Pengertian dan Cara Setting Domain di Google Sites
Blog Tutorial Pengertian dan Cara Setting Domain di Google Sites

Pengertian dan Cara Setting Domain di Google Sites

Tentang Google Sites

Google Site, produk dari Google yang khusus dibuat untuk membuat website yang mudah dan simpel. Dengan Google Site, walaupun tidak memiliki kemampuan coding memadai, Anda sudah bisa membuat website Anda sendiri. Google Sites memungkinkan Anda membuat website yang dapat diakses di perangkat mobile dan desktop. Ya, hanya dengan drag and drop. Semudah itu. Langkah-langkah ini akan menunjukkan kepada Anda cara mengonfigurasi  DNS Google Sites dan cara verifikasinya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya Sahabat.

Kelebihan lain Google Sites

Untuk Anda yang sedang belajar mengelola sebuah website, Google Sites adalah sarana yang tepat untuk belajar. Tentu saja semua berkat kemudahan yang ditawarkannya. Hanya saja, jika Anda menginginkan fitur yang lebih kompleks, seperti fitur jualan online, kontrol khusus, dan database untuk customer relation management (CRM) tidak akan Anda temui di sini.  Tetapi untuk perusahaan yang memerlukan situs web yang mudah diedit  dengan sedikit pemeliharaan, Google sites dapat berfungsi sebagai situs web perusahaan Anda. Google Sites juga mendapatkan keamanan dari Google karena dilindungi dengan proses masuk akun Google Anda, dan dijamin
keamanannya juga.

Syarat menggunakan Google Sites

Untuk dapat menggunakan Google Sites, tak banyak syarat yang harus Anda penuhi. Cukup dengan akun Google yang Anda miliki, Anda sudah dapat membuat website menggunakan Google Sites. Hal ini berbeda dengan persyaratan sebelumnya, dimana Anda harus memiliki akun G Suite. Berikut langkah langkah membuat web dengan google sites :

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar Google Site menggunakan akun Google yang Anda miliki.

1. Buat Google Sites baru

Setelah masuk ke Google Site, selanjutnya silakan klik ikon + di bagian kanan bawah layar Anda. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman dasbor untuk Website Anda. Atau, Anda juga bisa langsung mengklik ikon + yang ada di bagian atas halaman utama Google Site Anda. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

Pada halaman utama, Anda dapat melakukan berbagai pengaturan halaman. Selain untuk mempercantik website, ini perlu dilakukan agar memudahkan pengunjung yang sedang berkunjung ke website Anda. Pada bagian ini, Anda bisa menambahkan halaman, font, menu, dan tema sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menambahkan konten atau gambar, baik dari halaman konsol tersebut, atau menautkannya dari Google Drive. 

2. Verifikasi Custom Domain Google Sites

Setelah semua tampilan dan konten telah siap, Anda bisa langsung mempublikasikannya. Caranya dengan klik “Publikasikan”.  Pilih “Publikasikan” setelah Anda menambahkan konten yang Anda butuhkan di situs Anda. Masukkan nama untuk situs Anda yang sesuai untuk organisasi Anda, seperti “YourBusiness” atau hanya “situs web.” Anda harus merujuk ke nama ini nanti. Misalnya, Anda ingin memasukkan URL Kustom menggunakan domain yang telah Anda beli dari penyedia domain dan hosting pilihan Anda.

Silakan pilih “Kelola”. Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk memasukkan domain sendiri di halaman URL Kustom. Dan karena memasukkan domain sendiri, maka Anda diminta untuk melakukan verifikasi. Silakan klik “Verifikasi kepemilikan Anda.

Google Site

Setelah klik “Verifikasi kepemilikan Anda”, Anda akan diarahkan ke halaman Google Webmaster Central untuk melakukan verifikasi kepemilikan domain. Untuk melakukan verifikasi, pertama kali Anda akan diminta untuk memilih penyedia domain Anda. Silakan pilih “Other” atau “Lainnya”.

