SoloLearn, Mengenal Aplikasi Mudah Belajar Coding
Blog Tips Keren

SoloLearn, Mengenal Aplikasi Mudah Belajar Coding

Dulu ketika kita ingin belajar coding untuk membuat website, sangat sulit mencari tempatnya. Terkadang kita menemukan tempatnya, tapi biaya belajarnya cukup mahal. Tapi sekarang semuanya sudah berubah. Belajar pemograman atau biasa disebut coding ini bisa dari Hp atau Tablet. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi pembelajaran coding yang cukup populer belakangan ini bernama SoloLearn. Aplikasi ini sangat membantumu yang ingin belajar coding. Apa yang dilakukan oleh developer SoloLearn ini tentunya sangat mempermudah anak-anak kulaahan atau para pemula untuk mengasah ilmu codingnya. Kalau dulu kamu harus membuka laptop atau PC dulu, sekarang kamu bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Pada artikel kali ini, kita akan coba untuk mengenal lebih dalam apa itu SoloLearn, kelebihannya, dan kenapa kita harus menggunakan aplikasi yang satu ini?

Kelebihan SoloLearn

Hal pertama yang akan kita bahas tentang aplikasi yang satu ini adalah kelebihannya. Apa saja yang membuat aplikasi ini worth it untuk para developer pemula dan anak kuliahan jurusan IT? Berikut ulasannya.

 

 

Support Banyak Sekali Bahasa Pemrograman

Kelebihan pertama yang wajib kalian catat adalah bahwa aplikasi ini sudah support banyak sekali bahasa pemograman. Tidak seperti kebanyakan aplikasi lain yang serupa tapi hanya berfokus pada satu bahasa pemograman saja, SoloLearn berfokus pada hampir semua bahasa pemograman yang paling populer sampai yang nggak populer-populer amat. Ada 23 bahasa pemograman yang didukung oleh aplikasi ini. Mulai dari Kotlin, JavaScript, HTML, CSS, C++, SQL, Java, Swift 4, Phyton 4, PHP, ECMAScript 6, Python NumPy, AngularJS, Design Patterns, Machine Learning, Algorithms, Data Structures, Bootstrap 3, Git, C, dan Regular Expressions. Banyak sekali bukan? Dengan support bahasa pemograman sebanyak itu, kamu tak perlu khawatir tidak bisa belajar di aplikasi ini. mungkin hanya 1 bahasa yang tidak support aplikasi ini. yakni Kode dari mantan, agak susah emang ya!

Materi Mudah dipahami dan Terstruktur

Pernah nggak sih kebingungan memahami coding untuk buat website karena pengajarannya sulit dan tidak terstruktur? Udah coding itu rumit, tambah rumit lagi dengan penjelasan yang makit rumit. Nah, kalau di SoloLearn ini berbeda. Kenapa? Dalam aplikasi ini materi pembelajaran yang diberikan oleh tim di balik aplikasi ini sangat mudah dipahami dan juga terstruktur. Terstruktur artinya kamu akan diberikan materia secara bertahap. Jadi, jika kamu sudah selesai dan menguasai satu materi dasar, barulah kamu akan diberikan akses untuk belajar materi lanjuta yang lebih sulit lagi. Metode itu terus dilakukan sampai kamu menguasai kelas tertinggi dari coding itu sendiri. Dengan cara itu kamu secara tak langsung belajar sedikit demi sedikit, sabar, dan yang paling penting jelas mana yang harus dipelajari terlebih dahulu.

Selain itu, setiap materi yang disampaikan pada aplikasi ini dibuat semenarik mungkin. Setiap materia akan ditampilkan beserta contohnya. Setelah itu kamu juga bisa mengerjakan kuis atau soal untuk setiap materi yang sudah disampaikan. Cara ini tentunya sangat mengasyikkan dan tidak akan cepat membuatmu bosan.

