Cara Setting SMTP GMail Secara Benar dan Mudah Yang Perlu Diketahui
Blog Tips Keren

Cara Setting SMTP GMail Secara Benar dan Mudah Yang Perlu Diketahui

Cara setting SMTP Gmail bukan lagi hal yang susah untuk dilakukan. Pada dasarnya melakukan setting tersebut bias diterapkan dengan menggunakan cara yang sederhana. Hanya saja, banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara penerapannya itu dengan baik. Dengan mengetahui keuntungan menggunakan SMTP tersebut, sudah pasti akan lebih banyak keuntungan dan manfaat yang akan bias anda dapatkan. Tersedianya layanan yang satu ini akan membantu memberikan anda keuntungan yang lebih banyak. Anda pun juga bias mengatasi berbagai masalah yang sering muncul pada saat anda berkirim via email itu sendiri. Dengan adanya tutorial berupa cara setting SMTP Gmail tersebut, maka anda akan bias menerapkan panduan atau cara yang tepat dalam berkirim email itu sendiri melalui PHP mail. Anda pun akan mendapaytkan manfaatnya yang lebih jelas dan juga banyak di dalamnya. Hal tersebut akan memberikan anda panduan yang lebih efektif dan istimewa.

Manfaat Menggunakan SMTP

Selain cara setting SMTP Gmail, manfaat yang akan bisa anda dapatkan, terutama dengan menggunakan SMTP yang eksternal, antara lain adalah sebagai berikut: yang pertama, email anda akan bisa dipastikan sampai ke tujuan sehingga anda tidak perlu cemas dan khawatir lagi. Pasalnya, email tersebut akan terjamin ke alamat yang dituju dengan selamat dan tepat. Lalu yang tak kalah pentingnya adalah anda juga akan bisa mendapatkan kemudahan untuk melakukan konfigurasi, tanpa perlu setup server anda terlebih dahulu (ini berlaku bagi pengguna VPS). Tentu saja akan lebih banyak lagi hasil yang akan bisa anda capai dan dapatkan didalamnya. Lalu tambahan keuntungan yang bisa anda peroleh lainnya adalah server akan jarang di blacklost, sehingga mencegah email yang anda kirim nanti akan masuk sebagai server SPAM. Hal ini banyak yang terjadi pada mereka yang mengirim email, tapi sayangnya email tersebut masuk menjadi SPAM.

Untuk limit pengiriman email yang satu ini, anda harus tau bahwa jumlahnya dibatasi hanya 100 email saja per hari. Jadi selain cara setting SMTP Gmail, anda harus taua berapa limitnya pula. Jika sudah mencapa limit maka sudah pasti anda tidak akan bisa berkirim email lagi dalam 24 jam ke depan. Hal ini akan terus berlangsung sampai semuanya nanti akan di reset secara otomatis pastinya. Hal tersebut tentunya akan bisa memberikan kepada anda dampak yang signifikan di dalamnya.

 

Cara Setting SMTP Gmail Yang Benar Dan Mudah
idwebhost

Petunjuk Cara Setting SMTP Gmail Yang Perlu Anda Ketahui

Petunjuk cara setting SMTP Gmail bisa anda terapkan sebagai berikut. Beberapa hal yang harus anda persiapkan lebih dahulu antara lain akun Gmail atau akun G Suite yang anda miliki. Kemudian, pastikan pula and ajuga punya akses ke cPanel yang ada di hosting anda.

PERTAMA, untuk bisa menerapkan cara setting SMTP Gmail yang tepat, anda harus memuka akses Less Secure Apps terlebih dahulu. Nantinya di sini Google akan mulai melakukan pemblokiran terhadap aplikasi yang ada pada perangkat yang dinilai tidak memenuhi kemanan modern standard yang ada saat ini. Agar hal tersebut bisa terhindari sudah paasti yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan terlebih dahulu fitur less secure apps pada akun anda itu sendiri.

KEDUA: langkah dalam cara setting SMTP Gmail selanjutnya adalah login ke akun Gmail anda, kemudian pilih menu settings yang ada didalamnya. Dari sini anda hanya tinggal memilih Tab Forwarding POP/IMAP yang tersedia, kemudian anda bisa memilih untuk Enable IMAP. Jika semua sudah selesai, maka tahapan selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan PHPmailer sebagai script PHP mail yang tersedia dan bisa anda gunakan saat ini.