Selanjutnya, silakan salin TXT record yang tersedia dan tempel ke konfigurasi DNS domain Anda. Untuk dapat melakukannya, silakan login ke member area penyedia hosting Anda.

Login ke Member Area IDwebhost

Untuk melakukan verifikasi, Anda harus login terlebih dahulu ke member area IDwebhost. Jika belum memilikinya, Anda bisa membuatnya di sini. Setelah memasukkan username, password, dan captcha, Anda akan diarahkan ke dasbor member area. Kemudian, dari dasbor, silakan klik “Domain saya”. Kemudian, silakan pilih domain yang ingin diverifikasi. Klik pada domain tersebut.

Anda akan diarahkan ke halaman pengelola domain yang berisi informasi lengkap seputar domain milik Anda. Untuk melalukan verifikasi, silakan klik “Kelola DNS”.

Sebelum menyalin TXT record, terlebih dahulu Anda harus mengubah name server. Jika sudah, Anda bisa masuk ke tahap selanjutnya, yaitu menyalin kode TXT record dari webmaster central tadi. Silakan isi kolom “Nama Host” dengan “@”. Ini berfungsi agar DNS Anda tersetting sebagai domain utama. Kemudian, untuk jenis record, silakan pilih “SPF (txt). Baru kemudian silakan tempel kode TXT record ke kolom “Alamat”. Anda bisa mengosongkan kolom prioritas.

Jika sudah terisi semua, silakan klik “Simpan”. Tunggulah beberapa saat hingga masa propagasinya selesai. Proses propagasi ini akan memakan waktu beberapa jam. Umumya satu jam untuk masa propagasi. Setelah masa propagasi selesai, silakan kembali ke Google Webmaster Central. Silakan klik tombol “Verifikasi” yang ada di bagian bawah halaman. Jika verifiasi berhasil, akan muncul notifikasi seperti pada gambar di bawah ini.   

Baca Juga : Mengenal Tentang Google Webmaster Tools

Cocokkan catatan data anda

Cari catatan A, pilih “Edit” di sebelah kanan catatan “A”. Di tab browser terpisah, buka “Configure A records” Google dan buka bagian “Configure A records (generic steps)”, lalu buka bagian “A record values”. Di sana, Anda akan melihat beberapa catatan A. Ubah host domain Entri catatan anda untuk mencocokkan tampilan catatan. (Misalnya, saya memodifikasi data A domain saya untuk diarahkan ke empat alamat IP yang berbeda.) Secara opsional, Anda juga dapat menambahkan catatan AAAA, yang juga mengarahkan permintaan IPv6 ke alamat yang sesuai untuk domain Anda.

 

 Kemudian, kembalilah ke halaman Google Sites dan lakukan pengaturan untuk terakhir agar website Anda bisa segera online. Setelah domain terverifikasi, silakan pilih“Siapa pun dapat menemukan dan melihat versi yang dipublikasikan (Anyone can find and view the published version)”. Ini membuat situs Anda terlihat oleh publik. Pilih “Simpan” lalu “Selesai.” Biarkan kotak Pengaturan Pencarian tidak dicentang untuk memungkinkan mesin telusur mengindeks konten situs Anda. Pilih “Publikasikan” untuk membagikan situs Anda secara online. (Periksa pekerjaan Anda. Lihat situs dari browser dengan mode penyamaran supaya anda bisa memastikan bahwa konten disitus anda bersifat publik.)

Tunggu Sampai Selesai

Perubahan domain dan DNS mungkin memerlukan waktu hingga dua hari untuk diselesaikan. Dalam banyak kasus, Anda dapat melihat dampak perubahan dalam satu hingga empat jam. Dan periksa kembali pengaturan Anda : Saya salah mengartikan dua alamat server IP ketika saya melewati ini, yang menjadikan masalah.

Bagaimana, cukup mudah bukan, untuk melakukan setting domain di Google Site?. Jika Anda merasa apa yang kami sajikan belum menjawab masalah Anda, silakan tinggalkan pertanyaan atau saran di kolom komentar. Atau bisa juga langsung menghubungi tim support IDwebhost.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.