Software Adalah: Ketahui Pengertian, Ciri, Jenis, dan Apa Saja Contohnya

25 Jan 2024
Software Adalah: Ketahui Pengertian, Ciri, Jenis, dan Apa Saja Contohnya campaign-unlimited

Kini berbagai toko, instansi, bahkan lembaga pemerintahan, menyediakan layanannya dalam bentuk software. Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah ini, apalagi jika kamu adalah pengguna perangkat komputer. Software adalah salah satu komponen utama dalam komputer.

Komponen ini bekerja dengan memberikan arahan pada perangkat keras untuk melakukan tugas yang diberikan oleh pengguna. Lebih detailnya, akan kami jelaskan di artikel ini. Kami akan membahas apa saja ciri-ciri, jenis, dan contoh software. Ayo tingkatkan wawasanmu dengan menyimak pembahasan berikut!

Apa Itu Software?

Meskipun kamu sudah sering mendengar dan menggunakan istilah ini, tapi apakah kamu tahu sebenarnya apa itu software? Singkatnya, software adalah kumpulan data yang telah diprogram dan diformat secara digital untuk melakukan fungsi tertentu.

Software tidak seperti hardware, yang memiliki bentuk fisik. Komponen komputer yang juga disebut sebagai perangkat lunak ini, dikembangkan oleh programmer menggunakan bahasa pemrograman tertentu dan dikompilasi oleh kompiler sehingga dapat dibaca oleh komputer.

Dengan begitu, software dapat memfasilitasi pekerjaan manusia, sesuai dengan fungsi dan instruksi yang diberikan. Misalnya digunakan untuk membuat dokumen, mengedit video, menghitung formula, memainkan game, dan masih banyak lainnya.

Berkat arus transformasi digital saat ini, kamu bisa menemukan semakin banyak software. Di dalamnya pun kamu juga dapat menemukan beragam fitur yang dapat mempermudah pekerjaanmu.

Ciri-ciri Software

Software adalah komponen komputer yang tidak memiliki bentuk fisik, namun dapat dikenali dengan mudah. Caranya ialah dengan mengetahui ciri-ciri software. Berikut adalah beberapa ciri software:

  • Mendukung hardware. Software tidak dapat dijalankan sendiri tanpa menggunakan hardware. Begitu pula dengan hardware, keduanya saling terkait dalam menjalankan fungsi komputer.
  • Memiliki ketentuan unduh. Pada dasarnya software bersifat open source, atau bisa digunakan oleh siapa saja. Akan tetapi, biasanya developer dan programmer memberikan ketentuan pengunduhan tertentu, seperti freeware, shareware, atau commercial use.
  • Membutuhkan file installer. Software adalah komponen yang memerlukan proses instalasi sebelum dapat digunakan. Oleh sebab itu, software membutuhkan file installer.
  • Rentan serangan virus. Software memiliki ciri mudah terserang virus. Serangan ini bisa berasal dari situs penyedia link unduh maupun tertanam dalam software itu sendiri.

Jenis Software

Setelah membahas ciri-cirinya, kali ini kami akan menjelaskan macam-macam software. Pada pembahasan ini, kami akan menjelaskan jenis-jenis software yang dibedakan atas pengertian dan distribusinya.

1. Jenis Software Menurut Pengertiannya

Menurut pengertiannya, software adalah komponen dalam sistem komputer yang dibedakan atas tiga jenis. Adapun ketiga jenis yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Operating System – Salah satu jenis software menurut definisinya adalah sistem operasi. Jenis software ini bertugas untuk mengelola semua hardware yang terhubung ke CPU komputer. Selain itu, jenis ini juga bertugas untuk menerjemahkan instruksi dari user, sehingga dapat diterima dan dijalankan oleh komputer.
  • Programming Language – Jenis software ini merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk menulis program. Untuk membuat atau merancang bahasa pemrograman ini, diperlukan software khusus yang dapat membuat programming language berdasarkan struktur dan metode yang sesuai.
  • Program Application – Ini adalah jenis software yang paling umum digunakan oleh semua orang, termasuk awam. Software ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, sesuai dengan tujuan pembuatannya.