KETIGA: Anda bisa membuka repository PHPMailer yang ada di Github, kemudian anda hanya tinggal langsung mendownload script-nya aja yang terdapat pada menu Clone or Download à Download Zip. Dari sini anda bisa menyimpannya langsung ke computer anda. Alhasil, anda pun akan bisa menggunakan dan memanfaatkan semua fungsi yang ada didalamnya dengan baik dan tepat tentunya.

Petunjuk Mengedit Script

Perlu anda ketahui bahwa PHPMailer telah memiliki sendiri contoh file konfigurasi yang bisaa anda gunakan dengan nama gmail.phps. Jadi anda bisa mengeditnya sendiri sesuai kebutuhan apabila anda menginginkannya. Berikut adalah yang harus anda edit.

 

Cara Setting SMTP Gmail Yang Benar Dan Mudah
idwebhost

 

<?php

date_default_timezone_set(‘Etc/UTC’);

require ‘../PHPMailerAutoload.php’;

//Membuat instance PHPMailer baru

$mail = new PHPMailer;

//Memberi tahu PHPMailer untuk menggunakan SMTP

$mail->isSMTP();

//Mengaktifkan SMTP debugging

// 0 = off (digunakan untuk production)

// 1 = pesan client

// 2 = pesan client dan server

$mail->SMTPDebug = 2;

//HTML-friendly debug output

$mail->Debugoutput = ‘html’;

//hostname dari mail server

$mail->Host = ‘smtp.gmail.com’;

// gunakan

// $mail->Host = gethostbyname(‘smtp.gmail.com’);

// jika jaringan Anda tidak mendukung SMTP melalui IPv6

//Atur SMTP port – 587 untuk dikonfirmasi TLS, a.k.a. RFC4409 SMTP submission

$mail->Port = 587;

//Set sistem enkripsi untuk menggunakan – ssl (deprecated) atau tls

$mail->SMTPSecure = ‘tls’;

//SMTP authentication

$mail->SMTPAuth = true;

//Username yang digunakan untuk SMTP authentication – gunakan email gmail

$mail->Username = “emailanda@gmail.com”;

//Password yang digunakan untuk SMTP authentication

$mail->Password = “passwordanda”;

//Email pengirim

$mail->setFrom(’emailpengirim@example.com’, ‘First Last’);

//Alamat email alternatif balasan

$mail->addReplyTo(‘balasemailke@example.com’, ‘First Last’);

//Email tujuan

$mail->addAddress(’emailtujuan@example.com’, ‘John Doe’);

//Subject email

$mail->Subject = ‘PHPMailer GMail SMTP test’;

//Membaca isi pesan HTML dari file eksternal, mengkonversi gambar yang di embed,

//Mengubah HTML menjadi basic plain-text

$mail->msgHTML(file_get_contents(‘contents.html’), dirname(__FILE__));

//Replace plain text body dengan cara manual

$mail->AltBody = ‘This is a plain-text message body’;

//Attach file gambar

$mail->addAttachment(‘images/phpmailer_mini.png’);

//mengirim pesan, mengecek error

if (!$mail->send()) {

echo “Email Error: ” . $mail->ErrorInfo;

} else {

echo “Pesan Terkirim!”;

}

Contact GitHub API Training Shop Blog About

Kesimpulan

 

Cara Setting SMTP Gmail Yang Benar Dan Mudah
idwebhost

 

Pada kode di atas, yang perlu anda edit hayalah username, password, email tujuan, dan email pengirim. Bila diperlukan, anda juga bisa mengganti beberapa file antara lain gmail.phps, menjadi gmail.php, dan lain sebagainya. Hal ini penting supaya nantinya emal tersebut akan bisa diakses via browser. Dengan menggunakan File Manager tersebut, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda dapatkan. Kini jika semuanya sudah selesai, anda bisa langsung mengunduh Folder PHPMailer-master tersebut di folder yang bernama public_html.

Baca Juga: Percepat Blog Anda Menggunakan Gambar Progressive JPEG

Apabila semua cara setting SMTP Gmail di atas sudah anda terapkan dengan benar, maka pesan email yang anda kirimkan akan muncul sebagai berhasil di kirim dan tidak masuk ke SPAM. Kalau anda mau mengetesnya, silahkan lakukan percobaan dengan berkirim pesan ke email anda sendiri. Lalu cek apakah nanti email yang masuk itu akan terkirim sebagai SPAM atau tidak. Dengan adanya metode ini, maka akan memastikan bahwa setiap email yang anda kirim, baik itu untuk tujuan personal atau bisnis pasti akan terkirim dengan mudahnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.