Social Media Advertising, Beriklan di Facebook, Instagram, dan Twitter
Blog Digital Marketing Social Media Advertising, Beriklan di Facebook, Instagram, dan Twitter

Social Media Advertising, Beriklan di Facebook, Instagram, dan Twitter

Social Media Advertising menjadi suatu cara dalam mempromosikan produk melalui media sosial. Tujuannya untuk menjangkau target market dengan cara dan hasil yang cepat. Teknik ini lebih banyak membutuhkan biaya sebagai pendorong untuk strategi promosi. Namun dengan teknik yang tepat, biaya tersebut bisa tertutup dan menghasilkan keuntungan.

Anda bisa pelajari tips ini sebagai panduan untuk melakukan strategi social media advertising yang bisa digunakan baik untuk bisnis Anda. Nah di topik social media advertising kali ini akan dibahas bagaimana cara beriklan di platform media sosial. Dan pilihan media sosialnya yaitu  facebook, instagram dan twitter. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini :

Daftar Isi

1. Apa itu Social Media Advertising ?

2. Bagaimana Memulai Social Media Advertising ?

3. Cara Beriklan di Instagram Ads

3.1. Cara Membuat Instagram Ads
3.2. Tips Beriklan di Instagram Ads
3.3. Ukuran Gambar Instagram Ads

4. Cara Beriklan di Facebook Ads

4.1. Jenis Facebook Ads
4.2. Cara Membuat Halaman Fanspage Facebook
4.3. Cara Membuat Facebook Ads
4,4, Ukuran Gambar Facebook Ads

5. Cara Beriklan di Twitter Ads

5.1. Cara Membuat Twitter Ads
5,2. Tips Beriklan di Twitter Ads

6. Kesimpulan

 

Apa itu Social Media Advertising ?

apa itu sosial media advertising
apa itu sosial media advertising

Social media advertising adalah salah satu teknik marketing online dengan cara mempromosikan produk atau jasa ke media sosial.  Contohnya facebook, instagram, twitter dengan cara berbayar menggunakan fitur ads yang ada di media sosial tsb. 

Nah, market indonesia ini, media sosial yang banyak yang digunakan adalah facebook, instagram, twitter . Untuk itu, kali ini kita akan membahas secara khusus bagaimana beriklan di media sosial tsb. 

 

Bagaimana Memulai Social Media Advertising ?

bagaimana memulai sosial media advertising
bagaimana memulai sosial media advertising

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat memulai social media marketing adalah dengan melakukan riset. Nah, riset seperti apa yang perlu dilakukan?

Sebelum memulai untuk social media advertising, alangkah baiknya Anda perlu mengenali bisnis serta target market Anda. Dalam hal ini Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Berdasarkan info dari statista, Anda dapat melihat tabel usia dan gender sebagai pengguna yang aktif menggunakan platform media sosial 

Data dari statista pengguna aktif di facebook berdasarkan usia dan gender  :

statista data facebook
statista data facebook

Data dari Statista pengguna aktif di instagram berdasarkan usia dan gender  :

statista data instagram
statista data instagram

Data dari Statista pengguna aktif di twitter berdasarkan usia :

statista data twitter
statista data twitter

Cara Beriklan di Instagram Ads

cara beriklan di instagram ads
cara beriklan di instagram ads

Instagram Ads merupakan platform iklan yang di sediakan oleh instagram. Dengan beriklan di Instagram, Anda dapat menjangkau target market Anda dengan postingan berupa feed atau stories di platform ini.

 

Cara Membuat Instagram Ads

Untuk membuat instagram ads ini, sekarang Anda dapat membuatnya di facebook ads. Hal ini karena facebook dan instagram sudah menjadi satu bidang bisnis yang sama sehingga memudahkan dalam menjangkau market.  

Untuk cara melakukan instagram ads, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini :

1.Buka facebook ads manager

Buka halaman facebook ads manager sebagai langkah awal dalam mebuat iklan. Lalu, Anda juga harus sudah dalam keadaan login di facebook Anda untuk mengakses halaman ini.

