Situs Belajar Coding Gratis untuk Programmer Pemula
Blog Tips Keren Situs Belajar Coding Gratis untuk Programmer Pemula

Situs Belajar Coding Gratis untuk Programmer Pemula

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, ada begitu banyak kemampuan baru yang harus dikuasai seseorang untuk memperbesar kesempatan mendapatkan pekerjaan. Salah satu kemampuan tersebut adalah skill programming atau coding. Coding menjadi bahasan yang menarik belakangan ini. Istilah ini ramai dibahas khalayak ketika booming startup di Indonesia. Belum lagi tentang pendapat-pendapat tentang industri 4.0 oleh para tokoh terkemuka negeri ini. Coding menjadi sangat populer. 

Meskipun begitu, yang mengerti tentang istilah coding kebanyakan adalah para mahasiswa dan profesional di bidang IT. Di luar komunitas IT, sepertinya istilah ini masih sulit dimengerti. Karena itulah, kemudian tren untuk belajar pemrograman menjadi meningkat belakangan ini. Cepat dan pesatnya perkembangan teknologi diduga menjadi penyebab meningkatnya minat masyarakat untuk belajar coding. Ya, apa mau dikata, banyak hal yang memudahkan kehidupan manusia modern salah satunya, ya karena coding. 

Maka dari itu, untuk mengobat rasa penasaran Sahabat IDwebhost yang ingin mempelajari coding tanpa harus kuliah teknik informatika, IDwebhost punya informasi tentang kumpulan website untuk belajar coding gratis. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa yang Dimaksud Dengan Coding 

Sebelum membahas lebih jauh tentang website belajar coding gratis, apa yang ingin Anda ketahui tentang coding? 

Coding adalah aktivitas menulis barisan kode atau perintah, untuk memberitahu komputer yang yang harus mereka lakukan. Yang harus diingat adalah, Anda tak bisa asal menulis baris kode pemrograman. Semua ada aturan, dalam hal ini sintaks, yang harus Anda ikuti. 

Karena, jika menulis tanpa mengikuti sintaks, yang terjadi kemudian adalah, komputer tak akan paham dengan apa yang diperintahkan. Kesalahan kode sekecil apapun, meskipun cuma salah titik dan koma, membuat program Anda tidak dapat berjalan. 

Baca Juga : Distribusi Linux Untuk Pengguna Windows 7 Terbaik

Mengapa Belajar Coding Jadi Begitu Penting? 

Berikut ini adalah alasan – alasan mengapa seseorang harus mulai belajar coding: 

Memperluas Pilihan Karir

Seiring berkembangnya waktu, semakin banyak yang membutuhkan orang yang dapat berbicara dengan komputer. Dan orang inilah yang disebut dengan programmer. Dan tugas programmer adalah menjadikan komputer memudahkan kehidupan manusia. Beberapa entitas yang membutuhkan jasa seorang programmer antara lain perusahaan teknologi informasi, perbankan, kepolisian, dan masih banyak lagi. 

Bisa Bekerja Dari Manapun

Dua hal mendasar yang dibutuhkan seorang programmer untuk bekerja adalah laptop atau komputer, dan koneksi internet. Maka tak heran, seorang programmer bisa bekerja di mana saja, selama ada koneksi internet. Tak harus bekerja di kantor. Pernahkah Anda mendengar istilah digital nomad? Cukup banyak programmer yang hidup sebagai digital nomad, dan tak sedikit orang yang bermimpi menjadi digital nomad. 

Menciptakan Sesuatu yang Bermanfaat Untuk Masyarakat 

Di zaman digital saat ini, banyak aplikasi dan website yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Beberapa yang bisa kita rasakan langsung manfaatnya adalah adanya transportasi online, yang memudahkan mobilitas masyarakat. 

Daftar Website Belajar Coding Gratis 

Di bawah ini adalah kumpulan website belajar coding gratis yang harus Anda tahu: 

1. Coursera

Daftar pertama platform belajar coding yang bisa Anda ikuti adalah Coursera. Coursera sendiri adalah media yang menawarkan beberapa kelas pemrograman yang nyaris serupa dengan mata kuliah di perguruan tinggi. 

