Siklus Masa Aktif Domain Yang Perlu Anda  Ketahui
Blog Tips Keren Siklus Masa Aktif Domain Yang Perlu Anda  Ketahui

Siklus Masa Aktif Domain Yang Perlu Anda  Ketahui

Apakah Anda akan membeli sebuah domain? Atau saat ini Anda sudah memiliki nama domain untuk website Anda? Sebagai pemilik sebuah domain, Anda perlu memahami siklus masa aktif domain. Ini menjadi penting, agar Anda tidak kehilangan domain Anda karena tidak memahami siklus masa aktif yang berlaku pada domain Anda.

Mengapa menjaga masa aktif sebuah domain menjadi begitu penting? Karena nama domain adalah komponen penting ketika kita membangun sebuah website. Domain tidak hanya sekedar sebagai alamat akses website di internet, lebih dari itu nama domain juga berfungsi untuk melakukan branding pribadi atau usaha yang Anda jalankan.

Sebuah domain memiliki masa aktif minimal selama 1 tahun, dan harus Anda perpanjang setiap tahunnya agar tidak expired & terhapus dari Registrar.  Jika kemudian domain Anda berstatus expired & terhapus dari Registrar, maka status domain akan berubah menjadi Available kembali. Jika sudah demikian maka domain dapat didaftarkan oleh siapa pun.

Oleh karena itu jangan sampai branding Anda menurun karena kelalaian dalam melakukan perpanjangan sebuah domain. Apa lagi hal ini memiliki risiko yaitu domain yang Anda tidak lakukan perpanjangan akan bisa digunakan oleh orang lain. Ini tentu dapat membahayakan usaha Anda, jika kemudian domain yang merupakan nama usaha atau nama pribadi Anda digunakan untuk hal-hal yang melanggar norma.

Siklus Domain Yang Perlu Anda Ketahui

Secara sederhana siklus domain terbagi menjadi tiga periode; 1. Expired atau Auto Renewal Period (Dalam periode 30 hari ini domain masih bisa diperpanjang), 2. Redemption Period, (Dalam periode 30 hari ini domain hanya bisa diaktifkan/diperpanjang kembali melalui proses “restore”),  3. Pending Delete, (Domain akan tersedia (available) bagi setiap pendaftar setelah masa 5 hari pending delete berakhir.) Lebih lengkap dapat melihat ilustrasi beriku:

 Siklus Masa Aktif Domain

Expired atau Auto Renewal Period (30 Hari)

  • Auto Renewal Period, di–setup 30 hari dari tanggal domain expired; (tanggal berakhir domain + 30 hari)
  • Status domain: renew period
  • Dalam periode 30 hari ini domain masih bisa diperpanjang.

Redemption Period (30 Hari)

  • Redemption Period, di–setup 30 hari dari tanggal berakhir masa auto renewal (tanggal berakhir domain + 30 hari auto renew period + 30 redemption period)
  • Status domain: pending delete;
  • Domain tidak dapat diakses dan telah dihapus oleh sistem. Dalam periode 30 hari ini domain hanya bisa diaktifkan/diperpanjang kembali melalui proses “restore” dengan biaya+denda = 10x dari biaya perpanjangan.

Pending Delete (5 Hari)

  • Pending Delete, di-setup 5 hari dari tanggal berakhir masa redemption period. (tanggal berakhir domain + 30 hari auto renew period + 30 redemption period + 5 hari pending delete)
  • Pada tahap ini, tidak ada kemungkinan bagi pemilik domain untuk melakukan perpanjangan (renew atau restore). Domain akan tersedia (available) bagi setiap pendaftar setelah masa 5 hari pending delete berakhir. Pendaftaran domain melalui persyaratan dan first come first served layaknya pendaftaran domain baru.
  • Khusus untuk domain Pandi (.co.id .id .ac.id .sch.id dll ) yang berstatus Pending Delete setelah domain melewati tanggal expired, bisa diaktifkan/diperpanjang kembali melalui proses “restore” dengan biaya+denda = 4x dari biaya perpanjangan.
  • Khusus untuk domain Radix & Centralnic (.online .xyz .website .store .club .space .shoes .site ) akan langsung berstatus Pending Delete setelah domain melewati tanggal expired, sehingga tidak bisa diperpanjang kembali.

 

Cara Cek Masa Aktif Domain dan Hosting

Cara Cek Masa Aktif Domain dan Hosting Melalui Whois

Cek Masa Aktif Domain Melalui Whois:

  1. Buka who.is atau whois.com
  2. Ketikan nama domain Anda di kotak pencarian domain
  3. Klik Cek Sekarang / Tombol “search”
  4. Klik Who is
  5. Akan ada informasi Registry Expiry Date. Detail tanggal tersebut merupakan informasi seputar masa aktif domain Anda. Fokus ke Tanggal Experied. Ini adalah tanggal di mana nama situs Anda akan kadaluwarsa.

Cek Masa Aktif Domain dan Hosting Melalui Member Area

Bagi Anda pengguna layanan domain murah IDwebhost, Anda bisa melakukan pengecekan masa aktif domain dan hosting Anda melalui menu member area Anda. Anda juga akan selalu mendapatkan email pengingat jika domain atau hosting Anda telah mendekati masa perpanjangan. Jadi jangan khawatir Anda melewatkan masa perpanjangan. Maka pastikan email yang Anda gunakan selalu aktif.

Tips Memilih Nama Domain Untuk Branding Jangka Panjang

Tips Memilih Nama Domain Untuk Branding Jangka Panjang

Anda sudah memahami bagaimana cara melakukan pengecekan masa aktif sebuah domain. Ini menjadi bekal penting agar brand Anda dapat terus ada di internet, sehingga orang akan terus terhubung dengan Anda melalui website yang Anda miliki. Pada akhirnya, Anda akan membangun branding bagi bisnis atau diri Anda.

Nah, jika Anda memang memiliki keseriusan dalam membangun personal branding, maka penting bagi Anda untuk memahami bagaimana sebuah nama domain bekerja untuk membangun branding diri atau usaha Anda. Ini dimulai dari ketika Anda mulai memilih nama domain Anda.

Nama domain sendiri bersifat unik, yang mana Anda tidak dapat membuat 2 domain dengan nama dan ekstensi yang sama. Oleh sebab itu Anda harus benar-benar menjaga dan memperhatikan nama domain bisnis Anda, agar tidak digunakan oleh orang lain. Maka, bagi Anda yang sudah memiliki nama bisnis, sebaiknya segera mengaktifkan domain Anda.

Apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sebuah nama untuk domain?

1. Buat nama domain yang singkat dan mudah untuk diingat.
2. Pilih nama domain yang mudah diketik.
3. Jika memungkinkan gunakan kata kunci dalam domain anda.
4. Nama brand Anda sebagai nama domain.
5. Pilihlah nama domain yang akan selalu relevan.
6. Jika target Anda daerah, maka gunakan nama daerah bila perlu.
7. Pilihlah ekstensi domain yang sesuai dengan tujuan website anda.
8. Anda perlu memastikan bahwa domain belum digunakan orang lain.
9. Amankan domain Anda dengan membeli beberapa ekstensi domain penting.
10. Beli domain Anda segera, jangan sampai domain yang Anda inginkan terlebih dahulu dimiliki orang lain.

Gunakan Penyedia Layanan Domain Terpercaya

Gunakan Penyedia Layanan Domain Terpercaya

Membangun sebuah bisnis dalam era digital membutuhkan konsistensi dan strategi yang jitu serta selalu update. Selain itu, Anda juga butuh dukungan dari pihak lain agar bisnis dalam era digital benar-benar mampu Anda jalankan dan menangkan. Salah satu yang menjadi pertimbangan penting adalah memilih penyedia layanan untuk membantu membangun bisnis Anda di ranah digital.

Anda yang belum memiliki website bisnis misalnya, maka Anda perlu membuat website untuk bisnis Anda segera. Anda tidak harus membuat divisi atau tim khusus, di awal Anda bisa langsung melakukan pemesanan website melalui jasa pembuatan website profesional. Ini akan menghemat waktu Anda, dan memberi masa tunggu bagi Anda menyiapkan tim khusus pengelola website di bisnis Anda.

Nah, bicara perihal jasa profesional pembuatan website, dan jasa penyedia layanan domain dan hosting murah terpercaya, maka Anda perlu bergabung dengan ratusan ribu pengusaha digital Indonesia lainnya, dengan mempercayakan kebutuhan digital Anda di IDwebhost. Penyedia layanan ini telah membersamai pelaku usaha Indonesia dalam menjejaki dan memasuki gerbang kesuksesan bisnis di era digital.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Siklus Masa Aktif Domain Yang Perlu Anda  Ketahui, semoga pembahasan ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan tambahan bagi Anda seputar domain.  Baca berbagai informasi menarik lainnya seputar domain dan hosting hanya di Blog IDwebhost. Terima kasih telah membaca, salam Ari IDwebhost.