2. Klik tombol buat iklan

Klik tombol ‘buat iklan’ atau create ads. Setelahnya Facebook akan menampilkan pilihan dalam pembuatan iklan yaitu pembuatan iklan terpandu atau pembuatan iklan cepat.

3. Tentukan tujuan iklan Anda

Di pilihan ini, Anda perlu menentukan tujuan iklan Anda apakah untuk membangun kesadaran akan merk (Awareness). Lalu memberikan pilihan pertimbangan kepada user untuk menentukan aksi pada iklan Anda (Consideration). Dan fokus menargetkan user yang sudah siap untuk membeli produk Anda (Conversion).

Jika Anda sekarang masih pemula dalam beriklan, rekomendasi yang bisa Anda pilih pada bagian awareness. Selain itu bisa pilih consideration ini agar iklan Anda terbangun terlebih dahulu marketnya.

4. Pilih Jenis iklan

Jenis iklan ini merupakan turunan dari ‘tujuan iklan’ yaitu :

Awareness 

Kesadaran Merek (Brand Awareness) : iklan yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan merek dari bisnis Anda

Jangkauan (Reach) : iklan yang ditujukan untuk menampilkan iklan Anda pada jumlah jangkuan. Perhitungannya, jumlah maksimal yang disesuaikan dengan target audiens pada pengaturan anggaran yang telah Anda set up.

Consideration 

Lalu lintas (Traffic) : Iklan dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke website Anda atau mendapatkan pengguna pada apps Anda.

Interaksi (Engagement) : Iklan dengan tujuan untuk mendapatkan interaksi pada postingan Anda.

Pemasangan Aplikasi (App Installs) : Iklan dengan tujuan agar target audiens menginstall apps yang Anda miliki.

Penayangan Video : iklan dengan tujuan untuk mendapatkan lebih banyak orang yang menonton video yang Anda iklankan.

Pembuatan Prospek (Leads) : Iklan dengan tujuan untuk mengumpulkan data dari orang-orang yang tertarik dengan iklan Anda. Caranya dengan mengisi informasi berupa data pribadi seperti nama, alamat email dsb.

Pesan : Iklan dengan tujuan untuk mengajak target audiens untuk mengirim pesan pribadi ke bisnis Anda di Whatsapp atau Messenger.

Conversion

Konversi : Iklan dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah orang yang melakukan pembelian terhadap produk di website Anda

Penjualan katalog : iklan dengan tujuan untuk menayangkan iklan dari produk katalog Anda.

Kunjungan toko : iklan dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan pelanggan ke toko Anda.

5. Tentukan nama iklan dan pilih tujuan iklan yaitu traffik

Kenapa memilih trafik ? Karena tujuan iklan iklan mudah dan efektif untuk digunakan oleh pemula. Selain itu,  anggaran biaya iklannya juga lebih murah dibanding menggunakan iklan tipe konversi.

6. Tentukan Jenis iklan Anda

Anda dapat memilih jenis pilihan iklan yaitu uji split dan pengoptimalan anggaran. Untuk menggunakannya, Anda harus memilih salah satu dari iklan tsb. Karena tidak dapat digunakan secara bersamaan.

Uji split merupakan pengujian dengan iklan dengan 2 konten yang memiliki pengaturan masing-masing untuk di uji mana yang lebih baik.

Sedangkan untuk pengoptimalan anggaran merupakan jenis iklan dengan mengoptimalkan anggaran yang Anda miliki di iklan yang Anda buat. Jadi jika Anda bertujuan iklan tanpa melakukan atau sudah melakukan uji test, Anda bisa memilih opsi ini.

7. Tentukan Nama iklan dan pilih tujuan Trafik

Isikan nama iklan yang akan Anda buat di bagian nama set iklan. Setelahnya pilih tujuan iklan yaitu ‘trafik’ atau lalu lintas kunjungan seperti yang direkomendasikan di artikel ini.

