8 Situs Freelance Indonesia Terbaik

4 Jun 2019
8 Situs Freelance Indonesia Terbaik campaign-unlimited

Apakah ada dari Anda yang sedang mencari penghasilan tambahan? Nah, salah satu cara menghasilkan uang dari internet yaitu dengan kerja freelance. Untuk Anda yang sedang mencari lowongan pekerjaan freelance, artikel ini telah kami siapkan untuk Anda!

8 Situs Freelance Indonesia Terbaik dan Terpercaya

Bagi Anda yang ingin mencari pekerjaan freelance (FL) di Indonesia, berikut ini daftar website FL yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari pekerjaan FL.

Sribulancer

 

situs freelance Sribulancer
IDwebhost

 

Sribulancer merupakan salah satu situs freelance yang popular di Indonesia. Di Sribulancer, Anda bisa menemukan lowongan pekerjaan seperti jasa pembuatan website, graphic design, penulisan artikel, penerjemah, sampai sosial media marketing. Anda tidak perlu khawatir lagi karena Sribulancer bisa dibilang lebih lokal dari situs FL lainnya. Mereka menerima pembayaran dengan transfer bank. Tentu ini menjadi nilai plus karena kebanyakan orang Indonesia tidak mempunyai kartu kredit.

Situs ini tersedia dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat menerima pembayaran dalam mata uang USD atau IDR. Sribulancer mempunyai reputasi yang baik dan terpercaya jadi Anda tidak perlu ragu untuk memakainya.

Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia merupakan salah satu situs FL terbesar di Indonesia. Situs ini memang merupakan versi Indonesia dari Situs Freelance yang merupakan sebuah startup dari Australia. Mereka meng-klaim sudah terhubung dengan lebih dari 29,403,813 pencari jasa dan freelancer di 247 negara, wilayah, dan teritori.

Di Situs ini, Anda bisa menemukan berbagai macam proyek mulai dari IT, design, marketing, jasa penerjemahan, sampai dengan jurnalistik. Detail pekerjaannya juga dijelaskan dengan jelas di setiap proyek. Disini akan terlihat nama, deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, deadline, dan berapa orang yang melamarnya serta berapa gaji untuk pekerjaan tersebut.

Salah satu fitur menarik yang mereka tawarkan yaitu Anda dapat menawar atau melelang bayaran untuk mengerjakan proyek tersebut. Selain proyek, Freelancer juga menawarkan sebuah kontes dimana Anda akan bersaing dengan freelancer lain untuk menyelesaikan proyek yang nantinya akan dipilih oleh klien.

Sebelum Anda ingin bergabung dengan Freelancer Indonesia, Anda perlu memastikan bahwa Anda mempunyai kartu kredit atau akun PayPal karena mereka melakukan proses pembayaran melalui kedua platform tersebut.

Projects.co.id

 

situs freelance project co id
IDwebhost

 

Projects juga adalah salah satu situs FL terkenal di Indonesia. Di Projects, Anda dapat menemukan FL untuk IT, sosial media, SEO, serta digital marketing lainnya. Selain pekerjaan, Anda juga dapat melakukan transaksi jual beli proudk digital. Produk-produk yang tersedia yaitu eBook, design kaos, template website, dan lainnya.

Salah satu fitur unik dari Projects yaitu program Affiliate Referral. Jika Anda mempromosikan project dengan URL yang tersedia, Projects bisa mengetahui siapa saja orang yang mendaftar ke Projects melalui URL itu. Jika orang yang mendaftar sudah melakukan transaksi, Anda nanti akan mendapatkan komisi sekitar 10 persen hingga 20 persen dari harga proyek.

Baca juga : Cara Cepat Menghasilkan Uang Dari YouTube

Sribu

Untuk Anda para graphic designer yang sedang mencari lowongan Pekerjaan freelance, situs ini cocok untuk Anda. Sribu termasuk anak perusahaan Sribulancer, merupakan situs FL yang fokus untuk graphic designer.

