Anda Harus Mempunyai Situs Mobile Friendly, Ini Alasannya!

13 Agu 2019
Anda Harus Mempunyai Situs Mobile Friendly, Ini Alasannya! campaign-unlimited

Situs Anda harus go mobile sekarang. Oke, Mungkin Anda sudah cukup sering mendengar hal tersebut. Hanya saja, kami tidak sedang mengada-ada. Situs Anda memang harus go mobile atau mobile friendly sekarang! Perubahan perilaku pelanggan akan turut memengaruhi hal ini.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, user perangkat mobile meningkat secara pesat. Fenomena ini tentunya secara perlahan akan mengubah `wajah` dunia digital serta perilaku penggunanya. Saat ini sudah ada yang dinamakan sebagai Zero Moment of Truth. Istilah tersebut merujuk pada momen spesial yang terjalin antara calon pelanggan dengan perangkat mobile-nya saat ketika mencari informasi produk atau layanan serta sebelum melakukan keputusan pembelian.

Dengan perangkat mobile dalam genggaman calon konsumen, Anda perlu mencermati empat momen perilaku konsumen di dunia online, yaitu :

  • I-want-to-know
  • I-want-to-go
  • I-want-to-do
  • I-want-to-buy

Keempat momen di atas dapat disimpulkan sebagai sebuah informasi mengenai layanan Anda di internet yang perlu untuk ditampilkan secara online. Memiliki sebuah situs atau website tentu dapat Anda jadikan sebuah solusi. Website biasa saja juga tidaklah cukup. Anda membutuhkan sebuah situs mobile friendly yang dapat diakses melalui perangkat apapun, termasuk pada smartphone dan tablet.

Apa Itu Situs Mobile Friendly?

Situs mobile friendly yaitu website yang dioptimasi untuk perangkat mobile. Sebagian orang mengenal website jenis ini dengan nama web responsive, merujuk pada kelebihannya yang dapat ‘beradaptasi’ pada berbagai macam ukuran layar di perangkat yang berbeda.

 

situs mobile friendly
IDwebhost

 

Ukuran, layout, serta konten dari web Anda dapat secara otomatis menyesuaikan pada perangkat yang digunakan pengunjung saat mengaksesnya. Meskipun menjadi tren dalam beberapa tahun belakangan ini, namun belum banyak pelaku usaha di Indonesia yang memanfaatkan situs mobile friendly dengan baik. Padahal jika dikelola dan dioptimasi dengan baik, Anda berpeluang dapat meraih banyak keuntungan dari sini.

Jika Anda memiliki sebuah bisnis, tentu Anda ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, bukan? Mobile merupakan salah satu cara yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan. Dan Anda bisa memanfaatkan situs mobile friendly untuk dapat menguasai pasar. Silakan terus baca penjelasan kami kali ini karena pada bagian selanjutnya kami akan menjelaskan 7 alasan lain mengapa Anda harus mempunyai situs mobile friendly!

7 Alasan Anda Harus Mempunyai Situs Mobile Friendly

1. (Hampir) Semua Orang Beralih ke Perangkat Mobile

Mobile merupakan tren paling hangat saat ini. Sekitar 80% pengguna atau user internet di seluruh dunia telah menggunakan perangkat mobile, baik itu jenis smartphone maupun tablet. Angka ini berarti setara dengan 1,2 miliar orang dan jumlahnya akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Tanpa adanya situs mobile friendly yang dioptimasi dengan baik, Anda tidak mungkin berhasil merambah pada segmen mobile ini.

2. Lebih dari Setengah Jumlah Situs yang Ada Diakses Melalui Perangkat Mobile

StatCounter merupakan perusahaan riset yang mendata dalam penggunaan internet di lebih dari 2,5 juta situs, menyatakan bahwa sebanyak 51,26% halaman website diakses melalui perangkat mobile pada bulan Oktober 2016. Jumlah akses melalui mobile tersebut melampaui yang diraih desktop untuk kali pertama dalam sejarah.

Kami melihat grafik di atas sebagai tanda perkembangan zaman. Perangkat mobile memang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Adanya koneksi internet yang ekstra cepat ditambah dengan pemakaian yang mudah akan menjadikan tablet dan smartphone satu-satunya ‘komputer’ bagi banyak orang.

3. Mobile Lebih Praktis Dalam Melakukan Pembelian

Tahukah Anda bahwa pengguna mobile lebih memberi peluang kepada pembeli untuk membeli produk maupun menggunakan layanan Anda?

Kini semakin banyak calon pelanggan sudah menggunakan perangkat mobile untuk browsing produk atau layanan sebelum memutuskan akan membeli produk ataupun layanan. Ya, perangkat mobile telah menjelma menjadi seperti asisten belanja. Mereka akan membeli sebuah produk atau layanan yang bisa ditemukan secara online. Bahkan, pengaruhnya akan sangat besar. Produk serta layanan yang ditemukan calon pelanggan melalui internet dapat membantu menentukan keputusan pembelian mereka lebih cepat.

