasi tersebut, Anda tinggal mengikuti petunjuk yang terdapat di dalamnya. Petunjuknya pun tidak terlalu sulit.

Walaupun memang sedikit memerlukan kemampuan berbahasa Inggris, karena seluruh teks di dalamnya menggunakan bahasa Inggris. Atau jika Anda merasa kesulitan mempelajari bahasa pemrograman menggunakan perangkat mobile, Anda juga bisa langsung menuju ke website SoloLearn dan belajar dari sana. Caranya pun sama jika ingin segera mulai belajar. Silakan login menggunakan akun Facebook ataupun Google.

Kesimpulan

Jadi bagaimana? Itu tadi sedikit penjelasan mengenai SoloLearn. Aplikasi ini bisa dibilang belajar coding dalam pembuatan website jadi tersentuh oleh khalayak umum dan bisa dipelajari oleh banyak orang. Kalau dulu coding adalah sesuatu yang hanya bisa dipelajari oleh segelintir orang, sekarang ini dengan adanya aplikasi seperti itu, setiap orang bisa belajar coding. Selain itu momok yang mengatakan bahwa coding adalah sesuatu yang sulit untuk dipelajari jadi terhapuskan karena kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Sekarang semuanya tinggal kembali ke diri Anda masing-masing. Sudah ada aplikasi yang memudahkan. Jadi, kapan mulai belajar bahasa pemrograman?  Semoga bermanfaat, dan selamat belajar coding!