 

 

Ada Forum Untuk Bertukar Pikiran Dengan yang Lain

Kamu pasti pernah kan mengalami sebuah permasalah di coding atau hal lain dan aplikasi atau tempatmu belajar tidak bisa menjawab itu? Justru forum-forum tertentu yang bisa menyelesaikan masalahmu. Iya kan? Nah, hal semacam ini dilihat dengan baik oleh SoloLearn. Dalam aplikasi mereka, kamu harus membuat akun yang akan secara otomatis login lewat Facebook atau Gmail. Dimana nantinya, akunmu tgersebut akan bisa meninjau segala aktifitas yang ada di dashboardmu. Bukan Cuma itu, yang paling penting adalah kamu bisa menambahkan teman dan juga ikut diskusi di forum. Dengan begitu proses belajarmu pasti akan jadi lebih mudah karena ada sebuah wadah untukmu berbagi hasil belajar dan juga menanyakan persoalan yang mungkin tidak dijelaskan di materi, tapi persoalan itu kamu hadapi, seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Ada Fitur Menarik Yakni Challenge

Selain forum diskusi, kuis, dan materi yang disusun dengan terstruktur, aplikasi ini juga memiliki fitur menarik lainnya yakni Challenge. Dengan menggunakan fitur yang satu ini, kamu tentu bisa menantang para pelajar lain atau programmer yang lain yang sedang online untuk bersama menjawab pertanyaan atau juga kuis yang diberikan oleh aplikasi ini. Ketika nanti kamu menang, kamu akan bisa mendapatkan poin dan bisa menaikkan levelmu. Sementara kalau kamu kalah, maka levelmu bisa turun. Sistem ini cukup menarik, karena kita akan secara tidak langsung dipaksa untuk belajar tapi dengan cara yang menyenangkan, yakni dengan cara challenge ini. Dengan begini, coding yang rumit itu akan terasa sangat mengasyikkan.

Mendapatkan Sertifikat

Nah, ini ya dicari oleh banyak orang ketika belajar. Hampir semua orang pasti sangat concern sama yang namanya sertifikat atau bukti kalau kita telah belajar sesuatu dan lulus dari tempat tersebut. Kita butuh semacam ijazah, atau kalau dalam pengajaran les semacam ini, namanya sertifikat. Nah, di SoloLearn, kamu bisa mendapatkan sertifikat seperti tempat pembelajaran yang lain. Tentunya setelah kamu berhasil melewati tahapan belajar dan lulus dengan baik, maka kamu bisa mendapatkan sertifikat tersebut. Kamu bisa mengunduh sertifikat itu da menajdi sebuah bukti dari kemampuanmu untuk melakukan coding. Setelah memiliki sertifikat itu, kamu bisa mengirimkannya ketika hendak melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan, atau kamu bisa menyimpannya sendiri. Cukup lengkap juga aplikasi ini ya.

BACA JUGA: Ingin Konten Disukai Pembaca? Ini Tipsnya!

Lalu Bagaimana Cara Mendapatkannya?

 

 

Setelah kita tahu keuntungan atau kelebihan dari aplikasi SoloLearn ini, sekarang bagaimana cara mendapatkannya? Caranya terbilang sangat mudah. Kamu tinggal mendownload aplikasi ini di Google Play Store atau di Appstore. Kamu tinggal mengetik SoloLearn dan akan muncul aplikasi tersebut, tinggal kamu klik untuk di download dan kemudian menginstallnya di Hp atau Tablet milikmu.

Setelah kamu akhirnya sudah memiliki aplikasi tersebut, kamu tinggal mengikuti petunjuk yang ada di aplikasi itu. Petunjuknya pun tidak terlalu sulit. Meskipun kamu membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik karena seluruh teks di dalam aplikasi tersebut menggunakan bahasa Inggris. Tak apalah, sekalian belajar coding, sekalian belajar bahasa Inggris kan? Setali tiga uang!

Jadi bagaimana? Itu tadi sedikit penjelasan mengenai SoloLearn. Aplikasi ini bisa dibilang belajar coding dalam pembuatan website jadi tersentuh oleh khalayak umum dan bisa dipelajari oleh banyak orang. Kalau dulu coding adalah sesuatu yang hanya bisa dipelajari oleh segelintir orang, sekarang ini dengan adanya aplikasi seperti itu, setiap orang bisa belajar coding. Selain itu momok yang mengatakan bahwa coding adalah sesuatu yang sulit untuk dipelajari jadi terhapuskan karena kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Sekarang semuanya tinggal kembali ke diri kamu masing-masing. Sudah ada yang mudah nih, masih nggak mau belajar juga? Kebangetan deh! Semoga bermanfaat, dan selamat belajar coding!