2. Jenis Software Menurut Distribusinya

Selain dikelompokkan berdasarkan definisinya, software juga dikelompokkan berdasarkan distribusinya. Adapun beberapa jenis software berdasarkan distribusinya adalah sebagai berikut:

  • Firmware – Ini merupakan jenis software yang hanya dapat dibaca. Artinya, jika terdapat masalah fungsional pada perangkat lunak, kamu tidak dapat melakukan perubahan atau pengembangan lebih lanjut pada software ini.
  • Adware – Software ini dirancang untuk membagikan iklan online secara otomatis ke layar user. Kamu dapat mendapatkan dan menggunakan software ini secara gratis. Akan tetapi, adware juga dapat memberikan penghasilan jika digunakan dengan metode Pay per Click (PPC).
  • Freeware – Seperti namanya, Freeware adalah software yang dapat digunakan secara bebas atau tanpa batasan waktu. Akan tetapi, Freeware biasanya memiliki fitur yang belum sempurna.
  • Opensource – Ini merupakan jenis software yang kode sumbernya dapat dibuka. Artinya, user memiliki kewenangan lebih untuk dapat mengubah, mengembangkan, dan bahkan mendistribusikannya kembali tanpa memerlukan biaya. Jenis ini umumnya dikembangkan oleh developer menggunakan bahasa pemrograman tertentu.
  • Malware – Merupakan jenis software yang berbahaya sebab dirancang dengan tujuan untuk menginfeksi dan merusak perangkat. Kini, kamu bisa menemukan banyak jenis malware, yang penyebarannya di dominasi dari internet. Salah satu contoh malware yang cukup banyak dikenali adalah virus komputer.
  • Shareware – Shareware software adalah perangkat lunak yang didistribusikan atau dibagikan secara gratis. Jenis perangkat lunak ini biasanya dijadikan sebagai media demonstrasi, dengan fitur dan waktu penggunaan yang terbatas.
  • Spyware – Merupakan software yang dirancang layaknya seorang agen mata-mata. Software ini bertugas untuk memata-matai aktivitas pengguna pada perangkatnya. Sayangnya, Spyware kini semakin banyak disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan pencurian data.

Contoh Software

Nah, usai mengetahui jenis-jenisnya di atas, tentu tidak lengkap tanpa membahas contohnya. Berikut ini adalah beberapa contoh software yang banyak digunakan saat ini.

1. Linux

Linux adalah salah satu contoh software yang dikelompokkan menurut definisinya. Sebagai sebuah sistem operasi, Linux banyak digunakan dalam berbagai bidang industri. Kamu bukan hanya dapat menemukan Linux sebagai OS PC, tapi juga pada televisi, rambu-rambu lalu lintas, dan mobil.

Sistem operasi Linux bersifat open source, atau dapat digunakan secara gratis oleh siapapun. Dengan Linux, kamu bukan hanya dapat menggunakan fitur OS-nya saja. OS Linux memungkinkan kamu untuk berkontribusi mengembangkannya dengan bebas. Ini menjadi salah satu poin keunggulan Linux dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. 

2. HTML

HTML merupakan jenis software programming language. Apa kegunaan HTML? Hypertext Markup Language adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyusun halaman pada aplikasi website. Dengan bahasa HTML, kamu dapat mengembangkan halaman website secara terstruktur, termasuk dari segi fungsional dan desain.

3. Microsoft Word

Ini merupakan program aplikasi yang menjadi andalan banyak user untuk membuat maupun mengedit dokumen. Software satu ini menyediakan berbagai fitur yang mendukung proses editorial dokumen dengan antarmuka yang ramah pengguna. Tidak heran jika aplikasi ini sangat populer, baik di kalangan pekerja maupun siswa.

4. Google Chrome

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan software yang dapat menghubungkan perangkat ke internet satu ini. Google Chrome adalah software web browser yang memungkinkanmu untuk mengakses berbagai situs dan platform secara bebas.

Itulah sedikit ulasan tentang software yang perlu kamu ketahui. Software adalah komponen yang tidak memiliki bentuk fisik namun perannya sangat krusial untuk mengoperasikan komputer. Sebagai pengguna perangkat komputer, pastikan untuk menggunakan software sesuai dengan kebutuhan, ya.

Tidak lupa juga untuk memastikan sumber software agar perangkat tetap aman dan terhindar dari risiko serangan virus. Dapatkan dan unduh software hanya dari sumber-sumber terpercaya saja.

Jika kamu ingin mengembangkan software, pilihlah layanan VPS Cloud IDwebhost. Dengan layanan kami, kamu dapat mengelola berbagai server dengan lebih cepat, sehingga aplikasimu bisa maksimal! Ayo, cek penawaran kami sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022