8. Tentukan Target Audience

Tentukan target audience secara spesifik dari orang-orang yang berada di lokasi mana, umur berapa, jenis kelamin,  dan penargetan terperinci.

Penargetan terperinci adalah bagian untuk menentukan target audiens Anda dari minat. Contohnya user yang memiliki minat tertentu akan suatu hal, perilaku, dan demografi.

9. Tentukan Penempatan

Iklan Anda akan di tayangkan di media mana saja, apakah facebook, instagram, atau semua aplikasi yang bekerjasama dengan facebook. Karena akan beriklan Instagram, maka Anda dapat memilih penempatan Instagram ini.

10. Tentukan Jadwal Iklan

Tentukan masa tayang iklan Anda apakah 1 hari, seminggu, sebulan dsb sesuai pilihan Anda.

11. Hubungkan dengan akun instagram

Agar iklan instagram terhubung dengan akun instagram Anda, maka tambahkan akun instagram Anda dengan klik tombol ‘tambahkan sebuah akun’.

12. Pilih Format Iklan

Terdapat lima pilihan format iklan yaitu :

Karousel : Format iklan yang bisa di isi gambar atau video dan bisa di tambahkan sebanyak dua atau lebih.

Gambar tunggal : Format iklan dengan 1 gambar

Video Tunggal : Format iklan dengan 1 video

Tayangan Slide : Format iklan dengan gambar atau video yang bisa di tambahkan sebanyak 10 file.

Koleksi :Format iklan dengan gabungan gambar dan video.

13. Buat Ad Copy

Ad Copy adalah kata-kata yang disusun untuk kebutuhan iklan. Jadi Anda bisa masukan judul dan deskripsi iklan yang dapat menarik orang untuk tertarik dengan iklan Anda.

14. Tambahkan Gambar, Judul dan URL

Tambahkan Judul yang menarik, gambar, dan masukan tautan (URL) dari iklan Anda.

URL yang dimasukkan adalah alamat website bisnis Anda. Jika Anda belum punya website Anda bisa buat website menggunakan layanan dari jasa pembuatan website IDwebhost.

15. Lakukan Pembayaran

Untuk pembayaran di iklan instagram, Anda dapat memasukan kartu kredit atau kartu debit.

 

 

Tips Beriklan di Instagram Ads

cara beriklan di instagram ads
cara beriklan di instagram ads

Supaya iklan instagram Anda berhasil, Anda bisa mencoba melakukan tips beriklan di instagram ads sebagai berikut :

1.Optimalkan Instagram Stories Anda

Instagram stories adalah fitur dari instagram yang menanyakan postingan berupda foto atau video selama 24 jam saja. Untuk itu Anda bisa membuat runtutan gambar di instagram stories agar informasi yang ingin Anda sampaikan tercapai.

2. Buatlah Visual yang menarik

Visual disini maksudnya adalah tampilan pada konten postingan instagram Anda. Jadi buatlah tampilan yang menarik dengan kombinasi warna, model, struktur yang eye catching. Sehingga pengguna mau sejenak membaca konten instagram Anda.

3. Buat iklan yang natural

Anda perlu memahami minat dan kebiasaan dari audience Anda. Setelah itu, buatlah konten natural yang tampak seperti konten tsb bukan seperti konten iklan.

 

Ukuran Gambar Instagram Ads

Berikut detail ukuran gambar yang bisa disesuaikan untuk format iklan :

Single Image (Gambar Tunggal) :

Ukuran Gambar:1.200 x 628 pixel
Ukuran Gambar dan Instagram Stories:1.080 x 1.920 pixel
Rasio Gambar:16:9

 

Carousel (Karosel) :

Ukuran Gambar:1.080 x 1.080 pixel
Rasio Gambar:1:1

 

Slide Show (Tayangan Slide) :

Ukuran Gambar:1.280 x 720 pixel
Format Video:.mov atau .mp4
Rasio Gambar:16:9 atau 1:1 atau 2:3

 

Single Video

Ukuran File:Maksimal 4 GB
Format Video:.mov, .mp4, dan giv
Rasio :16:9
Durasi Video Instagram:1 sampai 60 detik
Durasi Video di Instagram dan Facebook :1 sampai 15 detik
Resolusi:Minimal 600 pixels

Cara Beriklan di Facebook Ads 

cara beriklan di facebook ads
cara beriklan di facebook ads

Facebook Ads adalah fitur dari facebook sebagai media beriklan yang ditujukan ke pengguna facebook. Pada Facebook Ads juga dilengkapi berbagai macam tipe iklan. Anda pun dapat menyesuaikan tipe iklan manakah yang baik untuk bisnis Anda. 