Kelas coding di Coursera sendiri cukup lengkap. Mulai dari pemrograman dasar sampai tingkatan ahli bisa Anda temukan. Termasuk jika Anda ingin mendapatkan sertifikatnya secara online. 

Hanya saja, tidak semua kursus bisa Anda dapatkan secara gratis. Namun jangan khawatir, Coursera memiliki lebih banyak kursus yang bisa Anda nikmati secara gratis. 

2. Udemy

Nama lain selain Coursera yang juga tak kalah populer dengan kursus online gratisnya adalah Udemy. Ada banyak sekali kursus yang ditawarkan oleh Udemy. Dan diantara sekian banyak kursus itu, kursus pemrograman di Udemy memiliki peminat yang cukup banyak. 

Memang, tidak semua kursus bisa Anda dapatkan secara daring. Namun Anda masih bisa dengan mudah menemukan kursus gratis, sehingga tak perlu lagi memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa belajar. 

3. CodeAcademy

Kemudian ada CodeAcademy. Ini merupakan platform belajar coding online yang sangat cocok untuk Anda yang masih pemula dalam dunia pemrograman. Tak hanya untuk para pemula, ada juga kursus untuk para expert untuk meningkatkan keahliannya. 

Peserta bisa memulai kursus dengan membuat website sederhana, atau belajar bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Python, JavaScript, dan lainnya. 

4. W3Schools

Jika Anda adalah tipikal orang yang sangat menyukai kegiatan belajar sambil praktek, maka W3School adalah website belajar yang layak untuk Anda kunjungi. Bahasa pemrograman yang disediakan di sini lebih banyak pada pemrograman website. Seperti JavaScript, AngularJS, dan beberapa bahasa lainnya. 

Asyiknya lagi, ada contoh kode program ditampilkan pada setiap bagiannya. Anda pun bisa langsung melakukan pengeditan dan langsung tahu hasilnya. 

5. Free Code Camp

Website belajar coding yang satu ini, sebenarnya masih dalam tahap berkembang dan menuju pada kesempurnaan. Nilai plus dari Free Code Camp adalah sudah memisahkan fokus pemrograman yang ada. Antara lain front end, visualisasi data, backend, dan lain sebagainya. 

Website ini juga menyediakan forum yang bisa Anda ikuti, untuk mendapatkan pengetahuan tambahan dan menyelesaikan masalah yang Anda hadapi ketika kursus. 

6. Edx

Kalau Anda ingin merasakan pembelajaran dengan rasa-rasa Ivy League, silakan coba untuk mengambil kursus online di Edx. Edx sendiri adalah website pembelajaran yang bersifat cukup lengkap dan bersifat open source. Ivy League sendiri adalah kumpulan kampus terbaik dan bergengsi di Amerika Serikat. Universitas Harvard dan MIT, dua anggota Ivy League berada di balik Edx. 

Baca Juga : Cara Promosi Produk di Bulan Puasa 

Anda bisa belajar, menyesuaikan dengan kemampuan Anda ketika menyerap pelajaran. Namun, untuk bisa mendapatkan sertifikatnya, Anda harus membayar kursus yang diikuti. 

7. Code Avengers

CodeAvengers menawarkan tempat belajar untuk membuat aplikasi, game, dan website secara langsung. Anda juga bisa belajar bahasa pemrograman seperti Python, HTML & CSS, Javascript, dan lain sebagainya. 

Website ini juga membedakan kursus dengan menggunakan nama antara lain: ProCourses, School Teacher, dan JrCourses. JrCourse sendiri ditujukan untuk orang tua dan anak-anak berumur 5 – 14 tahun yang ingin belajar pemrograman. 

Terkadang, CodeAvengers mengadakan code camp yang diselenggarakan di beberapa negara. Sayangnya, belum pernah mengadakan bootcamp di Indonesia. 

Penutup

Belajar coding bisa dari mana saja. Salah satunya lewat berbagai website diatas. Memang, tidak semua website menyediakan sarana belajar coding gratis. Ada yang full gratis, ada yang gratis kursus tapi belum termasuk sertifikatnya. Sekarang, pilihan tergantung Anda, Sahabat IDwebhost

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis