Cara Setting Time Zone Email Dengan Berbagai Metode
Blog Tips Keren

Cara Setting Time Zone Email Dengan Berbagai Metode

Cara setting time zone email bisa anda terapkan dengan mudah apabila anda tahu dan memahami cara melakukannya dengan baik. Pada panduan kali ini, anda akan melihat bahwa mudah sekali merubah time zone yang ada di email. Anda pastinya juga ingin melakukan settingan terhadap waktu yang ada di mail untuk berbagai tujuan yang signifikan. Pada kondisi tertentu anda pastinya ingin menyesuaikan waktu email dengan lokasi anda, bukan? Hal ini pastinya bukanlah sesuatu yang susah dilakukan.

Cara Setting Time Zone Email Dengan Roundcube

Cara setting time zone email bisa anda lakukan dengan mudah menggunakan roundcube. Dengan adanya media ini maka anda pun akan bisa melakukan perubahan waktu dengan lebih mudah. Anda tinggal masuk saja atau login saja akun email anda via Roundcube tersebut. Kemudian, tahap selanjutnya adalah dengan memilih pilihan settings yang tersedia di dalamnya. Dalam halaman settings tersebut, anda bisa memilih pilihan preference. Kemudian diikuti dengan pilihan user interface. Kemudian lanjut masuk ke halaman main options. Di sini yang harus anda lakukan adalah memilih time zone yang sesuai dengan lokasi anda. Pilih nama kota dan juga time format yang anda inginkan. Setelah itu, tinggal atur saja semuanya sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Apabila perubahan tersebut sudah anda lakukan, maka tinggal memilih save atau simpan saja.

 

Cara Setting Time Zone Email
idwebhost

 

Cara setting time zone email ini akan bisa sukses jika kemudian muncul Pop Up dibawahnya yang bertuliskan successfully saved yang menandakan bahwa pengaturan yang anda buat tersebut sudah berhasil disimpan. Kelebihan dari menggunakan RoundCube adalah pengaturan yang dilakukan tidak ribet dan bisa anda terapkan dengan mudah. Pada dasarnya hal seperti ini memang tidak sukar dilakukan asalkan anda tau bagaimana cara menerapkan semua itu dengan baik dan signifikan. Alhasil, anda pun akan mampu menemukan sesuatu yang terbaik yang anda butuhkan didalamnya.

Cara Setting Time Zone Email Dengan Horde

Lanjut ke cara setting time zone email yang kedua, yakni dengan menggunakan Horde. Taukah anda bahwa dengan menggunakan Horde tersebut akan semakin banyak manfaat yang bisa anda capai didalamnya? Sama seperti cara pertama di atas, yang harus anda lakukan adalah tinggal masuk ke halaman website Horde ini dan masuk ke halaman setting yang ada didalamnya. Kemudian setelah masuk ke setting, anda tinggal memilih pilihan Preference. Kemudian, anda tinggal memilih Global Preference. Didalamnya anda tinggal hanya mengeset saja format waktu yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini.

Pada halaman cara setting time zone email ini nantinya, anda akan bisa melihat pilihan Locale And Time. Di sinilah anda hanya tinggal mengesetnya secara langsung ke time zone yang anda inginkan. Untuk bisa lebih mudah dalam melakukannya anda hanya tinggal set ke pilihan Your Current Time Zone dan nantinya sistem akan secara otomatis untuk mengeset waktu yang ada di email anda untuk bisa sesuai dengan waktu lokal tempat tinggal anda saat ini. Hal ini sangat mudah dan tidak susah dilakukan asalkan anda tau bagaimana cara menerapkannya dengan baik. Apabila settingan sudah anda lakukan maka anda bisa masuk ke tahapan selanjutnya, yakni dengan memilih pilihan SAVE dan nantinya sistem akan secara otomatis mengatur perubahan yang anda lakukan di dalamnya tersebut.