Jenis Facebook Ads

Terdapat berbagai jenis iklan facebook ads di antaranya adalah :

 1. Facebook Photo Ad

Facebook photo ad adalah jenis iklan yang mudah untuk kebutuhan promosi produk. Untuk resolusi menggunakan jenis iklan ini sebagai berikut :

Facebook Photo Ad Ukuran 
Beranda:1.080 x 1.350
Kolom kanan:1.200 x 1.200
Artikel Instan:1.200 x 1.200
Marketplace:1.200 x 1.200
Stories:1.080 x 1.920

 2. Facebook Video Ad 

Facebook Video Ad merupakan jenis iklan dengan menggunakan video.Untuk resolusi menggunakan jenis iklan ini sebagai berikut

Facebook Video Ad Durasi Maksimal
Beranda:240 menit
Marketplace:240 menit
Beranda Messenger:240 menit

 

Slideshow

Slideshow merupakan jenis iklan dengan mengkombinasikan gambar, video, teks hingga suara.

Carousel

Carousel merupakan jenis iklan dengan menampilkan gambar-gambar yang muncul secara bergantian pada satu tampilan

Instant Experience 

Instant Experience merupakan jenis iklan yang dibuat untuk mengoptimalkan promosi pada seluler,

Koleksi 

Koleksi merupakan jenis iklan facebook yang berhubungan dengan instant experience. Jadi ketika Anda memilih iklan instant experience maka jenis koleksi ini akan tampil bersama dengan jenis iklan instant experience. 

Cara Membuat Halaman Fanspage Facebook

Sebelum Anda membuat iklan facebook, disarankan agar Anda wajib memiliki fanspage facebook terlebih dahulu. Jika belum punya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah membuat fanspage berikut ini :

1.Buka facebook pages

2.Pilih kategori

3.Lengkapi Informasi

4.Upload Foto Profil

5.Upload Foto Sampul

 

Cara Membuat Facebook Ads

Untuk membuat iklan facebook ads ini sebenarnya untuk langkahnya masih sama seperti membuat iklan instagram. Hanya saja yang membedakan adalah di media penempatannya. 

Berikut rangkuman langkah-langkah membuat iklan facebook ads, sebagai berikut :

1.Pastikan Anda sudah memiliki fanspage bisnis Anda, jika belum Anda bisa membuat fanspage baru untuk bisnis Anda

2. Buka facebook ads

3. Klik tombol buat iklan

4. Tentukan tujuan iklan Anda

5. Pilih Jenis iklan

6. Tentukan nama iklan dan pilih tujuan iklan yaitu traffik

7. Tentukan target audience untuk jangkauan market Anda

8. Tentukan penempatan dan pilih facebook

9. Tentukan jadwal masa tayang iklan

10. Hubungkan iklan Anda dengan akun fansapage

11. Pilih format iklan

12. Buat teks sebagai judul dan deskripsi iklan

13. Setelah semua setting iklan Anda ok, saatnya Anda melakukan pembayaran

 

 

Ukuran Gambar Facebook Ads

Untuk ukuran iklan facebook sebagai berikut :

Single Image (Gambar Tunggal) :

Ukuran Gambar:1.200 x 628 pixel
Ukuran Gambar dan Instagram Stories:1.080 x 1.920 pixel
Rasio Gambar:16:9

 

Carousel (Karosel) :

Ukuran Gambar:1.080 x 1.080 pixel
Rasio Gambar:1:1

 