 

web mobile friendly
IDwebhost

4. Google Lebih Menyukai Situs Mobile Friendly

Anda tidak salah baca kok. Mesin telusur Google memang lebih memprioritaskan website atau situs mobile friendly. Beberapa waktu yang lalu, di internet sempat digegerkan dengan update algoritma dari Google ini. Peristiwa ini sering disebut sebagai mobilegeddon, merujuk pada hari kiamat bagi web yang belum berorientasi mobile. Pasalnya, web yang belum mobile friendly lah yang menjadi korban utama karena tidak akan bisa menduduki peringkat pada halaman hasil pencarian Google.

Mengingat sebagian besar traffic ke web bisa Anda dapatkan dari mesin pencari Google, tidak ditampilkannya situs Anda di sana tentu akan menjadi kerugian besar bagi bisnis Anda. Salah-salah, web Anda malahan tidak ditampilkan sama sekali hanya dikarenakan belum mobile friendly. Anda tidak mau ini terjadi, bukan?

5. Situs Mobile Friendly Dapat Meningkatkan Citra Bisnis Anda

Saat ini baru sekitar 56% web yang menggunakan fitur mobile friendly. Ini berarti kurang lebih ada separuh dari kompetitor Anda masih belum menggunakannya. Kalaupun sudah, biasanya belum dioptimasi dan dimanfaatkan dengan baik.

Survey lain juga menunjukkan 89% calon pelanggan setuju bahwa website dapat membuat bisnis lebih terpercaya. Sementara itu, 79% menyatakan akan membeli atau menggunakan sebuah layanan apabila memiliki website. Inilah kesempatan Anda. Jadikan hal ini sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis Anda!

6. Mobile Membutuhkan Strategi Khusus

Perilaku pengguna desktop atau komputer berbeda dari pengguna mobile. Nah, perilaku yang berbeda ini membutuhkan strategi khusus supaya kampanye pemasaran Anda dapat berjalan mulus. Kami jamin, kampanye mobile Anda akan berjalan lebih mudah dengan menggunakan situs mobile friendly.

Strategi yang Anda bangun harus bersifat menyeluruh. Artinya, Anda tidak dapat hanya mengandalkan satu channel seperti akun medsos saja. Bagaimana pun juga, Anda perlu mempunyai landing page yang dapat Anda optimasi sendiri sesuai kebutuhan. Peran inilah yang nantinya akan dimainkan oleh situs mobile friendly. Dengan segala kelebihannya, Anda dapat menjadikan web jenis ini sebagai ‘pusat’ kampanye mobile Anda.

 

website mobile friendly
IDwebhost

7. Mobile Ads Berpeluang Masih Menjanjikan

Pernahkah Anda melihat iklan di situs Youtube? Atau postingan berbayar pada Facebook dan Instagram? Anda pasti pernah melihatnya. Iklan mobile dapat dioptimasi supaya tampil di semua perangkat, termasuk table dan smartphone, dengan berbagai jenis kriteria pengguna sesuai keinginan Anda.

Masalahnya, ke mana selanjutnya Anda perlu untuk mengarahkan para calon pelanggan yang melihat iklan Anda? Iklan tersebut memang dapat diarahkan ke halaman nomor telepon atau media sosial Anda. Namun, seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, hal ini saja tidaklah cukup. Anda membutuhkan sebuah landing page yang selalu bisa Anda andalkan serta optimasi sendiri. Dengan adanya website mobile friendly bisa menjadi solusi tepat untuk Anda.

Saat ini merupakan era perubahan perilaku pengguna desktop beralih ke mobile. Bisa dibilang, website mobile friendly merupakan masa depan dari pemasaran online. Tentu Anda harus siap sedia untuk menghadapinya. Jangan sampai Anda tertinggal dengan kompetitor karena mereka telah menggunakan website mobile friendly terlebih dahulu daripada Anda.

Membuat website mobile friendly pun, kini semakin mudah. Hanya dengan berbekal WordPress, website mobile friendly dapat Anda dapatkan hanya dalam empat klik saja.

Baca Juga : Tips Untuk Membuat Web Mobile Friendly

Kesimpulan

Itulah penjelasan dari IDwebhost mengenai alasan mengapa anda harus mempunyai situs atau website yang mobile friendly. Hal itu sangat membantu pemasaran bisnis anda supaya dapat berkembang mengikuti tren yang ada.

Kami akan membagikan informasi-informasi terbaru yang bermanfaat untuk perkembangan bisnis anda. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai jasa seperti jasa domain dan hosting yang murah dan berkualitas, jasa pembuatan website maupun toko online, jasa pemasaran online, dan lain sebagainya. Semoga artikel diatas bermanfaat!