Cara Setting Time Zone Email Menggunakan SquirrelMail

Cara setting time zone email lainnya yang bisa anda terapkan adalah dengan menggunakan SquirrelMail. Dengan menggunakan media yang satu ini, sudah pasti anda akan lebih mudah untuk melakukan perubahan terhadap segala jenis pengaturan yang anda inginkan didalamnya, salah satunya adalah mengatur zona waktu atau time zone yang ada didalamnya. Anda hanya tinggal memasukan nama lengkap anda dan juga alamat email anda seperti biasanya. Kemudian, anda pilih saja menu Options yang tersedia di bagian atasnya. Setelah itu, anda hanya tinggal memilih menu Personal Information yang ada di dalamnya.

 

Cara Setting Time Zone Email
idwebhost

 

Kemudian, untuk tahapan selanjutnya anda hanya tinggal mengatur waktu yang ada sesuai dengan waktu yang ada yaitu memilih Time Zone Options. Kemudian, masukan current timezone dengan pilihan same as server. Di sini yang harus anda lakukan adalah memilih yang tepat, untuk lebih akuratnya anda bsia memilih pilihan Asia/Jakarta jika anda ingin menyesuaikan dengan waktu yang ada di Indonesia. Dari sini anda sudah bisa mendapatkan kemudahan untuk cara setting time zone email yang anda butuhkan. Ada banyak sekali hal lain yang bisa anda peroleh dengan mengganti zona waktu email anda dengan cara yang mudah.

Banyak yang bingung dengan cara setting time zone email ini. Tentu akan menjadi masalah apabila saat anda hendak melihat email anda ternyata waktunya overlapping atau bahkan terlalu awal berjalan. Hal ini tentunya akan semakin menambah masalah ketika anda hendak mengetrack atau mengecek ulang ke belakang tentang email-email yang sudah terkirim sebelumnya. Jadi anda disini harus benar-benar mampu dalam memilih mana pilihan opsi yang tepat pada email tersebut. Sudah pasti dengan menerapkan cara yang tepat, anda akan mampu mendapatkan manfaat yang ada didalamnyaa dengan lebih mudah. Kini tak perlu bingung lagi dalam melakukan setting atau perubahan tersebut karena telah tersedia beberapa cara atau metode yang bisa anda terapkan.

RoundCube, Horde dan SquirrelMail, Mana Yang Terbaik?

Cara setting time zone email dengan menggunakan tiga opsi di atas. Jika ditanya mana yang terbaik dari semua pilihan tersebut, anda harus mengetahui bahwa banyak sekali pilihan yang bisa anda gunakan didalamnya. Dengan memilih pilihan yang tepat sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang bisa anda rasakan. Dari segi penggunaan sebenarnya sama saja, anda bisa melakukan settingan dengan mudah menggunakan berbagai pilihan di atas. Dengan memilih pilihan yang tepat, anda akan bisa lebih gampang mendapatkan hasilnya.

Baca Juga: Ini Dia Cara Setting Email Ms Outlook 2010 di IDwebhost

Yang terpenting dari sini adalah mengecek ulang apakah pengaturan yang sudah anda lakukan tersebut berjalan dan sudah dilakukan dengan baik. Apabila semua itu sudah bisa diterapkan dengan baik, anda pun akan mampu memperoleh kemudahan dan mencapai tujuan anda dengan baik. Kalau anda ingin merubah time zone dengan pilihan lainnya pada saat anda berada di luar negeri atau semacamnya, anda bisa mencoba untuk melakukannya dari sekarang. Gimana jadinya email Anda seandainya time zone tidak berjalan dengan semestinya. Bisa-bisa Anda bakal telat melakukan perpanjangan domain dan web hosting untuk website Anda hanya karena perbedaan time zone.

 

Cara Setting Time Zone Email
idwebhost

 

Perubahan tampilan yang ada pada email anda sebetulnya tidak terbatas pada cara setting time zone email saja, tapi juga ada panduan lainnya yang bisa anda ikuti guna menemukan settingan yang tepat agar email anda bisa berfungsi dengan optimal dan juga sesuai dengan kebutuhan anda. Pada dasarnya memang tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya email tersebut maka anda pun akan bisa lebih mudah memperoleh manfaatnya yang begitu besar dan hebat bisa anda rasakan di dalamnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.