Slide Show (Tayangan Slide) :

Ukuran Gambar:1.280 x 720 pixel
Format Video:.mov atau .mp4
Rasio Gambar:16:9 atau 1:1 atau 2:3

 

Single Video

Ukuran File:Maksimal 4 GB
Format Video:.mov, .mp4, dan giv
Rasio :16:9
Durasi Video Facebook:1 sampai 240 detik
Durasi Video di Instagram dan Facebook :1 sampai 15 detik
Resolusi:Minimal 600 pixels

 

 

Cara Beriklan di Twitter Ads

cara beriklan di twitter ads
cara beriklan di twitter ads

Twitter memang tidak memiliki jumlah pengguna sebanyak instagram dan youtube. Namun aplikasi ini masih memiliki pengguna aktif yang besar di Indonesia.

Lalu juga masih banyak pebisnis yang memasang iklan mereka di twitter ini. Anda bisa menggunakan layanan twitter ads yang disediakan untuk menjangkau market twitter secara lebih luas.

 

Cara Membuat Twitter Ads

Untuk membuat twitter ads, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Isi Detail Iklan

Isi detail iklan adalah seperti nama proyek iklan, metode pembayaran, budjet iklan hingga periode masa tayang iklan.

2.Buat Target Market

Tentukan siapa saja pengguna twitter yang dapat melihat iklan Anda. Lalu tentukan targeting dari target market Anda seperti jenis kelamin, bahasa, lokasi, minat, kebiasaan, dan karakter akun yang difollow. Selain itu, Anda juga bisa menargetkan ke orang-orang yang pernah mengunjungi suatu website brand tertentu.

3. Sesuaikan Iklan dengan Anggaran Anda

Anda dapat mengeluarkan biaya iklan yang dapat Anda sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Untuk itu, atur anggaran harian serta biaya maksimal yang akan dikeluarkan untuk satu jenis iklan.

4. Pilih Jenis Iklan Twitter

Terdapat tiga jenis iklan twitter yang bisa Anda coba, seperti :

Promoted Tweet : jenis iklan yang akan mempromosikan salah satu tweet yang telah Anda terbitkan. Keuntungannya, lebih banyak menjangkau orang-orang yang melihat tweet Anda. Sehingga berpotensi meningkatkan jumlah like dan retweet.

Promoted Account : jenis iklan yang sangat cocok untuk bertujuan menambah jumlah followers twitter Anda

Video Ads : jenis iklan yang ditujukan untuk mempromosikan konten video Anda di twitter.

Tips Beriklan di Twitter Ads

Agar twitter ads Anda semakin maksimal, Anda bisa mengikuti tips beriklan di twitter berikut ini :

1 Tentukan tujuan beriklan Anda

2. Tentukan target Audiens Anda secara lebih spesifik

3. Buatlah perasaan “urgent” agar target audiens Anda sesegera mungkin membeli produk Anda

4. Buatlah iklan yang menarik dari kata-kata maupun gambar yang digunakan

5. Buatlah hashtags yang tepat dengan tujuan mengarah ke bisnis Anda

6. Buatlah iklan Anda agar terlihat secara visual yang menarik

7. Gunakan Call to Action untuk meningkatkan pengguna untuk segera melakukan aksi terhadap iklan Anda

 

Kesimpulan

Agar strategi dalam memasarkan sosial media Anda semakin berhasil, Anda perlu menguasai social media advertising. Social Media Advertising dapat membantu Anda untuk meningkatkan jangkauan konten di media sosial Anda agar lebih mendapat interaksi.

Selain itu, melakukan social media advertising berarti Anda akan banyak berhubungan dengan iklan berbayar. Dan  fitur ads ini terdapat di masing-masing media sosial. Ditambah lagi tiap sosial media memiliki caranya sendiri dalam meraih interaksi user. Untuk itu pelajari ilmu social media advertising seperti pada artikel pembahasan ini.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus ikut perkembangan informasi seputar bisnis online di blog IDwebhost. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.