Jenis design yang mereka tawarkan mulai dari desain logo, website, aplikasi mobile, sampai interior. Sribu mempunyai sistem kontes dimana para graphic designer dapat memasukkan karya mereka kepada pemilik proyek. Kemudian pemilik proyek akan memilih karya dia suka.

99Design

Masih untuk para graphic designer, 99Design merupakan salah satu situs freelance yang popular untuk graphic design. 99Design juga memakai sistem kontes, dimana Anda dapat memasukkan hasil karya Anda ke proyek tertentu lalu pemilik proyek akan memilih yang paling mereka sukai.

Gobann

Salah satu situs freelance yang juga cukup terkenal di Indonesia yaitu Gobann. Gobann memiliki sistem yang sedikit berbeda. Semua jasa yang ditawarkan di situs ini mempunyai harga yang sama rata yaitu Rp. 50,000. Jadi, Gobann mempunyai dua menu utama, yaitu Kangtao dan Demand. Kangtao merupakan freelancer yang ingin menawarkan jasa mereka, sementara Demand merupakan permintaan jasa dari klien.

Jenis pekerjaan yang ditawarkan di situs ini juga cukup banyak mulai dari programming sampai dengan travel. Karena harganya cuma Rp 50,000, banyak yang menawarkan jasa-jasa unik mereka, Contohnya membuat karikatur dari foto Anda, menawarkan membuatkan slide berisikan 10 foto dengan background salju, sampai dengan membersihkan kamar dalam 1 jam. Metode pembayaran yang digunakan adalah melalui transfer bank, PayPal, dan T-Cash.

Upwork

 

situs freelance upwork
IDwebhost

 

Upwork merupakan situs freelance berbasis cloud yang dikenal mempunyai jumlah klien dan freelancer terbesar. Situs ini bisa dipakai oleh pebisnis dari berbagai level dan freelancer dengan tingkat keterampilan yang berbeda-beda. Upwork memungkinkan Anda dapat menyaring daftar pekerjaan yang tersedia sesuai dengan keahlian Anda.

Selain itu, UpWork juga mempunyai fitur yang dapat membantu mendeteksi apakah user yang mendaftarkan pekerjaan itu palsu atau tidak. UpWork sering disebut sebagai situs freelance terbaik karena mereka menyediakan berbagai layanan yang berkualitas tinggi.

User di Upwork bisa dengan mudah mencari pekerjaan karena UI yang user-friendly dan mudah untuk dinavigasi. Jika Anda mendapatkan pekerjaan melalui Upwork, mereka akan mengambil komisi sedikit dari bayaran yang Anda dapat.

Anda juga dapat dengan mudah berkomunikasi dengan klien melalui fitur komunikasi yang disediakan Upwork. Tetapi kalau anda menggunakan Upwork sebagai user gratis, anda hanya bisa melakukan bidding dalam jumlah terbatas untuk satu bulan. Anda bisa menambahkan itu melalui paket membership.

Crowdsource

Crowdsource telah disebut sebagai salah satu situs freelance terbesar yang tersedia. Situs ini lebih cocok untuk Anda yang mencari pekerjaan/jasa dalam bidang pembuatan konten, editing, perusahaan media, serta penerbit. Yang unik dari CrowdSource yaitu memecah tugas-tugas besar menjadi lebih kecil yang lebih mudah dikelola. Jika Anda dianggap memenuhi syarat, Anda bisa mengerjakan pekerjaannya melalui platform terintegrasi. Misalnya pekerjaan freelancer dianggap bagus, mereka akan menerima kompensasi yang lebih besar serta mendapatkan akses ke pekerjaan yang lebih banyak.

Kesimpulan

Itulah 8 situs freelance yang dapat Anda gunakan untuk menambah penghasilan. Kedelapan situs ini sudah terkenal serta terpercaya sebagai situs FL yang memberikan Anda berbagai macam pekerjaan. Jadi Anda boleh mencoba 8 website itu.

Jika ada dari Anda yang ingin berbagi pengalaman mengenai FL atau mengetahui website-website FL yang bagus dan belum dimasukkan ke dalam artikel ini, Anda bisa meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini membantu anda! Salam IDwebhost!